P. 1
Definisi Bangsa Menurut Para Ahli

Definisi Bangsa Menurut Para Ahli

|Views: 124|Likes:

More info:

Published by: Togu Yehezkiel Heldubeth Sihombing on Sep 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2012

pdf

text

original

Definisi Bangsa Menurut Para Ahli

1. Menurut Ernest Renan :
Bangsa adalah jiwa, suatu asas kerohanian yang timbul dari :   Kemuliaan bersama di waktu lampau, yang merupakan aspek historis. Keinginan untuk hidup bersama di waktu sekarang yang merupakan aspek solidaritas, dalam bentuk dan besarnya tetap menggunakan warisan masa lampau, baik untuk kini dan yang akan datang.

2. Menurut otto bauer :
Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter yang tumbuh karena kesamaan nasib.

3. Menurut hans kohn :
Bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah. Suatu bangsa merupakan golopngan yang beraneka ragam dan tidak bisa dirumuskan secara eksak.

4. Menurut benedict Anderson :
Bangsa adalah suatu komunitas politik yang terbayang dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

5. Menurut Anthony d. smith :
Bangsa adalah suatu komunitas manusia yang memiliki nama, menguasai suatu tanah air, memiliki sejarah bersama, budaya publik bersama, perekonomian tunggal, dan hak serta kewajiban bersama bagi anggotanya.

sejarah dan masa depan. Menurut ki bagoes hadikoesoemo : Bangsa adalah persatuan antara orang dengan tempat 12. Ratzel : Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. 10. Menurut suryono sukanto : . Dengan batas teritori tertentu dan terletak dalam geografis tertentu. 11. Menurut Rawink : Bangsa adalah sekumpulan manusia yang bersatu pada satu wilayah dan mempunyai keterikatan dengan wilayah tersebut. Faktor objektif yang menandai suatu bangsa adalah adanya kehendak atau kemauan bersama yang dikenal dengan istilah Nasionalisme. Menurut stalin : Bangsa adalah kesatuan umat manusia yang terbentuk secara historis 9.6. Menurut f. kebudayaan. 8. serta politik. territorial. Menurut guibernau : Bangsa adalah Negara kebangsaan memiliki unsur-unsur penting pengikat yaitu psikologi. 7. Hasrat itu timbul karena adanya hasrat kesatuan antara manusia dengan tempat tinggalnya. Menurut jalopsen dan lipman : Bangsa adalah kesatuan budaya (cultural unity) dan kesamaan politik (political unity).

dan sejarahnya. bahasa. .Bangsa adalah unit yang mandiri yang ditandai adanya kelompok territorial dengan hak kewarganegaraan yang sama dan memiliki karakteristik yang sama. adat. serta berpemirantahan sendiri. 13. Menurut kbbi : Bangsa adalah orang-orang yang bersama asal keturunan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->