Definisi Pendidikan Menurut UU No.

20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS
Posted on 4 Desember 2010 by AKHMAD SUDRAJAT Dalam perspektif teoritik, pendidikan seringkali diartikan dan dimaknai orang secara beragam, bergantung pada sudut pandang masing-masing dan teori yang dipegangnya. Terjadinya perbedaan penafsiran pendidikan dalam konteks akademik merupakan sesuatu yang lumrah, bahkan dapat semakin memperkaya khazanah berfikir manusia dan bermanfaat untuk pengembangan teori itu sendiri. Tetapi untuk kepentingan kebijakan nasional, seyogyanya pendidikan dapat dirumuskan secara jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak yang terkait dengan pendidikan, sehingga setiap orang dapat mengimplementasikan secara tepat dan benar dalam setiap praktik pendidikan. Untuk mengatahui definisi pendidikan dalam perspektif kebijakan, kita telah memiliki rumusan formal dan operasional, sebagaimana termaktub dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, yakni: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Berdasarkan definisi di atas, saya menemukan 3 (tiga) pokok pikiran utama yang terkandung di dalamnya, yaitu: (1) usaha sadar dan terencana; (2) mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya; dan (3) memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Di bawah ini akan dipaparkan secara singkat ketiga pokok pikiran tersebut. Sebelum lebih jauh membahas tentang seluk beluk pendidikan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai batasan atau definisi pendidikan.Dengan pemahaman yang utuh, kita akan lebih mudah memasuki pembahasanpembahasan yang lebih dalam tentang pendidikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991:232), pendidikan berasal dari kata “didik’, lalu diberikan awalan kata “me” sehinggan menjadi “mendidik” yang artinya memelihara dan memberi latihan. dalam memeliahara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pemikiran. Hartoto – Beberapa definisi pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut: Definisi Pendidikan menurut para ahli

akan tetapi dibutuhkan pada saat dewasa. agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya. 5. pikiran dan sifatnya. Horne Pendidikan adalah proses yang terus-menerus dari penyesuaian yang berkembang secara fisik dan mental yang sadar dan bebas kepada Tuhan. H. Ahmad D. emosional ke arah alam dan sesama manusia 2.J. 9. Marimba Pendidikan adalah bimbingan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. 4.1. Mc Donald Pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merubah tabiat (behavior) manusia. Insan Kamil Pendidikan adalah usaha sadar yang sistematis dalam mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam diri manusia untuk menjadi manusia yang seutuhnya. J. Frederick J. Ki Hajar Dewantara Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti. 7. atau lebih tepatnya membantu anaka agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri.J. . John Dewey. 8. M. Longeveled Pendidikan adalah usaha . 3. Russeau Pendidikan adalah pembekalan yang tidak ada pada pada saat anak-anak. serta jasmani anak. pengaruh. Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual. 6. Thompson Pendidikan adalah pengaruh lingkungan terhadap individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap dalam kebiasaan perilaku. pikiran. perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak agar tertuju kepada kedewasaannya.

pengajaran. terencana.P. Ngalim Purwanto Pendidikan adalah segala urusan orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya kearah kedewasaan. 17. pengajaran. UU No. 18. yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang. bangsa. akhlak mulia. dan latihan. . serta keterampilan yang diperlukan darinya. 13. kecerdasan. GBHN Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup. Ivan Illc Pendidikan adalah pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. kepribadian. masyarakat. 14.10. W. pengendalian diri. sistematis. 11. dan terencana dalam tujuan mengubah tingkah laku ke arah yang diinginkan. UU No. teratur. Driakara Pendidikan adalah memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia. dan terus-menerus dalam upaya memanusiakan manusia. Napitulu Pendidikan adalah kegiatan yang secara sadar. dan negara. 2 tahun 1989 Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan. dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional Pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan. Edgar Dalle Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga. masyarakat. 12. dan pelatihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Hartoto Pendidikan adalah usaha sadar. Definisi Pendidikan menurut undang-undang dan GBHN 16. 15.

Dr. Omar Muhammad Al Toumy al Syaebani mengartikan pendidikan sebagai usaha mengubah tingkah laku individual (orang per orang) dalam kehidupan pribadinya. terencana.Djamaly berpendapat bahwa pendidikan adalah proses mengarahkan derajat kemanusiaan sesuai dengan kemampuan dasar (fitrah) dan kemampuan ajarnya (pengaruh dari luar). Mohammad Fadhil al. dan menuju kedewasaan. Herman H. 5. 6.(Hartoto @ http://fatamorghana. 4. Bongkar² file lama dan menemukan referensi tentang pendidikan. Dan pendidikan merupakan proses pembentukan kemampuan dasar yang fundamental. Dr.com) 12 Definisi Pendidikan #1 Posted on August 24. baik menyangkut daya fikir (daya intelektual) maupun daya emosional (perasaan) yang diarahkan kepada tabiat manusia dan kepada sesamanya. Langeveld berpandangan bahwa pekerjaan mendidik adalah membimbing anak didik yang belum dewasa kearah kedewasaan yang bercirikan kemandirian (self-standing).J. 3. John Dewey berpendapat bahwa pendidikan adalah proses tanpa akhir (education is the process without end). 2010 by Alix Wijaya| Leave a comment Artikel telah dibaca 8. melainkan juga merupakan agent (lembaga) yang berugas melayani hati nurani masyakat dalam perjuangannya mencapai hari yang lebih baik. Van Cleve Morris berpendapat bahwa pendidikan adalah studi filosofis yang pada dasarnya bukan hanya alat untuk mengalihkan cara hidup secara menyeluruh kepada setiap generasi.343 kali.wordpress. aLe posting aja deh. pada dasarnya pengertian pendidikan yang dikemukakan memiliki kesamaan yaitu usaha sadar.Dari beberapa definisi pendidikan di atas. Untuk 6 definisi pendidikan yang pertama bisa dibaca di artikel sebelumnya *klik*. Dan berikut definisi pendidikan menurut tokoh² pendidikan dunia. berlangsung terus-menerus. dengan sesama manusia dan dengan alam jagat raya. secara lagi ngetrend topik SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). sistematis. Horne menyatakan bahwa pendidikan adalah proses penyesuaian diri manusia secara timbal balik dengan alam sekitar. 2. semoga bisa membantu bagi yang membutuhkanya. dalam kehidupan sosial (kemasyarakatan) – nya dan dalam kehidupan di lingkungan alam sekitar melalui suatu proses. . Dr. M. Apakah Definisi Pendidikan itu? 1.

Lodge beranggapan bahwa pendidikan adalah kehidupan dan kehidupan adalah pendidikan (Education is Life and Life is Education). Drs. Richey dalam bukunya ‘Planning for teaching. 9. Marimba berpendapat bahwa penegertian pendidikan adalah bimbingan atau pimipinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rokhani si terdidik menuju terbentunya kepribadian yang utama. 8. Brojonegoro pendidikan dapat dirumuskan sebagai berikut : Pendidikan adalah tuntutan kepada manusia yang belum dewasa untuk menyiapkan dirinya agar dapat memenuhi sendiri tugas hidupnya. Pendidikan adalah (1) Seni. pengawasan dan bimbingan murid. .Pendidikan adalah tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak-anak. 10. Pendidikan adalah Usaha Sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan. 11. Menurut S. berikut Pendidikan menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. pengajaran bagi peranannya di masa datang. an Introduction to Education’ menyatakan: Istilah ‘Pendidikan’ berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama membawa warga masyarakat yang baru (generasi baru) bagi penuaian kewajiban dan tanggung jawabnya di dalam masyarakat. atau profesi sebagai pengajar. Menurut Rupert C. Menurut Carter V. . pikiran dan jasmani anak-anak. Good dalam ‘Dictionary of Education’. Selain 12 diatas. 2 Tahun 1989. Ohya.Pendidikan berarti daya upaya untuk memajukan perkembangan budi pekerti. praktek. Ki Hajar Dewantara mengemukakan pengertian pendidikan sebagai berikut: .7. D. 12. (2) Ilmu yang sistematik atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip dan metode-metode mengajar. Menurut Prof.