Kelainan dan Penyakit pada Ginjal

Kelainan dan Penyakit pada Ginjal Ginjal manusia dapat mengalami gangguan karena berbagai sebab. Beberapa jenis kelainan dan penyakit pada ginjal sebagai berikut. a. Batu ginjal Batu ginjal dapat terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kandung kemih. Batu ginjal berbentuk kristal yang tidak bisa larut dan mengandung kalsium oksalat, asam urat, dan kristal kalsium fosfat. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengonsumsi air. Batu ginjal tersebut lebih lanjut dapat menimbulkan hidronefrosis. Hidronefrosis adalah membesarnya salah satu ginjal karena urine tidak dapat mengalir keluar. Hal itu akibat penyempitan aliran ginjal atau tersumbat oleh batu ginjal. b. Nefritis Nefritis adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat alergi racun kuman. Nefritis (perhatikan Gambar 1.5) biasanya disebabkan adanya bakteri Streptococcus. c. Glukosuria Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine. Penyakit tersebut sering juga disebut penyakit gula atau kencing manis (diabetes mellitus). Kadar glukosa dalam darah meningkat karena kekurangan hormon insulin. Nefron tidak mampu menyerap kembali kelebihan glukosa, sehingga kelebihan glukosa dibuang bersama urine. d. Albuminuria Albuminuria adalah penyakit yang ditunjukkan oleh adanya molekul albumin dan protein lain dalam urine. Penyebabnya karena adanya kerusakan pada alat filtrasi. e. Hematuria Hematuria adalah penyakit yang ditandai adanya sel darah merah dalam urine. Penyakit tersebut disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal.

Batu ginjal Batu ginjal dapat terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal. Kadar glukosa dalam darah meningkat karena kekurangan hormon insulin. e. Hidronefrosis adalah membesarnya salah satu ginjal karena urine tidak dapat mengalir keluar. d. a.5) biasanya disebabkan adanya bakteri Streptococcus. Penyakit tersebut disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal. Batu ginjal berbentuk kristal yang tidak bisa larut dan mengandung kalsium oksalat. Batu ginjal tersebut lebih lanjut dapat menimbulkan hidronefrosis. Nefron tidak mampu menyerap kembali kelebihan glukosa. saluran ginjal. Nefritis (perhatikan Gambar 1. asam urat. Penyakit tersebut sering juga disebut penyakit gula atau kencing manis (diabetes mellitus). Nefritis Nefritis adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat alergi racun kuman. Glukosuria Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine. sehingga kelebihan glukosa dibuang bersama urine. Albuminuria Albuminuria adalah penyakit yang ditunjukkan oleh adanya molekul albumin dan protein lain dalam urine. atau kandung kemih. dan kristal kalsium fosfat. Beberapa jenis kelainan dan penyakit pada ginjal sebagai berikut.Kelainan dan Penyakit pada Ginjal Ginjal manusia dapat mengalami gangguan karena berbagai sebab. Hal itu akibat penyempitan aliran ginjal atau tersumbat oleh batu ginjal. c. Hematuria Hematuria adalah penyakit yang ditandai adanya sel darah merah dalam urine. b. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengonsumsi air. Kelainan dan Penyakit pada Ginjal Kelainan dan Penyakit pada Ginjal . Penyebabnya karena adanya kerusakan pada alat filtrasi.

Beberapa jenis kelainan dan penyakit pada ginjal sebagai berikut. Hidronefrosis adalah membesarnya salah satu ginjal karena urine tidak dapat mengalir keluar. a. Nefritis Nefritis adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat alergi racun kuman. Penyebabnya karena adanya kerusakan pada alat filtrasi. sehingga kelebihan glukosa dibuang bersama urine. Albuminuria Albuminuria adalah penyakit yang ditunjukkan oleh adanya molekul albumin dan protein lain dalam urine. Hematuria Hematuria adalah penyakit yang ditandai adanya sel darah merah dalam urine. d. asam urat. Kadar glukosa dalam darah meningkat karena kekurangan hormon insulin. Hal itu akibat penyempitan aliran ginjal atau tersumbat oleh batu ginjal. dan kristal kalsium fosfat. kanan darah normal orang dewasa rata-rata 120/80 kanan darah normal orang dewasa rata-rata 120/80 (10… Continue reading → . b. Batu ginjal berbentuk kristal yang tidak bisa larut dan mengandung kalsium oksalat. Glukosuria Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine. e. c. Penyakit tersebut sering juga disebut penyakit gula atau kencing manis (diabetes mellitus). Nefron tidak mampu menyerap kembali kelebihan glukosa. Nefritis (perhatikan Gambar 1. Batu ginjal Batu ginjal dapat terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal. atau kandung kemih.Ginjal manusia dapat mengalami gangguan karena berbagai sebab. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengonsumsi air. saluran ginjal.5) biasanya disebabkan adanya bakteri Streptococcus. Batu ginjal tersebut lebih lanjut dapat menimbulkan hidronefrosis. Penyakit tersebut disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal.

melahirkan. dan rahim dan dipengaruhi oleh kerja sistem hormonal tubuh seluruhnya. mulut. Tubuh dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan sistem jantung dan pembuluh darah. tekanan darah. Proses haid sendiri diatur oleh sebuah sistem melibatkan beberapa organ di dalam tubuh. sesak nafas. pheromones. sikap. Ketiga organ tersebut saling berinteraksi. wanita hamil | Leave a comment Perbedaan Sistem Reproduksi Anak dan Remaja Posted on April 19. penyakit jantung. gangguan haid. 2011 by admin atkan penyakit jantung. Ada yang bilang mirip seperti tabiat bunglon. Sebaliknya. 2011 by admin rempuan yang dihadapinya mungkin begitu lekas berganti-ganti penampilan. janin. menstruasi. infeksi hiv. awal kehamilan. lain halnya pada kehamilan dengan jantung yang normal. sehingga memerlukan teknik dan perlengkapan khusus untuk pemeriksaan. persalinan. pengobatan. Masalah ginekologis pada anak dan remaja dapat sangat berbeda . hubungan seksual. cacing tambang. HIV. denyut jantung. sesak napas. penyakit malaria. Gangguan hormon. indung telur. Solusio Plasenta. Meningkatnya volume jantung. kemandulan. Sistem itu dibangun oleh otak. tak sekadar jinak-jinak merpati belaka. Satu saja kompon… Continue reading → Posted in Anatomi Obstetri Ginekologi | Tagged anovulatoir. ovulatoir. ibu hamil. waktu subur perempuan | Leave a comment Penyakit-penyakit yang dapat mempengaruhi kehamilan Posted on March 13. serta rasa hatinya. 2011 by mina GINEKOLOGI ANAK DAN REMAJA Sistem reproduksi pada pasien anak dan remaja berbeda dengan pasien dewasa. Jika seorang wanita hamil mengidap penyakit jantung akan terjadi perubahan-perubahan berikut: 1. yang dimulai sejak kehamilan 8 minggu dan mencapai puncaknya p… Continue reading → Posted in Penyakit ObsGin | Tagged AIDS. hipertensi. hipertensi.Posted in Penyakit ObsGin | Tagged air susu ibu. vagina. ibu hamil. penyakit jantung akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembanganjanin dalam kandungan. kematian ibu. wanita hamil | Leave a comment Mengapa haid terganggu? Posted on February 27. magnetic resonance imaging. peritonitis. cairan dan elektrolit.

Sebaliknya. Baik anatomi maupun fisiologi sistem reproduk si akan berubah dari keadaan terstimulasi hormon pada bayi baru lahir menjadi keadaan relatif bebas estrogen… merpati belaka. magnetic resonance imaging. dan rahim dan dipengaruhi oleh kerja sistem hormonal tubuh seluruhnya. pengobatan. HIV. melahirkan. yang dimulai sejak kehamilan 8 minggu dan mencapai puncaknya p… Continue reading → Posted in Penyakit ObsGin | Tagged AIDS.dibanding wanita dewasa tetapi mungkin tidak kalah serius. sehingga memerlukan teknik dan perlengkapan khusus untuk pemeriksaan. tekanan darah. Meningkatnya volume jantung. kemandulan. Solusio Plasenta. Proses haid sendiri diatur oleh sebuah sistem melibatkan beberapa organ di dalam tubuh. mulut. persalinan. ibu hamil. menstruasi. lain halnya pada kehamilan dengan jantung yang normal. Masalah ginekologis pada anak dan remaja dapat sangat berbeda dibanding wanita dewasa tetapi mungkin tidak kalah serius. Ketiga organ tersebut saling berinteraksi. sesak napas. indung telur. ovulatoir. infeksi hiv. Baik anatomi maupun fisiologi sistem reproduksi akan berubah dari keadaan terstimulasi hormon pada bayi baru lahir menjadi keadaan relatif bebas estrogen… . vagina. gangguan haid. penyakit jantung akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembanganjanin dalam kandungan. awal kehamilan. Tubuh dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan sistem jantung dan pembuluh darah. 2011 by mina GINEKOLOGI ANAK DAN REMAJA Sistem reproduksi pada pasien anak dan remaja berbeda dengan pasien dewasa. 2011 by admin atkan penyakit jantung. Jika seorang wanita hamil mengidap penyakit jantung akan terjadi perubahan-perubahan berikut: 1. hubungan seksual. hipertensi. janin. Sistem itu dibangun oleh otak. waktu subur perempuan | Leave a comment Penyakit-penyakit yang dapat mempengaruhi kehamilan Posted on March 13. kematian ibu. penyakit jantung. Gangguan hormon. pheromones. cairan dan elektrolit. Satu saja kompon… Continue reading → Posted in Anatomi Obstetri Ginekologi | Tagged anovulatoir. wanita hamil | Leave a comment Perbedaan Sistem Reproduksi Anak dan Remaja Posted on April 19.