Keragaman Bentuk Muka Bumi

Disusun oleh kelompok 6 kelas 7G 1. Hasanul Ichwan 2. M Fujiannor 3. M Addasuqi 4. Lukmanulhakim 5. Said Mutohar

Tugas Mata Pelajaran Geografi
SMP Negeri 2 Banjarmasin Tahun 2011

tetapi ada kesamaaan. C. Dataran Rendah Dataran rendah merupakan suatu bentang alam tanpa banyak memiliki perbedaan ketinggian antara tempat satu dan tempat lainnya. Dataran tinggi biasanya lebih rendah dari pegunungan dan mempunyai ketinggian sekitar 700 m. . Dataran Tinggi Bangung dan Dataran Tinggi Dieng. Dataran Tinggi Suatu daerah mempunyai ketinggian lebih tinggi dari daerah sekitarnya dan terbentuk lapisan-lapisan batuan yang horizontal. Gunung Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Daerah ini mempunyai ketinggian mencapai 200 m di atas permukaan laut. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit. Bentuk Muka Bumi di Daratan A. dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal.1. B. misalnya Dataran Tinggi Lembang.

misalnya Pegunungan Kapuas Hulu di Kalimantan. Pegunungan Himalaya di India bagian Utara yang berbatasan dengan RRC. Bukit Bukit adalah suatu wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya namun dengan ketinggian relatif rendah dibandingkan dengan gunung . maka bentang alam itu disebut pegunungan. E.D. Pegunungan Jika gunung-gunung terdapat dalam suatu kelompok. Pegunungan Alpendi Australia.

. Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis. G. Cekungan Cekungan adalah suatu daerah yang luas yang terjadi dari batuan sedimen dan karena konfigurasinya diperkirakan merupakan tempat tampungan minyak. Lembah Lembah adalah wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya dari beberapa kilometer persegi sampai mencapai ribuan kilometer persegi.F.

923 meter. Continental shelf mempunyai kedalaman antara 0-200 m. Gunung Laut Gunung laut adalah gunung yang mulai dari dasar laut. Palung Palung adalah jurang yang berada di dasar laut. puncaknya tinggi menjulang ke atas permukaan air laut.2. Bentuk Muka Bumi di Lautan A. Dangkalan Laut Dangkalan Laut / Continental Shelf adalah relief dasar laut paling tepi yang mengalami penurunan landai mulai dari pantai kea rah tengah lautan. tepatnya berada di Kedalaman Challenger yang memiliki kedalaman 10. B. . Contoh : Gunung Krakatau (di Selat Sunda) dan Gunung Api (di Banda). C. barat laut Samudra Pasifik. Palung yang terdalam di bumi adalah palung Mariana.

Ambang Laut Ambang laut adalah dasar laut yang mencuat kemudian memisahkan antara perairanyang satu dengan perairan yang lain. Lubuk Laut Lubuk laut adalah dasar laut yang dalamnya sampai ribuan m. dalamnya 6220 m dan Lubuk Laut Aru dalamnya 3680 m. . E. biasanyaberbentuk pulau cekung seperti jembangan. Punggung laut Punggung laut adalah dasar laut yang punggungnya muncul di atas permukaan air laut. Contoh : Laut Sulawesi. sehingga merupakan deretan kepulauan. Contoh : Lubuk Laut Sulawesi.D. F.

°–f° .

°–f°f ff¾f f ff°–f¾f°– ©f  f ff°¾ ¯ ° f°f °f°€–f¾°f ½ ff°¯ ½ff° ¯½ff¯½°–f°¯°f                         .

f ¯ ff°   f°–ff°f f°–ff°f$.    °.

°° °f €f ff  € f¾ff½f°– ½f°– ¯ °–ff¯½ °°f°f° f¯f f½f°f ff °–fff° .

ff°f  ffff¯ f9f¾€  ½f°f f f   ff¯f°.°° °f ¾ €¯ ¯½°f ff¯f°f°ff ¯    9f°– 9f°–f ff©f°–f°– f f  f¾ff 9f°–f°–  ff¯  ¯f ff½f°–.

f °– f°–¯ ¯ ff¯f° ¯     .

°°–f °°–ff ff–°°–f°–¯f f f¾ff ½°nf°f°–– ¯ °©f°– ff¾½ ¯ff°ff .

° °°–fff%  f° f% f°°°–½%  f° f%      .

 9°––°–f 9°––°–ff ff f¾fff°–½°––°–°f¯°n ff¾ ½ ¯ff°ff ¾ °––f¯ ½ff°  f° ½ff°      f  ff ff f¾fff°– ff¯°f¾f¯½f f°¯  f¾f°f  °½fn °–¾ ½ © ¯ f°–f° .

°  ff ¾  ff¯°f¯ f° f ff¯°f¯     ¯ f°–f ¯ f°–ff ff f¾fff°–¯ °nf ¯ f°¯ ¯¾ff° f°ff½ ff°f°–¾f °–f°½ ff°f°–f° .

° ff ¾   .