Laporan Resmi Praktikum Fisika

Nama Kelas/Nomor : :
Vanesa Sefannya Gunawan XF/30

Tanggal Percobaan Judul Percobaan :

:

20 Januari 2009

Pembiasan pada Lensa

A.

Tujuan Percobaan:
1. Mengetahui berkas-berkas sinar yang dibiaskan oleh lensa 2. Mengetahui besar jarak fokus lensa

B. Dasar Teori:
 Sebuah benda bercahaya diletakkan di depan lensa, maka cahaya

akan dibiaskan oleh lensa tersebut  Lensa cembung (konveks) • Lensa cembung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tebal daripada bagian tepinya • Lensa cembung bersifat konvergen (mengumpulkan sinar) • Lensa cembung juga disebut lensa positif • Lensa cembung banyak digunakan pada kacamata, mikroskop, proyektor, kamera  Lensa cekung (konkaf) • Lensa cekung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tipis daripada bagian tepinya • Lensa cekung bersifat divergen (memencarkan sinar) • Lensa cekung disebut juga lensa negatif

Berkas-berkas sinar datang dan sinar bias b. Alat dan Bahan: a) Power Supply c) Lampu f) Meja Optik g) Celah Ganda d) Lensa h) Rel i) Mistar b) Kabel Cembung e) Lensa Cekung D. Variabel yang Diukur: a. Cara Kerja: 1) Menyiapkan alat dan bahan 2) Menyusun alat seperti gambar di bawah ini: Lens Lampu Sinar yang dihasilkan oleh lampu Celah ganda Lensa Meja Optik 3) Menyalakan lampu yang telah tersambung dengan power supply 4) Melihat cahaya yang terdapat pada meja optik 5) Meletakkan lensa cekung. dan lensa cekung- cembung secara bergantian di atas meja optik 6) Menggambar hasil biasan cahaya dari ketiga lensa tersebut . lensa cembung. Jarak fokus E.C.

sinar bias yang dihasilkan lensa cembung.7) Mengamati perbedaan sinar bias yang dihasilkan lensa cekung. serta sinar bias yang dihasilkan lensa cekung-cembung Hasil Pengamatan: ♥ Pembiasan pada lensa cembung ♥ Pembiasan pada lensa cekung ♥ Pembiasan pada lensa cekung-cembung Kesimpulan: ⇒ Sinar-sinar yang dibiaskan oleh lensa cekung bersifat memencar (divergen). artinya sinar sejajar yang jatuh pada lensa dibiaskan secara menyebar dan tidak akan pernah bertemu di satu titik .

Pd) Sefannya) (Vanesa . Praktikan. S. (Bpk. artinya sinar sejajar jatuh pada lensa dibiaskan ke satu titik yang disebut titik api ⇒ Sedangkan sinar-sinar yang dibiaskan oleh lensa cekung-cembung akan diteruskan sejajar dengan sumbu utama ♥ Jarak fokus lensa cembung ♥ Jarak fokus lensa cekung : : 7 cm . 26 Januari 2009 Guru Pembimbing.⇒ Sinar-sinar yang dibiaskan oleh lensa cembung bersifat mengumpul (konvergen).7 cm Semarang. Andreas Muri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful