1.

PERANGKAT MASUKAN ( INPUT DEVICES )
Pada perangkat ini ada 2 alat pokok yang menjadi penggerak operasional computer. Dua perangkat tersebut saling melengkapi dan dipakai pada computer generasi windows. Sedangkan untuk generasi computer dengan aplikasi DOS hanya keyboard saja yang menjadi perangkat masukan. Perangkat masukan ini berfungsi untuk member masukan data untuk diproses menjadi informasi atau output. Ada dua macam perangkat input dalam computer yaitu :

A.KEYBOARD
Papan ketik komputer merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.Ada sejumlah ketentuan yang berbeda dari simbol-simbol abjad, angka dan tanda baca pada tombol. Perbedaan tata letak papan ketik ini timbul terutama karena orang yang berbeda membutuhkan akses yang mudah ke simbol yang berbeda, atau karena mereka memasukkan teks dalam berbagai bahasa, baik karena mereka memiliki ketentuan khusus di bidang matematika, akuntansi, pemrograman komputer atau keperluan lainnya. Tata letak papan ketik di Amerika Serikat digunakan sebagai sistem operasi yang paling populer saat ini[4], Mac OS X [5], Windows dan Linux [6] . Sebagian besar ketentuan umum tata letak papan ketik (papan ketik berbasis QWERTY dan sejenisnya) dirancang di era mesin ketik mekanik, sehingga ergonomi mereka harus sedikit dikompromikan untuk mengatasi beberapa keterbatasan mesin tik mekanik. Seperti tombol huruf menempel pada tuas yang diperlukan untuk bergerak bebas, penemu Christopher Sholes mengembangkan tata letak QWERTY untuk mengurangi kemungkinan gangguan. Dengan munculnya komputer, gangguan tuas tidak ada masalah lagi, tapi tata letak QWERTY diadopsi untuk papan ketikelektronik karena meeka banyak digunakan. Alternatif desain seperti papan ketik Dvorak tidak digunakan secara luas. Tata letak QWERTZ digunakan secara luas di Jerman dan sebagian besar Eropa Tengah. Perbedaan utama antara QWERTZ dan QWERTY, letak Y dan Z ditukar, dan karakter yang paling khusus seperti tanda kurung diganti dengan karakter diakritik. Tata letak AZERTY digunakan di Perancis, Belgia dan negara-negara di sekitarnya. Tata letak AZERTY berbeda dengan tata letak QWERTY. Pada tata letak AZERTY, letak huruf A dan Q ditukar, huruf Z dan W ditukar, dan huruf M dipindah dari sebelah kanan huruf N ke sebelah kanan huruf L (tanda titik dua/tanda titik koma di papan ketik Amerika Serikat). Posisi unshifted digunakan untuk karakter beraksen.

.

pengguna dapat drag-and-drop gambar yang mewakili sebuah file ke gambar tempat sampah. termasuk gerakan tarik-dan-drop. Kadang-kadang fitur unsur-unsur lain. Secara fisik. Gerakan mouse biasanya diterjemahkan ke dalam gerakan kursor pada layar. sehingga memerintahkan sistem untuk menghapus file.B. karena mereka membutuhkan lebih halus motor kontrol dari pengguna. seperti "roda". yang memungkinkan untuk kontrol baik dari antarmuka pengguna grafis. beberapa konvensi gestural telah menjadi luas. dan orang sering menemukan mereka lebih sulit untuk digunakan. (Lihat juga point-and-klik) . di mana: Pengguna menekan tombol mouse sambil melayang kursor mouse di atas objek antarmuka . Antarmuka gestural terjadi lebih jarang dari biasa menunjuk-dan-klik. yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai sistem operasi bergantung.Pengguna memindahkan kursor ke lokasi yang berbeda sambil memegang tombol ke bawah Pengguna melepaskan tombol mouse Sebagai contoh. . mouse terdiri dari sebuah objek yang diselenggarakan di bawah salah satu tangan pengguna. Sebagai contoh. Kegunaan lain dari input mouse pula terjadi pada aplikasi-domain khusus. yang berarti bahwa gerakan bergaya dari kursor mouse itu sendiri. MOUSE Dalam komputasi. atau tombol tambahan atau fitur yang dapat menambah lebih banyak kontrol atau masukan dimensi. disebut "isyarat". program atau tindakan dari daftar nama. atau (dalam antarmuka grafis) melalui gambar kecil yang disebut "ikon" dan elemen lainnya. dalam program gambar. mouse adalah perangkat penunjuk yang berfungsi dengan mendeteksi dua dimensi gerak relatif terhadap permukaan pendukungnya. Sebuah mouse biasanya mengontrol gerakan kursor dalam dua dimensi dalam antarmuka pengguna grafis (GUI). Mengklik atau melayang (berhenti gerakan saat kursor berada dalam batas-batas suatu area) dapat memilih file.Pengguna juga dapat menggunakan tikus gesturally. Namun. sebuah file teks dapat diwakili oleh gambar sebuah notebook kertas. menggerakkan mouse dalam gerakan cepat "x" atas bentuk mungkin menghapus bentuk. dengan satu atau lebih tombol. dan mengklik sementara melayang kursor ikon ini dapat menyebabkan sebuah program mengedit teks untuk membuka file dalam jendela. dapat mengeluarkan perintah atau peta untuk tindakan tertentu. Misalnya.

sehingga semua pihak dapat diperiksa. Sebuah fungsi yang terkait membuat gambar objek memutar. .Dalam interaktif grafis tiga dimensi. pemain biasanya menggunakan mouse untuk mengendalikan arah di mana "kepala" pemain virtual wajah: menggerakkan mouse ke atas akan menyebabkan pemain untuk mencari. dalam genre penembak orang pertama permainan (lihat di bawah). gerakan mouse sering diterjemahkan langsung ke dalam perubahan dalam orientasi kamera virtual. mengungkapkan view di atas kepala pemain. Misalnya.

°–ff¯ ff°–%  °– ff° ¾ff¾ f f ff¯ ff¾ ff¾¾ff f% f½f¯ ¯€ ½–f¯ ff° ff° f f€f°f¯f ff% ff¯f°f¯f–f€¾%¯ f–f¯ f  nf°– ¾  °  f°  ¯ °f°°f  f–fn° ¾ f€  ¾ f½f f –f¯ f¾ f°  f¾  f°¯ °–¾ ¯ °ff ¯ ff°–¾°° f½f¯ ° f f°¾ f½–f¯¯ °–  ¾ °¯ ¯ f€  ff¯© ° f %f©–f½° f° % 9 °––°f©–f f½f¯ °––°ff°¾– ¾f f°– f ff– ff° –ff f ¾¯¾ ¾ °   ¾  ¾ff  f½f¯ °– ff°½ °fff ½ f°° ff°  ° .¾f°f  ff¯½–f¯–f¯ f  ¯ °–– ff°¯¾  ff¯– ff°n ½f  ff¾ °¯°–° ¯ °–f½¾ °  °f¯f– ¾f ©f  ©ff°– f f¾f¯ °°© f°   f° f°–¾ °–¯ ° ¯f°¯  f ¾° –°ff° f °f¯  f ¯ ¯ f° f¾¯° f½ °––°f -f¯°  f½f ° °¾– ¾f f¯ °©f f¾  ¯f¾– ff°f f° ½   ¯f°f  9 °––°f¯ ° f°¯ ¯¾ ¾f¯ ¯ ff°–¾¯¾  ff¾  © f°f¯f 9 °––°f¯ ¯° ff°¾ f¾f°–  f ¾f¯ ¯ ¯ –f°–¯   ff9 °––°f¯  ½f¾f°¯ ¯¾    f–fn° ½ °––°f f½f f– f° ½–f¯ ff°–¯ f¾ f €  –f¯ f ¯½f¾f¯½f ¾ °––f¯ ¯ °ff°¾¾ ¯° ¯ °–f½¾€    –°ff°f° f°½¯¾ ½f ©f ½f ff½f¾ ¯f°¾¾  .  &$ ff¯¯½f¾ ¯¾ f ff½ f°–f½ °°©f°– €°–¾ °–f°¯ °  ¾ f ¯ °¾– f f€ f f½½ ¯ff° ½ ° °–°f  nff€¾ ¯¾    f¾ f © f°– ¾  °––fff°  ff¾ff¾ff°–f°½ °––°f  °–f°¾fff  ¯  f f°– f f°–€°¾ °¾f° ¾ ½   f f°– ¯ ¯°–°f°½ °––°f°¯ ff°  f–f¾¾ ¯½ f¾ –f°°– ff¯ f¯ ff°ff€f°– f½f¯ °f¯ f  f°f°ff¯f¾f° ¯ °¾  ff°¯¾  f¾f°f  © ¯ff°  ff¯– ff°¾½f fff f°–¯ ¯°–°f°° ° f ff°f¯f½ °––°f–f€¾   f¯¾  f¾f°f¯ °–°– ff°¾ ff¯ f ¯ °¾ ff¯ f°f¯f½ °––°f–f€¾%D% .

¾f°f  ff¯ – ° ½ ° ¯ ff°–½ f¯f½ ¯f°f°%f  ff% ½ ¯f° f¾f°f ¯ °––°ff°¯¾ °¯ °– ° ff°ff ¯f°f  ½ff ½ ¯f° ff©f ¯ °–– ff°¯¾  ff¾ff°¯ ° f f°½ ¯f°° ¯ °nf ¯ °–°–f½f°  ff¾ ½ff½ ¯f°  f€°–¾f°–  f¯ ¯ f–f¯ f © ¯ ¯f ¾ °––f¾ ¯f½f f½f ½ ¾f           .ff¯° f€–f€¾–f ¯ °¾ – ff°¯¾ ¾ °–  © ¯ff° f°–¾°–  ff¯½  ff° ff¯ °f¾f¯ ff .

  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful