CARA MEMASANG SATU LNB untuk 2 RECEIVER

Jan23 2010 19 Comments Written by budies

Bagi pengguna parabola untuk menangkap siaran TV, istilah sepiring berdua adalah satu disk (parabola-red) dipasang dua buah LNB, sehingga dapat menangkap siaran dari dua satelit sekaligus. Untuk Indonesia biasanya satelit Palapa dan satelit telkom. Jadi sepiring berdua adalah satu disk-satu receiver tapi dua LNB, dus..jumlah chanelnya makin banyak. Pernahkah para pengguna para bola mengalami rebutan nonton siaran TV? Ibu suka sinetron, anak suka kartun. Wahh pasti pernah. solusinya adalah SEGELAS BERDUA. Satu disk-satu LNB- dipasang dua receiver dan dua TV tentunya. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti LNB single receiver dengan LNB dual receiver( seperti pada gbr.1). LNB ini mempunyai dual port untuk ke receiver, sehingga kita bisa memasang dua buah receiver. satu dipasang di ruang keluarga, satu lagi receiver + TV dipasang di kamar anak.

gambar 1. Teknik pemasangannyapun tidak terlalu rumit, tapi tidak juga sembarangan. Untuk LNB single sudut NOL pada LNB mengarah ke Barat-Timur. Pada LNB dual sudut NOL mengarah Utara-Selatan. Mudah bukan? Harganyapun relatif murah (ditempatku Rp. 175.000) dibanding harus memasang disk baru lagi. Pada kasus receiver dipararel, tedapat kelemahan yaitu jika receiver induk menonton salurah TV Horizontal maka receiver lainnya harus mencari tv yang salurannya horizontal juga.

Terdapat dua blok PCB. Asyik bukan? segelas berdua…karena LNB mirip gelas. saya punya cerita lain yang barangkali Anda juga pernah mengalami. Wah ini yang rusak dan perlu diganti. Dengan solder dan menyedot timah saya cabut elco yang gembung tersebut. Nilainya 100uf/16volt. . (gambar 2) gambar 2 Ternyata pada bagian power saya menemukan condensator electrolite (elco) yang menggembung. Kerusakan pada receiver. cari ke pasar. pasang. dapat. hehehehe Selain tentang segelas berdua. Gimana dengan cerita Anda? yuk berbagi…. satu bagian power satu lagi bagian digitalnya. Karena suka iseng lalu kubukalah receiverku. padahal lampu indikator nyala. Suatu ketika receiver saya gak mau ngeluarin gambar. Mak nyus dapat nonton lagi.tetapi pada SEGELAS BERDUA horizontal dan vertikal dapat berjalan bersama.

Buat 2 TV atau lebih banyak misalnya.wek X-( .ini buat dicolokin di TVnya buat 3 TV . tak telepon chief soundnya yang funky….tetep beli masa mau download…. Jalan ke toko elektronik bilang sama engkohnya mau beli spliter antena 3 way ( inputnya 1. Bayar dulu semuanya jangan langsung pergi…he…he…he…langsung kerumah trus cari kabel yang dari antena TV.Haram Juga Kalau Paralel TV Ngga Pake Spliter Antena Bangun tidur siang tadi bukannya dapet kabar baik malahan kabar buruk gara – gara mimpinya tadi mimpi megang api…he. outputnya ada 3 konektor ) harga murah koq. 2.dan langsung kabel antenanya diputus di tengah – tengah di atas plafond sebelum sampai ke restaurantnya.dari antena TV kabelnya masuk ke spliter antena yang ada tulisan ” IN ” via jack F Conektor tadi. Beli juga namanya F CONEKTOR cuma 500 perak. berarti kalau buat 3 TV harus beli 4 buah ( untuk input dari antena 1 bh dan untuk output ke TV 3 bh ). 5. 4 Way atau sesuai kebutuhan TV yang mau di pasang paralel. Trus buat ke 3 TV nya colokin melalui spliter antena yang ada tulisan ” OUT ” nya. . 6. berarti ini harus di buatkan kabel yang antara ujung – ujungnya dari F Conektor ke Jack Antena. Tapi biasanya kalau beli spliter antena F Conektor ini dah di sertakan koq….. Liat di SMS ada laporan dari anak – anak sound di Grand Harmoni katanya gambar buat siaran TV nya di restaurant pada bintik semua.he…he… :d ….500 yang paling murah. dari panel induk parabola sampai ke restaurant…. Untuk menghindari gambar kesemutan kaya kejadian yang saya alamin siang ini.ga nyambung…...rupanya ada salah satu kamar diruangan teknisi listrik sana pakai TV buat nonton katanya….biar aja siang – siang bolong gua kerjain…he…he.wkakaka. 3. Beli juga jack antena 3 biji. :d 4. Berikut ini saya pengen kasih perinciannya kalau mau pake spliter antena buat 3 TV : 1. Kalau dah punya ya ga usah di beli lagi…. Nah….he… :d rasain sekali – kali dikerjain biar adik gua sendiri…he…he…he… :d Dah ketemu penyakitnya…. cuma Rp. 6.kalau ga ada ya…. Pengalaman ini sangat berguna buat temen – temen yang belum tau dan yang ingin paralel 2 TV atau lebih dirumahnya dengan memakai 1 buah antena TV aja. terserah mau yang plastik biasanya warna putih cuma 1000 perak atau yang besi biasanya warnanya gold dan silver kisaran 2000 perak….rese juga tuh. itu adik gua sendiri loh… tak suruh telusuri aja dulu jalur perkabelannya. masa disamain sama nyambung kabel listrik…wkakakaka. pantes aja gambar kaya kesemutan….wkakaka.wew. Tanpa memakai spliter antena lagi alias di gabung – gabungin gitu loh…. pengerjaannya sama aja tinggal beli spliter antenanya yang 2 Way.

Lumayanlah…. untuk teorinya saya kurang paham betul masalah ini….kaya lagu siapa ya ? wah. Yang pastinya disetiap proyek yang saya kerjain pemasangan antena TV selalu dibarengi dengan instalasi audionya….dan hasilnya juga ga ada masalah alias aku baik – baik saja….kan bukan dosen…he…he…he…nanti salah tulis bisa menjerumuskan.biar murah yang penting ga bikin masalah di TV.. cari sendiri aja ya…he…he…he……selamat berkarya… .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful