MANFAAT MINYAK BUMI DALAM BIDANG INDUSTRI,PERDAGANGAN SENI DAN ESTETIKA

Diserahahkan kepada Tahun ajaran

: Yanti sofia S.Pd : 2010-2011

Nama Anggota

: Dahlia Nelva P Meriza Rifani Nurwahidatul Arifa Tifany Utari : X-7

Kelas

SMA.NEGERI 1 PADANG TAHUIN AJARAN 2010-2011

Senyawa Hidrokarbon tersebut adalah etena dan propilena A. Salah satunya pembuatan bahan baku pembuatan plastic dan berbagi jenis bahan kimia.botol.bahan baku cat dan disket computer.Selain itu.etil benzene.2-dikloroetana Etil benzena Bahan Kimia Plastik Polivinil asetat Plastik PVC Platik Polistrena Etilena Oksida Politena digunakan sebagai bahan baku kantong plastic.Etena merupakan bahan baku pembuatan plastic polietena.ketiga bahan kimia tersebut merupakan bahan dasar pembuatan plasik pvc dan polivinil asetat.BIDANG INDUSTRI DAN PERDAGANGAN Produk hasil pengolahan minyak bumi banyak digunakan dalam bidang industri dan perdagangan.1.Etena Etena adalah hidrokarbon yang dihasilkan dari penyulingan minyak bumi dan diproses melalui steam cracking dan catalyc cracking.Perhatikan bagam berikut : Hidrokarbon mengandung atom C banyak Etena Plastik Polietena Vinil Asetat 1.dan vinil asetat.mainan anak anak.etena dapat diubah mnjadi 1.Aadapun polivinil asetat merupakan polimer yang dimanfaatkan sebagai zat perekat.Polistirena dimanfaatkan sebagai gelas plastic untuk minuman dan makanan kemasan. .Polivinil klorida banyak digunakan sebagai bahan pipa air.2dikloroetana.

C2H4 + O2 - C2H40 C2H40 + H2O - HOCH2CH2OH Dalam kehidupan sehari-hari.reaksi ini dikenal dengan naam hidrasi alkena.Polietilena biasa dimanfaatkan untuk membuat botol kemasan minuman ringan.lebih lanjut. .etilena glikol digunakan sebagai zat antibeku dan pendingin mesin kendaraan.minuman keras juga mengandung etanol. Etanol Etanol dihasilkan dari reaksi antara eena dengan air menggunakan kualitas asam.Seperti yang tertera sebelumnya.etilena juga dapat diubah menjadi bahan kimia penting lainnya.digunakan dalam pembuatan polimer.seperti polyester. Etilena oksida Etilena oksida dihasilkan dari reaksi oksidasi etilena.etilena oksida direaksikan dengan air untuk mengasilkan etilena glikol.selain itu.yaItu etilena oksida dan etanol. C2H4 + H2O -- CH3CH2OH Etana dapat diubah menjadi etanol dengan cara mereaksikannnya dengan air beserta katalis aasam. Etanol dimanfaatkan sebagai bahan baker kendaraan.

û Propilena glikol bisa digunakan untuk membuat asap buatan dalam pertunjukan teater dan musik. . seperti seni patung atau piala. diantaranya: û Pada seni lukis. û Bahan plastik yang terbuat dari polipropilena dapat dicetak menjadi berbagai bentuk yang menarik dan bernilai seni tinggi. Senyawa hidrokarbon yang membentuk pelarut LAWS merupakan campuran dari parafin. Hidrokarbon yang digunakan untuk pelarut cat terbuat dari Low Aromatic White Spirit atau LAWS merupakan pelarut yang dihasilkan dari Kilang PERTAMINA di Plaju dengan rentang titik didih antara 145o C-195o C. terdapat pada tinta / cat minyak dan pelarutnya. sikloparafin.2. dan hidrokarbon aromatik. Seni Beberapa senyawa hidrokarbon dapat digunakan untuk meningkatkan nilai seni. û Thinner bisa digunakan untuk mengencerkan cat.

farmasi atau semir sepatu. Jadi bahan hidrokarbon yang juga digunakan untuk estetika kosmetik adalah lilin. Kualifikasi mutu lilin PERTAMINA berdasarkan kualitas yang berhubungan dengan titik leleh. Lilin parafin di Indonesia diproduksi oleh Kilang PERTAMINA UP. waxing (pencabutan bulu kaki menggunakan lilin) atau bahan pencampur kosmetik lainnya. Tentunya lilin untuk keperluan kosmetik spesifikasinya ketat sekali. Misal lipstik.V Balikpapan melalui proses filtering press. Seperti senyawa isoprena (2-metil-1. Selain itu. Bidang Estetika Sebetulnya seni juga sudah mencakup estetika. Tapi lebih luas lagi dengan penambahan kosmetika. beberapa senyawa hidrokarbon dapat dapat menghasilkan aroma bunga mawar dan lavender.3-butadiena) .3. digunakan untuk bahan baku minyak wangi. warna dan kandungan minyaknya.

Lipstik Wax .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful