A.

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA

a. Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Kata Pancasila berasal dari bahasa Sankerta yaitu Panca yang berarti Lima dan Sila yang berarti Lima dasar/lima asas berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Para Pendiri indonesia menentukan pancasila sebagai dasar negara dengan alasan bahwa pancasila sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia dengan demikian. Pancasila juga merupakan ideologi negara indonesia. Sebagai Ideologi berasal dari kata Yunani Eidos yang berarti bentuk dan logos yang berarti ilmu. Kata eidos kemudian diserap ke dalam bahasa inggris menjadi idea yang berarti pemikiran gagasan,konsep,pengertian dasar,cita-cita idea sendiri di persamaan artinya dengan “cita-cita”. Cita - cita yang dimaksud adalah cita – cita yang bersifat tetap yang harus dicapi sehingga cita – cita itu sekaligus yang bersifat merupakan dasar,pandangan,/paham. Menurut AS Hornby,ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk teori Ekonomi dan politik yang dipegang oleh seseorang/sekelompok orang. Sedang Franz magnis – suseno mengatakan bahwa ideologi sebagai suatu sistem Pemikiran dapat dibedakan menjadi ideologi tertutup dari ideologi terbuka. a) Ideologi ini memiliki ciri sebagai berikut:
1) Merupakan cita - cita sekelompok orang untuk mengubah dan memperbarui

masyarakat.
2) Pengorbanan - pengorbanan yang dibenarkan atas nama ideologi. 3) Tidak hanya berisi nilai - nilai dan cita - cita tertentu. Melainkan juga

tuntunan – tuntunan keras yang konkret dari operasional,serta diajukan secara mutlak.

melainkan hasil musyawarah dan konsensus masyarakat tersebut. sehingga tidak langsung Operasional. kedudukan pembukaan UUD 1945 lebih tinggi daripada UUD 1945 karena Pembukaan UUD 1945 merupakan pokok kaidah fundamental negara indonesia. dengan memperhatikan tingkat kebutuhan dan perkembangan masyarakat indonesia itu sendiri.b) Ideologi terbuka merupakan suatu pemikiran terbuka. pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia yang termaksud didalam pembukaan UUD 1945. pancasila harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.banyak cara yang mereka gunakan untuk menarik Simpati bangsa indonesia.nilai dan cita . 3) Nilai .nilai dasar pancasila dapat dikembangkan sesuai dengan dinamika dan tuntutan perkembangan zaman secara kreatif. Sebagai ideologi terbuka. Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung makna bahwa nilai .Salah satunya adalah janji jepang untuk memberi kemerdekaan bagi indonesia. 2) Bukan berdasarkan keyakinan ideologis sekelompok orang.nilai itu bersifat dasar dan hanya secara garis besar.melainkan diambil dan digali dari moral dan budaya masyarakat itu sendiri.cita tidak dapat dipaksakan dari luar. . b. Janji tersebut disampaikan Perdana menteri Kaiso pada tanggal 7 September 1944. 1) Nilai . Proses perumusan pancasila sebagai dasar negara Secara Yuridis.Kronologi perumusan pancasila sebagai daar negara adalah sebagaik berikut: a) Pembentukan BPUPKI Ketika jepang menjajah indonesia.

Perikerakyatan (e). Pada sidang BPUPKI pertama pada tanggal 28 mei – 1 Juni 1945 muncul 3 tokoh nasionalis yang mengutarakan ide – ide pokok mengenai dasar negara RI.T. Ir. (1). Perikemanusiaan (c). Kesejahteraan (2). Moh.ide pokok dasar negara yang beliau usulkan adalah Sebagai berikut: (a). Kekeluragaan (c). Sebagai ketuanya.Menindaklanjuti janji tersebut. Perkebangsaan (b).Yamin (29 mei 1945) Ide . Musyawarah (e). Mufakat/Demokratis (d). BPUPKI sendiri beranggotakan 62 orang dan Dr. Ketuhanan yang berkebudayaan . Kebangsaan Indonesia (b).tanggal 1 Maret 1945 keluar maklumat tentang pembentukan badan penyelidik usaha . Keadilan rakyat (3). Soekarno (1 Juni 1945) (a). Keseimbangan lahir dan batin (d). Internasionalisme/Perikemanusiaan (c).ide pokok dasar negara yang beliau usulkan adalah sebagai berikut: (a). Kesejahteraan Sosial (e). Radjiman Wedyoningrat.usaha persiapan kemerdekaan indonesia (BPUPKI). Periketuhanan (d).R.K.Dr. Prof. Persatuan (b).Soepomo (31 mei 1945) Ide .