Pengertian Media Pembelajaran

July 06, 2009 Anwar No comments Oleh : Wijaya Kusumah Kata media berasal dari kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Banyak pakar tentang media pembelajaran yang memberikan batasan tentang pengertian media. Menurut EACT yang dikutip oleh Rohani (1997 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”. Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136) adalah “media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran”. Selanjutnya ditegaskan oleh Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) yaitu : “media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”. a. Jenis – jenis Media pembelajaran Banyak sekali jenis media yang sudah dikenal dan digunakan dalam penyampaian informasi dan pesan – pesan pembelajaran. Setiap jenis atau bagian dapat pula dikelompokkan sesuai dengan karakteristik dan sifat – sifat media tersebut. Sampai saat ini belum ada kesepakatan yang baku dalam mengelompokkan media. Jadi banyak tenaga ahli mengelompokkan atau membuat klasifikasi media akan tergantung dari sudut mana mereka memandang dan menilai media tersebut. Penggolongan media pembelajaran menurut Gerlach dan Ely yang dikutip oleh Rohani (1997 : 16) yaitu : 1. Gambar diam, baik dalam bentuk teks, bulletin, papan display, slide, film strip, atau overhead proyektor. 2. Gambar gerak, baik hitam putih, berwarna, baik yang bersuara maupun yang tidak bersuara. 3. Rekaman bersuara baik dalam kaset maupun piringan hitam. 4. Televisi 5. Benda – benda hidup, simulasi maupun model. 6. Instruksional berprograma ataupun CAI (Computer Assisten Instruction). Penggolongan media yang lain, jika dilihat dari berbagai sudut pandang adalah sebagai berikut :

Secara umum manfaat media pembelajaran menurut Harjanto (1997 : 245) adalah : 1) Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis ( tahu kata – katanya. Selanjutnya menurut Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) yaitu : 1) Membuat konkrit konsep yang abstrak. Dilihat dari bentuknya media dapat digolongkan menjadi media grafis (dua dimensi). maka materi pembelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh siswa. Dilihat dari bahan pembuatannya media dapat digolongkan menjadi media sederhana (murah dan mudah memperolehnya) dan media komplek. Manfaat media pembelajaran Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar dan pembelajaran adalah suatu kenyataan yang tidak bisa kita pungkiri keberadaannya. tetapi tidak tahu maksudnya) 2) Mengatasi keterbatasan ruang. Materi pembelajaran yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi tentu sukar dipahami oleh siswa. media Visual dan media Audio Visual.1. media dengan daya liput yang terbatas dengan ruang dan tempat dan media pengajaran individual. Karena memang gurulah yang menghendaki untuk memudahkan tugasnya dalam menyampaikan pesan – pesan atau materi pembelajaran kepada siswanya. waktu dan daya indera. 4) Dapat menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah. Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. 3) Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa. apalagi oleh siswa yang kurang menyukai materi pembelajaran yang disampaikan. Guru sadar bahwa tanpa bantuan media. . 2) Membawa obyek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar. 3. terutama materi pembelajaran yang rumit dan komplek. Pada satu sisi ada bahan pembelajaran yang tidak memerlukan media pembelajaran. tetapi dilain sisi ada bahan pembelajaran yang memerlukan media pembelajaran. 2. dan media elektronik. Dilihat dari jenisnya media dapat digolongkan menjadi media Audio. media tiga dimensi. misalnya untuk menjelaskan peredaran darah. Dilihat dari daya liputnya media dapat digolongkan menjadi media dengan daya liput luas dan serentak. 4. b.

Dengan demikian guru bisa menentukan pilihan media pembelajaran mana yang akan dipilih. atau siswa pada Sekolah Dasar Luar Biasa. Misalnya proses kimia (farmasi). . SMU. maka dari itulah guru diharapkan dapat memilih media yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan pembelajaran. ataukah sekedar hiburan saja mengisi waktu kosong. Dapat pula tujuan tersebut akan menyangkut perbedaan warna. 6) Memungkinkan siswa dapat berinteraksi langsung dengan lingkungannya. 10) Menyajikan informasi belajar secara serempak (mengatasi waktu dan ruang) 11) Mengontrol arah maupun kecepatan belajar siswa. Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran. candi. cara pembuatan maupun cara penggunaannya. Setiap media pembelajaran mempunyai karakteristik tertentu. 9) Menyajikan informasi belajar secara konsisten dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan. Apakah pemilihan media itu untuk pembelajaran. SD. yaitu : 1) Harus adanya kejelasan tentang maksud dan tujuan pemilihan media pembelajaran. Lebih khusus lagi. 4) Menampilkan obyek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang. 5) Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat. 7) Membangkitkan motivasi belajar Memberi kesan perhatian individu untuk seluruh anggota kelompok belajar. masyarakat pedesaan ataukah masyarakat perkotaan. 2) Karakteristik Media Pembelajaran. apakah sasarannya siswa TK. jika terdapat beberapa media yang dapat dibandingkan. SLTP. Dengan harapan bahwa penggunaan media akan mempercepat dan mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. baik dilihat dari keunggulannya. apakah untuk pembelajaran kelompok atau individu. misalnya pasar. atau pembelajaran pembedahan (kedokteran). gerak atau suara. c. Disamping itu memberikan kemungkinan pada guru untuk menggunakan berbagai media pembelajaran secara bervariasi 3) Alternatif Pilihan. untuk informasi yang bersifat umum. Prinsip – prinsip memilih media pembelajaran Setiap media pembelajaran memiliki keunggulan masing – masing. Memahami karakteristik media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki guru dalam kaitannya pemilihan media pembelajaran.3) Manampilkan obyek yang terlalu besar. yaitu adanya sejumlah media yang dapat dibandingkan atau dikompetisikan.

audio : Kaset audio. Dari yang palng sederhana dan murah hingga yang canggih dan mahal. visual dan gerak): 1.Keadaan peserta didik.com/pengertian-media-pembelajaran BERBAGAI JENIS MEDIA PEMBELAJARAN Written By Admin on Senin. telepon 2. modul. Ada yang dapat dibuat oleh guru sendiri dan ada yang diproduksi pabrik. Rudy Bretz (1971) menggolongkan media berdasarkan tiga unsur pokok (suara. Media visual diam 4. proyeksi visual diam : Overhead transparansi (OHT). Ada yang sudah tersedia di lingkungan untuk langsung dimanfaatkan dan ada yang sengaja dirancang. prinsip pemilihan media pembelajaran menurut Harjanto (1997 : 238) yaitu: Tujuan. Media cetak 3. Keterpaduan (validitas). film bingkai (slide) . audio-cetak : kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis 4. Media visual semi gerak 7. Media audio visual gerak Anderson (1976) menggolongkan menjadi 10 media: 1. gambar 3. cetak : buku pelajaran. Media visual gerak 5.Mutu teknis.Selain yang telah penulis sampaikan di atas. Biaya Selanjutnya yang perlu kita ingat bersama bahwa tidak ada satu mediapun yang sifatnya bisa menjelaskan semua permasalahan atau materi pembelajaran secara tuntas. CD. Media audio 2. Ketersediaan. Berbagai sudut pandang untuk menggolongkan jenis-jenis media. siaran radio. leaflet. Media audio semi gerak 6. Media audio visual diam 8. 14 Juni 2010 | 9:55:00 PM Media pembelajaran banyak jenis dan macamnya. http://media-grafika. brosur.

media audio 4. Penggunaan model untuk mengatasi kendala tertentu sebagai pengganti realia. Pada artikel ini. CAI). yaitu: media kompleks (film. dan organ tanaman. TV. dkk menggolongkan: 1. teks). memperjelas sajian pelajaran. Kelebihan dari media realia ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. pernafasan. proyeksi audio visual diam : film bingkai slide bersuara 6. dan syaraf pada hewan. media berbasis komputer 6. Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian. media akan diklasifikasikan menjadi media visual. dll). c. visual gerak : film bisu 7. media audio. . Selain itu menggolongkan media berdasarkan jangkauannya. yaitu media masal (liputannya luas dan serentak / radio. pustakawan. audio. televisi). tetapi siswa dapat melihat langsung ke obyek. Televisi 8. media yang tidak diproyeksikan 2. Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas. Misal untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup. Media realia adalah benda nyata. model. sistem ekskresi. multi media kit. media yang diproyeksikan 3. slide. Henrich. Video/VCD. Media yang tidak diproyeksikan a. pencernaan. spesimen 9. ekosistem. Model adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya. media video 5.) dan media sederhana (slide. Misal untuk mempelajari sistem gerak. Media grafis tergolong media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol visual. OHP. video. A. MEDIA VISUAL 1. media kelompok (liputannya seluas ruangan / kaset audio. obyek fisik : Benda nyata. b. dan media audio-visual. media individual (untuk perorangan / buku teks. transparansi. laboran 10. audio visual gerak : film gerak bersuara. manusia dan lingkungan : guru. peredaran darah. Video/VCD. telepon. klasifikasi makhluk hidup. komputer : CAI Schramm (1985) menggolongkan media berdasarkan kompleksnya suara.5.

Dalam bagan sering dijumpai bentuk grafis lain. 3) diagram / skema: gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari obyek tertentu secara garis besar. Transparansi OHP merupakan alat bantu mengajar tatap muka sejati. Dengan sketsa dapat menarik perhatian siswa. Media proyeksi 1. Film bingkai / slide adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai 2X2 inci. yaitu: . 4) bagan / chart : menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna siswa. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP. hanya kualitas visual yang dihasilkan lebih bagus. menghindarkan verbalisme. Untuk menyajikan dibutuhkan proyektor slide. Dalam satu paket berisi beberapa film bingkai yang terpisah satu sama lain. 5) grafik: gambar sederhana yang menggunakan garis. 2. diagram. Teknik pembuatan media transparansi. MEDIA AUDIO 1. Misal untuk mempelajari pertumbuhan. Perangkat media transparansi meliputi perangkat lunak (Overhead transparancy / OHT) dan perangkat keras (Overhead projector / OHP). atau lambang verbal. Sedangkan kelemahannya adalah beaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis.dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. masalah-masalah kehidupan dan sebagainya. . Misal untuk mempelajari organisasi kehidupan dari sel samapai organisme. Radio dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang cukup efektif.Membuat sendiri secara manual 2. dan memperjelas pesan. simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. dapat mengetahui beberapa kejadian dan peristiwa-peristiwa penting dan baru. Radio Radio merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakan untuk mendengarkan berita yang bagus dan aktual. B.Mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu . seperti: gambar. titik. Selain itu bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari penyajian. kartun. Jenis-jenis media grafis adalah: 1) gambar / foto: paling umum digunakan 2) sketsa: gambar sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian pokok tanpa detail. guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi siswa). sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa.

gerak. Kaset-audio Yang dibahas disini khusus kaset audio yang sering digunakan di sekolah.blogspot. Selain mampu menampilkan teks. komputer juga dapat digunakan secara interaktif.com/2010/06/berbagai-jenis-media-pembelajaran. Pada kenyataannya media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Bagaimana manfaat media pembelajaran? . Si. Media komputer Media ini memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh media lain. M. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru / fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. bukan hanya searah. Media video Merupakan salah satu jenis media audio visual. http://juhernaidy.html Mengenal Media Pembelajaran July 26. dan lain-lain. biasa dikemas dalam bentuk VCD. tidak tersedianya biaya. B. selain film. PERMASALAHAN 1. antara lain: terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar. Pd A. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap guru / fasilitator telah mempunyai pengetahuan dan ketrampilan mengenai media pembelajaran. Keuntungannya adalah merupakan media yang ekonomis karena biaya pengadaan dan perawatan murah. Oleh karena itu guru / fasilitator perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. MEDIA AUDIO-VISUAL 1. suara dan gambar. Yang banyak dikembangkan untuk keperluan pembelajaran. 2. sulit mencari media yang tepat. Bahkan komputer yang disambung dengan internet dapat memberikan keleluasaan belajar menembus ruang dan waktu serta menyediakan sumber belajar yang hampir tanpa batas. 2011 Anwar No comments Oleh: Ardiani Mustikasari.2. Apakah media pembelajaran? 2. C. LATAR BELAKANG Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. S.

Peranan media yang semakin meningkat sering menimbulkan kekhawatiran pada guru. Kegiatan belajar hanya akan berhasil jika si belajar secara aktif mengalami sendiri proses belajar. Sebagai penyaji dan penyalur pesan. media belajar dalam hal-hal tertentu bisa mewakili guru menyajiakan informasi belajar kepada siswa. Kegiatan pembelajaran tidak akan berarti jika tidak menghasilkan kegiatan belajar pada para siswanya. Untuk itu guru lebih berfubgsi sebagai penasehat. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. PEMBAHASAN 1. Pekerjaan mengajar tidak selalu harus diartikan sebagai kegiatan menyajikan materi pelajaran.C. Jika guru memanfaatkan berbagai media pembelajaran secara baik. Briggs mengartikan media sebagai alat untuk memberikan perangsang bagi siswa agar terjadi proses belajar Istilah pembelajaran lebih menggambarkan usaha guru untuk membuat belajar para siswanya. Jika program media itu didesain dan dikembangkan secara baik. guru dapat berbagi peran dengan media. Meskipun penyajian materi pelajaran memang merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran. Arti media pembelajaran Istilah media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium. Peran yang seharusnya dilakukan guru adalah mengusahakan agar setiap siswa dapat berinteraksi secara aktif dengan berbagai sumber balajar yang ada. Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran. Kondisi ini akan teus terjadi selama guru menganggap dirinya merupakan sumber belajar satu-satunya bagi siswa. tetapi bukanlah satu-satunya. Seorang guru tidak dapat mewakili belajar siswanya. Masih banyak cara lain yang dapat dilakukan guru untuk membuat siswa belajar. Manfaat media pembelajaran . Media menurut AECT adalah segala sesuatu yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan. motivator dan fasilitator dalam Kegiatan Belajar mengajar. 2. Secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Peran guru akan lebih mengarah sebagai manajer pembelajaran dan bertanggung jawab menciptakan kondisi sedemikian rupa agar siswa dapat belajar. Seorang siswa belum dapat dikatakan telah belajar hanya karena ia sedang berada dalam satu ruangan dengan guru yang sedang mengajar. masih banyak tugas guru yang lain seperti: memberikan perhatian dan bimbingan secara individual kepada siswa yang selama ini kurang mendapat perhatian. yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). Sedangkan gagne mengartikan media sebagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang mereka untuk belajar. pembimbing. maka fungsi itu akan dapat diperankan oleh media meskipun tanpa keberadaan guru. Namun sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi.

Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja Media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung seorang guru. Efisiensi dalam waktu dan tenaga Dengan media tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. sebab dengan sekali sajian menggunakan media. Sedangkan secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah: 1.Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Bila dengan mendengar informasi verbal dari guru saja. siswa akan lebih mudah memahami pelajaran. 8. baik secara alami maupun manipulasi. gambar. merasakan dan mengalami sendiri melalui media pemahaman siswa akan lebih baik. Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan Dengan bantuan media pembelajaran. menyentuh. Guru tidak harus menjelaskan materi ajaran secara berulang-ulang. Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif . 4. 2. gerakan dan warna. sedangkan tanpa media guru cenderung bicara satu arah. sehingga membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa Media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi belajar lebih mandalam dan utuh. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik Media dapat menampilkan informasi melalui suara.Perlu kita sadari waktu belajar di sekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah. siswa kurang memahami pelajaran. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif Dengan media akan terjadinya komukasi dua arah secara aktif. 7. penafsiran yang berbeda antar guru dapat dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi diantara siswa dimanapun berada. 3. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar Proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber-sumber ilmu pengetahuan. tidak monoton dan tidak membosankan. 5. tetapi jika diperkaya dengan kegiatan melihat. 6.

Guru dapat berbagi peran dengan media sehingga banyak mamiliki waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek edukatif lainnya. http://media-grafika. efisiensi dalam waktu dan tenaga. proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Manfaat media pembelajaran tersebut adalah: penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan. KESIMPULAN Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. memotivasi belajar. pembentukan kepribadian. memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Dengan demikian media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi dari guru ke siswa sehingga dapat merangsang pikiran. Sedangkan pembelajaran adalah usaha guru untuk menjadikan siswa melakukan kegiatan belajar. menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar serta mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif. seperti membantu kesulitan belajar siswa. perhatian dan minat siswa dan pada akhirnya dapat menjadikan siswa melakukan kegiatan belajar. dan lain-lain D. proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik. perasaan.com/mengenal-media-pembelajaran .

3 8:.3.7.8. /.3 203:897. 038 03820/..  ./.7.:.: 43805 .8.9. .2-.9: 1. 907:5./. .3 2:/.3 .07-.320.9..:5030.18.3.

9. /.3    /.7 507. .5.07-.3 -.2 .  2033/.2-.35.7 80/07.3 .8.3 20:8.32025070.  03.3:2:2/:3.9.14945.3.3   8098.3 88..: /7.9 203..7 .3 8098.3 544 9.820  /. /09.8508.19 .7.7. .

5..3 82-4 :39: 203.78 /.7  8.2-.7 80/07.7808.747.7 4-0 9079039: 80.47.3. . 802. :39: 20250.3 897:9:7 /.38..78 -08. ..7.2.3.3 .3 203:3.3/..7.2-.80/:5. .3820    -.

..7.8.3 203:3.2-.2-.91  8.25: 202-07...3.18.35.9 :3.9 20/.8.385.3 88. .3. . 80.070.- 9. :39: 20250.3 88.3   0/. 7:.3 9: -..7 9.2-.7 /.    7.3 .9. .:43805.9  80-.3 2..3 73.7:8 202-0.7 80/07./ 97.3 0.3..57408   %7.39: 203.7.38 205:9 507.  $0.-039:7.385.  !07.2-.399./03..3 -:97 -:97 50393 /.9.073.5 2:..38 ! 207:5.: -039: 9079039: . 9.79:3 ..385.9 -.8 909.9.3 /.3.3 805079..3/0..2-.5 805079 -. .9-079. 88.07-.78  99  82-4 .3.9.3 . :.9.0-2:/.3 .38:9803.7 503..5.79203.07-. 09.5 2:.9.38073/:25.1.7.:.7.7 5079:2-:.3 203. :7: /. 97.2  .7..9./.

3 507.8 ./ 5740. %  /.947 .3.070.9 07.

9./03..39039079039: 02-:. !  %03502-:.7.7-.97.3:.385. .3..09.9803/780.320/.   2 -3.7.2-/.9: 03.2.38 .

8.3 507.:8  $0/. -0.::501091  .3./4 207:5.../..920309.0.2.9..5.3./..3 -079. .28.3/.12-3.5.385. :7.3 /. .350789.. 50393 /..3 -.3 .5..2.7.9 /:3.  #.3 0- 2..3 /-:9:.-07::7.3.9:8.. 2.3 .2578.5.3 002.33.9:.3 /-07 -3. /.8.7./4 /.3 009743 .502-0.5.5.3 80-.12 97...09-078-0-07.3 50703. 8/0 .3 80-.7:  2.3 /.8.3 57.3.9 /:3./03.9:5..3 /..390758.31.9.38 ! . 0/:5.397.3  22 /.912-3./.3 :2:23.7.98  &39: 203.3 :39: 203/03....:.3. 50789.3 5740947 8/0   &   #.3..7.8.8:.:-0-07. 574/:8 /.3. .:8/.3-.3 0- -. 8079... .8.385./4 #.20/.

2030/.7  !02.3 :7: .9.3.3/804.7 03.8.7.2579.8:.7:8 203/.3 50393 /.3 2025:3.3 :39:0507:.3 8.3043428. 8:.8.5. -.425:907 0/. 80.3 .3202802:.3 -0./. .3425:907..-.32.   & '$&  0/.2-:3/03.3/.380.9202-07...9: 4254303 502-0..2 0.300:.3 $0. 507..9/:3.8/83:8:8.9..503.4220398 07/.0/.2-.3..3 .9.3 20/.7.:/4.3 207:5./..2-039:'   0/. 80.  80..9 507.33....25.8  ½ $$© °f  –¾½ n¯$$$  f–f © °¾ ¯ f ½ ¯ f©ff° ¯ 0303.7 425:907:.3 ...7.207:5..3 -. .3.3.9.3 -.31.3..!02-0.3.38073/:3.3 0.35.7 $ $  !/  %# 0/.3. 0:39:3..3...3/..74...91 -:.3:89.8.:/4 ..3 -.9../.9:8079.320/.3/24020/.3 12  .3907. /02-.809 . .7.3/8. 8.5.9: 038 20/..3/-. 207:5..3 :  3.25:203.7./04 07:5. 8.7.38:2-07-0.809...7.720302-:87:.32:7.:/4 .5. 502-0. .3 908 07.8/.3.703.7:83..00-....33907309/./.3507.3502-0./02.3 8.7.

703.89.3  0 .. 1.2 809.7.5 0.947 /.9..9::7:.3 502-0.

3 907-...3502-0. 90780/.9  9/.83. .5.3 203.3 905.89..320/.9. 507: 907./. 3 80-03.3503. .3  ..32.3/03..39::.947507:20250.7  !.3.5.2.3 ...7 20/.7.1.502-0.  /.7.3.9.7  8:9 203..5 :7: ..73.20/. . -..5..5.8. 9/.03..7 /.920301091..3 .3/.39.7.88073907.3.502-0.7203./ .-.33.7-.9 5078...3-07-..9: :39: 202-:.7..20309.2574808-0... 809.3 .

3.3097.3  .7...50309.2025:3.20/.2.7.31.502-0.320303..502-0.7.3 .502-0....94790.20/.2.25.89.:. 1.3   !#$  5.3/.920/.

  2.8/.9: 205:9 ..3 508..502-0... -0./  2. -.-07.5..7.3 80.7.:503..7  !07.3  20/.:7. -0. 80-.9.. /.. 88.3 2070. .907 50.3 .9. .2 502-0. .331472.9:3.3.3 88... 502-0.9 :39: 202-07.. 507: 907.7907..7.805.3.7.3 -039: .. 9/.35...7  !007.3 ./ 80. !$  7920/../.78079. /.3-.7 5.2..9..5./.8.7 /.91 203.88.3 502-0.59.30 203.7 . 88.331472.2 3:3.3. ..79 . -..-0./.38.7203.3 507.3:7:  !07. ..30.91/03..3/. 20/. .7 8.7. 9: 9/. ..3 .3 80/..7.78:2-0731472.388.20.3 /.7 0. 502-0.9 -0.7 &39:9::7:0--071:-880-..3 -0.320/....3.3 /03.3 20/.7:83.3  085:3 503..8 :7: .3.:7: .3 80.- 203. 5. 20/...3.  0..9/.3 -2-3.3 /...3.3 207:5..3 2./:.3 0. /.980732032-:.3 203.  .7.30./.9.3. 9079039: -8. ..3.7 20/:2  $0.3:7::39:202-:.5 88.79.3 8:2-07 -0....788.7.3 .89.3 /.2203.5 /73..3 7:5.2.320/.3 /:3.5.  $0-.8-0.3 :7: .39.. 0./...... /...7.7   .3  909.78:2-07-0.9.7 9/. :7:/... 20. .7.508..97.7.503072.7.2-.8 -. ..507.9 88.3 80-.. 503.220/..9 203. -07.5-:. . 203:8.3 202.:7.3 -0...31.38.. ..3:2:23.3 80.3 502-0.9 /507.880. 9:.7.3 207:5.. /.. .. 05.7.3 80.3 -079. 80..32033.7 .79..-0:2/./.  0.9 -. 0-07.9 207.7.  0/.7.3..7.9 502-2-3 249.3 :8.2.30-203.8.920/.3 203. 80/.:7 508.7 88.9 /.9: .8.3. ..31.3 -0.8 .7 80./.3/03.5.31472.7 89.9.3 203/.3 40 20/..3 89.80.3 /.3.9: 7:.3 805079 202-07.2 803/7 574808-0.39::7:/.5.... 80.. 203:7:9 % .3 43/8 80/02.808:.3.7.3 :7: .. 8 -0.9-07-.93 .7 5.7 88.2 .3 ... 502-0. 3 :7..88.502-0...8.7 809.5.. 1:38 9: .7 !03079..3  .3 0- 203.3 2.3.. $047.3 /.2../. 80-.3 -07-.79507. :7: 203.3 -07.3. . .3507. 207:5.9:3.70503072.7.3 -07./.:7:203.5..3 :39: 203.3 90:8 907.2:3 80-03. -0.31.2 8.703.3  43/8 3 .3  $0/..9. 808:..3.35.5.7.9: 8.8-.3 -.3 47.3 /02-. 038 4254303 /.80.7.. 2085:3 9.3 9/.3../.920. 88.9-073907.3:7:9/..9 507.7  78 203.3:3 .3/.80-. 88. :7: :39: 202-:... :7: 202.8:2-07-.3/. !07.3 .07 502-0.3-07-.9: 8..3 503.3/.7..71..7./.7 $047. 3/.5./.3 /:3.9..:..3 -07..79.3203..3802.705.3 /.8..502-..7:8 /.7./. /..7 -..947 /.3 90.3.73.907 50.9.5.9 -0.9://08.3 80.8  0/..: .7.503.3 20/.508.947/. 20/. /..9:. -.:./574808-0.9. :39: -0...5747.3:7:.. 203.9.39.

 .3 80.20307..9:/.7 3:3.7.7.3   033.30-54891/.7803/78:2-07 8:2-072:50309.3  909..9.3 20.907502-0.38..9.91 03.202-. :39: 203.3 7:5. 907.31. 502-0.3574808-0.250. 88.3203.7...30-2:/.9:.9202-.9:907-.3 ./.8 .7.   !74808502-0.3 -0.388.7 /./2..7.3 203.39/..1091/..3/2.3 /.30--./3..9: /.-07:./.9.7.8.3/. 803. 80.3.3 20/.9/.3 ..7.920/.3.9:-0.3  503.9/807.8.7.3.:20/.39:.3203.3 0.3 2.3574/:91 .38.7  07./3.3 0- 2:/. .3   03:-.3203:3.22... 803.9203:7..8/.8/. 03.88.7.3/.8 803.35..3.2 803/7 20.5.3.502.   0/./.: 8:.5.....3..:897:/:. /03..9 203..8..2..9./..7./.7.502-0.32..3.7.3 -0.73.8.3 .03/07:3-.5:3 /.39:3 8047.3 :..:5:32.3 ./0-3907.5:3-07.3 :7: !07:9.9 /7.... /.7.3 88. ...35:. 0- :8:8 2.502-0...3 0.7.202-48. :2:2 2. 907. :7: /03.5.-0.3/.5.. /.3. 42:..2/.8 20.5 .:.320/. 0/.9  203039:  207. 80.3 903.380.302.3:9:  .39.:.9907-.0803.7.3 .9 20.38..8 .8/.:. 9::..907-0.7 31472. 203/4743 88.52.3502-0.7.3 907.907/.7.9203:2-:..52.3 20/..3 0- 0:.  88.3 203/03..331472.7 /03.3 203.3.3.39.3. .3 /.907..8.55489188.3 /.3 31472.2.3907.3203.3 9.3.3 0-.3574808-0.70-2.  -.7:8 2030..7 3907.-/03... 202507./. . :7. 502-0.7 .7..3 01803 $0/.39:88.2. 502-0.7.7.. /03.7.7203. 2:33 :7:9/. .7/.3.3 03.8./ 0-/:5 9/..39.0.5..8./ 0- 203.9.2-.$0.3 -07-0/.7 803.7 :7: /.5.7...5.5.2 50.907. 80.39. 88.7203.3   !74808502-0.5.380. 2. /.9.5.25./0-0.3:7:0.07-. 0/.8. /507.187.3/.25./.. 20/.202:33. /03.788.38:.35:3 9.   0/..35.   18038/.. .507.9 20/.91  80/.8..202..7. 2: 50309.39::7::39:203.5.3804.3 20/.3:.7/804.8 /:.2434943/.. :7: .3 80/02.7.7..3  80-..3.31.8-0.7 !74808 502-0.7.5.  !03.80232.3 202..3 -.82.7 0/.9 /3/.:. /2..7 :7: 8.3 /...3903.8.7.59.

3203.91 018038/.7 8:2-07 31472..52.. 803.3 23.503.9: :39: 202-07 507.25.3 88..3 20249.7..3./0-3907.3 /.9 203.8 /.3/..907.3  $!& 0/.8-0.30-54891/. :7: :39: 203.3 31472.31.9/...3574808-0.33.5.3 .788.8 /..3 88.7 /.3 . 31472.  805079 202-.3 :39: 203..  203:2-:.7 :7: 0 88.. :8.7/./.7  03. -.9 207.9.390780-:9.3 /02.91 . /.3203.3  507.78079.:.9.5.3..907 502-0./. 80. 20.3.39: 08:9. .8-0. 808:.3-0. /.3 502-0. 2.3/2./.9 -07-.5.3 5..920/...8/.3:7: 0. 507./.9./0-0..9/807.9:/.38.3574/:91  ½ $$¯ f –f€f n¯$¯ °– °f ¯ f ½ ¯ f©ff° .3 /.55489188./.2 . 808:.9 88.3203.3 /.9 203.:. .7 574808 502-0. 503072.9 /:3..:7.507.3 20/.:7: /.73.3057-.7.3 -0./.5.5.3 /03..3574808-0.38.3 5.5./.7. 20. /...3  507.5.8.850 0/:.8. .7.3 57..907/.8 ..32..9... 502-0.:.3..9.7..3 0.8 05.2.. 80.203:-.2.7.:7.850 .3903.3 -0.502-0. 2033.38..7 88.3 574808502-0. 803../.7 .3:./.8  $0/..  502-039:..3 ./.9: ./.5.3./.9.7.9: .3 31472.30. 202:33.3 20/.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful