BAD NEWS

 Bad News adalah berita yang tidak menyenangkan yang di terima oleh organisasi, perusahaan maupun instansi.oleh karena itu bad News harus di tanggapi secara bijaksana oleh setiap organisasi, perusahaan, bahkan instansi tertentu. Apabila perusahaan ingin memberikan tanggapan atas keluhan pelanggan, mengkomunikasikan permasalahan tentang pesanan atau memberitahukan perubahan kebijakan perusahaan yang dapat mempengaruhi citra perusahaan secara negatif, maka perlu memperhatikan Dua hal, didalam penyampaian bad news Ada dua hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan, berkaitan dengan pesan yang tak menyenangkan ini :

 

Menciptakan Audience – Centerred Tone
Menyangkut nada atau intonasi dalam penyampaian bad news mampu memberikan kontribusi yang cukup penting bagi efektivitas penyampaian pesan-pesan bisnis yang didukung dengan tiga tujuan yang khusus, yaitu :   Membantu audiens mengerti akan bad news yang merupakan suatu keputusan yang tegas Membantu audiens mengerti keputusan yang diambil adalah adil.

Membantu audiens agar tetap memberikan goodwill bagi perusahaan

Memilih Pendekatan Organisasional
Dalam menyampaikan suatu pesan yang sifatnya bad news, dapat dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu perencanaan tak langsung (indirect plan) dan perencanaan langsung (direct plan). Pendekatan tidak langsung (indirect plan), merupakan pendekatan yang digunakan untuk penulisan pesan-pesan yang mempunyai dampak kurang menyenangkan kepada audiens.  Dalam pendekatan ini terdapat empat bagian penting yaitu  Pembuka, yang menempatkan audiens pada situasi yang netral serta penyataan yang tanpa beban bagi audiens. Alasan, dengan mengemukakan alasan mengapa suatu keputusan harus diambil, sebelum menyampaikan yang sebenarnya, penyampaian alasan yang efektif akan sangat membantu audiens menyadari bahwa keputusan yang diambil adalah fair atau logis.

perusahaan. dan diakhiri dengan penutup yang bersahabat. dan lebih menyenangkan. merupakan hal yang mungkin “menyakitkan” bagi audiens yang mendengarnya.  Pendekatan ini dapat diterapakan apabila :    Penerima pesan lebih menyukai pesan langsung ke inti yang dituju. Instansi secara tidak langsung. Dapat juga diusulkan suatu cara pemecahan dari masalah yang dihadapi oleh audiens. Pendekatan ini memiliki kelebihan bahwa audiens hanya memerlukan waktu yang relatif singkat untuk sampai pada ide pokok yaitu bad news. namun demikian bagian ini merupakan bagian utama yang merupakan keputusan yang diambil dari suatu kondisi. setelah pesan yang kurang menyenangkan disampaikan. maka tahap selanjutnya adalah memberikan kata-kata penutup yang bersifat positif.  Perencanaan Langsung Suatu pesan yang kurang menyenangkan yang diorganisir melalui perencanaan langsung akan diawali dengan suatu pernyataan bad news. bersahabat.   Tabel Pendekatan Organisasi. selanjutnya diikuti dengan berbagai alasan yang mendukungnya. Pesan tersebut mempunyai pengaruh yang kecil terhadap si penerima pesan Pesan disampaikan secara empati. . Bad news. Penutup. hangat.

sementara itu kita tidak dapat memenuhi permintaannya.  Penolakan Kerja Sama Apabila seseorang meminta informasi atau partisipasi dalam suatu kegiatan tertentu. Namun. dalam praktiknya bisa saja terjadi suatu penolakan kerja sama bilamana bentuk kerja samanya merugikan pihak lain. maka kita dapat menggunakan pendekatan organisasional perencanaan langsung dan perencanaan tak langsung. atau penarikan produk. kadaluwarsa produk. menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis lain merupakan hal yang seharusnya dilakukan untuk lebih memperkuat jaringan pemasaran suatu perusahaan. cacat atau rusak. Dalam dunia bisnis. maka kita dapat menggunakan pendekatan perencanaan langsung atau tidak langsung. penarikan kembali produk. lebih baik pendekatan yang digunakan adalah perencanaan tak langsung diawali dengan pernyataan yang bersifat netral dan didukung dengan alasan logis. Pendekatan Organisasi Secara Langsung MENGKOMUNIKASIKAN INFORMASI DAN JAWABAN NEGATIF  Bad news tentang Produk Bad news yang berkaitan dengan produk antara lain kenaikan harga produk. . Pengguna kedua pendekatan organisasional tersebut sangat tergantung pada seberapa dekat hubungan kita dengan pihak lain.  Penolakan Undangan Bila kita harus mengatakan “tidak” atas suatu undangan teman bisnis. Pada penyampaian bad news tentang produk bagi para pelanggan misalnya kenaikan harga produk.

   Tetap bekerja sebaik mungkin menuju kepada terwujudnya suatu penjualan ulang (resale) Tetap menjaga instruksi atau informasi tambahan sejelas mungkin Tetap optimis.PENYAMPAIAN BAD NEWS KE PELANGGAN Tiga hal yang perlu mendapat perhatian dalam penyampaian bad news kepada pelanggan atau calon pelanggan. percaya diri BAD NEWS TENTANG ORANG Penolakan Menulis Surat Rekomendasi Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis penolakan surat rekomendasi adalah kemukakan apa alasan atas penolakan tersebut. Penolakan Lamaran Pekerjaan Untuk penolakan lamaran kerja yang tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dapat menggunakan pendekatan organisasional perencanaan tak langsungSurat Penolakan Kredit Untuk memberikan jawaban kepada pemohon kredit. maka kita menggunakan pendekatan organisasional perencanaan tak langsung .

KOMUNIKASI BISNIS “ Pengertian Pesan-Pesan Bad News Serta Berikan Contohnya “ Fakultas Ilmu komunikasi Universitas Padjajaran Bandung 2011 .

Kelompok 3 Mohammad Fauzie Lidia Amalia Reymond O Betty Irfan Imam N Asri Yogi Utama Monique Astaria Bani Kiswanto Bima Ragil Nugraha Ari Ahmad A 210111100113 210111100096 210111100092 210111100167 210111100142 210111100107 210111100122 210111100132 210111100117 .

°°f#       ff¾¯¯°f¾ D° ¾f¾9f ©f©ff° f° °–   .

° ¾ff  f°¾f°           ¯ff–-–ff  ¯f       .f¯¯f f   f¯ff                   ¯°    €f°¯f¯-  ¾–Df¯f  .  ¯½  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful