P. 1
Makalah HIV/AIDS

Makalah HIV/AIDS

|Views: 1,043|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Natalia Vega Mangare on Sep 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/20/2012

pdf

text

original

Makalah Penjaskes

HIV/AIDS
GMP : Bpk. J. Pantow, SPd

Disusun Oleh:

Natalia Vega Mangare
Kelas: XII IPA

SMA Kristen Sonder
2011

Kata Pengantar

Dengan memanjatkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan kasihNya sehingga penulis dapat merampungkan makalah tentang HIV/AIDS. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa materi dan teknik penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan , sehingga segala kritikan , saran dan teguran yang mengarah pada perbaikan dan penyempurnaan makalah ini akan diterima dengan senang hati dan atasnya tak lupa penulis menyampaikan banyak terima kasih . Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat demi meningkatkan pengetahuan kita tentang HIV/AIDS .

Penulis

Daftar Isi

Kata Pengantar Daftar Isi Bab 1 Pendahuluan A.Latar Belakang B. Perumusan Masalah C. Tujuan Penulisan Makalah Bab 2 Isi A.Pengertian HIV/AIDS B. Penyebab HIV/AIDS C. Gejala dan Komplikasi HIV/AIDS D.Penanganan HIV/AIDS Bab 3 Penutup A.Kesimpulan B. Saran Daftar Pustaka

Bab 1 Pendahuluan

A. Latar Belakang
Tingginya kasus penyakit Human Immunodeficiany Virus/Acquired Immnune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS), khususnya pada kelompok umur remaja, salah satu penyebabnya akibat pergaulan bebas. Hasil penelitian di 12 kota di Indonesia termasuk Denpasar menunjukkan 10-31% remaja yang belum menikah sudah pernah melakukan hubungan seksual. Di kota Denpasar dari 633 pelajar Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA) yang baru duduk di kelas II, 155 orang atau 23,4% mempunyai pengalaman hubungan seksual. Mereka terdiri atas putra 27% dan putri 18%. Data statistik nasional mengenai penderita HIV/AIDS di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 75% terjangkit hilangnya kekebalan daya tubuh pada usia remaja. Oleh karena itu penulis ingin meneliti tentang pennyebab HIV/AIDS, gejala dan komplikasi HIV/AIDS, serta penanganan HIV/AIDS.

B. Perumusan Masalah
Berikut ini merupakan perumusan masalah dalam makalah ini. 1. Apakah HIV/AIDS itu ? 2. Apa penyebab HIV/AIDS ? 3. Apa saja gejala dan komplikasi HIV/AIDS ? 4. Bagaimana penanganan HIV/AIDS ?

C. Tujuan Penulisan Makalah
1. 2. 3. 4. Mengetahui apa yang dimaksud dengan HIV/AIDS. Mengetahui penyebab HIV/AIDS. Mengetahui gejala dan komplikasi HIV/AIDS. Mengetahui cara menangani HIV/AIDS.

Bab 2 Isi

A. Pengertian HIV/AIDS
Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi atau sindrom yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus atau disingkat HIV, yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

B. Penyebab HIV/AIDS
HIV/AIDS disebabkan oleh infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). HIV/AIDS dapat ditularkan melalui beberapa cara, antara lain : 1. Penularan seksual 2. Kontaminasi patogen melalui darah 3. Penularan masa perinatal

C. Gejala dan Komplikasi HIV/AIDS
 Gejala-gejala utama HIV/AIDS Biasanya penderita AIDS memiliki gejala infeksi sistemik; seperti demam, berkeringat (terutama pada malam hari), pembengkakan kelenjar, kedinginan, merasa lemah, serta penurunan berat badan. Infeksi oportunistik tertentu yang diderita pasien AIDS, juga tergantung pada tingkat kekerapan terjadinya infeksi tersebut di wilayah geografis tempat hidup pasien.

 Tahap komplikasi HIV/AIDS     Penyakit paru-paru utama Penyakit saluran pencernaan utama Penyakit syaraf dan kejiwaan utama Kanker tumor ganas (malignan)

D. Penanganan HIV/AIDS
Sampai saat ini tidak ada vaksin atau obat untuk HIV atau AIDS. Tetapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh penderita HIV/AIDS, antara lain : 1. Terapi antivirus 2. Penanganan eksperimental dan saran 3. Pengobatan alternatif

Bab 3 Penutup
A. Kesimpulan

HIV adalah virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

B. Saran Sebagai generasi muda, kita harus menjaga diri kita agar kita tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas karena itu merupakan cikal bakal menularnya virus HIV/AIDS.

Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/AIDS http://id.wikipedia.org/wiki/AIDS#Gejala_dan_komplikasi http://id.wikipedia.org/wiki/AIDS#Penyebab http://id.wikipedia.org/wiki/AIDS#Pencegahan http://id.wikipedia.org/wiki/AIDS#Penanganan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->