BAB 1: PROSES, MODEL DAN PELUANG KEWIRAUSAHAAN 1. Jelaskan ciri-ciri tahap awal dan pertumbuhan kewirausahaan?

2. Apakah beda fungsi penemu dan perancana dalam kewirausahaan? Fungsi penemu Menemukan dan menciptakan produk baru Menemukan dan menciptakan teknologi baru Menemukan dan menciptakan ide baru Fungsi perencana Merancang perencanaan perusahaan Merancang strategi perusahaan Merancang ide-ide dalam perusahaan

Menemukan dan menciptakan oragnisasi usaha baru Merancang organisasi perusahaan 3. 6. Imitasi: tindakan sesorang untuk meniru orang lain melalui sikap. Kompetensi apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha?  Knowing your business. mengetahui strategi cara bersaing. Hakikat kewirausahaan adalah kemampuan. 5. mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis  Satisfying customer by providing high quality product. ini dilakukan perusahaan untuk mengatasi krisis ekonomi. gaya hidup. . member kepuasan pada pelanggan dengan menyediakan barang yang bermutu  Knowing how to compete. strategi ini biasa disebut dengan alokasi aset (asset allocation). Diversifikasi : usaha penganekaragaman product (bidang usaha) atau lokasi perusahaan yang dilakukan suatu perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan sehingga arus kas perusahaan dapat lebih stabil. bahkan apa saja yang dimiliki orang lain. sehingga kekurangan yang terjadi bisa tertutupi.  Knowing the basic business management. Atau dengan kata lain duplikasi berarti memperbanyak tiruan. Duplikasi: suatu proses / metode untuk menciptakan duplikat. sehingga apabila suatu perusahaan mengalami kemerosotan pendapatan di salah satu product. mengetahui usaha apa yang akan dilakukan. penampilan. Tiruan dari duplikat tersebut harus cukup bagus untuk digunakan dalam menciptakan tiruan-tiruan selanjutnya. Duplikasi artinya menciptakan suatu tiruan / cetakan dari aslinya. 4. di product lain mendapatkan kelebihan pendapatan.

Contohnya: PT. Hal yang dapat membuat sulit pesaing untuk meniru. 7. dan Penjualan kue untuk hari raya agama. yaitu penawaran produk yang unik dan sulit ditiru pesaing atau disebut dengan core differntiation. Contoh: Batik fraktal dimana batik ini menggunakan teori fraktal dalam Matematika dalam menciptakan pola-pola batik yang dapat diterima oleh masyarakat luas. 9. Jadi apabila ada pelanggan yang ingin membeli produk anda tidak merasa kesusahan. pisang gorengnya benar-benar berbeda dengan pisang goreng pesaing. Contoh: Saya akan berjualan pisang goreng. dan expectations dari setiap pelanggan yang ada dengan menciptakan excellent value produk. Kemudian menggunakan kemasan untuk pisang goreng yang unik dan menyajikan pisang goreng dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari pesaing. yayasan. PT Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra). menempatkan outlet-outlet di tempat-tempat yang strategis. wants. Telekomunikasi (Selular GSM) (baru). Pisang gorengnya memiliki macam-macam rasa. PT Infomedia Nusantara (Infomedia). Diferensiasi: upaya mrek atau perusahaan untuk menciptakan perbedaan di antara para pesaing untuk memberikan value terbaik kepada pelanggan. Untuk membuat sesuatu yang berbeda saya menggunakan bahan baku pisang susu karena pesaing saya menggunakan pisang raja. Kewirausahaan arbitrase: wirausaha yang selalu mencari peluang melalui kegiatan penemuan dan pemanfaatan situasi. . Telekomunikasi (KSO-VI Kalimantan). TELKOM Indonesia memiliki devisi. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Selain itu juga perlu memperhatikan customer focused dan mampu memenuhi needs. 8. Jadi. dan anak perusahaan antara lain. Kewirausahaan inovatif: wirausaha dinamis yang menghasilkan ide dan kreasi baru yang berbeda. rasa susu bahkan rasa strawberry. Selain itu. contohnya: Penjualan terompet pada saat tahun baru. produk goodday yang memiliki banyak varian rasa merupakan diferensiasi dari kopi. Ada pisang goreng rasa coklat. dll. Terdapat hal penting yang perlu ditekankan dari pelaksanaan diferensiasi. contoh laen.

dan sumbersumber permodalan. Perusahaan milik sendiri (sole proprietorship) yaitu perusahaan yang dimiliki dan dikelola sendiri oleh seseorang. Kerjasama ini biasanya dengan dukungan awal seperti pemilihan tempat. Persekutuan (partnership) yaitu kerjasama antara dua atau lebih.organisasi dan manajemen yang dirancang sendiri. 2. nasihat hukum. promosi. BENTUK Merintis usaha (Starting) KELEBIHAN Gagasan murni Bebas beroperasi Fleksibel dan mudah pengaturannya KELEMAHAN Pengakuan nama kurang Fasilitas inefisien Penuh ketidakpastian Persaingan kurang diketahui Perusahaan yang        Membeli  Kemungkinan sukses  . penetapan standar.BAB 2: MERINTIS USAHA BARU DAN PENGEMBANGANNYA Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk memulai atau memasuki dunia usaha yaitu : 1. 2. konsultasi. Kerjasama Manajemen (frachising) : kerjasama antara wirausaha (franchisee) dengan perusahaan besar (franchisor/parent company) dengan mengadakan persetujuan jual-beli hak monopoli untuk menyelenggarakan usaha (waralaba). 3. Perusahaan Berbadan Hukum (corporation) yaitu perusahaan yang didirikan atas dasar badan hukum dan modal berupa saham. pengendalian kualitas. 3. Ada tiga bentuk usaha baru yang dapat dirintis: 1. pembukuan. rencana bangunan. Membeli perusahaan orang lain (buying) yaitu dengan membeli perusahaan yang telah didirikan atau dirintis atau diorganisir oleh orang lain dengan nama (goodwill) dan organisasi usaha yang sudah ada. pola arus kerja. pencatatan dan akuntansi. Merintis usaha baru : yaitu membentuk dan mendirikan usaha baru yaitu membentuk dan mendirikan usaha baru dengan menggunakan modal. ide. pemilihan karyawan. riset. pembelian peralatan.

nama. Fasilitas Orang Barang Jasa Pasar Uang Profit 2. Jelaskan bagaimana cara menentukan organisasi usaha yang akan digunakan! Kompleksitas organisasi usaha tergantung pada lingkup atau cakupan usaha dan skala usaha. Pada lingkup atau skala usaha kecil. misalnya untuk bagian penjualan. administrasi dan keuangan. CONTOH SOAL: 1. maka pengelolaannya memerlukan bantuan orang lain. Jika skala dan lingkup usahanya semakin besar. pelatihan. . organisasi usaha umumnya dikelola sendiri. teknik. merek yang sudah dikenal        dijual biasanya lemah Peralatan tak efisien Mahal Sulit inovasi Tidak mandiri Kreativitas tidak berkembang Menjadi interdependen. bantuan modal Penggunaan nama.perusahaan (Buying)    Kerja sama manajemen (Franchising)  Lokasi sudah cocok Karyawan dan pemasok biasanya sudah mantap Sudah siap operasi Mendapat pengalaman dalam logo. metode teknik produksi. rentan terhadap perubahan franchisor. pembelian. Gambarkan bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh dalam memasuki usaha baru! Anda Ide Uang Kredit . terdominasi.

maka perusahaan tidak dapat memberikan manfaat bagi para pemilik kepentingannya. tidak bisa membagikan dividen kepada pemegang saham. Dikatakan sangat penting. BAB 3: KOMPETENSI INTI & STRATEGI BERSAING 1. Jelaskan bagaimana perkembangan strategi (manajemen) dari konsep pemegang saham sampai dengan pemilik kepentingan? manajemen perusahaan modern sekarang ini mengalami pergeseran strategi. . Mengapa teori strategi berbasis sumber daya dianggap lebih cocok bagi perusahaan yang menghadapi gejolak dan krisis ekonomi? karena perhatian utama dari teori strategi berbasis sumber daya diletakkan pada keunggulan daya saing untuk menciptakan nilai tambah yang tinggi melalui potensi sumber daya alam (lokal) yang ada dan kapabilitas sumber daya manusia yang dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang tinggi sehingga tidak lagi terlalu mengandalkan strategi kekuatan pasar seperti monopoli dan fasilitas pemerintah.3. Mengapa lingkungan dapat menjadi pendorong atau penghambat bagi perkembangan perusahaan? Karena sifat yang saling mempengaruhi antara perusahaan dengan lingkungan maka pemahaman terhadap perubahan lingkungan serta kecenderungannya sangat membantu manajemen perusahaan dalam menetapkan strategi dan kebijakan yang tepat untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. tidak bisa memperluas usaha. Ini berarti perusahaan tidak dapat memberikan kenaikan gaji. strategi ini labih murah dan ampuh karena usaha kecil bisa memanfaatkan sumber daya alam dan tenaga kerja lokal. yaitu dari strategi memaksimalkan keuntungan pemegang saham (mencari laba perusahaan) menjadi memaksimalkan keuntungan bagi semua yang berkepentingan dalam perusahaan (stakeholder). karena apabila tidak memperoleh laba. jika strategi yang digunakan tidak tepat maka akan menghambat perkembangan perusahaan. dan tidak bisa membayar pajak. Selain itu. 2.

Dalam riset pemasaran. Sebutkan delapan yang termasuk ke dalam kelompok pemilik kepentingan yang mempengaruhi keputusan bisnis! a. sedangkan A Mild lebih ditujukan kepada kaum muda sehingga produk rokoknya dibuat berkadar tar dan nikotin ringan.Dalam kewirausahaan. Probe selalu ditambahkan di awal sehingga urutan bauran pemasaran menjadi: 1. Hukum. Organisasi pekerja d. yaitu Probe (penelitian dan pengembangan) sehingga menjadi 5P. Probe (penelitian dan pengembangan) Product (barang dan jasa) Price (harga) Place (tempat) Promotion (promosi) 3. . Tuliskan tiga tingkatan norma etika beserta sedikit penjelasannya! a. Mereka masingmasing mempunyai strategi posisi yang berbeda di pasaran. Pemerintah e. 4. 5. Marlboro memosisikan diri sebagai rokok kaum pria sejati yang menyukai tantangan alam seperti digambarkan melalui iklan-iklannya. Berikan satu contoh perusahaan pemasaran. “strategi adalah posisi”! yang menerapkan strategi perusahaan rokok Marlboro dan Sampoerna Mild. BAB 4: NORMA DAN ETIKA BISNIS 1. berlaku bagi masyarakat secara umum yang mengatur perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Masyarakat umum h. Bank f. 2. 3. Petani dan pemasok bahan baku c. Para pengusaha/ mitra usaha b. Investor g. Pelanggan dan konsumen 2. 4P tersebut ditambahkan satu P.

sangat penting untuk menghadapi suatu keputusan yang tidak diatur oleh aturan formal. Moral dan sikap mental individual. Apa manfaat Kode Etik Perusahaan? Manfaat Kode Etik Perusahaan : a. Suka membantu orang lain g. Apa hubungan antara stakeholders satisfaction dan stakeholder loyality dalam etika bisnis? Stakeholder satisfaction adalah kepuasan pelanggan sedangkan stakeholders loyality adalah kesetiaan pelanggan. Kebijakan dan prosedur organisasi. Kewajaran f. 3. Kejujuran b. Jadi apabila etika suatu perusahaan baik maka pelanggan pun merasa puas dengan perusahaan tersebut dengan begitu kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan tersebut juga tinggi. c. Mengejar keunggulan j. Warga Negara yang bertanggung jawab i. Dapat dipertanggungjawabkan. Memelihara janji d. Integritas c. 2. BAB 5: ETIKA BERWIRAUSAHA 1. Dengan adanya .b. Hormat kepada orang lain h. member arahan khusus bagi setiap orang dalam organisasi dalam mengambil keputusan sehari-hari. Kesetiaan e. Kode Etik dapat meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan. Hal ini terutama penting bagi perusahaan besar yang karyawannya tidak semuanya saling mengenal satu sama lainnya. Sebutkan 10 prinsip etika yang mengarahkan perilaku bisnis! a. karena etika telah dijadikan sebagai corporate culture.

kewajiban perusahaan dalam melindungi lingkungan hidup). kemungkinan untuk mengatur diri sendiri (self regulation). Memiliki Etika BAB 6: PENAWARAN 1. (penerimaan komisi. a. Gambarkan fungsi permintaan tersebut . penggunaan tenaga kerja anak. b. bila perusahaan ingin sukses/berhasil memerlukan 3 hal pokok yaitu : a. Kode etik menjelaskan bagaimana perusahaan menilai tanggung jawab sosialnya. Apa peranan Etika dalam bisnis? Peranan Etika dalam Bisnis : Menurut Richard De George.kode etik. Hitunglah besar kuantitas permintaan TV berwarna Merk Samsung 20 Inci? c.1 Juta. d. Kode Etik. harga TV berwarna merk lain Rp. secara intern semua karyawan terikatdengan standard etis yang sama. Managemen yang baik c. Tentukan Fungsi Permintaan TV berwarna merk Samsung 20 Inci? b. rata-rata pendapatan konsumen Rp. 1. dapat membantu menghilangkan grey area (kawasan kelabu) dibidang etika. Tahun 1996 harga rata-rata TV berwarna 20 inci merk Samsung di Surabaya Rp. Produk yang baik b.9 juta. 10 juta per tahun. Kode Etik. 0. dan total pengeluaran iklan untuk TV berwarna merk Samsung 20 inci Rp. 3. 5 Milyard. c. sehingga akan mefigambil kebijakan/keputusan yang sama terhadapkasus sejenis yang timbul. menyediakan bagi perusahaan dan dunia bisnis pada umumnya.

5 PR + 2.1-15Px 0 (217.6 (10) + 2.14. 0) Titik potong sumbu PX.47) Px (0.1 – 15 PX 15 PX = 217.1 à (217.0) Qx .4 – 15 PX + 7. Fungsi Permintaan QDX = . Titik potong sumbu QDX.1 – 165 = 52.1 – 15 PX b.5 (50) = 217.1 . Kuantitas Permintaan QDX = 217. 14.1 – 15 (11) = 217.1.47) QDX = 217.6 I + 2.47 à (0 .1 c.Jawaban 1.5 A = . syarat QDX = 0 0 = 217.5 (9) + 2.1 – 0 = 217.1.1.4 – 15 PX + 7. syarat PX = 0 QDX = 217.1 PX = 14.

. Elastisitas permintaan memiliki hubungan negatif (arahnya berbalikan). vice versa.. kita masukan data-data diatas kedalam rumus elastisitas : P1 ∆Q Es = ---.. Kemudian harga turun menjadi Rp.500 Q2 = 10 langkah pertama kita menentukan perubahan jumlah penawaran dan harga ∆Q = Q2 -Q1 = 10-20 = -10 ∆P = 4.00 perunit dan jumlah barang yang ditawarkan menjadi 10 unit.2.000 -10 Es = ------.000 = -500 Langkah selanjutnya. 5. 3.00 per unit. -----20 -500 Es = 5 ======= Nilai Es = 5 > 1. menunjukan penawaran elastis.. Pasa saat harga Rp. jumlah barang yang ditawarkan 20 unit.. maka elastsitas permintaan dihitung sebagai berikut : Koefisien sebesar 2. 4.000 Q1 = 20 P2 = 4. .32 menunjukkan bahwa perubahan harga sebesar 1 persen akan menimbulkan perubahan permintaan sebesar 2.000.500 . Jawab : Dari data diatas diketahui : P1 = 5.2 dan jumlah pembelian turun dari 10 batang menjadi 8 batang.32 %. berdasarkan data tersebut besarnya koefisien elastisitas penawarannya adalah. Contoh : Apabila harga es krim naik dari $2 menjadi $2.500. -----Q1 ∆P 5.5. yaitu ketika harga naik permintaan akan turun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful