ORGAN AKAR

Kelompok 9 Asrul Diah Putri Anggun Dian Fitrianti Ulfatmi

AKAR
Akar merupakan organ pokok tumbuhan yang memiliki sifat sebagai berikut : a. Biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh geotrop dan hidrotrop b. Tidak berbuku dan tidak beruas c. Tidak berwarna hijau d. Tumbuh terus pada bagian ujung e. Bentuknya seringkali meruncing, sehingga mudah menembus tanah

ANATOMI AKAR .

Banyak tumbuhan yang tumbuh di tanah berpasir menghasilkan akar lateral yang horizontal dan tidak dalam. menyebar dekat di bawah permukaan tanah. Kondisi lingkungan sering mempengaruhi sistem akar. .MACAM-MACAM AKAR Keanekaragaman bentuk dan struktur akar terkait dengan fungsinya. Di tanah kering. tumbuhan biasanya memiliki sistem perakaran yang lebih baik.

AKAR PENYIMPAN Akar yang membesar karena dipakai sebagai penumpukan makanan yang disebut dengan umbi akar pada tumbuhan : Manihot utilissima .

AKAR KONTRAKTIL Ditemukan pada tumbuhan berumbi yang berkontraksi sehingga terjadi pengerutan yang dapat mengakibatkan pemendekan akar sampai 30-40 %. Sehingga dapat tertarik ke dalam tanah contoh : Akar Gladiolus .

Asosiasi ini bersifat simbiotik. contoh : akar Glycine max .AKAR SIMBIOTIK Bintil akar tempat penambat nitrogen bebas dari udara seperti Rhizobium berasosiasi dengan akar kacangkacangan.

AKAR REPRODUKSI Pada akar juga dapat tumbuh tunas yang dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru pada tumbuhan : Psidium guajava .

Selama menggantung. menggantung di udara dan menuju kearah tanah. akar ini bisa membantu dalam penyerapan air dan gas dari udara pada tumbuhan : Arachnis flosaeris .AKAR UDARA Akar keluar dari batang bagian atas.

AKAR NAFAS Akar ini terdapat pada tumbuhan mangrof.Akar Lutut 3.Akar Pasak pada Avicenia sp 2.Akar Engrang pada Rhizopora mangle . terbagi atas : 1.

Seringkali sebagai tempat penimbunan makanan . Memperkuat berdirinya tumbuhan b.FUNGSI AKAR a. Menyerap air dan zat terlarut di dalam air dari dalam tanah c. Membantu dalam pengangkutan air dan zat makanan terlarut d.

Saat biji berkecambah. meristem apeks memperoleh bentuk tertentu. promeristem di ujung akar embrio membentuk akar primer.PERKEMBANGAN AKAR Peristiwa utama pada awal pembentukan akar adalah penyusunan meristem apeksnya. sementara akar primer tumbuh. .

ANATOMI AKAR DIKOTIL DAN MONOKOTIL .

Punya empulur yang luas sebagai pusat akar .Batas ujung akar dan kaliptra jelas .Jumlah lengan protoxilem banyak (lebih dari 12) .Letak xilem dan floem berselang-seling .PERKEMBANGAN AKAR MONOKOTIL .Tidak ada kambiumnya .Perisikel terdiri dari beberapa lapis sel .

Epidermis. dan fungsinya seperti pada akar tanaman dikotil.AKAR JAGUNG Perbesaran 10 x 10 a. c. Empulur. letak. tetapi letak keduanya saling berdekatan karena tidak memiliki cambium. seperti pada akar tanaman dikotil. Xilem dan floem. b. . korteks. terletak di bagian tengah serta dikelilingi xylem dan floem yang berselangseling. dan perisikel memiliki struktur.

.

Batas ujung akar dan kaliptra tidak jelas .Mempunyai kambium .PERKEMBANGAN AKAR DIKOTIL .Tidak punya empulur / empulurnya sempit .Perisikel terdiri dari 1 lapis sel .Letak xilem di dalam dan floem di luar (dengan kambium sebagai pembatas) .Jumlah lengan xilem antara 2-6 .

.

ANATOMI AKAR DIKOTIL .

Pada akar sistem berkas pembuluh terdiri atas xilem dan floem yang tersusun berselang-seling. dan empulur. dinamakan kolumela. yang fungsinya melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah. serta sistem berkas pembuluh. .Secara umum struktur anatomi akar tersusun atas jaringan epidermis. sel-sel kaliptra ada yang mengandung butir-butir amylum. sistem jaringan dasar berupa korteks. endodermis. Akar monokotil dan dikotil ujungnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra.

TABEL PERBEDAAN AKAR DIKOTIL DAN MONOKOTIL .

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful