P. 1
ANATOMI GIGI

ANATOMI GIGI

|Views: 1,038|Likes:
Published by Pande Surya

More info:

Published by: Pande Surya on Sep 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/20/2013

pdf

text

original

ANATOMI GIGI

Drg Gemini Sari

ANATOMI GIGI
Ilmu yg mempelajari susunan / struktur dan bentuk / konfigurasi gigi, hubungan antara gigi dgn gigi yang lain dan hubungan antara gigi dengan jaringan sekitarnya

Bagian Gigi
☻Secara makroskopis
1 Mahkota/korona : bagian gigi yang dilapisi jaringan enamel/email dan normal terletak diluar jaringan gingiva 2 Akar/radix :bagian gigi yg dilapisi jaringan sementum dan ditopang oleh tulang alveolar dari maksila dan mandibula

3 Garis servikal/semento enamel junction : batas antara jaringan sementum dan email. yang merupakan pertemuan antara mahkota dan akar gigi 4 Ujung akar/apeks : titik yang terujung dari akar gigi 5 Tepi insisal/insisal edge : suatu tonjolan kecil dan panjang pada bagian korona dari gigi insisivus yang merupakan sebagian dari permukaan insisivus .

Korona dan radix dibagi atas : 1 Klinis a. Mahkota klinis : bagian dari mahkota yg sudah tidak diliputi epitel dan menonjol dalam rongga mulut b. Akar klinis : bagian dari akar gigi yg masih diliputi jaringan periodontium Akar dan mahkota klinis besar dan panjangnya tergantung pada usia penderita dan tidak tetap .

2 Anatomis a Mahkota anatomis : bagian dari gigi yang diliputi jaringan enamel b Akar anatomis : bagian dari gigi yang diliputi jaringan sementum Mahkota anatomis dan akar anatomis besar dan panjangnnya tetap .

☻Secara mikroskopis 1 jaringan keras : jaringan yang mengandung bahan kapur a. sementum . email b. dentin c.

jaringan ikat . arteri dan vena b. sel syaraf d.2 jaringan lunak : jaringan yang terdapat dalam ruang pulpa sampai foramen apikal a. jaringan limfe c.

Ruang pulpa (pulp chamber) : ruang pulpa dikorona gigi .3 Pulpa terdiri dari : a. Tanduk pulpa (pulp horn) : ujung ruang pulpa b.

Foramen apikal : lubang di apeks gigi. tempat masuknya jaringan pulpa kerongga pulpa . Saluran pulpa (pulp canal) : saluran diakar gigi. kadang bercabang dan ada saluran tambahan d.c.

kuat terhadap rangsangan Tidak mempunyai kemampuan untuk tumbuh kembali . penuh dengan garam CA Merupakann jaringan yg paling keras dan paling kuat Pelindung gigi.EMAIL     Berasal dari jaringan ektoderm .

Sebab sebab kerusakan email     Abrasi : karena mekanis misalnya karena menyikat gigi dengan cara yang salah Erosi : karena chemis misalnya karena suka makan makanan yang mengandung cuka (asam) atau minum air yang mengandung Pb Atrisi : karena proses pengunyahan yang berlebihan Afraksi : karena tekanan kunyah .

DENTIN DAN SEMENTUM    Berasal dari jaringan mesoderm Susunan dan asalnya sama dengan jaringan tulang Mempunyai kemampuan untuk tumbuh kembali .

Macam macam dentin    Transparant dentin :berwarna transparant. terdapat didaerah yang belum mengalami invasi bakteri Novodentin : normal dentin atau dentin yang baru dibawah transparant dentin Sekunder dentin :dentin yang terbentuk pada dinding sebelah dalam pulpa .

Fungsi Sementum    Sebagai pelindung Sebagai penyangga gigi terhadap jaringan peridontium lainnya Memberikan makanan yang utama fosfor gigi. terutama pada usia lanjut .

RIDGE : Tonjolan kecil dan panjang pada permukaan gigi dan dinamakan menurut letak dan bentuknya .

Ridge menurut bentuk dan letak:   Marginal ridge : tepi bulat dari enamel yang membentuk tepi mesial dan distal dari permukaan oklusal dari gigi premolar dan molar. dan palatal/lingual dari gigi insisivus dan caninis Triangular ridge : ridge yg berjalan turun dr puncak cusp gigi molar dan premolar menuju sentral permukaan oklusal .

  Tranfersal ridge :persatuan triangular ridge bukal dan triangular ridge palatal /lingual yang berjalan transfersal pada permukaan oklusal Oblique ridge : persatuan antara triangular ridge distobukal dengan triangular ridge mesiopalatal yang berjalan miring pada permukaan oklusal .

  Cusp ridge : ridge yang membentuk tepi tepi labial/bukal dan tepi tepi palatal/lingual dari cusp pada permukaan oklusal dari gigi premolar. molar dan caninus Insisal ridge : insisal edge .

lebar. dan tak rata yang terdapat pada permukaan gigi .FOSA Suatu lekukan atau depresi yang bundar. dangkal.

palatal/lingual dari insisivus dimana marginal ridge dan singulum bertemu .   Fosa palatal/lingual : fosa yang terdapat pada permukaan palatal/lingual dari gigi insisivus dan caninus Fosa sentral : fosa yang terdapat pada oklusal dari gigi molar dimana terdapat pertemuan developental groove Triangular fosa : fosa yang merupakan segitiga terdapat pada permukaan oklusal.

sempit dan panjang terdapat pada permukaan gigi .GROOVE Lekukan atau depresi yang dangkal.

   Developmental groove : groove dimana bagian korona dan akar bertemu Supplemental grooe : cabang dari developmental groove dan biasanya tidak menunjukan suatu pertemuan yang utama Groove bukal/ lingual : developmental groove yang terdapat pada permukaan bukal/lingual gigi posterior .

PIT   Pit : depresi yang kecil . besarnya seujung jarum yang terdapat pada permukaan oklusal dari gigi molar Pit sentral : pit yang letaknya disentral permukaan oklusal dari gigi molar. terdapat dalam fosa sentral .

FISSURE Celah yang dalam dan panjang pada permukaan gigi . terdapat pada permukaan oklusal gigi .

LOBE Bagian yang menonjol merupakan permulaan dari pembentukan gigi pada pertumbuhan korona gigi Yang termasuk lobe : 1 mamelon : tonjolan yang terdapat pada insisal edge insisivus yang baru erupsi 2 cusp : tonjolan yang terdapat pada permukaan oklusal gigi posterior  .

TULANG ALVEOLAR Prosesus alveolaris : bagian dari rahang dimana akar akar dari gigi terletak. yang mengikat suatu gigi dalam suatu relasi Alveolus/alveoli : lubang dimana akar akar gigi terikat pada bagian rahang .

Perbedaan gigi susu dan tetap      Bagian enamel gigi susu lebih tipis Bagian fosa oklusal dari dinding pulpa gigi susu lebih tebal Servikal edge gigi susu lebih menonjol Gigi susu memiliki leher lebih kecil Akar gigi susu lebih panjang dan ramping dibanding ukuran mahkota gigi .

    Akar gigi susu lebih mekar pada bagian dekat serviks Tanduk pulpa gigi susu lebih tinggi dan rongga pulpa lebih besar Bagian apikal saluran akar gigi susu lebih besar Ruang dentin bagian insisal gigi susu lebih sempit .

SELAMAT BELAJAR .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->