P. 1
RPP-Mengetahui Perlakuan Panas Pada Baja

RPP-Mengetahui Perlakuan Panas Pada Baja

|Views: 229|Likes:
Published by Paul Young

More info:

Published by: Paul Young on Sep 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2015

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Nama Sekolah : Kelas/Semester : X/I Pertemuan ke : 9,10,11 Mata Pelajaran : Pengetahuan Dasar Teknik Mesin Kode : Standar Kompetensi : Memjelaskan Proses Dasar Perlakuan Logam Kompetensi Dasar : Mengetahui perlakuan panas pada baja Waktu Pertemuan : 6 x 45 menit A. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti seluruh pembelajaran, siswa akan dapat : . Mengetahui perlakuan panas pada baja B. Indikator Setelah mengikuti pembelajaran pada pertemuan ini, siswa Kompetensi keahlian Teknik Pemesinan kelas X semester 1 dapat : . Memilih dan menerapkan cara perlakuan panas yang sesuai diberlakukan pada baja. C. Materi . Proses perlakukan pada baja dan peralatanya D. Metode Penyampaian Ceramah, diskusi, tanya jawab, soal, dan penugasan E. Alat dan media pembelajaran Whiteboard, spidol, buku teks dan modul F. Kegiatan Pembelajaran

Kompetensi yang harus dikuasai f. Membangun motivasi belajar 1) Prospek jurusan mesin di dunia kerja 2) Arti penting memahami proses pembentukan logam e.NO. Salam pembuka. Sistem penilaian g. Perkenalan d. berdoa b. KOMPONEN Waktu (menit) PBM Media GURU SISWA 1 Membuka : a. Mengisi lembar presensi siswa c. Referensi/sumber belajar 2 3 . Silabus materi h.

5 3 2 2 3 5 5 Komunikasi dua arah Memperhatikan Buku presensi. 30 .

Pengerasan menyeluruh (full hardening) pada logam. Proses perlakukan pada baja dan peralatanya . Ceramah b. Tempering 30 30 35 15 a. Proses perlakuan logam : Annealing. Pengerasan permukaan (surface hardening) pada logam. Diskusi .2 Penyampaian Materi : 1. .

a. Memperhatikan b. Bertanya bila belum/kurang paham Paket materi. . Mencatat hal-hal yang penting d. Aktif berpendapat/menjawab peranyaan c.

Menyampaikan materi selanjutnya 10 5 20 5 5 a. Tanya jawab lisan b. Evaluasi : 1) Tanya Jawab 2) Soal 3) Tugas Rumah c. Soal c. Kesimpulan b. Mengerjakan soal . Penugasan a. Memperhatikan dan menjawab pertanyaan b.115 3 Menutup : a.

1 1 2. Kisi-kisi Soal No.c. 1 3 4. Indikator ke Nomor Soal 1. Mencatat penugasan rumah 45 JUMLAH 180 G. 1 2 3. 1 4 .

Pengetahuan & Pengolahan Bahan SMK. (1999). Tanya Jawab Tanya jawab Macam-macam Hardening Anealing Tempering Tugas rumah Referensi & Tugas Rumah : perlakuan panas pada baja. d. 2. (2005). Solih. c. b. I. a. 1 5 H. mempelajari materi selanjutnya : memahami perhitungan gaya Umaryadi. Bandung : Humaniora Utama Press .5. Pengetahuan Dasar Teknik Mesin. Surakarta : Yudhistira Rohyana. 1.

5. 5.Air . Soal Evaluasi Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan singkat dan benar ! 1. baik secara komposisi maupun sruktur mikro. Tujuan dilakukannya annealing adalah untuk menghilangkan tegangan sisa. 4. dengan skor masing-masing 2 . 4. 3. Teknik penilaian : Test tertulis 2. Penskoran : Jumlah soal 5. Pendingin yang digunakan dalam proses perlakuan panas: . Tujuan dari normalizing adalah untuk menghasilkan produk bahan yang lebih seragam. Bentuk soal : Essay 3. 1. Penilaian 1.Minyak . Apakah yang dimaksud dengan proses perlakuan panas pada baja? Sebutkan bahan pendingin yang digunakan dalam proses perlakuan panas! Apa tujuan dilakukannya annealing? Apakah yang dimaksud dengan tempering? Apakah tujuan dari normalizing? Kunci Jawaban Soal Evaluasi Perlakuan panas adalah proses pada saat bahan dipanaskan hingga suhu tertentu dan selanjutnya didinginkan dengan cara tertentu pula. 2.Garam 3. K. Penemperan adalah proses untuk mendapatkan struktur yang stabil dan lebih ule t dengan jalan memanaskan bahan yang telah dikeraskan pada temperature dan waktu yang cocok.J. L.Udara . 2.

2 4. Pendingin yang digunakan dalam proses perlakuan panas: Air Minyak Udara Garam 1/2 1/2 1/2 1/2 3. Penemperan adalah proses untuk mendapatkan struktur yang stabil dan lebih ulet dengan jalan memanaskan bahan yang telah dikeraskan pada temperature dan waktu yang cocok 2 5. Perlakuan panas adalah proses pada saat bahan dipanaskan hingga suhu tertentu dan selanjutnya didinginkan dengan cara tertentu pula. Aspek yang dinilai Skor 1. 2 2. Tujuan dilakukannya annealing adalah untuk menghilangkan tegangan sisa. baik secara komposisi maupun sruktur mikro . Tujuan dari normalizing adalah untuk menghasilkan produk bahan yang lebih seragam.No.

2 JUMLAH 10 4. Kepala Sekolah. . Mengetahui.... . Nilai : jumlah skor = 5 x 2 =10 . Guru Mata Pelajaran .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->