P. 1
Kerangka Dasar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Kerangka Dasar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

|Views: 126|Likes:
Published by Irawan Soesanto

More info:

Published by: Irawan Soesanto on Sep 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/04/2011

pdf

text

original

Kerangka Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Dalam rangka pelaksanaan kehidupan nasional Indonesia telah memiliki seperangkat sarana yang digunakan sebagai acuan yaitu pancasila sebagai falsafah , ideologi dan dasar negara , UUD 1945 sebagai hukum dasar , wawasan nusantara sebagai wawasan nasional , ketahanan nasional sebagai konsepsi yang merupakan prasyarat untuk mencapai cita-cita dn tujuan nasional . 1. Pancasila sebagai Falsafah , Ideologi dan Dasar Negara RI Bangsa Indonesia dalam hidup bernegara telah memiliki suatu pandangan hidup bersama yang bersumber pada akar budaya dan nilai-nilai religiusnya yang terkristalisasi dalam Pancasila . Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia terkandung didalamnya konsepsi dasar mengenai kehidupan bangsa Indonesia yang dicita-citakan , terkandung dasar pikiran terdalam dan gagasan mengenai wujud kehidupan yang di anggap baik .Dengan pandangan hidup yang diyakininya , maka bangsa Indonesia memiliki pegangan dan pedoman bagaimana menghadapi dan memecahkan berbagai masalah polotik , ekonomi , sosial budaya , hankam dan persoalan lain dalam gerak masyarakat yang semakin maju . Pancasila tidak hanya sebagai pandangan hidup bangsa , tetapi juga sebagai dasar negara RI .Pancasila juga merupakan sumber dari segala sumber hukum yaitu sumber kaidah hukum negara yang konstitusional mengatur negara RI beserta seluruh unsur-unsurnya yaitu rakyat , wilayah , serta pemerintah negara . Pancasila sebagai dasar negara merupakan suatu asas kerohanian yang meliputi sauasana kebatinan atau cita-cita hukum , sehingga merupakan suatu sumber nilai , norma dan kaidah moral maupun hukum negara , dan menguasai hukum dasar baik yang tertulis (undang-undang dasar) maupun yang tidak tertulis (konvensi) .Dalam kedudukannya sebagai dasar negara , Pancasila mempunyai kekuatn mengikat secara hukum . Pancasila sebagai falsafah , ideologi bangsa dan dasar negara mempunyai kekuatan hukum yang mengikat bagi setiap warganegara Indonesia , para penyelenggara negara , lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan . 2. UUD 1945 sebagai Landasan Konstitusional Undang-Undang dasar 1945 adalah hukum dasar yang tertulis . Sebagai hukum , maka UUD 1945 bersifat mengikat bagi pemerintah , lembaga negara , lembaga masyarakat , setiap warga negara Indonesia . Sebagai hukum , UUD 1945 berisi norma-norma , aturan –aturan atau ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan dan ditaati .

serta memberikan arah dan tujuan didalam melangsungkan hidup dan kehidupan serta negara Indonesia 4. terus menerus dan sinergik . bermodalkan keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemempuan mengembangkan kekuatan nasional . Didalam pengelolaan aspek-aspek kehidupan nasional itu harus diperhatikan nilainilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai landasan idiil . Ketahanan Nasional sebagai Pendekatan Konsepsional Ketahanan Nasional adalah kondisi dinamik bangsa . Masyarakat pancasila adalah masyarakat yang mempunyai ciri-ciri berdasar pasalpasal dalam pancasila .UndangUndang dasar itu sendiri merupakan sumber hukum . adil dan makmur . yang selanjutnya menjadi landasan hukum perjuangan bangsa indonesia dalam usahanya untuk memperoleh tempat yang wajar dimuka Bumi serta menjadi seperangkat nilai yang dijadikan dasar . visi dan motivasi dalam rangka menjaminpersatuan dan kesatuan serta kepentingan nasional dalam rangka pencapaian cita-cita nasional Indonesia yang merdeka . UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dan wawasan Nusantara sebagai landasan geopolitikanya .Sebagai hukum dasar . ancaman . dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan . meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional . Dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945 dengan jelas menyatakan bahwa Pancasila merupakan dasar negara RI . Wawasan Nusantara sebagai Wawasan Nasional Wawasan Nusantara sebagai wawasan nasional Indonesia merupakan cara pandang bangsa indonesia untuk menyamakan persepsi . Katahanan nasional sebagai suatu kondisi kehidupan nasional harus di wujudkan .Dengan demikian bahwa pancasila adalah inti dari pembukaan UUD 1945 sehingga merupakan sumber dari segala sumber hukum . 3.berdaulat . hambatan dan gangguan .Suatu kondisi kehidupan yang perlu dibina secara dini . bersatu .Undang-undang dasar bukanlah hukum biasa . .Sikap itulah yang dituangkan dalam undang-undang dasar pada tahun 1945 .Setiap produk hukum seperti undang-undang itu sendiri merupakan sumber hukum .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->