PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DALAM MENDUKUNG IKLIM INVESTASI DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

I.

PENDAHULUAN

Dalam

rangka

merespon

perkembangan

teknologi

informasi yang demikian cepat dan pelaksanaan otonomi daerah yang bergulir, diberlakukannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah dan didukung dengan dikeluarkannya Inpres No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan eGovernment, merangsang setiap daerah untuk berlombalomba memajukan daerahnya dengan memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia. Oleh sebab itu kebutuhan informasi semakin luas, volume pengolahan data semakin meningkat, semua itu untuk Salah satunya adalah dengan mempromosikan daerah, Daerah memasarkan Informasi mengenai lokasi dan sumber daya yang tersedia agar menarik minat investor untuk berinvestasi, dengan harapan terjadi multiplier effect yang dapat menghidupkan kegiatan perekonomian di daerah. Tidak kita pungkiri keterbatasan dana dan infrastruktur yang tersedia serta minimnya SDM yang menguasai IT menjadi kendala didalam pengimplementasian system e – Government di kantor pemerintahan. Sehingga mendorong penerapan system informasi hanya sesuai dengan batasan yang ada. II. PEMBAHASAN DAN ANALISIS 2.1 PEMBAHASAN Penggunaan Sistem Informasi atau lebih dikenal dengan Information and Comunication Technology (ICT) menjadi sangat penting dalam era globalosasi sekarang ini, karena dapat menembus jarak yang jauh bahkan melampaui batas Negara sekalipun. Seiring dengan hal tersebut , saat ini di Kabupaten Indragiri Hilir secara bertahap mulai tumbuh dengan apa yang disebut electronic government(e-gov)

2 ANALISIS Berkaitan kunci dengan (key pelaksanaan success otonomi yang daerah. menyusun. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data. 2. bazar. Penyampaian Informasi ini dilakukan bukan saja secara langsung dalam bentuk promosi melalui pameran. menjadi sesuai dengan kebutuhan. mendapatkan. yaitu informasi yang relevan. memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. akurat dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi. Selain itu sejalan dengan berkembangnya waktu telah mendorong banyak perubahan khususnya dari sisi konsumen untuk memperoleh pelayanan dan informasi yang relevan dan mutakhir dalam waktu yang singkat. Pengembangan Sistem Informasi danTeknologi Perkembangan IT yang begitu pesat juga berdampak pada pelayanan admnistrasi publik dan pemerintahan. dan teknologi telekomunikasi di gunakan agar data dapat disebar dan pengelolaan informasi yang memadai menjadi salah satu keberhasilan factor) competitive advantage dalam meningkatkan pembangunan daerah . bisnis. menyimpan. sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya diakses secara global. Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Indagiri Hilir. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data.sebagai implementasi penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam pemerintahan. termasuk memproses. dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Tantangan inilah yang menjadi sebuah pekerjaan dan kewajiban Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir untuk mampu menjadi fasilitator . ekspose perdagangan dan sebagainya tetapi juga dilakukan melalui berbagai media cetak dan elektronik . memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk menyebarluaskan informasi berkenaan dengan potensi dan peluang berinvestasi.

Dengan harapan kegiatan perekonomian di daerah tersebut akan memperoleh kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.pengembangan pembangunan IT guna meningkatkan daya saing daerah. Salah satu aspek penting yang harus dimiliki dalam pengembangan IT adalah aspek keuangan. Peranan IT yang semakin besar dalam kehidupan saat ini mendorong perlunya daerah untuk mengembangkan sistem yang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan daerah. aspek penerimaan daerah dan aspek keunggulan daerah. Mandah yang dipergunakan untuk penyediaan akses Internet untuk kepentingan masyarakat di perdesaan dalam memperoleh akses informasi. Hardware Perangkat keras yang digunakan untuk menunjang kegiatan operasional Internet dan Intranet terdiri dari beberapa buah server yang difungsikan sebagai Router dan Proxy Server selain itu juga didukung oleh beberapa unit Laptop. Warnet Community Access Point di Batang Tungu Kec. aspek sumberdaya alam. 3. 2. V-SAT (Very Small Apperture Terminal) yang dapat dipergunakan untuk melakukan Video Converence. Wireless LAN di Perkantoran serta WI-Fi (Hot Spot Area) di beberapa titik keramaian seperti Kampus. Pustaka Daerah dan Pelabuhan yang dapat dipergunakan untuk mengakses Internet dalam memperoleh informasi. Personal Komputer serta Peralatan Multimedia . Adapun beberapa Fasilitas didalam penerapan Sistem Informasi guna menumbuhkembangkan investasi di Kabupaten Indragiri Hilir adalah : Infrastruktur IT Infrastruktur informasi yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir saat ini menggunakan teknologi : 1.

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir telah mengimplementasikannya kedalam portal berbasis Web yang bisa diaccess melalui alamat situs www.id. Website Resmi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.go.inhilkab.Lainnya yang dipergunakan untuk melakukan pengolahan data untuk menyajikan sistem informasi berbasis web. Untuk pemasaran potensi daerah dan perluasan informasi mengenai Kabupaten Indragiri Hilir dalam jaringan global. Software (Aplikasi) 1. .

KK dan sebagainya. Electronic Government mengacu pada pemanfaatan teknologi informasi oleh institusi pemerintah yang selanjutnya mendukung transformasi hubungan dengan warga negara. Sistem Informasi Manajemen Pemerintahan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir diantaranya yaitu :  SIMPEG Sistem Informasi Kepegawaian Manajemen  SIAK Sistem Informasi Aplikasi Kependudukan yang dipergunakan dalam pembuatan KTP. Sistem Informasi Manajemen Pemerintahan atau lebih dikenal dengan nama e-Goverment. Walaupun sekarang masih bersifat Off-line tetapi kedepan Sistem Aplikasi ini diharapkan sudah bisa dipergunakan secara On-line. meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan bisnis dan industri. Electronic Government (e-Gov) adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain. dan institusi pemerintah lainnya. pelaku bisnis.2.  SIMAKDA Sistem Aplikasi ini dipergunakan didalam Proses Pembuatan RKA/DPA/DPPA/DPAL Satuan Kerja . serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam peningkatan efisiensi manajemen pemerintahan. dengan maksud memberikan layanan publik yang lebih baik.

data-data tentang sekolahan (jumlah kelas. 2. dan masyarakat umum. dan sebagainya) dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya. antara lain: 1. Sebagai contoh. daya tampung murid. masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Dengan adanya informasi yang mencukupi.com Electronic government ini membawa banyak manfaat. atau dari mana saja tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.Perangkat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir. tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Peningkatan hubungan antara pemerintah. Informasi dapat dicari dari kantor. koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui email atau bahkan video conferencing. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari kesemua pihak. Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. rumah. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien.riaufocus. Permasalahan dan Tantangan a. 4. Informasi dapat disediakan 24 jam sehari. 3. Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Penyediaan informasi sering menjadi masalah karena banyaknya sumber dengan informasi yang berbeda . passing grade. 7 hari dalam seminggu. Pemerintah  SIADINDA Sistem Informasi Akuntansi Dinas Daerah yang dipergunakan didalam penyusunan Laporan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir  e-Procurement Sistem Informasi yang dipergunakan didalam proses lelang secara elektronik yang dapat diakses malalui website www. pelaku bisnis. 3. Sebagai contoh. Permasalahan 1.

Keterbatasan dan mahalnya telekomunikasi menghambat pengembangan Internet itu sendiri. Karena itu sangatlah penting bahwa aturan- . Daya saing tersebut diwujudkan dalam ketersediaan informasi yang untuk membuat keputusan yang benar dan obyektif. Koneksi Internet yang diperlukan di dalam Penyajian Informasi secara Online masih terbatas dan perlu banyak penyempurnaan. Koordinasi data sharing ini dapat meningkatkan kualitas data dan dapat mengurangi biaya. Kendala utama untuk data sharing adalah keengganan lembaga-lembaga yang ada untuk berpartisipasi. laporan ringkasan dapat dibuatkan. lengkap. relevan dan mutakhir merupakan syarat penting operasional dari lembaga yang memelihara data tersebut. dsb). 2. (coverage) infrastruktur baik dari dari sudut sudut jangkauan kualitas jaringan maupun komunikasi penetrasi (kecepatan. dan data sharing menjadi hal yang sangat penting untuk dilaksanakan. bandwith. Tantangan ke Depan Upaya penyampaian informasi mengenai kondisi daerah menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu daerah. dan lain sebagainya. b. jika memungkinkan dipadukan prosedur-prosedur akurat. Berbicara dalam aspek pengelolaan pembangunan. Apabila prosedur-prosedur ini telah dilaksanakan secara rutin. Mereka takut bahwa mereka tidak bisa mengontrol penggunaan data untuk tujuan apa dan oleh siapa data tersebut diakses. Dalam upaya menjamin data dan informasi yang mutakhir diperlukan tersedianya database yang memadai. informasi juga menjadi salah satu daya saing. database ini harus memiliki prosedur pemutakhiran dalam yang rutin.ditambah dengan keengganan lembaga-lembaga untuk memberikan informasi.

Dalam konteks ini. dan institusi pemerintah lainnya. - Sebagian besar pengembangan electronic government yang ada pada saat ini masih berfokus pada penyediaan website dan layanan informasi saja. electronic government diharapkan menjadi perangkat untuk mewujudkan Good Governance. pelaku bisnis. 4. Mungkin ada juga akses data-data rahasia yang bersifat terbatas. serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam peningkatan efisiensi manajemen pemerintahan. merujuk pada definisi Electronic government pemanfaatan teknologi informasi oleh institusi pemerintah yang selanjutnya mendukung transformasi hubungan dengan warga negara. meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan bisnis dan industri.aturan yang sedang dibuat tentang data mana yang tetap menjadi rahasia dan data mana yang bebas didistribusikan. informasi saja. namun untuk akan lebih bermanfaat pelayanan apabila dikembangkan memberikan interaktif. KESIMPULAN - Pembangunan Infrastruktur didalam Pengembangan Sistem Informasi Komunikasi dan Teknologi harus sesuai dengan kebutuhan daerah dan pelaksanaannya harus continue dan tidak beleh berhenti disatu titik. . Dari definisi di atas. Dengan adanya tuntutan masyarakat akan adanya transparansi. hanya dapat diakses oleh lembaga-lembaga tertentu saja. Padahal. sehingga melalui Internet masyarakat dapat mengakses berbagai penyelenggaraan pelayanan. maka akan semakin banyak informasi yang dapat diakses bebas oleh publik di masa yang akan datang. jelaslah electronic government tidak hanya menampilkan informasi pemerintahan melalui media Internet semata. dengan maksud memberikan layanan publik yang lebih baik.

namun lebih dari itu yakni adanya tranformasi hubungan antara pemerintah dengan seluruh stakeholder yang semula menggunakan media konvensional digantikan dengan media elektronik (Internet). .