Riwayat Hidup Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad Ahmad Pendiri Jemaat Ahmadiyah bernama Hazrat Mirza Ghulam Ahmad

. Nama beliau yang asli hanyalah Ghulam Ahmad. Mirza melambangkan keturunan Moghul. Kebiasaan beliau adalah suka menggunakan nama Ahmad bagi diri beliau secara ringkas. Maka, waktu menerima baiat dari orang-orang, beliau hanya memakai nama Ahmad. Dalam ilham-ilham , Allah Ta’ala sering memanggil beliau dengan nama Ahmad juga. Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad. lahir pada tanggal 13 Februari 1835 M, atau 14 Syawal 1250 H, hari Jumat, pada waktu shalat Subuh, di rumah Mirza Ghulam Murtaza di desa Qadian. Beliau lahir kembar. Yakni beserta beliau lahir pula seorang anak perempuan yang tidak berapa lama kemudian meninggal dunia. Demikianlah sempurna sudah kabar-ghaib yang tertera di dalam kitab-kitab agama Islam bahwa Imam Mahdi akan lahir kembar. Qadian terletak 57 km sebelah Timur kota Lahore, dan 24 km dari kota Amritsar di propinsi Punjab, India.

Perlu rasanya disebutkan disini, anak kedua Ghulam Mutaza, bernama Ghulam Ahmad adalah orang yang mendirikan jemaat Ahmadiyah yang mashur ini dalam Islam. beliau lahir pada tahun 1835, dan memperoleh pelajaran serta pendiidikan yang baik. Pada tahun 1891 beliau menda'wakan diri sebagai Imam Mahdi atau Masih Mau'ud menurut agama Islam. Beliau adalah seorang yang pandai dan alim, sehingga perlahan-lahan banyaklah orang yang mengikuti beliau. Dan sekarang Jemaat Ahmadiyah di Punjab serta kawasan-kawasan lainnya di India telah melebihi tiga ratus ribu orang. Mirza Ghulam Ahmad mengarang benyak buku dalam bahasa Arab, Farsi dan Urdu, serta memberikan penjelasan yang benar tentang masalah jihad. Orang-orang berpendapat buku-buku itu sungguh telah menguntungkan orang-orang Islam. Lama beliau mengalami penderitaan karena perlawanan pihak lain. Acapkali beliau diseret ke pengadilan maupun ke dalam perdebatan-perdebatan. Akan tetapi sebelum beliau wafat pada tahun 1908, beliau telah memperoleh kedudukan yang demikian rupa sehingga orang-orang yang menentang pun menghormati beliau. http://www.ahmadiyya.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=67:riwayat-hiduphadhrat-mirza-ghulam-ahmad&catid=34:ahmadiyah&Itemid=56 Ahmadiyah : Agama Buatan Inggris Untuk Meruntuhkan Islam Apa yang dilakukan oleh agama Ahmadiyah bukan urusan kebebasan HAM, melainkan justru penodaan sebuah agama kepada agama yang dianut oleh mayoritas yang dipeluk oleh bangsa Indonesia, yaitu agama Islam. Penodaan ini sudah berlangsung sejak masa penjajahan Barat yaitu Inggris kepada umat Islam di India. Kemudian penodaan Islam yang sistematis ini diperluas ke hampir semua negeri Islam. Uniknya, penodaan ini didesain oleh Inggris agar tetap dilakukan oleh orang-orang yang mantan-mantan umat Islam dengan dibayar uang berlimpah. Karena itu belum pernah ada cerita para aktifis Ahmadiyah rela meninggalkan status Islamnya. Di seluruh dunia mereka tetap ngotot dan memaksakan diri mengakungaku muslim. Padahal di seluruh dunia Islam, tidak ada satu pun pemerintahan yang mengakui keislaman mereka. Semua pemerintahan Islam di dunia ini sudah sampai ijma` sejak zaman dahulu kala untuk mengatakan bahwa Ahmadiyah adalah agama tersendiri di luar agama Islam.

atau kebebasan berekspresi. belajar bahasa Arab. yang ngotot memaksakana diri untuk mengakui Ahmadiyah sebagai bagian dari kebebasan beragama. Sungguh keji apa yang dilakukan oleh penjajah Inggris. tentu si teman itu berhak marah. Penguasa kolonial Inggris ketika masih menjajah India secara fisik kala itu. terlalu memaksakan diri.html . seperti Indonesia. Dimana ada agama Ahmadiyah. apa yang dilakukan oleh Komnas HAM jelas-jelas merupakan pembelaan kepada agama Ahmadiyah. tegas mengakui diciptakannya agama baru.ustsarwat.Kecuali pemerintahan negara yang tidak jelas identitas keislamannya. bila seorang berkata kepada temannya bahwa ayah temannya itu adalah seekor monyet. Tentunya cara-cara yang mereka tempuh amat jauh dari kesan ilmiyah. tidak rasional.com/web/berita-109-ahmadiyah--agama-buatan-inggris-untuk-meruntuhkan-islam. belum pernah tercatat melahirkan perdamaian. http://www. Agama apa pun tentu tidak terima kalau diejek-ejek seperti itu. muncul keresahan dan selalu ada keributan. dan konon sampai banyak menghafal ayatayat Al-Quran. Tetapi penguasa Kerajaan Belanda juga pernah melakukannya. Ibarat menyerang sistem komputer. apa pun alasan yang dikemukakan. lalu cara-cara curang dipakainya. ketika mereka menjajah Aceh. atau kebebasan beragama. Sebab sejak awal masuknya agama Ahmadiyah di Indonesia. Dan si pengejek jelas tidak boleh berlindung di balik Hak Asasi Manusia (HAM). Dan kalau si pengejek itu dipukul. rasanya tidak salahsalah amat. Hal itu dilakukan penjajah Inggris dengan sengaja dan sistematis. Sebab mencela seperti itu sangat menyinggung perasaan orang lain. merupakan instrumen efektif untuk merusak tatanan agama Islam di negeri itu. Maksudnya. bebas untuk melecehkan agama Islam dengan tetap mengakui Ahmadiyah sebagai agama Islam. Ahmadiyah. Realitas ini nampaknya tidak pernah dipikirkan oleh Komnas HAM yang sudah terlanjur membabi buta dalam membela agama Ahmadiyah. lantaran kekuatan umat Islam selalu menjadi halangan besar imperialme Inggris di India. penjajah Inggris membuat virus yang mematikan untuk mengacaukan agama Islam dan memporak-porandakan umatnya. melainkan ada kekuatan asing. Di Indonesia. pasti disitu terjadi kerusuhan. dalam hal ini Inggris. Tidak mampu mengalahkan perlawanan umat Islam. tetapi dengan menyamar dan mencatut nama agama Islam. lewat berbagai fasilitas yang digelontorkan bagi para pembela agama Ahmadiyah. Snouck Hurgronje yang jelas-jelas kafir itu sampai pura-pura masuk Islam. tidak melihat kenyataan dan sangat kuat terkesan dibayar. yang menjadi cukong atau dalang di balik semua penodaan ini. Dr. lalu si pengejek malah mengaku sebagai pemeluk agama itu juga. Dengan cara itu. Pelaku penodaan agama Islam ini memang bukan hanya dilakuan oleh pihak agama Ahmadiyah semata. berangkat haji ke Mekkah. kemudian penasehat militer penjajah itu memainkan peran yang amat menentukan dalam jatuhnya tanah Rencong ke pihak penjajah. Kira-kira kalau kita bandingkan. Kala itu.

Menurutnya sudah 100 tahun memang Islam di India terpecah-belah. 10 Februari 2011 11:45 WIB Metrotvnews. Di luar itu. Mengapa Ahmadiyah harus dibubarkan? Menurut Abu Bakar Ba'asyir. Menteri Agama Suryadharma Ali menawarkan empat opsi untuk menghentikan eskalasi kekerasan terhadap Ahmadiyah. pernyataan ini dibantah oleh Amir Ahmadiyah Abdul Basit. "Sejak 100 tahun lalu Islam sudah terpecah-pecah di Hindustan. Melalui taktik pecah-belah tersebut. Tidak hanya rumah. kekerasan itu juga merenggut korban jiwa sebanyak tiga orang. Pandeglang. . ukhuwah Islam dan jihad dan Inggris berhasil memecah itu. Ketiga. Al Quran. Inggris berhasil melemahkan kekuatan Islam saat mereka menjajah India. Ahmadiyah harus dibubarkan. "Ahmadiyah itu kafir.Politikus PPP: Ahmadiyah Dibekingi Inggris JAKARTA – Politikus PPP Hasrul Azwar mengatakan Ahmadiyah adalah buatan Inggris untuk memecah muslim di Hindustan. Mereka masih dirawat di rumah sakit. sebelum menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. itu pada masa pendudukan Inggris di India. http://news. dan lain-lain. Menurut pemimpin Jemaah Anshorut Tauhid ini. Namun." ujarnya. seperti Syiah dan Sunni. Ahmadiyah bisa dibiarkan saja karena ada yang berpandangan hal itu merupakan bagian dari hak asasi manusia. tidak ada itu Inggris beking Ahmadiyah." lanjutnya. puluhan korban terluka juga jatuh. kata Abdul. Banten. "Islam kuat karena Alquran. Dan keempat. tanah suci. "Tak ada itu datang Inggris denga Mirza Gulam Ahmad untuk memecah Islam.000 warga menghajar puluhan penganut Ahmadiyah di Cikeusik. pertama.com/read/2011/02/17/337/425559/politikus-ppp-ahmadiyah-dibekingi-inggris Ba'asyir: Ahmadiyah itu Buatan Inggris Sosbud / Kamis. Jakarta. Tidak tepat Mirza Gulam Ahmad didirikan Inggris. seperti masjid. tak ada yang bisa membuktikan teori Hasrul. Ahmadiyah bisa menjadi sekte atau agama tersendiri dengan konsekuensi tidak menggunakan atribut agama Islam." katanya. Rabu (16/2/2011). Ahmadiyah dibubarkan. “Ahmadiyah itu dibekingi Inggris. buatan Inggris yang harus dibubarkan atau dinyatakan agama sendiri. Sekitar 1. Empat opsi itu adalah. Sampai sekarang tidak terbukti dananya dari Inggris. Ahmadiyah bisa kembali menjadi umat Islam yang sesuai tuntunan Al Quran. baru selesai. karena Ahmadiyah merusak Islam. Kekerasan terhadap Ahmadiyah kembali meledak. Kedua.com. Lagipula." katanya dalam rapat dengar pendapat Komisi VIII DPR dengan Jemaat Ahmadiyah Indonesia. rasul.okezone. Abu Bakar Ba'asyir memiliki pendapat yang unik tentang Ahmadiyah. Kamis (10/2). Sebelumnya. Jakarta: Berbeda dengan banyak pihak." kata Ba'asyir di Mabes Polri.

tidak terlepas dari sejarah Mirza Ghulam Ahmad sendiri sebagai pendiri aliran ini.” Dengan dokrin itulah. Ia dilahirkan di Qadian tahun 1835. FAMILI Ghulam Murtada masih keturunan Haji Barlas dari dinasti Mughal. Disamping itu. lebih ekstrim lagi. Bahkan dalam riwayat lainnya disebutkan bahwa kedekatan keluarga Mirza dengan kolonial Inggris ini lah yang menyebabkan lahirnya ajaran Ahmadiyah. kemudian Mirza Ghulam Ahmad mulai menyiarkan kenabiannya. Jauh sebelum itu. Bahkan. Lihat pernyataannya dalam Tazkirah (kitab suci AHmadiyah): “Aku adalah Imamuzzaman pada abad sekarang dan Allah telah menghimpun tanda-tanda pada diriku”. Dengan demikian. Punjab – India. tidak pelak lagi jika aliran Ahmadiyah bersikap kooperatif dengan pemerintah Inggris. Ranjat Singh. sekalipun keduanya sama-sama mendapat reaksi keras dari ummat Muslim India. kemudian Mirza Ghulam Ahmad mengkampanyekan dirinay sebagai Imam Mahdi. pendiri Ahmadiyah juga ingin melestarikan tradisi keluarganya yang telah lama menjalin hubungan mereka dengan pemerintah Inggris. Dakwah sesatnya itu terus mendapat dukungan dari kolinilis Inggris. Kemudian mendorongnya untuk mendirikan ajaran sendiri yang bertujuan untuk memecah belah Islam. Agar setiap ungkapannya dipercaya dan diyakini kebenarannya.com/read/news/2011/02/10/42166/Ba-asyir-Ahmadiyah-itu-Buatan-Inggris/ Sejarah Ahmadiyah. dia mengaku dirinya bertemu dengan Tuhan dan telah diangkat menjadi nabi. Melalui dalil itulah. yang saat itu melakukan perlawanan terhadap kolonial Inggris. merujuk pada hadist Nabi Muhammad SAW tentang akan turunnya Isa Almasih dan Imam Mahdi. Mereka tinggal di Gundaspur. yaitu sewaktu pemerintahan dinasti Mughal. Mirza Ghulam Ahmad didorong agar mengakui dirinya sebagai nabi. keluarga tersebut sudah menjalin kerja sama yang erat dengan pimpinan kaum Sikh. Inggris yang memang dikenal sebagai pendiri agama baru. sebagaimana pernyataan Mirza Ghulam Ahmad sendiri: . Jadi. Nenek moyangnya berasal dari Samarkand yang pindah ke India pada tahun 1530. sehingga ia bebas menyebarkan ide kemahdiannya dan dapat mempertahankan aliran yang didirikannya. dengan mendirikan Universitas Aligarh. Apabila Ahmad Khan menginginkan agar ummat Muslim bisa memperoleh kemajuan dan kesuksesan sebagaimana yang dicapai oleh bangsa Eropa. ayahnya bernama Mina Ghulam Murtada. “Dia (Tuhan) menamakanku sebagai nabi. sesuai dengan perintah-Nya bahwa aku adalah nabi. Tentunya sikap kooperatif tersebut. Keluarga Mirza pernah menjadi pembantu setia pemerintah kolonial Inggris di India. maka Mirza Ghulam Ahmad dengan Ahmadiyahnya ingin mendapat perlindungan secara politis. dan oleh karenanya didepan nama keturunan keluarga ini terdapat sebutan Mirza. Di situ mereka membangun kota Qadian.http://metrotvnews. sengaja mencetak Mirza Ghulam Ahmad sebagai pemuka agama Islam. Tak Lepas dari Kepentingan Inggris Sejarah berdirinya Ahmadiyah. berbeda dengan sikap kooperatif yang dijalankan oleh Sayyid Ahmad Khan.

numpahkan darah oleh Imam Mahdi atau Messiah yang begitu fanatik memberi ajaran-ajaran bodoh dan sempit. aku dalam usia 60 tahun.” Demikian pula halnya dengan pernyataan Basyiruddin Mahmud putera Mirza Ghulam Ahmad. ”Sebagian besar perjalanan hidupku ialah mendukung dan membela pemerintah Inggris… Saya selalu menganjurkan agar setiap Muslim haruslah menjadi pengabdi pada pemerintah ini. Dan aku mengajak mereka. dia juga mengatakan bahwa bangsa India seharusnya berterima kasih kepada penjajah Inggris: “Sesungguhnya tidak menyempurnakan hak atau tidak berterima kasih kamu pada Inggris berarti tidak menyempurnakan hak atau tidak berterima-kasih kamu kepada ALLAH.” (Lihat Tiryacal-Qulub halaman 15 blirza) Di lain tulisan. agar mereka menghilangkan pikiran untuk berjihad (terhadap Inggris). dan kami tegaskan kepada Tuan bahwa warga Ahmadiyah adalah setia kepada pemerintah Inggris. dimana pikiran seperti itu masih diikuti oleh sebagian mereka yang bodoh-bodoh. yang sewaktu Putera Mahkota Kerajaan Inggris berkunjung ke India.” (Lihat At-Tabligh halaman 41) http://monitorindonesia. Dan insya’allah kesetiaan warga Ahmadiyah ini akan tetap untuk selama-lamanya.com/2011/02/sejarah-ahmadiyah-tak-lepas-dari-kepentingan-inggris/ Fatwa tentang aliran AHMADIYAH : MUl menyatakan. dan pikiran semacam itulah yang mencegah mereka tidak mau patuh kepada pemerintah Inggris. dan bersikap lunak kepadanya. bahwa Aliran Ahmadiyah berbeda di luar Islam. Dan pemerintah berkewajiban untuk melarang penyebaran faham Ahmadiyah di seluruh Indonesia dan membekukan organisasi serta menutup semua tempat kegiatannya.“Sungguh sejak masa mudaku sampai hari ini. . Hal ini bisa dibuktikan dari tulisan-tulisannya yang menunjukkan kesetiaan. serta orang Islam yang mengikutinya adalah murtad (keluar dari Islam).” Sosok Mira Ghulam Ahmad ternyata memang menjadi hamba pemerintah Inggris. aku menjadi orang yang gigih berjuang dengan lisan dan penaku supaya aku dapat memalingkan keikhlasan hati kaum Muslimin kepada pemerintah Inggris karena kebaikannya. ketundukan serta penyerahan diri totalnya kepada sang penjajah. dan sanubari mereka janganlah ada sedikitpun niat meniru-niru perbuatan menumpah. menyatakan: “Kami atas nama seluruh warga Ahmadiyah mengucapkan Selamat datang atas kunjungan Tuan ke India. sesat dan menyesatkan.

.

 :898.42.7.9 .

0-.

.-079.9. -:.3 378 :39: 207:39:.2.   .2 92 .2. ./.3 8.

/..9.:9./.3378/3/. -0.9 /03..38..-:.   2.5..2.32.8.-03378 #% !49:8!!!. #.3.87:../.9.3/.7503/.-: ..7203.9428'!#/03.9. .9.3378:39: 2020.90780-:9 378-07../.3/4308./.92.82002.302.28.950../.3 0.203.92070.!49:8!!!2./.27...3 0:.2:82/3/:89.9:/-03378 9:5.503/:/:.5.

.

2 9/.9. 9: .39/.3..97.2:3 5073.   .9.-/:.907-:9 /.   .7.. .9:/.-/: 9.3-8. -0.//.905.3.:8.8. ::. 9..7.40272.:3../.  995.:.8:.2/3/.6:7.3378 $.8.39047./.3:93.82020..25..39.:.90750.87:   %.3378/03.9.703.3.7378 :.9.8:/.3  805079$.///7.9:378 -032.33/-././..90750.3 7.38.3./3/:89.3.22.8: 9.22.:3 202.. 50.9.80./.202-:9.. $0.2/.3$:33 .89 03:7:93.3378-07.73./. 9.    8.28:/./:39:2020.5:.2:./.. %/.

.

308 40430 .42.

70./.

 .

.

.

.

.

/.549:8 555 .9::. /-03 378 .872./.9. .3378 $48-:/.2.

/. .3.9.803/7 -.7  09749.3 :39039...9.17 -:./.:/3.87/.3-.9..9:.5.87202503/..79.2.7./. .9. .79.7:8008.-08!47 . 03:7:950225302.. -:.07-0/.  .3  2.9.7.42 .3847:9%..308 .3.32..7:8/-:-.28  .7:8/-:-.:/3 2.3./03..3.28  0-7:.3378..5.7.

3007 .2.2./8090./.203.:.3.9./.8.3/.2.3   03.8.907803/7/03.7:8/-:-./. $09.9/7:2..308..3808:. 03907./.2.94589:.2 8050792.$:7. 2.7 . 5079.3/0.52.3907:.79: 5::.9:39:3././. .703..3903 %/.82.30025.9.../-.47./:2../-:-.3./.203.3 .9./.../..3907.3":7.207:8.9  .5.52..3/.7../.3/!03. 2.3-075.02-.3:9 2.-8.80-. ...38.9: 070.347-.2../0:8 !.$0.-8.3.7.2. 02-.203./.8 007.3 /.34380:038 9/.98.9  2.9458:39:203039..8./.3 :.3.3-.75::.703.3025..3 .7..7..8.87 .-8.3 0/:.8. 007./78/.3:8..7.7:2.3   007.3503. 80-0:2203.   25.3907.39::.203.2  $0-0:23.3.7./.8/ ":7.8.3 09.3.9:207:5.97-:9. 8.79.2.20703:947-.:.72./.7. .200/.203:3. 2.3 .2.303:7:9-:.8/7./.

995.

.

308 .209749.42.

70./.

308.

 .

.

 .

.

 9: :.3 378.. ./.9.87 2.

:./2:..8././80-.-078.5.303.3 80.93.7.8.:../.22.703.80-.7./.7./././.2.202-.3-079::.5.3/. 8. 378.8/.8.780.20325:39.7.22..8./../. 7..-.2:. 03024..3.7.745. 203.7.9.8/..3/.  5.7.-.203.8.7.30:.03/...25.3:349.3.39:809.-.8..7:22.32030-.2.980-:9.3 0-08972..-0-.".2.90780-:98:/./80:./03..3203/47433.7.89:.5..3 507..2./.3:80-. -.503/7./.7809.38.203.95073./$9039.89:.503/7.95073/:3..3//7.0/0.7.7..2.38.2.:3 .92025079.3/.33.2..-07/73..320333.32.3/"..7 203./03.7..40-.8/.:.-8:. %..33.90705./89..544507..970.91/03.9190780-:9 -07-0/.2./502-.390.5.9.35.9:80.3..9:823/.3%:.7/3.807.544507.:/73./..3.:.8.5.-0.39:7:33..3.2..3/4739:.2.90.33203/..3.7. /03./:3/.378  . $0.9/::3..  0:.7./.2../203.3.32..3.35020739.80-.3.30. .3/73. .7438378  8.:/73.8.3:39:2020.39.3.3907/.09:7:3.3.93.///4743.3.- 207::5.././.37.340.2.3  :.3/..3.5:3.3203/7.3:-:3.3378 $0.203.2.3320089.05. 9:907:8203/.2 .3.:.30:.7$..3/002./  .7.-  .33.9$3  03.9:5020739.22.3783 ./.2. 070././80-:9.5020739.-  03. 9.5.09...3 203.:./803/7 .7.7. //05.7.3/.  .3.8/.7.:.3907.340$.3/03.7:22.3..307.85:7 !:3. %:.3/3.3/.7.3..99:20.:.9203.30-03.5:30/:./.5443./  0.7.3/..-073.32.35020739.3..2.3.91./.50..:3  .9.2.3&3.33.5.9:.9. 02:/. /. :39:203/7.3.3202./803/7 80-.//03.3443.. 89:2070.307.:./3.32070.5.2.27.2 02:/..:2$ #.:..203/.7: 803.2.33.33.544507.3 80-.2.3/..7.808...33.3-./7:  . /.308:808.5././. .33.9/03.2:79.-./.3803/7.8/..3/02.22. :.80-.37./.37./03./..7.8 2030-.443.3.350739.- .2%./ 808:.378/3/.203.-.32.3/.  :./507.5073.7.:/.5498 803..:80-0:2 9: 0:.2 2.2 :79.9.:.502:.390. 2. 378  %039:3.7050393.378 80-.3./. 02:/.3/.2539: 503/72.22.7.2.22..-07.37.353/.38. 9..3/.3 9/.-:./ 80.73.397.203.9:82-8.3././.-07902:/03.33 ...33.2025074002./03..7 2.7.-  3/.2.2.3. 9/.5073./.3.809:7:3.22.3/.0789.380./ 2.7.7..35253.

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

.

.2439473/4308.42.

 .

.

 .7.8 /.80.2. 05.3 378. 9.7 050393./.

22.9./:.7.3 &203.203:9:5802:.3:39:20..2  . .2./.9/.32.78.3203:93.7.3 8079.7..9.7/.-070.347.88079.-./.3.90.35030-.35020739.9.2:79.3 202-0:.78..31..320308.33./.7.3 -.3 8.-07-0/.2 808.9039./.47.      ./ 0:./80:7:3/4308.9025. .9.38.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful