P. 1
Nilai Guna Arsip

Nilai Guna Arsip

|Views: 2,313|Likes:
Published by iqraabqary

More info:

Published by: iqraabqary on Sep 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2012

pdf

text

original

Nilai Guna Arsip

 Nilai Penerangan ; arsip yang hanya mempunyai


 

kegunaan sebagai bahan informasi,pemberitahuan Nilai Yuridis ; arsip yang dapat digunakan sebagai bahan atau alat pembuktian dalam peristiwa hukum Nilai Historis ; arsip yang dapat menggambarkan suatu kejadian/peristiwa dari masa lampau Nilai Ilmiah ; arsip yang dapat digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan penyelidikan Nilai Guna Fiskal ; arsip yang mempunyai kegunaan dalam bidang keuangan.

Menurut Vernon B. Santen, Arsip mempunyai nilai guna dengan singkatan ALFRED
 A = Administrasi Value ( Nilai Administrasi )
 L = Legal Value ( Nilai Hukum )  F = Fiscal Value ( Nilai Keuangan)

 R = Research Value ( Nilai Penelitian )
 E = Education Value ( Nilai Pendidikan )  D = Documentation Value ( Nilai Dokumentasi )

Untuk mengingat betapa pentingnya arsip, maka ingatlah singkatan :
 A = Amankan
 R = Rawat  S = Semua

 I = Informasi
 P = Penting

Pengertian Arsip dan Kearsipan
 Arsip adalah :Dokumen tertulis (surat, akta, dsb), lisan

(pidato, ceramah, dsb), atau bergambar (foto, film, dsb) dr waktu yg lampau, disimpan dl media tulis (kertas), elektronik (pita kaset, pita video, disket komputer, dsb), biasanya dikeluarkan oleh instansi resmi, disimpan dan dipelihara di tempat khusus untuk referensi;  Kearsipan adalah suatu proses kegiatan mulai dari penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pemeliharaan, dan penyimpanan warkat warkat menurut sistem tertentu, sehingga saat diperlukan dapat ditemukan dengan cepat dan mudah.

Tujuan Penyelenggaran Kearsipan
 Agar arsip terpelihara dengan baik, teratur dan aman  Agar mudah mendapatkan kembali arsip yang dibutuhkan
    

dengan cepat dan tepat Untuk menghindari pemborosan waktu dan tenaga dalam mencari arsip yang dibutuhkan Untuk menghemat tempat penyimpanan Untuk menjaga kerahasiaan arsip Untuk menjaga kelestarian arsip Untuk menyelamatkan arsip yang berisi informasi tentang pertanggungjawaban, perencanaan, pelaksanaan, dan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan kemasyarkatan.

Memilih Sistem Yang Sesuai
1. 2. -

Asas Pengelolaan Kearsipan Asas Sentralisasi Asas Desentralisasi Asas Desentralisasi Terkendali ( Gabungan ) Pemilihan asas pengelolaan yang sesuai Besar kecilnya rentang tugas organisasi yang bersangkutan Kompleksitas tugas dan fungsi organisasi Lokasi gedung kantor, satu atap atau terpencar Jumlah karyawan yang ada dalam suatu organisasi Jumlah surat yang dikelola.

Sistem Penyimpanan Arsip Sistem Abjad ( Huruf ) Sistem Subjek ( Masalah ) Sistem tanggal ( Kronologis) Sistem Wilayah ( Geografis ) Sistem Nomor ( Angka )

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->