P. 1
Neraca pegas

Neraca pegas

|Views: 602|Likes:
Published by everbriliant

More info:

Published by: everbriliant on Sep 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2013

pdf

text

original

Alat-alat ukur

Neraca pegas
Neraca pegas dilengkapi dengan dua jenis skla, yaitu skala satuan besaran massa [kilogram] dan skla satuan besaran gaya [newton]. hal ini berart, neraca pegas dapat dipakai untuk mengukur massa dan berat benda. neraca pegas (dinamometer) adalah timbangan sederhana yang menggunakan pegas sebagai alat untuk menentukan massa benda yang diukurnya neraca pegas mengukur ketegangan pegas, yang sebenarnya adalah tekanannya

Termometer
Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa.

Barometer
Barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara.

Anemometer
Anemometer adalah alat pengukur kecepatan angin yang banyak dipakai dalam bidang Meteorologi dan Geofisika atau stasiun prakiraan cuaca. Nama alat ini berasal dari kata Yunani anemos yang berarti angin. Selain mengukur kecepatan angin, alat ini juga dapat mengukur besarnya tekanan angin itu.

Termokopel yang sederhana dapat dipasang. dan apabila PH=7 maka larutan tersebut bersifat netral (garam). . apabila PH<7 maka larutan tersebut bersifat asam. serta dapat mengukur temperatur dalam jangkauan suhu yang cukup besar dengan batas kesalahan pengukuran kurang dari 1 °C. Apabila PH>7 maka larutan tersebut bersifat basa . Termokopel Termokopel adalah sensor suhu yang banyak digunakan untuk mengubah perbedaan suhu dalam benda menjadi perubahan tegangan listrik (voltase). dan memiliki jenis konektor standar yang sama.PH meter PH meter adalah alat untuk mengukur tingkat keasaman dan kebasa-an suatu larutan.

Amperemeter biasanya dipasang berderet dengan elemen listrik. Biasanya alat ini ditempatkan di dalam bekas (container) penyimpanan barang yang memerlukan tahap kelembapan yang terjaga seperti dry box penyimpanan kamera. . Higrometer Higrometer adalah sejenis alat untuk mengukur tingkat kelembapan pada suatu tempat. Timbangan Timbangan adalah alat yang dipakai melakukan pengukuran massa suatu benda. Kelembaban yang rendah akan mencegah pertumbuhan jamur yang menjadi musuh pada peralatan tersebut.Amperemeter Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik yang ada dalam rangkaian tertutup.

pendakian. yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan. Speedometer berfungsi agar pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya dan .Jam sukat atau jam randek Jam sukat atau jam randek (bahasa Inggris: stopwatch) adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam kegiatan. Altimeter Altimeter adalah alat untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. dan kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian. Biasanya alat ini digunakan untuk keperluan navigasi dalam penerbangan. Speedometer Speedometer adalah alat pengukur kecepatan kendaraan darat.

Jangka sorong Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter.01 untuk yang diatas 30cm . bagian diam dan bagian bergerak. umumnya tingkat ketelitian adalah 0. Dalam astronomi dan beberapa cabang ilmu fisika dan kimia.05mm untuk jangka sorang dibawah 30cm dan 0. Sebagian keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. Pada versi analog. Terdiri dari dua bagian.dijadikan informasi utama untuk mengendalikan kecepatan dikawasan/jalan agar tidak terlalu lambat atau terlalu cepat. Spektrometer Spektrometer adalah alat untuk mengukur spektrum cahaya. bisa mengatur waktu perjalanan dan mengendalikan kecepatan dijalan yang kecepatannya dibatasi. spektrometer adalah alat optik untuk menghasilkan garis spektrum cahaya dan mengukur panjang gelombang serta intensitasnya. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat.

.

Tensimeter terdiri dari tensimeter manual dan tensimeter digital. Voltmeter Voltmeter adalah alat untuk mengukur kuatnya arus listrik.Mikrometer Mikrometer adalah alat ukur yang dapat melihat dan mengukur benda dengan satuan ukur yang memiliki ketelitian 0. .01 mm. Tensimeter Tensimeter adalah alat untuk mengukur tekanan darah.

Busur derajat Busur derajat adalah alat untuk mengukur sudut suatu bangun datar. . Penggaris Penggaris biasanya digunakan untuk mengukur panjang suatu garis. Fluviometer Fluviometer adalah alat untuk mengukur curah hujan.

Nama: puspita lestari nurul kelas: 7-E tugas: ipa .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->