Kota Palembang

Kota Palembang adalah salah satu kota dan juga merupakan ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota Palembang juga dijuluki Venice of the East, berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang, yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 682 Masehi, yang menjadikannya sebagai kota tertua di Indonesia.

Keadaan Geografis
Letak Geografis
Secara geografis, Palembang terletak pada 2°59′27.99″LS

104°45′24.24″BT. Luas wilayah Kota Palembang adalah 102,47 Km² dengan ketinggian rata-rata 8 meter dari permukaan laut. Letak Palembang cukup strategis karena dilalui oleh jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan antar daerah di Pulau Sumatera. Selain itu di Palembang juga terdapat Sungai Musi yang dilintasi Jembatan Ampera dan berfungsi sebagai sarana transportasi dan perdagangan antar wilayah.

[Iklim dan Topografi

Iklim Palembang merupakan iklim daerah tropis dengan angin lembab nisbi, kecepatan angin berkisar antara 2,3 km/jam - 4,5 km/jam. Suhu kota berkisar antara 23,4 - 31,7 derajat celsius. Curah hujan per tahun berkisar antara 2.000 mm - 3.000 mm. Kelembaban udara berkisar antara 75 - 89% dengan rata-rata penyinaran matahari 45%. Topografi tanah relatif datar dan rendah. Hanya sebagian kecil

Selain penduduk asli. tempat yang agak tinggi terletak dibagian utara kota. Tanah dataran tidak tergenang air: 49 %. Desa Gasing dan Desa Kenten. tanah tergenang terus menerus: 37 % dan jumlah sungai yang masih berfungsi 60 buah (dari jumlah sebelumnya 108) sisanya berfungsi sebagai saluran pembuangan primer. liat dan berpasir. Ketinggian rata-rata antara 0 . Sedangkan suhu maksimum terendah 30. Musi dan Lahat. Kecamatan Talang Kelapa. Namun para pendatang seringkali menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa seharihari. Pendatang dari luar Sumatera Selatan kadang-kadang juga menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa sehari-hari dalam keluarga atau komunitas kedaerahan. yaitu pada bagian utara kota. Rawas. Sebagian besar tanah adalah daerah berawa sehingga pada saat musim hujan daerah tersebut tergenang. pengaruh pasang surut antara 3-5 meter dan ketinggian tanah rata-rata 12 meter dpl.30C. Pada tahun 2002 suhu minimum kota terjadi pada bulan Oktober 22. Tropis lembab nisbi. penduduk umumnya menggunakan bahasa Palembang sebagai bahasa pengantar sehari-hari.20 m dpl. terletak pada lapisan yang paling muda.50C pada bulan Mei.Jambi. terlebih lagi bila terjadi hujan terus menerus. banyak mengandung minyak bumi. tertinggi 24. curah hujan 22-428 mm/tahun.70C.wilayah kota yang tanahnya terletak pada tempat yang agak tinggi. suhu antara 220-320 celcius. Sebagian kota Palembang digenangi air. Batas Wilayah Utara Desa Pangkalan Benteng. tanah tergenang musiman: 15 %. seperti bahasa Komering. Namun untuk berkomunikasi dengan warga Palembang lain. Jenis tanah kota Palembang berlapis alluvial. Tanah relatif datar dan rendah. di Palembang . Kabupaten Banyuasin Selat Desa Bakung Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir dan an Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Barat Desa Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Timur Balai Makmur Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin[10] Penduduk Penduduk Palembang merupakan etnis Melayu dan menggunakan Bahasa Melayu yang telah disesuaikan dengan dialek setempat yang kini dikenal sebagai Bahasa Palembang. yang juga dikenal dengan lembah Palembang .40C pada bulan Januari dan tertinggi pada bulan Sepetember 34.

Baru-baru ini telah dibuka jalur kereta komuter yang diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Sriwijaya yang melayani jalur KertapatiIndralaya. Batam. Madura. moda transportasi taksi juga banyak digunakan masyarakat. Ketek ini melayani penyeberangan sungai melalui berbagai dermaga di sepanjang Sungai Musi. Selain taksi dan angkutan kota di Palembang dapat ditemukan bajaj yang berperan sebagai angkutan perumahan. Bugis dan Banjar. Selain menggunakan bus dan angkot. Bandung. Palembang memiliki sebuah Bandar Udara Internasional yaitu Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II). Minangkabau. Agama mayoritas di Palembang adalah Islam. Arab dan India. Buddha dan Konghucu. Hindu. Hal ini akan terus dilakukan secara bertahap di bagian kota lainnya dengan tujuan untuk mengurangi jumlah kendaraan umum di Palembang yang semakin banyak dan tidak terkendali jumlahnya serta mengurangi kemacetan karena kendaraan ini memiliki jalur laju khusus yang terpisah dari kendaraan lainnya. Kota Palembang memiliki beberapa wilayah yang menjadi ciri khas dari suatu komunitas seperti Kampung Kapitan yang merupakan wilayah Komunitas Tionghoa serta Kampung Al Munawwar. pada awal tahun 2010 rute angkutan kota dan bus kota di beberapa bagian kota akan digantikan oleh kendaraan umum baru berupa bus Trans Musi yang serupa dengan bus Trans Jakarta di Jakarta. Bandara ini terletak di barat laut Palembang. Warga keturunan yang banyak tinggal di Palembang adalah Tionghoa. Sebagai sebuah kota yang dilalui oleh beberapa sungai besar. melayani baik penerbangan domestik maupun internasional. Kuto Batu. Selain itu terdapat pula penganut Katolik. Penerbangan domestik melayani jalur Palembang ke Jakarta. Protestan. Pangkal Pinang dan kota-kota .terdapat pula warga pendatang dan warga keturunan. Kampung Al Habsyi. Ogan dan Komering. Bandara ini juga menjadi embarkasi haji bagi warga Sumatera Selatan. Selain itu. 19 Ilir dan Kampung Alawiyyin Sungai Bayas 10 Ilir yang merupakan wilayah Komunitas Arab. masyarakat Palembang juga mengenal angkutan air. Transportasi Warga Palembang banyak menggunakan bus dan angkutan kota sebagai sarana transportasi. seperti dari Jawa. Kampung Assegaf. Terdapat beberapa perusahaan taksi yang beroperasi di penjuru kota. yang disebut ketek. dimana setiap bajaj memiliki kode warna tertentu yang hanya boleh beroperasi di wilayah tertentu di kota Palembang.

Medan memiliki luas wilayah yang relatif kecil dengan jumlah penduduk yang relatif besar.6% dari keseluruhan wilayah Sumatera Utara. Hongkong. Secara administratif.510 hektar (265. Untuk itu topografi kota Medan cenderung miring ke utara dan berada pada ketinggian 2.10 km²) atau 3. Dengan demikian. Malaka.5 meter di atas permukaan laut. Tanjung Enim.lainnya. Palembang juga memiliki tiga pelabuhan utama yaitu Boom Baru. dan Lubuklinggau Kota Medan Keadaan Geografi Kota Medan memiliki luas 26.37. batas wilayah Medan adalah sebagai berikut: Utara Selat Malaka Selat Kabupaten an Barat Serdang Kabupaten Serdang Deli Deli . Lahat. Ketiga pelabuhan ini melayani pengangkutan penumpang menggunakan ferry ke Muntok (Bangka) dan Batam. dibandingkan dengan kota/kabupaten lainya. Saat ini sedang dibangun pelabuhan Tanjung Apiapi yang melayani pengangkutan penumpang dan barang masuk serta keluar Sumatera Selatan. China dan Thailand. Selain itu Palembang juga memiliki Stasiun Kertapati yang terletak di tepi sungai Ogan. Pelabuhan 36 Ilir dan Pelabuhan Tanjung Api Api. Kuala Lumpur.5 . sedangkan penerbangan internasional melayani Singapura.98° 44' Bujur Timur. Stasiun ini menghubungkan wilayah Palembang dengan Bandar Lampung. Secara geografis kota Medan terletak pada 3° 30' – 3° 43' Lintang Utara dan 98° 35' . Kertapati.

Timur Kabupaten Serdang Deli Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu daerah yang kaya dengan sumber daya alam (SDA). Kota Padang telah menjadi pelabuhan utama dalam perdagangan emas. disebabkan jumlah perguruan tinggi dan fasilitas kesehatan yang ada di kota ini. . Mandailing Natal. Karo. Binjai dan lain-lain.[4] Saat ini kota Padang menjadi pusat perekonomian karena memiliki pendapatan per kapita tertinggi di Sumatera Barat. yaitu daerah Belawan dan pusat Kota Medan saat ini. Karena secara geografis Medan didukung oleh daerahdaerah yang kaya sumber daya alam. yang pada umumnya dikenal dengan nama Masakan Padang. Simalungun. Sejak masa kolonial Hindia-Belanda. Nama kota ini dirujuk menjadi sebutan lain untuk etnis Minangkabau. saling memperkuat dengan daerah-daerah sekitarnya. Kota Padang Kota Padang adalah kota terbesar di pesisir barat Pulau Sumatera dan merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Barat. Memasuki abad ke-20. seperti Deli Serdang. dibandingkan kota-kota lain di Sumatera Barat. Tapanuli Selatan. dan rempahrempah. Tapanuli Utara. teh. Kondisi ini menjadikan kota Medan secara ekonomi mampu mengembangkan berbagai kerjasama dan kemitraan yang sejajar. Posisi geografis Medan ini telah mendorong perkembangan kota dalam dua kutub pertumbuhan secara fisik. Indonesia. baik perdagangan domestik maupun luar negeri (ekspor-impor). Medan memiliki posisi strategis sebagai gerbang (pintu masuk) kegiatan perdagangan barang dan jasa.[5] serta juga menjadi pusat pendidikan dan kesehatan. serta digunakan juga untuk menyebut masakan khas mereka. saling menguntungkan. Labuhan Batu. khususnya di bidang perkebunan dan kehutanan. ekspor batu bara dan semen mulai dilakukan melalui Pelabuhan Teluk Bayur. kopi. Di samping itu sebagai daerah pinggiran jalur pelayaran Selat Malaka.

Daerah perbukitan membentang dibagian timur dan selatan kota. . dengan kelembabannya berkisar antara 78%-81%.65% dari luas provinsi Sumatera Barat. diketahui rasio jenis kelamin 99.853 m di atas permukaan laut dengan daerah tertinggi adalah kecamatan Lubuk Kilangan. berdasarkan data kependudukan tahun 2008. yaitu antara 23 °C-32 °C pada siang hari dan 22 °C-28 °C pada malam hari. Bukit-bukit yang terkenal di kota Padang di antaranya adalah Bukit Lampu.Geografi Kota Padang terletak di pantai barat pulau Sumatera. yaitu ± 434. yaitu 5 sungai besar dan 16 sungai kecil. pada tahun 1980 2/3 kawasan kota ini pernah terendam banjir karena saluran drainase kota yang bermuara terutama ke Batang Arau tidak mampu lagi menampung limpahan air tersebut.63 km². Kota Padang memiliki banyak sungai.4 Ha di kecamatan Bungus Teluk Kabung. dan Bukit Pegambiran. sementara selebihnya merupakan daerah efektif perkotaan. Denpasar. Tingkat curah hujan kota Padang mencapai rata-rata 405.58 mm per bulan dengan rata-rata hari hujan 17 hari per bulan. ditetapkan oleh Kemendagri sebagai empat kota proyek percontohan penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Indonesia. Suhu udaranya cukup tinggi. merupakan daerah perbukitan yang ditutupi hutan lindung. sedangkan jumlah angkatan kerja 344.[35] Kependudukan Kota Padang merupakan kota dengan jumlah penduduk paling banyak di provinsi Sumatera Barat. Gunung Padang. Tingginya curah hujan membuat kota ini cukup rawan terhadap banjir. [ Pada tahun 2009 kota ini bersama dengan kota Makassar.497 orang dengan jumlah pengangguran 50.13. Dari luas tersebut. Bukit Gado-Gado.96 km²[31] atau setara dengan 1. Kota Padang memiliki garis pantai sepanjang 84 km dan pulau kecil sebanyak 19 buah (diantaranya yaitu pulau Sikuai dengan luas 4. dan Yogyakarta. pulau Toran seluas 25 Ha[32] dan pulau Pisang Gadang[33] di kecamatan Padang Selatan). yaitu antara 0 m sampai 1. lebih dari 60%. Wilayah daratan kota Padang ketinggiannya sangat bervariasi.343 orang. dengan luas keseluruhan kota Padang adalah 694. dengan sungai terpanjang yaitu Batang Kandis sepanjang 20 km.

yang berjarak 17 km dari pusat kota serta berjarak 7 km dari kawasan pemukiman. Sejak dahulu kota Padang sangat rawan terhadap banjir.9 480. hotel. telah memiliki 13 unit sumur bor dan Instalasi Pengolahan Air Lengkap (IPAL) di wilayah Gunung Pangilun dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di wilayah Lubuk Minturun. hampir disetiap kawasan dalam kota ini telah terjangkau terutama untuk jaringan telepon genggam.[ Sekitar 60% akan kebutuhan air bersih dipasok dari perusahaan pemerintah daerah ini.432 m³ sampah per hari yang dihasilkan di kota Padang. Sedangkan untuk mengantisipasi kebutuhan akan energi listrik. Ulu Gadut.0 52. Pegambiran dan Bungus. Dari 1. Selain itu kota ini juga masih terkendala dengan jumlah armada untuk mengangkut sampah yang tidak sebanding dengan banyaknya sampah. di kota ini telah dibangun sebuah PLTU Teluk Sirih unit I yang terletak di kecamatan Bungus Teluk Kabung dan ditargetkan selesai pada Desember 2011 dengan kapasitas 1x112 MW.Tahun Jumlah pendud uk Sejarah 181 9 1874 1930 1971 1980 1990 2008 2010 8.[] namun belakangan hal ini terabaikan sehingga baru-baru ini banjir sampai .50 25. bahkan kantor polisi. Dalam menangani masalah sampah.0 195. dan pada kawasan tertentu telah tersedia layanan gratis internet tanpa kabel (Wi-Fi) atau dikenal juga dengan hotspot yang terdapat pada beberapa perguruan tinggi.[ Selain itu pada tahun 2006 kota ini diharapkan telah memiliki fasilitas untuk penyediaan air siap minum.8 833.5 0 00 54 12 07 63 kota 15 62 Padang kependudukan Sumber:[12][31][40] Pelayanan umum Untuk melayani kebutuhan akan air bersih. hanya 800 m³ sampah per hari yang dapat dikelola di TPA tersebut.[ Untuk jaringan telekomunikasi.2 856.6 631. pemerintah kota melalui PDAM kota Padang sampai tahun 2007. pemerintah kolonial Hindia-Belanda telah mencoba menanggulangi diantaranya dengan menata tata ruang dan tata kota terutama memperbaiki beberapa bantaran sungai yang membelah kota ini. idealnya kota ini memiliki 150 buah armada pengangkut sampah yang saat ini baru tersedia sebanyak 63 buah.3 ha. pemerintah kota memfungsikan lahan pada kecamatan Koto Tangah di TPA Air Dingin seluas 30. pusat perbelanjaan.

[109] Kantor Javaansche Bank di Padang tempo dulu . beberapa jalur jalan evakuasi yang telah dirancang sejak tahun 2005 belum dapat memberikan sistem penyelamatan massive yang baik bagi masyarakat yang umumnya berada di zona merah bahaya tsunami. hal ini mencerminkan tingginya tingkat peredaran uang di kota ini.09 Ha dengan tinggi genangan air mencapai 60 cm selama lebih dari 6 jam. Batang Kuranji dan Batang Air Dingin. yang kesemuanya mengalir ke arah sungai utama yaitu Batang Arau. Namun belajar dari pengalaman gempa bumi 30 September 2009.[ Kota Padang termasuk kota di Indonesia yang berada pada kawasan berkategori rawan gempa bumi dan tsunami.03 mm/jam) maka menimbulkan banjir pada kawasan tersebut seluas 44. sehingga pada tahun 1864 telah berdiri salah satu cabang Javaansche Bank yakni bank yang bertanggung jawab terhadap mata uang di Hindia Belanda serta telah mengikuti standar selaras dengan yang ada di negara Belanda.986 Ha. Tingginya tingkat kekacauan lalu lintas. serta kurangnya koordinasi pada masyarakat waktu itu. Seiring itu pada 1879 juga telah muncul bank simpan pinjam.[93] Sementara sistem jaringan drainase kota Padang terdiri dari 19 areal dengan luas cakupan 3. untuk mengantisipasi hal itu pemerintah setempat telah membangun beberapa kawasan tertentu sebagai lokasi evakuasi terhadap kemungkinan bencana alam tersebut. Perubahan fungsi ini berdampak jika curah hujan cukup tinggi (>223. Perhubungan Kota Padang sebagai kota pelabuhan sejak abad ke-19 telah mengalami pertumbuhan ekonomi cepat yang didorong oleh tingginya permintaan kopi dari Amerika.merendam beberapa kawasan di kota Padang.[ Sebelumnya beberapa kawasan terutama di kecamatan Koto Tangah merupakan kawasan yang berfungsi sebagai daerah resapan air namun pemerintah kota menetapkan kawasan tersebut sebagai daerah perkembangan perumahan sehingga menjadi daerah pemukiman padat penduduk. membuat pemerintah setempat perlu memikirkan mitigasi bencana yang tepat dalam mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di masa depan.

240. Pabrik semen ini berlokasi di Indarung dan merupakan pabrik semen yang pertama di Indonesia. Walaupun disisi lain industri pengolahan di kota ini telah memberikan kesempatan lapangan pekerjaan yang cukup berarti.000 ton per tahun. Hal ini terjadi karena transformasi ekonomi kota cenderung mengubah lahan pertanian menjadi kawasan industri. masyarakat Minang umumnya menuntut pemerintah pusat untuk melaksanakan spin off (pemisahan) PT. Kota ini menempatkan sektor industri. Di kota ini terdapat sebuah pabrik semen yang bernama PT Semen Padang dan telah beroperasi sejak didirikan pada tahun 1910. perdagangan dan jasa menjadi andalan dibandingkan dengan sektor pertanian dalam mendorong perekonomian masyarakatnya. Batang Kuranji dengan latar Basko Grand Mall.[116] perusahaan Apalagi sejak ditengarai terjadi kemerosotan Hal ini kinerja karena penggabungan tersebut.[117] pemerintah pusat masih menganggap restrukturisasi beberapa BUMN melalui pembentukan holding terhadap beberapa BUMN yang memiliki keterkaitan atau kesamaan usaha merupakan penyelesaian terbaik .[115] namun penyelesaian persoalan tersebut masih belum jelas sampai sekarang.Jalan di Padang dengan latar Plaza Andalas.[ Hampir 63% dari produksinya (baik dalam bentuk kemasan zak maupun curah) didistribusikan melalui laut dengan memanfaatkan pelabuhan Teluk Bayur. Semen Padang dari induknya PT. dengan kapasitas produksi 5. Selepas reformasi politik dan ekonomi. Semen Padang menjadi perusahaan yang mandiri lepas dari PT. Semen Gresik. Semen Gresik telah dikabulkan Pengadilan Negeri Padang. walau tuntutan akuisisi PT. yang mana sejak tahun 1995 telah di merger (penggabungan) secara paksa oleh pemerintah pusat.

78%. inflasi tahunan kota Padang pada akhir triwulan-I 2010 masih rendah dan berada pada kisaran 3. walaupun beberapa pasar tradisional masih berada dalam keadaan pasar darurat. bumi.36% dan laju inflasi tahun kalender sebesar 3.15 persen dari luas daratan wilayah Propinsi Sumatera Barat. . rehabilitasi tentunya maupun relokasi gempa akan memperburuk perekonomian kota itu sendiri. dengan laju inflasi tahunan kota Padang tercatat sebesar 4. [ Meskipun kota Padang diguncang gempa bumi pada 30 September 2009.79 Km 2. tercatat memiliki luas wilayah sekitar 1. Plaza Andalas sebagai salah satu pusat perdagangan modern di kota Padang. Konflik yang terjadi antara para pedagang dan pemerintah setempat terutama rekonstruksi. Dilaporkan bahwa tingkat inflasi kota Padang pada Oktober 2009 sebesar 1. dengan panjang garis pantai 60.05%. pasar sebagai tempat perputaran ekonomi masyarakat.[ Dalam mendorong kelancaran aktivitas perekonomian. pada tanggal 1 April 2010 mulai beroperasi kembali dan pemerintah setempat berharap dapat menjadi pemicu bangkitnya kembali perekonomian masyarakat.5 milyar rupiah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan dana pendamping sebesar 59 milyar rupiah dari APBD. inflasi tinggi tidak terjadi. memerlukan adanya peran aktif dari pemerintah dalam pasca hal setempat dalam penyediaan sarana dan prasarana. Luas daratan daerah ini setara dengan 3.50 Km 2.328. direncanakan akan mulai beroperasi kembali pada awal Juni 2010.untuk membangun keunggulan daya saing BUMN tersebut agar lebih menjamin perolehan laba di atas rata-rata perusahaan pesaing lainnya. Sementara Basko Grand Mall yang juga pusat perbelanjaan modern di kota Padang. yang ditutup pasca gempa.[126] Pembangunan pasar saat ini dilakukan secara bertahap. menunggu selesainya proses rekonstruksi dan rehabilitasi.27% Setelah pemulihan ekonomi pasca gempa. untuk tahap pertama tahun 2010 telah dikerjakan dengan dana sebesar 64. Posisi astronomis Kabupaten Padang Pariaman yang terletak antara 0 0 11 ‘ – 0 0 49 ‘ Lintang Selatan dan 98036‘ – 100028‘ Bujur Timur .

yakni 228. Kabupaten Padang Pariaman terdiri dari 17 (tujuh belas) Kecamatan dengan Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam tercatat memiliki wilayah paling luas. terutama pemanfaatan sungai sebagai salah satu prasarana transportasi air.3. Padang Sago 12. Tamperatur rata-rata untuk Kabupaten Padang Pariaman adalah 25.15 sampai 3°.22 Lintang Selatan dan 114°. sedangkan Kecamatan Sintuk Toboh Gadang memiliki luas terkecil.2 Tingkat Temperatur ( 0 C ) per Bulan di Kabupaten Padang Pariaman Grafik 1. yakni 25.56 Km 2 Rata-rata curah hujan secara keseluruhan untuk Kabupaten Padang Pariaman pada tahun 2007 adalah sebesar 368. Sungai Geringging 17. ketinggian tanah berada pada 0. Lubuk Alung 3. Batang Anai 2.4 mm. Ulakan Tapakis 5. Sintuk Toboh Gadang 4. 2x11 Kayu Tanam 9. Kota Banjarmasin dibelah oleh sungai Martapura dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut Jawa. Menurut data statistik 2001 dari seluruh luas wilayah Kota Banjarmasin yang kurang lebih 72 Km² ini dapat dipersentasikan bahwa peruntukan tanah saat sekarang adalah . Nan Sabaris 6. Letak Kota Banjarmasin nyaris di tengah-tengah Indonesia. V Koto Timur 14.70 derajat celcius dengan kelembapan relatif 85. V Koto Kp Dalam 13. pariwisata.9 persen. Grafik 1. Rata-rata Curah Hujan per Bulan di Kabupaten Padang Pariaman (mm) KOTA BANJARMASIN Letak Kota Banjarmasin terletak pada 3°. Malintang Grafik 1.1 Perbandingan Luas Kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman (Persen) Keterangan: 1. Enam Lingkung 8. sehingga berpengaruh kepada drainase kota dan memberikan ciri khas tersendiri terhadap kehidupan masyarakat.16 m di bawah permukaan laut dan hampir seluruh wilayah digenangi air pada saat pasang. Batang Gasan 16. dengan rata-rata hari hujan sebanyak 19 hari per bulan.Sampai akhir tahun 2007. perikanan dan perdagangan.70 Km 2. Sungai Limau 15.32 Bujur Timur. Kota Banjarmasin berlokasi di sisi timur sungai Barito. Patamuan 11. IV Koto A. 2x11 Enam Lingkung 7. VII Koto 10.

yaitu pada bulan-bulan November – April. dan lahan perusahaan seluas 336.8 ha. Sedangkan batuan dasar yang terbentuk pada cekungan wilayah berasal dari batuan metaforf yang bagian permukaan ditutupi oleh kerakal. .628 mm dari hujan pertahun 156 hari. Perusahaan 337.6 Ha.500 Mm. jumlah hari hujan dalam setahun kurang lebih 150 hari dengan suhu udara yang sedikit bervariasi sekitar 26 °C. pasir dan lempung yang mengendap pada lingkungan sungai dan rawa. Jasa 486. Curah hujan tahunan rata-rata sampai 2.1 Ha.3 Ha. Fluktuasi suhu harian berkisar antara 74-91 % sedangkan pada musim kemarau kelembabannya rendah yaitu sekitar 52% yang terjadi pada bulan-bulan Agustus.9 ha.400 Mm dengan fluktuasi tahunan berkisar antara 1. Dibandingkan dengan data tahun-tahun sebelumnya lahan pertanian cenderung menurun.135.[20]Luas optimal Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebuah kota adalah 30% dari luas kota.3 ha.38 °C dengan sedikit variasi musiman. perindustrian 278. Industri 278. jasa 443. Kota Banjarmasin termasuk wilayah yang beriklim tropis. kerikil.029.962. Dalam musim kemarau sering terjadi masa kering yang panjang. sedangkan tekanan tinggi di Benua Australia yang bertiup dari arah Timur adalah angin kering pada musim kemarau. Penggunaan tanah di Kota Banjarmasin Tahun 2003 untuk lahan pertanian seluas 2. Angin Muson dari arah Barat yang bertiup akibat tekanan tinggi di daratan Benua Asia melewati Samudera Hindia menyebabkan terjadinya musim hujan.[22] Iklim Kota Banjarmasin beriklim tropis dimana angin muson barat bertiup dari Benua Asia melewati Samudera Hindia menimbulkan musim hujan. sementara untuk lahan perumahan mengalami perluasan sejalan dengan peningkatan kegiatan ekonomi dan pertumbuhan penduduk. Perubahan dan perkembangan wilayah terus terjadi seiring dengan pertambahan kepadatan penduduk dan kemajuan tingkat pendidikan serta penguasaan ilmu pengetahuan teknologi Fungsi dan penggunaan tanah Tanah aluvial yang didominasi struktur lempung adalah merupakan jenis tanah yang mendominasi wilayah Kota Banjarmasin. Suhu udara rata-rata sekitar 25 °C .6 ha. Curah hujan yang turun rata-rata per tahunnya adalah kurang lebih 2.111.lahan tanah pertanian atau 3. Hujan lokal turun pada musim penghujan.600-3.4 Ha dan Tanah Perumahan 3.6 Ha. sedangkan angin dari Benua Australia adalah angin kering yang berakibat adanya musim kemarau.[21] Banjarmasin hanya memiliki 10 sampai 12 % RTH saja.4 ha dan pemukiman adalah 3. September dan Oktober.

Konsep Dasar Geografi (Kota Palembang. Medan & Padang) D I S U S U .

N OLEH : Nama : Resta Vivi Afrillia Kelas : X.3 TAHUN AJARAN 2011/2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful