prasetiya mulya business school

MAGISTER MANAJEMEN

Melihat Dunia dengan Perspektif Baru

daftar isi

7 9

Selamat Datang Mengapa Prasetiya Mulya ?

11 sekolah Bisnis Prasetiya Mulya
12 16 18 20 Para Pengajar Atmosfer Fasilitas Profil Mahasiswa

25 Kurikulum Program
26 30 34 MM Reguler MM Eksekutif Manajemen Bisnis MM Eksekutif Manajemen Stratejik

39 Program Pembelajaran
40 42 43 44 Metode Pembelajaran Rencana Bisnis CEO Lecture Aktivitas Mahasiswa

47 Pengembangan Karier
48 50 52 Pengembangan Karier Alumni Mitra Perusahaan

54 admisi Program
54 55 56 Penerimaan Mahasiswa Sesi Informasi Peta Lokasi

Gedung II Prasetiya Mulya

Selamat datang di sekolah bisnis yang mengajak Anda melihat dunia dengan cara pandang baru. Selamat datang di Prasetiya Mulya.

Plaza Prasetiya Mulya

Beragam talenta dari latar belakang dan kompetensi berbeda yang Anda temui di Prasetiya Mulya membuka begitu banyak wawasan dan peluang serta menambah pengalaman yang tak pernah Anda duga. .

.

Buku Manajemen pada umumnya menganjurkan untuk mencari dahulu hubungan sebab akibat dari ketiga perubahan itu. UC Berkeley.D Ketua Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya 7 . dunia tidak akan bisa mengatasi krisisnya bila tetap menggunakan cara berpikir yang sama dengan yang membuat timbulnya krisis itu. keikut-sertaan Anda dalam program Magister Manajemen Prasetiya Mulya sangat kami nantikan. Pentingnya cara pandang baru juga dinyatakan oleh sekolah bisnis-sekolah bisnis terkemuka dunia yang ambil bagian dalam Global Social Venture Competition 2008 di Haas Business School. Para pebisnis membutuhkan cara pandang baru. rasa keadilan sosial dan peningkatan kualitas lingkungan hidup. Ph. Sebab. dan naiknya harga bahan pangan dunia yang menimbulkan ancaman krisis rawan pangan terutama di negara dunia ketiga”. melakukan pembelian energi saat ini untuk tanggal penyerahan di masa depan. ataupun mengubah sebagian bahan pangan yang dihasilkan menjadi bahan bakar pengganti minyak bumi. USA. baru kemudian menemukan solusi bagi penyebab utamanya. * Juara 1: Columbia Business School Juara 2: Prasetiya Mulya Business School Juara 3: MIT Sloan School of Management Apakah upaya itu dilakukan dengan mengkonversi kredit kepemilikan rumah menjadi obligasi yang dapat diperjualbelikan. Artinya. Tetapi. Sammy Kristamuljana. Prasetiya Mulya Business School berpendapat bahwa perubahan-perubahan itu tidak bisa dihadapi hanya dengan pendekatan “efisien”. keputusan bisnis harus didasarkan pada cara pandang yang seimbang antara pemenuhan pencapaian tujuan ekonomi. pada tahun 2008. Jika Anda merasa bahwa cara pandang baru tersebut adalah juga cara pandang Anda. menitipkan sekaligus sebuah “pesan global” bahwa perubahanperubahan dewasa ini harus didekati dengan cara pandang “eko-efektif”. dan Anda tergerak untuk memperbaharui dunia bisnis Indonesia dengan cara pandang baru tersebut. Keberhasilan Tim Mahasiswa program Magister Manajemen Prasetiya Mulya meraih gelar Juara Kedua* dengan Business Plan-nya yang berjudul “Bio Power Technology: An Answer to the Nation’s Electricity Shortage” dalam kompetisi itu. kenaikan harga minyak bumi yang diakibatkan karena ulah para spekulan. Prof. seperti dikatakan Albert Einstein. Dengan cara pandang baru terungkap bahwa sumber dari ketiga perubahan itu ternyata adalah upaya para pebisnis yang bermaksud mempertahankan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan cara-cara yang efisien.selaMat datang Apakah yang harus diperbuat para pebisnis dalam menghadapi perubahan demi perubahan dengan jarak kemunculan semakin dekat sehingga menjadi seperti bersamaan? Sebut saja tiga perubahan terakhir: “Ancaman resesi ekonomi dunia yang dipicu oleh krisis kredit perumahan di Amerika Serikat.

.

Para Pengajar Atmosfer Fasilitas Profil Mahasiswa MengaPa Prasetiya Mulya ? Sepanjang lebih dari 25 tahun menyelenggarakan pendidikan bisnis. para pelaku bisnis harus memiliki pengetahuan bisnis yang baik dan mempunyai kompetensi untuk mencari solusi bisnis terbaik dalam setiap situasi secara kreatif. efektif dan realistis. 2003) Sekolah bisnis swasta pilihan para eksekutif dan fresh graduate dengan peringkat tertinggi di Indonesia.aacsb. Prasetiya Mulya menjawab tantangan tersebut dengan membuat program pendidikan bisnis berorientasi praktis yang komprehensif. Prasetiya Mulya konsisten mengembangkan kompetensinya dalam pendidikan tinggi di bidang bisnis dan manajemen. 9 . Kurikulum MM Prasetiya Mulya senantiasa disesuaikan dengan perkembangan dunia bisnis secara periodik untuk menyiapkan Anda dalam menghadapi perubahan dan ketidakpastian lingkungan usaha di masa depan. 2005 . pemimpin dan peneliti bisnis. program MM Prasetiya Mulya berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir secara strategis dan Program MM Prasetiya Mulya memperoleh kategori akreditasi A dengan nilai 4.edu/about/ Prasetiya Mulya Business School adalah sekolah bisnis swasta terbaik di Indonesia dan peringkat tertinggi untuk kategori satisfaction performance menurut calon/peminat. (Majalah Swa. dinamis dan kompleks. Juli 2008) kesiapan untuk mengembangkan solusi terbaik dalam setiap situasi. (Majalah Swa. www. mahasiswa dan alumni.the Association to Advance Collegiate Schools of Business. Untuk itu. (Badan Akreditasi Nasional. Prasetiya Mulya menyadari bahwa setiap tantangan dalam dunia bisnis bersifat unik. Proses pembelajaran dalam program MM Prasetiya Mulya merupakan the truly learning experience bagi Anda. Interaksi dan keterlibatan yang tinggi di dalam kelompok dan antarkelompok serta penerapan konsep bisnis secara aplikatif merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan kompetensi Anda. relevan dan terkini dalam menyiapkan calon-calon pelaku.8 dari total nilai 5.2010) Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya adalah anggota dari AAPBS (Association of Asia .Pacific Business Schools) dan AACSB International . Pengembangan ini didasari oleh komitmen Prasetiya Mulya dalam melayani kebutuhan pembelajaran bagi dunia bisnis dan pelakunya. Di samping menyajikan topik ajaran yang tepat bagi Anda.

Perpustakaan Tanoto 10 MENGAPA PR ASET YA MULYA? .

sharing session para pelaku bisnis. namun juga dari pengajar. jaringan alumni yang luas serta fasilitas internet dan wi-fi yang tersedia tanpa batas waktu dan ruang. MENGAPA PR ASET YA MULYA? 11 . rekan mahasiswa.Banyak sumber pengetahuan yang tak putus-putusnya bukan hanya dari koleksi buku bisnis yang lengkap.

Selain tentunya memenuhi standar akademis sesuai mata kuliah yang diajarkan.5% 40% 30% Eropa USA Asia Australia Profesor Dr/Ph.5% 57. dengan pendidikan tinggi dari dalam maupun luar negeri. Pengalaman mereka yang panjang di bidangnya masingmasing turut memperkaya bahan kuliah dan studi kasus yang disampaikan di kelas. efektif dan menarik.5% 17.5% 20% 22. juga praktisi yang berpengalaman.D Master 12 MENGAPA PR ASETiYA MULYA? .Para Pengajar Para pengajar Prasetiya Mulya adalah sekumpulan profesional. Mereka selalu memiliki cara untuk membangun atmosfer yang santai namun tetap serius yang membuat para mahasiswa terlibat aktif dalam setiap sesi kuliah dan menjadikan suasana kelas tidak membosankan. latar BelaKang PendiKan Para Pengajar Prasetiya Mulya 12. para pengajar Prasetiya Mulya juga menguasai teknik mengajar yang baik.

Beliau juga mengajarkan mata kuliah Psikologi Organisasi. Pengalaman professional sebelum bergabung Prasetiya Mulya Business School di tahun 1983 adalah sebagai Chief Accountant di Bank Dagang Nasional Indonesia. Djisman s. Scotland. agus W. Dr. sammy kristamuljana. Prof. anggota Dewan Riset Nasional Indonesia dan anggota American Association for the Advancement of Science. Cambridge.Prof. beliau juga aktif dalam memberikan seminar. Gajahmada International Journal of Business (UGM). Sampai saat ini masih aktif menjabat ketua Dewan Pembina IICD serta Direktur Eksekutif Prasetiya Mulya Business School.D Professor of Marketing (Prasetiya Mulya Business School. MEG Proceedings (UK based). Indonesia) Dipl Rer-Pol (Cologne. Indonesia) MBA (Wharton School. UK) Bidang spesialisasinya adalah Strategic Marketing. UK) Ketua Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya dengan spesialisasi di bidang stratejik manajemen. Prof. Ph. DBa Professor of Finance and Marketing (Prasetiya Mulya Business School.(2003).Psi (Universitas Indonesia) PhD (University of Groningen. anDreas BuDiharDjo Professor of Human Resource Management (Prasetiya Mulya Business School. USA) PhD (City University. beliau adalah staf ahli Human Resources Management di General Motor & Isuzu training centre.Si (Institut Teknologi Bandung. Brand Management. Germany) Kepala Departemen Ekonomi di CSIS.” (The Application of CETSCALE Measure in Indonesia. M. Indonesia) SE (Universitas Parahyangan. Univ. Indonesia) SE Ak (Universitas Indonesia) MSM (Arthur D Little MEI. dalam proceedings seperti EMAC Proceedings (European based). soehaDi. Selain menulis studi kasus. (Institut Pertanian Bogor. Info Bisnis. Indonesia) Ir. siDik. “Indonesia: A Country in Transition.”. beberapa kali menjadi Konsultan Riset di Asian Development Bank. Aktif menulis beberapa karya tulis seperti tulisan bersama Don Rahtz. (Institut Teknologi Bandung . Retail Marketing dan Marketing Research. Dr. simanjuntak Professor of Business Economics (Prasetiya Mulya Business School. Germany) Dr (Cologne. Selain itu beliau juga menjadi anggota Expert Group for Feasibility Study on East Asia Free Trade Area.Pd (IKIP Surabaya. tulisan ilmiahnya juga dimuat di beberapa jurnal dan majalah serta aktif sebagai Dewan Editor Jurnal Ekonomi dan Bisnis “Dian Ekonomi” (terakreditasi). of Pennsylvania. Rutin mengisi kolom di majalah seperti SWA. UI. USA) Profesional kariernya adalah sebagai direktur PT Multi Adi Cipta Persada dan General Manager di suatu perusahaan jasa selain pernah menjadi entrepreneur. “Penerapan Alat Ukur CETSCALE di Indonesia: Suatu Pengujian Empiris. Indonesia) Ir.D Professor of Strategic Management (Prasetiya Mulya Business School. Beberapa hasil riset dan tulisannya diterbitkan dalam jurnal ilmiah terakreditasi seperti Journal of Strategic Marketing (UK based). BAMP Proceedings (UK based). Indonesia) M. London. Selain mengajar dan memberi konsultansi manajemen. Prof. Learning Organization dan Knowledge Management pada program Pasca Sarjana fakultas Psikologi. dan konsultan pada beberapa perusahaan swasta. ignas g. dan harian seperti Jakarta Post. An Empirical Test) di beberapa jurnal dan forum manajemen nasional dan internasional. Indonesia) M. penasihat ahli Indonesia-Korea Economic Cooperation Comittee. USA) DBA (Boston University. the Netherlands) Sebelum bergabung dengan Prasetiya Mulya. Prof. Indonesia) Drs. MENGAPA PR ASETiYA MULYA? 13 . Indonesia) PhD (University of Strathclyde. Ph.

Indonesia) 17.D (University of Birmingham. Australia) 3. UK) 8. martakhir Derita. the Netherlands) 19. Indonesia) MBA (University of Southern California. mBa Ir. mm BComm (Concordia Univ. Indonesia) MBA (Univ of Western Sydney. Indonesia) MM (Prasetiya Mulya Business School. mm Ir. Indonesia) MBA (University of Dallas.1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 1. Indonesia) Ph. Indonesia) Dr. El Paso. (Institut Teknologi Bandung.D Candidate (Lancaster Univ. Germany) 13. Australia) 14 MENGAPA PR ASETiYA MULYA? . Indonesia) MM (Prasetiya Mulya Business School. mm Ir. Dr. Indonesia) 11. Indonesia) MBA (University of Wisconsin. (Institut Pertanian Bogor. achmaD setyo haDi Drs (Universitas Gadjah Mada. Wijantini. Indonesia) 10. Djoko Wintoro. Indonesia) MM (PPM Graduate School of Management. Indonesia) 4.D (North Carolina State University. Indonesia) MBA (Griffith University. Indonesia) MM (Institut Pertanian Bogor.D Ir. Indonesia) MBA (Univeristy of Texas. Poniman. anis gunaWan. USA) Ph.D Ir. mm Ir. Ph.X. (Institut Teknologi Bandung. University of Twente. f. Ph. USA) 18. Med (Universitas Tarumanagara. Australia) Ph. elliot simangunsong. Jakarta. USA) 6. mmt mBP SE (Universitas Jambi. Indonesia) 15. Indonesia) MCom (University of Wollongong. (Institut Pertanian Bogor. Ph. USA) Dr. mm ST (Universitas Parahyangan. Indonesia) MBA (TSM Business School. candidate (Universitas Indonesia.D SE (Universitas Parahyangan. USA) Ph. Indonesia) MM (Universitas Indonesia. Jakarta. (Universitas Gadjah Mada. Montreal. (Institut Pertanian Bogor. Dr. (Universitas Gadjah Mada. nugroho suryo. UK) 12. Ph.D SE (Universitas Tarumanagara. Indonesia) Dr. mBa Ir. juliati teDjasasmita gunaDi. Australia) Dr. mBa Drs (Universitas Gadjah Mada. mm Ir. (Universitas Hasanuddin. roBBy t. mBa Drs. Indonesia) MMT (Institut Teknologi Bandung. USA) Ph. Indonesia) 14. NZ) 16. Jakarta.D Candidate (Otago University. DeDDi teDjakumara. Australia) 7.D (University of Wollongong. mm Ir (Institut Pertanian Bogor. Willem Dagi. Australia) 9. lenny caecilia sunaryo. gregorius Pratiknyo. Indonesia) MM (Prasetiya Mulya Business School. (Institut Teknologi Surabaya. Madison.D (AGSM. mBa Dra (Universitas Padjadjaran. Jakarta.(Bremen University. USA) 5. Dr. aDe feBransyah. Indonesia) Ph. Canada) MM (Prasetiya Mulya Business School. nico fernanDo samaD. Indonesia) MSME (Oklahoma State University. (Universitas Indonesia. Indonesia) MBP (University of South Australia. Australia) 2. mBa SE (Universitas Padjadjaran. Indonesia) MSc (University of Colorado. Indonesia) MBA (Monash University. eka arDianto. henDro aDiarso tj. ruDy hanDoko. hongyanto setio.

(Universitas Kristen Satya Wacana. Indonesia) 23. USA) Ph. Indonesia) MBA (University of Pittsburgh. s oPPusunggu. Indonesia) 28.19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 20. Jakarta. Indonesia) MBus. Australia) 29. Indonesia) MM (Universitas Gadjah Mada. eko suhartanto. Yogjakarta. harris turino kurniaWan. inDria hanDoko. shanti kusumaWarDani. aDhi henDra Baskara ekananDa. lukas setia atmaja. Yogjakarta. Jakarta. Indonesia) MSM (Universitas Indonesia. USA) 34. Jakarta. USA) 21. Indonesia) staf Pengajar adjunct 33. istijanto. mm SE (Universitas Atma Jaya. Indonesia) MSi (Universitas Indonesia. Indonesia) MM (Prasetiya Mulya Business School. mBus. msm SE (Universitas Indonesia. mBa SE (Universitas Indonesia. mBa SE.sys ST (Universitas Indonesia. t. mBa Ir. mm. Germany) 31. Indonesia) 30. Indonesia) MM (Institut Pertanian Bogor.D (Monash University. BertholD raja PurBa. mm. Ph. christiana yosevina r.Sys (Monash University.Wilhelmshaven. Indonesia) MBA (Putra Malaysia University. Indonesia) MT (Institut Teknologi Bandung. m. mm SPi (Institut Pertanian Bogor. Indonesia) 15 . Indonesia) MSc (University of Wisconsin. mcom SE (Universitas Atma Jaya. franky suPriyaDi.eng ST (Universitas Trisakti. Paul s. USA) Ph.D candidate (Univ of Pittsburgh.Eng (University of Applied Science Oldenburg . msi Ir. Madison. Jakarta. Yogjakarta. Indonesia) MBA (San Francisco University. Australia) 24. feliX ferryanto lukman. Jakarta. mm ST (Universitas Parahyangan.Ak (Universitas Indonesia. mt ST (Institut Teknologi Bandung. Indonesia) MM (Prasetiya Mulya Business School. arief faDhilah. Indonesia) 25. (Institut Teknologi Bandung. mm SE (Universitas Indonesia.D SE (Universitas Atma Jaya. Australia) 22. Indonesia) M. Indonesia) MM (Universitas Diponegoro. Indonesia) MCom (University of New South Wales. Indonesia) MM (Prasetiya Mulya Business School. Malaysia) 26. Burhan Primanintyo. Indonesia) 27.Ostfriestland .

diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung secara lebih efektif. yang dikenal sebagai salah satu kawasan pemukiman elit di Jakarta. Salah satu mal pertama di Indonesia. beberapa guest house.hingga Rp. Ranch Market) hingga hypermarket (Carrefour. town house. Mal Pondok Indah. Fatmawati. seperti masjid.atMosfer Kampus Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya terletak di lokasi yang strategis di daerah Cilandak Barat. wisma atau hotel. 500. Fasilitas akomodasi tersedia beberapa pilihan yang cukup beragam dekat kampus antara lain apartemen sewa. Cipete dan Pondok Labu. resto. Pondok Indah. Lebak Bulus. 16 MENGAPA PR ASETiYA MULYA? . Selain itu. rumah sakit. Giant. 5. suasana dan fasilitas kampus nyaman dan kondusif untuk memberikan layanan proses pembelajaran bagi mahasiswa dan komunitas bisnis.per bulan.. bank dan kantor pos. galeri dan juga tempat tinggal dari sekitar 80% tenaga asing yang tinggal di Jakarta. Makro).. apotik. supermarket (D’Best. Hero. Lokasi.000. Sekitar 5 menit dari kampus terdapat Cilandak Town Square sebagai tempat perbelanjaan. Daerah ini dapat dicapai hanya sekitar 15-20 menit dari Kampus Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya. sport center dan meeting point yang populer.000. klinik. gereja. kondominium. Lingkungan sekitar kampus Prasetiya Mulya menawarkan berbagai fasilitas penunjang sesuai dengan biaya hidup yang bervariasi.000. Untuk kebutuhan sehari-hari. cafe. apartemen. Dengan lingkungan kampus yang nyaman. Harga sewa sangat bervariasi mulai dari Rp. dapat dicapai sekitar 10 menit dari lokasi kampus.restoran. bergantung kepada gaya hidup masingmasing. untuk menetap dalam waktu lama ada beberapa alternatif indekos di dekat kampus di daerah sekitar Cilandak. Jakarta Selatan. ada beberapa alternatif tempat belanja yang cukup dekat mulai dari toko-toko dan pasar tradisional. misalnya kawasan Kemang yang terkenal dengan berbagai macam tempat hiburan dan budaya . Jakarta Selatan saat ini dikenal sebagai daerah yang mempunyai beberapa subculture. Matahari. Fasilitas umum lainnya juga tersedia dekat kampus. Ada juga kawasan Pondok Indah.

“Kejujuran dan kemauan para staf dan faculty members dalam memberikan masukan juga mendukung mahasiswa untuk lebih mengembangkan karier di masa depan. Anda juga mendapatkan pencerahan tentang bagaimana bisnis dijalankan dan hal ini menjadikan Anda seorang profesional yang tangguh dengan kemampuan interpersonal yang baik.” Michael Adryanto (MM Eksekutif Manajemen Stratejik .Angkatan 19/ 2001) HR Director – Sinarmas Agribusiness & Food “Di Prasetiya Mulya saya bisa bertemu.” Sandhika Sabana Putra (MM Reguler . Belajar di Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya telah menjadi masa yang berharga karena saya diajarkan mengantisipasi tantangantantangan di depan saya.” Alisa Dewanti (MM Reguler . Grant Thornton Indonesia “ m e m pe la ja ri konsep-konsep yang applicable sekaligus mengembangkan kematangan emosi kita.Angkatan 24/ 2003) Partner – PT. profesi dan disiplin ilmu yang berbeda-beda.Angkatan 34/ 2007) “Profesi sebagai konsultan menuntut penguasaan akan informasi yang mendalam dan pemecahan masalah yang efektif bagi perkembangan bisnis terkini dan berkelanjutan. Hal itu semua menambah wawasan saya akan pengetahuan bisnis dan manajemen di berbagai macam industri. berdiskusi dan belajar bersama temanteman yang berasal dari latar belakang industri.Angkatan 34/ 2007) “Menemukan sebuah cara belajar baru yang intensif dengan lingkungan yang nyaman. Sekarang saya dapat memberi advis yang lebih bermakna bagi klien.” Angela Hediawaty Sutama (MM Eksekutif Manajemen Stratejik . Dosen-dosennya pun sangat berpengalaman dan menguasai bidang kuliah yang diajarkan. Cash Management Operations Citi Indonesia Citi Employee Scholarship Program 17 .Angkatan 30/ 2006) Assistant Vice President.” Wiljadi (MM Eksekutif . sungguh sebuah pengalaman yang memotivasi bersama Prasetiya mulya.

activity hall ataupun gazebo yang ada di sekitar taman kampus dan plaza sebagai area belajar dan diskusi kelompok. study hall dan fasilitas kampus pendukung lainnya. Tersedia juga perpustakaan bisnis yang merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia dengan koleksi lebih dari 27. 18 MENGAPA PR ASETiYA MULYA? . dining hall. Di gedung utama untuk perkuliahan tersedia aula dan beberapa kelas dengan susunan tempat duduk amphitheatre dilengkapi LCD projector. Untuk melayani makan siang atau makan malam.fasilitas Kampus Prasetiya Mulya menyediakan berbagai fasilitas gedung seperti dua gedung utama untuk perkuliahan. yang dipergunakan untuk simulasi bisnis. komputer desktop dan peralatan multimedia lainnya untuk menunjang proses belajar yang interaktif dengan setting ruangan yang kondusif untuk diskusi kelas. beragam majalah dan koneksi internet untuk riset literatur. Prasetiya Mulya Store (PMStore) dan fasilitas foodcourt juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa sehari-hari. gedung fakultas dan administrasi program. Tak ketinggalan fasilitas parkir dengan tenaga keamanan yang handal. jurnal nasional dan internasional serta CD ROM ABI. Fasilitas wi-fi tersedia di seluruh area kampus. Suasana perpustakaan yang tenang dan nyaman membuat mahasiswa senang berlama-lama di dalamnya. Tersedia pojok Bursa Efek Indonesia dengan akses data dan bahan rujukan pasar modal. mushola yang luas.000 buku. IMQ (Indonesian Market Quotes) maupun BEI database. Laboratorium komputer dengan koneksi internet fixed dan wireless internet connection. dan sarana berolahraga yaitu lapangan olahraga futsal (multi fungsi) ikut melengkapi suasana belajar di Prasetiya Mulya. Terdapat koleksi ribuan business plan yang merupakan tugas akhir mahasiswa yang berisi feasibility studies beragam jenis industri dan bisnis. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan study hall. dining hall tersedia dengan kapasitas untuk 250 orang.

“Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya bukan hanya sekolah bisnis dengan para pengajar yang hebat dan atmosfer yang cocok untuk aktivitas belajar melainkan juga mengajarkan kita tentang pelajaran kehidupan yang sangat bermanfaat dalam dunia nyata.Angkatan 35/ 2007) 19 .” Andhika Priyandana (MM Reguler .

dokter. farmasi. ilmu-ilmu sosial sampai sastra dan desain grafis. kesempatan untuk saling bertukar pengalaman dan wawasan sangat terbuka lebar. entrepreneur. engineer. Dalam beberapa tahun terakhir ini profil mahasiswa sangat beragam dan terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. manajer SDM. manajemen informatika. Selain itu para mahasiswa juga berkesempatan membangun jaringan bisnis yang akan mendukung pencapaian karier yang lebih baik. Pendidikan mahasiswa mulai dari ekonomi. manajer pabrik. MM Eksekutif Manajemen Bisnis dan MM Eksekutif Manajemen Stratejik. account manager. manajer pelatihan. HR generalist. pertanian. tax specialist. industri kayu. creative director.Profil Mahasiswa Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya senantiasa berupaya memberikan proses pembelajaran terbaik untuk Anda dan menawarkan programprogram Magister Manajemen (MM) yang sesuai dengan kebutuhan. direktur. teknik. 20 MENGAPA PR ASETiYA MULYA? . manajer pemasaran. perbankan dan industri keuangan. Dengan profil mahasiswa seperti itu dan proses belajar yang menuntut interaksi dengan rekan-rekan sesama peserta program. hingga media massa. Profesi mahasiswa mulai dari konsultan. rumah sakit. Mereka bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas. manajer keuangan. apoteker. peminatan khusus dan karakteristik mahasiswa. auditor. portfolio manager. Adapun program-program MM yang diadakan adalah MM Reguler. dan lain-lain.

84 Program studi s1 Teknik Ekonomi Pertanian MIPA Seni / Sosial Teknik Informatika Lainnya % 44.24 5.08 4.19 31.14 14.38 Perguruan tinggi s1 Universitas Indonesia Institut Teknologi Bandung Unika Parahyangan Universitas Trisakti Unika Atma Jaya Universitas Bina Nusantara Universitas Padjajaran Universitas Gajah Mada Institut Pertanian Bogor Institut Teknologi Surabaya Perguruan Tinggi Swasta lain Perguruan Tinggi Negeri lain Luar Negeri % 17.53 56.5 tahun > 5 tahun % 32.31 4.05 0.26 Program studi s1 Teknik Ekonomi Pertanian MIPA Seni / Sosial Teknik Informatika Lainnya % 52 4 7 19 6 9 3 Perguruan tinggi s1 Unika Parahyangan Universitas Indonesia Institut Teknologi Bandung Universitas Bina Nusantara Universitas Pelita Harapan Universitas Trisakti Institut Pertanian Bogor Universitas Gajah Mada Universitas Tarumanagara Unika Atma Jaya Perguruan Tinggi Swasta lain Perguruan Tinggi Negeri lain Luar Negeri % 18.68 Pengalaman kerja 2 .31 4.PROFIL MAHASISWA MM (2007-2008) MM reguler MM eKseKutif ManajeMen Bisnis MM eKseKutif ManajeMen stratejiK usia 20 .16 9.31 6.43 6.15 21.06 45.39 jabatan Manager Senior Manager CEO Wiraswasta Professional % 20 50 15 4 11 latar Belakang industri Perbankan & Keuangan Kesehatan & Farmasi Telekomunikasi & TI Makanan & Minuman Properti & Konstruksi Manufaktur Consumer Goods Media & Hiburan Penelitian & Pendidikan Konsultan Otomotif Minyak.73 6.86 usia 22 .01 2.78 4.06 36.30 tahun 31 .46 7.18 11 5.92 10.94 15.76 12.87 6.87 11.35 5. Gas & SDA Consumer Goods Perbankan & Keuangan Media & Hiburan Properti & Konstruksi Manufaktur Transportasi & Logistik Kesehatan & Farmasi Konsultan Telekomunikasi & TI Layanan Publik Lainnya % 18 4 14 3 9 11 6 9 3 15 3 5 21 .96 3.73 3.76 3.7 latar Belakang industri Minyak.3 tahun 3 .49 6.92 2.22 usia < 30 tahun 31 .26 4.44 7.7 2.7 11.30 tahun % 85.74 7.38 2.09 4.53 23.35 12.84 12.31 3.66 Pengalaman kerja 5 .78 3.8 tahun 8 .44 2.4 4.40 tahun 41 .35 7.08 4.25 tahun 26 .10 tahun 10 .5 24.45 tahun > 45 tahun % 6 33 37 18 6 Program studi s1 Teknik Ekonomi Pertanian MIPA Seni / Sosial Teknik Informatika Lainnya % 39.81 12.78 5.61 4.4 tahun 4 .4 4.3 jabatan Staff / Officer Supervisor Manager Wiraswasta % 52.66 Perguruan tinggi s1 Institut Teknologi Bandung Universitas Indonesia Universitas Gajah Mada Universitas Trisakti Institut Pertanian Bogor Institut Teknologi Surabaya Perguruan Tinggi Negeri lain Perguruan Tinggi Swasta lain Luar Negeri % 19 11 6 9 5 3 20 19 8 Pengalaman kerja < 1 tahun 1 .19 18.35 7.83 4.53 9.66 9.5 tahun > 5 tahun % 64.78 3.84 23.31 3.35 tahun > 35 tahun % 21.61 5.35 tahun 36 .35 14.14 tahun > 14 tahun % 18 15 32 35 jabatan Belum Bekerja Staff / Officer Supervisor Wiraswasta % 41. Gas & SDA Transportasi & Logistik Lainnya % 22.3 tahun 3 .25 tahun 26 .23 10.03 8.09 8.

Plaza Prasetiya Mulya 22 MENGAPA PR ASETiYA MULYA? .

Kurikulum program yang komprehensif dan aplikatif tidak hanya membekali talenta para pelaku dan pemimpin bisnis dengan pengetahuan yang dibutuhkan melainkan juga mengasah kemampuan lainnya yang amat penting dalam dunia bisnis maupun kehidupan. 23 .

.

dinamis dan kompleks. efektif dan realistis. relevan dan terkini dalam menyiapkan calon-calon pelaku. MM Eksekutif Manajemen Bisnis dan MM Eksekutif Manajemen Stratejik. Program gelar terdiri dari program S1 Bisnis dan tiga program S2 Magister Manajemen. Ketiga program S2 difokuskan menurut profil dan latar belakang mahasiswa yaitu program MM Reguler. multinasional maupun BUMN oleh berbagai media bisnis terkemuka. Prasetiya Mulya menjawab tantangan tersebut dengan membuat program pendidikan bisnis berorientasi praktis yang komprehensif. kompetensi dan komitmen Prasetiya Mulya dalam menyelenggarakan pendidikan bisnis tersebut telah mendapatkan pengakuan sebagai salah satu sekolah bisnis terbaik di Indonesia yang tercermin dari survei-survei yang dilakukan pada para pengguna lulusan Prasetiya Mulya baik perusahaan swasta nasional. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun. Prasetiya Mulya menyadari bahwa setiap tantangan dalam dunia bisnis bersifat unik. pemimpin dan peneliti bisnis. Untuk itu. para pelaku bisnis harus memiliki pengetahuan bisnis yang baik dan mempunyai kompetensi untuk mencari solusi bisnis terbaik dalam tiap situasi secara kreatif.MM Reguler MM Eksekutif Manajemen Bisnis MM Eksekutif Manajemen Stratejik KuriKuluM PrograM Prasetiya Mulya Business School memfokuskan usahanya melalui program-program gelar dan nongelar. 25 .

Program terdiri dari empat trimester (1 trimester = 4 bulan).30 hingga jam 16. perpajakan dan sistem informasi manajemen juga diberikan. dinamika kelompok. presentation and interview skills serta communication in the workplace.pmbs. materi tambahan lainnya seperti hukum bisnis. Program ini menawarkan 2 peminatan khusus yaitu Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan.15 WIB. Pendaftaran untuk memperoleh beasiswa ini dibuka setiap tahun. program ini juga menekankan aspek pembentukan karakter dan pengembangan diri. penekanan lebih pada sisi penguasaan konsep dan teknik.id 26 MENGAPA PR ASETiYA MULYA? . Selain itu. buku-buku dan biaya hidup selama maksimal 20 bulan. negotiation. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan. Beasiswa ini terbuka bagi para mahasiswa berbakat dan potensial dengan kualitas akademis yang unggul namun secara finansial kurang beruntung. Perkuliahan dilaksanakan 5 hari seminggu dari jam 08.ac. Prasetiya Mulya future leaders scholarshiP Prasetiya Mulya menawarkan beasiswa bagi calon pemimpin masa depan Indonesia untuk melanjutkan pendidikan bisnis melalui Program MM Reguler.MM reguler Program MM Reguler merupakan program penuh waktu yang berlangsung intensif selama 16 bulan dan dirancang khusus bagi mereka yang telah lulus S1 dan memiliki keterbatasan pengalaman kerja. Setiap tahun akan dipilih maksimal dua kandidat yang memenuhi tingkat kecerdasan dan kualitas personal tertentu serta memiliki minat dalam bidang manajemen yang dibuktikan melalui serangkaian tes dan proses penyaringan. Jumlah satuan kredit MM Reguler adalah 49 Satuan Kredit Trimester (SKT) dan tambahan 12 unit business workshop. Dalam program reguler ini. Selain pengetahuan bisnis. Para mahasiswa akan memperoleh latihan keterampilan bisnis seperti meeting. etika bisnis. Keterangan lebih lengkap bisa dibaca di website Prasetiya Mulya www.

wu = workshop unit • 1 sesi = 1.15 WIB dan Jumat: 08.30 - 16.15 - 16. Presentation & Interviews Group Dynamics Taxation Doing Your Job: Communication in the Workplace Management Information System worKshoP unit 2 1 1 2 2 1 2 0 triMester 2 3 3 3 3 3 3 3 3 3 1 3 3 3 3 3 3 3 5 2 2 49 ManajeMen Keuangan triMester 3 MJN 603 BEC 610 MJN 602 AKI 603 BEC 611 triMester 1 FIN 602 total worKshoP unit 1 12 Mata Kuliah eleKtif jurusan PeMasaran MKT 731 MKT 742 MKT 743 MKT 745 FIN 747 FIN 748 FIN 749 FIN 754 FIN 757 MJN 735 MJN 745 MJN 746 Mata Kuliah Services Marketing Brand Management Value-Based Marketing Business to Business Marketing Bond Portfolio Management Financial Engineering Corporate Restructuring Ventura Capital & Financing Emerging Business Financial Risk Management Organizational Diagnostic Strategic Innovation Management Performance Management credit unit 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 total credit Catatan: • Satu trimester sama dengan 14 minggu tatap muka dalam kelas (kira-kira 4 bulan) • cu = credit unit. Negotiations.desKriPsi KuriKuluM Workshop dalaM Bisnis dan interpersonal skills triMester MatriKulasi AKI 501 BEC 605 OPR 511 AKI 701 EKN 707 MJN 701 MKT 703 triMester 2 FIN 702 MKT 701 OPR 703 MJN 705 triMester 3 STA 702 STA 703 FIN 721 KEUANGAN FIN 723 FIN 720 MKT 721 PEMASARAN MKT 725 MKT 723 triMester 4 STA 706 STA 703 Mata Kuliah Financial Accounting Fundamentals of Business English Statistics for Business Managerial Accounting Economics for Business Organizational Behaviour Consumer Behaviour Corporate Financial Management Marketing Management Operations Management Human Resources Management Strategic Management Business Plan 1 Investment Management International Finance Advanced Corporate Finance Marketing Research Integrated Marketing Communication Strategic Marketing Business Strategy Simulation Business Plan 2 Mata Kuliah Elektif 1 Mata Kuliah Elektif 2 credit unit 0 0 triMester triMester 1 BEC 609 WSP 601 Mata Kuliah Fundamentals of Communication Intro to Business Law Ethics in Business Meeting.5 jam • Durasi program : 16 bulan penuh (lima hari seminggu. dari Senin hingga Jumat) • Senin: 8.45 WIB • Mata kuliah elektif yang dijalankan disesuaikan setiap trimester • Minimum jumlah mahasiswa mata kuliah elektif adalah 10 orang 27 .

Bec 609 funDamentals of communication 2 Satuan Workshop / Prasyarat: BEC 605 Peserta dilatih untuk mencapai emotional intelligence yang tinggi serta mengembangkan kepribadian positif. hubungan kantor pusat dan anak perusahaan. promosi. struktur kata dan pengembangan paragraf. trimester 3 sta 702 strategic management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: telah mengikuti semua mata kuliah pengetahuan dasar dan manajemen fungsional Dasar-dasar bahasa Inggris yang diperlukan dalam mempelajari dan menggunakan kemampuan komunikasi manajerial. corporate governance. produsen. Presentations anD intervieWs 2 Satuan Workshop / Prasyarat: BEC 609 Memberikan kemampuan komunikasi bisnis dalam bahasa Inggris yang relevan dengan proses wawancara kerja. dan pasar. pendanaan ekuitas. mjn 701 organizational Behaviour 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Perencanaan dan pengelolaan sistem operasi atau produksi dalam organisasi produk dan jasa. kebijakan modal kerja struktur modal. pricing. dan pengantar balanced scorecard. yang merupakan variabel pembentuk lingkungan persaingan. pengendalian persediaan. pendirian badan hukum. pendanaan bagi perusahaan yang inovatif. daur hidup produk. pengendalian kualitas dan peningkatan produktivitas. perasaan keinstitusian. ekn 707 economics for Business 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Membekali mahasiswa dengan perspektif ilmu ekonomi termasuk berbagai peralatan analisisnya dalam memahami pelanggan. dan laporan singkat. aki 603 taXation 1 Satuan Workshop / Prasyarat: Tidak ada Memberikan gambaran umum tentang sistem perpajakan di Indonesia dan beberapa hal yang berkaitan dengan perencanaan pajak. dimensi organisasi. sikap kerja dan hasil kerja. pengaruh individu. Pengaruh pengimbalan pada performa dan kepuasan karyawan. analisis pasar. komunikasi asertif dan bersikap positif. membeli dan menjual perusahaan. WsP 601 introDuction to Business laW 1 Satuan Workshop / Prasyarat: Tidak ada Mempelajari “resultan” dari tiga vektor perilaku organisasi (definisi bisnis. faktor-faktor pendorong dan penghambat perilaku etis dalam suatu organisasi.Prasyarat: Tidak ada 0 Satuan Kredit . mempersiapkan dan partisipasi dalam proses negosiasi. activity based costing. diantaranya membahas klasifikasi badan hukum dan tanggung jawabnya. Bec 605 funDamentals of Business english 0 Satuan Kredit . proses manajemen pemasaran. Fungsi bahasa yang dipelajari di antaranya cara mempersiapkan dan berpartisipasi dalam rapat. sebagai bagian dari fungsi pengawasan dalam manajemen keuangan perusahaan. mempersiapkan dan memberikan presentasi. oPr 703 oPerations management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Dasar-dasar pengendalian manajemen operasional di tingkat unit bisnis. Bec 610 meeting. perencanaan kapasitas. dan prosedur keuangan yang dibutuhkan untuk persiapan penyusunan laporan keuangan. dan lain sebagainya. Topik-topik yang dibahas antara lain: fundamental costing. tuas-tuas organisasi). jalur distribusi. penjadwalan produksi. Nantinya akan diaplikasikan dalam perumusan strategi pemasaran yang tepat. analisis varian. Kosa kata difokuskan pada istilah yang banyak dipakai dalam kegiatan bisnis. interpretasi informasi akuntansi dalam perusahaan. analisa keputusan investasi. etika bisnis sebagai alat kompetitif dalam era globalisasi. kebijakan investasi perusahaan. menggunakan model pemecahan masalah. Diversifikasi bisnis. praktek manajemen terhadap perilaku. menulis surat.Prasyarat: Tidak ada trimester 2 fin 702 corPorate financial management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Peran baru CFO. leasing. biaya modal. memo. mjn 705 human resources management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: MJN701 Tinjauan mengenai bahasa yang diperlukan untuk komunikasi bisnis. analisis model dan teori perilaku konsumen yang mendasari proses pengambilan keputusan. imbalan dan resiko keuangan. pemahaman atas perilaku pengambilan keputusan guna meningkatkan performa karyawan. mkt 701 marketing management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 703 Menganalisis data bisnis dan ekonomi. membuat usulan. dan lain sebagainya. memperbaiki cara menulis melalui peningkatan kemampuan gramatikal. pengaruh kebijakan. pembuatan model bisnis. dan lain sebagainya. fin 720 aDvanceD corPorate finance 3 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 702 Pengetahuan dasar tentang hukum yang berkaitan dengan bisnis. regresi ganda. negotiations. bersikap terbuka dengan cara menerapkan konsep Jendela Johari dan melatih “sensitivity skills” melalui cara mendengarkan dengan aktif. Topik-topiknya meliputi matriks produk proses. 28 KURiKULUM PROGRAM . statistik inferens. konsep. kelompok dan organisasi keseluruhan terhadap kepuasan kerja. keinginan bertindak).Prasyarat: Tidak ada Lingkungan pemasaran. perencanaan lokasi dan tata letak. meningkatkan sensitivitas untuk bekerja secara efektif dalam satu tim. dan dua elemen stimulus (isu stratejik dan tujuan perusahaan). pendanaan obligasi. tiga elemen mental organisasi (pengetahuan lingkungan. mjn 602 grouP Dynamics 2 Satuan Workshop / Prasyarat: Tidak ada Membahas dan menganalisa sikap dan perilaku kerja karyawan. mkt 703 consumer Behaviour Model dan teori yang berusaha memahami proses keputusan pembelian oleh konsumen dengan menggunakan berbagai pendekatan. mjn 603 ethics in Business 1 Satuan Workshop / Prasyarat: Tidak ada Membahas isu etika dalam organisasi.desKriPsi Mata Kuliah matrikulasi aki 501 financial accounting Prinsip. tanggung jawab sosial suatu organisasi. perjanjian dan hal-hal praktis lainnya. dan negosiasi. posisi perusahaan. sistem pemasaran. trimester 1 aki 701 managerial accounting 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Pengelolaan kegiatan fungsional manajemen personalia dan pengaruhnya terhadap perilaku karyawan. Membahas pekerjaan dan tanggung jawab. kebijakan produk dan harga. peramalan kausal dan deteksi perubahan. oPr 511 statistics for Business 0 Satuan Kredit .

FRAs. kerangka pengambilan keputusan keuangan dalam bisnis internasional. analisis dan interpretasi data. swaps. mkt 725 integrateD marketing communication 3 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Restrukturisasi untuk membangun pertumbuhan perusahaan. return asset. D. promosi penjualan. Indeks Prestasi Kumulatif sama atau lebih dari 3. metode sampling dan pengumpulan data.fin 721 investment management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 702 Studi tentang teori-teori dan bukti empiris yang berhubungan dengan manajemen investasi. sistem penjurnalan. proses penelitian pasar. diversifikasi dalam konteks internasional. lingkungan industri. pembayaran hutang pembelian bahan baku. dan lain sebagainya. turnaround. mencakup: pembelian. pricing obligasi. investasi. Analisis industri. direct selling. pembaruan perusahaan. teori portofolio. serta semua mata pelajaran penunjang yang diwajibkan. sistem penagihan dan penerimaan kas. fin 754 ventura caPital & financing emerging Business 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 702 Konsep dan fungsi komunikasi secara integratif. dan strategi portofolio untuk tujuan tertentu. restrukturisasi operasional. strategi. analisis pesaing. I dan NP. term structure of interest rates. penentuan nilai tukar. gaya dan struktur manajemen perlu diidentifikasi secara efektif sebelum dilakukan perubahan. trimester 4 sta 706 Business strategic simulation 3 Satuan Kredit / Prasyarat: STA 702 mkt 735 organizational Diagnostic 2 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Mengaplikasi manajemen stratejik dalam lingkungan bisnis yang dinamis. mkt 723 strategic marketing 3 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Studi tentang tools dan teknik untuk manajemen resiko finansial dengan menggunakan instrumen derivatif. Cash markets. market efficiency. exotic option. manajemen modal kerja. restrukturisasi bisnis. harga equilibrium asset dalam pasar modal. penekanan pada kerjasama antar fungsional dalam manajemen. fin 749 corPorate restructuring 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 720 Menganalisis kasus dengan menggunakan semua alat pengambilan keputusan pemasaran secara komprehensif. F. tetapi strategi investasi yang berkaitan dengan instrumen derivatif juga akan disinggung. membuat laporan penelitian. menulis laporan kinerja. menyampaikan berita. Mata kuliah ini membahas cara untuk mendiagnosa dimensi organisasi tersebut dan membuat perubahan secara efektif untuk meningkatkan kinerja perusahaan. mkt 721 marketing research 3 Satuan Kredit / Prasyarat : MKT 701 Valuasi obligasi. penentuan rancangan penelitian. Menganalisa dan mengelola racikan komunikasi pemasaran: periklanan. financial futures. index futures. fin 723 international finance 3 Satuan Kredit / Prasyarat : FIN 702 Mempertanggung jawabkan rencana bisnis yang telah dibuat. keputusan pendanaan dalam lingkungan internasional. implementasi dan evaluasi strategi. pengukuran terhadap perubahan suku bunga.0 tanpa nilai C. aspek-aspek bisnis serta manajemen. serta meliputi semua aspek ekonomi dan manajemen yang terkait dengan rencana bisnis maupun keadaan aktual Indonesia. dan lain sebagainya. interest rate futures. memberikan presentasi individual atau kelompok. manajemen fungsional. Mahasiswa diharapkan dapat mempelajari hal ini dengan tingkat kemampuan yang baik dalam menjawab pertanyaan sbb: (1) Bagaimana para professional di perusahaan VC mendapatkan dan mengelola dananya? (2) Bagaimana VC mengevaluasi portfolio perusahaan yang prospektif? (3) Bagaimana VC mengatur investasi dalam portfolio perusahaannya? (4) Bagaimana metode valuasi lainnya digunakan untuk inovasi keuangan? fin 757 financial risk management* 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 723 mkt 731 services marketing* 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Menganalisis sistem informasi dari perspektif manajemen. penjualan dan pengiriman barang jadi. sistem dan prosedur akuntansi. personal selling dan e-marketing. manajemen kerja kelompok. hubungan antara resiko dengan return. formulasi strategi. Penekanan pada portofolio obligasi. analisa dalam sekuritas dan manajemen portofolio. pasar valuta asing. Menganalisis skenario usaha serta membahas aspek strategis maupun fungsional secara komprehensif. mkt 745 Business to Business marketing* 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 mjn 745 strategic innovation management* 2 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada mjn 746 Performance management* 2 Satuan Kredit / Prasyarat: STA 702 *Deskripsi mata kuliah terdapat pada halaman 35 29 . mengukur yield obligasi. mata kuliah elektif fin 747 BonD Portfolio management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 746 atau FIN 721 Neraca pembayaran. fin 602 management information systems 1 Satuan Workshop / Prasyarat: Tidak ada Fokus dari mata kuliah ini adalah mengenai Venture Capital (VC) dalam konteks perusahaan yang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi dan mendapat dukungan pendanaan pada awal berdirinya. bersosialisasi dan menanggapi perbedaan kultural. Fungsi bahasa diantaranya. options. strategi pemasaran yang mendukung pencapaian sasaran perusahaan dan implementasinya. Bec 611 Doing your joB: communication in the WorkPlace 2 Satuan Workshop / Prasyarat: BEC 610 Memberikan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris yang relevan dalam dunia bisnis. dan restrukturisasi strategi politik perusahaan. dan lain sebagainya. sta 703 Business Plan 6 Satuan Kredit / Prasyarat: telah mengikuti semua mata kuliah manajemen fungsional dan STA 702 Sebagai konsekuensi tingginya tingkat kompetisi bisnis saat ini banyak perubahan dalam organisasi yang harus dilakukan agar perusahaan dapat bertahan dan bahkan bertumbuh. fin 748 financial engineering 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 746 Pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam melakukan intelijen pasar. taktik dan strategi persaingan. mkt 742 BranD management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 mkt 743 value BaseD marketing* 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Tugas akhir untuk mengaplikasikan konsep bisnis dalam suatu bentuk rencana bisnis yang nyata dengan memperhatikan semua aspek ekonomi. membahas laporan. serta etika bisnis. public relation. forward rates. Business Plan eXamination Prasyarat: telah mengikuti 43 satuan kredit mata pelajaran untuk MM Reguler. dan lain sebagainya. volatilitas harga obligasi. Dimensi organisasi khususnya yang berhubungan dengan manusia dan modal struktural seperti budaya. restrukturisasi keuangan.

Dengan fokus utama dalam hal Manajemen Bisnis. program ini mengajak Anda untuk mempelajari pengetahuan yang terbaru tentang pengelolaan bisnis. Program dengan jumlah kredit 43 Satuan Kredit Trimester (SKT) ini dapat Anda selesaikan selama 20 bulan (5 trimester) secara paruh waktu sehingga Anda dapat menyeimbangkan dinamika dan aktifitas karier Anda di dunia bisnis sekaligus meningkatkan pengetahuan. Anda dapat memilih satu di antara dua pilihan minor yaitu Manajemen Pemasaran atau Manajemen Keuangan. 30 KURiKULUM PROGRAM . Rabu dan Jumat dari jam 18. Kurikulum maupun suasana kelas program MM Eksekutif Manajemen Bisnis memadukan dinamika program intensif dengan rancangan secara paruh waktu bagi Anda yang sedang menapaki karier ke jenjang manajerial. pada awal trimester ke-4.30 WIB.MM eKseKutif ManajeMen Bisnis Program MM Eksekutif Manajemen Bisnis adalah program paruh waktu yang dirancang bagi Anda yang telah menyelesaikan pendidikan S1 dan sudah bekerja sedikitnya dua tahun sesudah itu. Setelah satu tahun. pemahaman konsep dan pengelolaan bisnis untuk peningkatan jenjang karier serta jaringan bisnis Anda. Pertemuan kelas berlangsung 3 kali dalam seminggu setiap hari Senin.15 hingga jam 21.

hari Senin.15 - 21.desKriPsi KuriKuluM Mata Kuliah eleKtif minimum 10 peserta triMester MatriKulasi AKI 501 EKN 503 OPR 511 MJN 709 MKT 702 AKI 701 MJN 707 triMester 2 FIN 702 MKT 701 MJN 705 triMester 3 OPR 703 STA 702 KEUANGAN PEMASARAN triMester 4 FIN 720 MKT 721 STA 706 STA 703 KEUANGAN PEMASARAN triMester 5 STA 703 total credit FIN 723 MKT 723 Mata Kuliah Financial Accounting Economics for Business Statistics for Business Organizational Dynamics Consumer Behaviour Managerial Accounting Ethics in Business Corporate Financial Management Marketing Management Human Resources Management Operations Management Strategic Management Advanced Corporate Finance Marketing Research Business Strategy Simulation Business Plan 1 International Finance Strategic Marketing Mata Kuliah Elektif 1 Mata Kuliah Elektif 2 Business Plan 2 credit unit 0 0 0 3 2 3 1 3 3 3 3 3 3 3 3 1 3 3 2 2 5 43 jurusan PeMasaran MKT 725 MKT 731 MKT 742 MKT 743 MKT 745 Keuangan FIN 746 FIN 747 FIN 748 FIN 749 FIN 757 ManajeMen MJN 745 MJN 746 Mata Kuliah Integrated Marketing Communication Services Marketing Brand Management Value-Based Marketing Business to Business Marketing Investment Management Bond Portfolio Management Financial Engineering Corporate Restructuring Financial Risk Management Strategic Innovation Management Performance Management credit unit 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 triMester 1 Catatan: • Satu trimester sama dengan 14 minggu tatap muka dalam kelas (kira-kira 4 bulan) • cu = credit unit • 1 sesi = 1. Sehingga akan lebih siap dalam membangun bisnis dan menghadapi kondisi persaingan yang sesungguhnya.” Arief Fadillah (MM Eksekutif Manajemen Bisnis 12 / 2006) Consultant Associate.30 WIB) • Kuliah elektif dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis “Dalam pembuatan rencana bisnis.5 jam • Durasi program : 20 bulan penuh (tiga hari seminggu. Jumat.” Welfizon Yuza (MM Eksekutif Manajemen Bisnis . pukul 18. menggunakan data yang riil untuk menghasilkan bisnis yang feasible untuk di aplikasikan. Rabu. AAJ Associate “Suasana belajar yang sangat kondusif untuk pengembangan pengetahuan dan network.Angkatan 12 / 2006) Corporate Quality & Standardization Head Astra Credit Companies 31 . Dengan lebih menekankan kepada pola dan kerangka berfikir yang terstruktur serta implementasi dalam dunia bisnis.Prasetiya Mulya memberikan modal dasar bagi seorang profesional untuk pengembangan karir di dunia bisnis. dituntut mampu mengembangkan ide bisnis yang kreatif dan orisinil.

pendanaan ekuitas. 32 KURiKULUM PROGRAM . faktor-faktor pendorong dan penghambat perilaku etis dalam suatu organisasi. analisis dan interpretasi data. membeli dan menjual perusahaan. daur hidup produk. analisis varian. investasi. ekn 503 economics for Business 0 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Membahas pengelolaan kegiatan fungsional manajemen personalia dan pengaruhnya terhadap perilaku karyawan. penjadwalan produksi. mkt 702 consumer Behaviour 2 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Manajemen stratejik akan dipelajari sebagai “resultan” dari tiga vektor perilaku organisasi (definisi bisnis. fin 720 aDvanceD corPorate finance 3 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 702 Membahas isu etika dalam organisasi. restrukturisasi. dan keinginan bertindak). sistem pemasaran. kerangka pengambilan keputusan keuangan dalam bisnis internasional. etika bisnis sebagai alat kompetitif dalam era globalisasi. memotivasi karyawan. analisa keputusan investasi. kebijakan modal kerja struktur modal. tanggung jawab sosial suatu organisasi. keputusan pendanaan dalam lingkungan internasional. misalnya menerapkan gaya kepemimpinan. manajemen penjualan. sebagai bagian dari fungsi pengawasan dalam manajemen keuangan perusahaan. trimester 1 aki 701 managerial accounting 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Dasar-dasar pengendalian manajemen operasional di tingkat unit bisnis. biaya modal. Topik-topiknya meliputi matriks produk proses. pendanaan bagi perusahaan yang inovatif. Pendekatan sistem terbuka tersebut berpengaruh pada pengelolaan sumber daya manusia. hubungan kantor pusat dan anak perusahaan. metode sampling dan pengumpulan data. mjn 709 organizational Dynamics 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Diversifikasi bisnis. oPr 511 statistics for Business 0 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Lingkungan pemasaran. Merupakan suatu simulasi proses pengelolaan perusahaan yang meliputi analisis industri. perencanaan kapasitas. fin 723 international finance 3 Satuan Kredit / Prasyarat : FIN 702 Peran baru CFO. regresi ganda. membuat laporan penelitian. yang digerakkan oleh adanya dua elemen stimulus (isu stratejik dan tujuan perusahaan). pemasaran jasa. manajemen modal kerja. implementasi dan evaluasi strategi. corporate governance. pengendalian pemasaran. dan sebagai tujuan yang ingin dicapai pada saat mempraktekkan penggunaan teori-teori untuk mengatasi isu ekonomi.desKriPsi Mata Kuliah matrikulasi aki 501 financial accounting 0 Satuan Kredit / Prasyarat. oPr 703 oPerations management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Model dan teori perilaku yang mendasari proses pengambilan keputusan oleh konsumen. mjn 705 human resources management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: MJN701 Menganalisis data bisnis dan ekonomi. taktik dan strategi persaingan. manajemen kerja kelompok. trimester 2 fin 702 corPorate financial management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam melakukan intelijen pasar. Di samping itu. teknik mendesain struktur organisasi yang kongruen dengan lingkungan dan strategi organisasi akan didiskusikan. pendanaan obligasi. diversifikasi dalam konteks internasional. Tidak ada mkt 701 marketing management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 702 Prinsip. posisi perusahaan. Ide ekuilibrium dan ide penyesuaian akan dipakai sebagai model berpikir dalam menyoroti isu. merger dan akuisisi. dan pengantar balanced scorecard. Topik-topik yang akan dibahas antara lain: fundamental costing. kebijakan produk dan harga. Pengaruh pengimbalan pada performa dan kepuasan karyawan. leasing. promosi. perasaan keinstitusian. penentuan nilai tukar. psikologis dan psikologi sosial untuk pemasaran. statistik inferens. activity based costing. penentuan rancangan penelitian. dan tuas-tuas organisasi). membentuk tim serta mengelola budaya organisasi/ perusahaan secara efektif. Neraca pembayaran. interpretasi informasi akuntansi dalam perusahaan. analisis model dan teori perilaku konsumen yang mendasari proses pengambilan keputusan. kebijakan investasi perusahaan. sebab itu akan dibahas teknik mengelola organisasi/sumber daya manusia secara tepat. analisis pasar. yang dilahirkan oleh proses interaksi tiga elemen mental organisasi (pengetahuan lingkungan. pricing. pasar valuta asing. perencanaan lokasi dan tata letak. mkt 721 marketing research 3 Satuan Kredit / Prasyarat : MKT 701 Membahas organisasi sebagai suatu sistem terbuka (open system) sehingga para pemimpin organisasi perlu memperhatikan lingkungan bisnis agar organisasi yang dipimpinnya dapat mencapai sasaran yang diinginkan. manajemen fungsional. dan prosedur keuangan yang dibutuhkan untuk persiapan penyusunan laporan keuangan. pemahaman atas perilaku pengambilan keputusan guna meningkatkan performa karyawan. analisis pesaing. serta etika bisnis. aplikasi faktor-faktor sosiologis. peramalan kausal dan deteksi perubahan. formulasi strategi. trimester 3 sta 702 strategic management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: telah mengikuti semua mata kuliah pengetahuan dasar dan manajemen fungsional Membuka wawasan tentang hubungan antara sejumlah isu ekonomi yang terpenting dan keputusan-keputusan bisnis. mjn 707 ethics in Business 1 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Perencanaan dan pengelolaan sistem operasi atau produksi dalam organisasi produk dan jasa. konsep. pengendalian persediaan. pembuatan model bisnis. pengendalian kualitas dan peningkatan produktivitas. segmentasi pasar. jalur distribusi. sebagai sumber rujukan dalam memilih teori-teori ekonomi yang sesuai. proses penelitian pasar. strategi pemasaran. proses manajemen pemasaran. trimester 4 sta 706 Business strategy simulation 3 Satuan Kredit / Prasyarat: STA 702 Mengaplikasi manajemen stratejik dalam lingkungan bisnis yang dinamis. imbalan dan resiko keuangan. kebijakan deviden.

forward rates. strategi pemasaran yang mendukung pencapaian sasaran perusahaan dan implementasinya trimester 5 sta 703 Business Plan 6 Satuan Kredit Prasyarat: telah mengikuti semua mata kuliah manajemen fungsional dan STA 702 Membahas topik utama di dalam manajemen resiko perusahaan. dan restrukturisasi strategi politik perusahaan. operasional. D. FRAs. menyusun rencana pemasaran merek. manajemen resiko mata uang. perencanaan hingga implementasinya. serta pengenalan teori dan strategi opsi saham. Restrukturisasi untuk membangun pertumbuhan perusahaan. Business Plan eXamination Prasyarat: telah mengikuti 37 satuan kredit mata pelajaran untuk MM Eksekutif Manajemen Bisnis. pembaruan perusahaan. serta struktur dan perkembangan kemampuan perusahaan. CANSLIM dan strategi popular lainnya). interest rate futures. promosi penjualan. mengelola merek dan mengelola network. financial futures. konsep penilaian dan manajemen obligasi. Pemasaran layanan adalah hal yang berhubungan erat dengan manusia. teori portofolio dan CAPM. mengukur yield obligasi. restrukturisasi operasional. immunization. memahami tugas. public relation. strategi analisis saham (fundamental. Penekanan dari mata kuliah ini adalah pada tools dan aplikasinya dalam bermacam manajemen resiko. index futures. mengukur performa merek. Pembahasan meliputi hubungan risiko dan imbal-hasil. Topik-topik yang dibahas meliputi: cash markets. keuangan dan bisnis dari kacamata perusahaan nonkeuangan. serta meliputi semua aspek ekonomi dan manajemen yang terkait dengan rencana bisnis maupun keadaan aktual Indonesia. term structure of interest rates. pola teknologi dan dinamika pasar. volatilitas harga obligasi. manajemen resiko komoditas dan structured finance. I dan NP. restrukturisasi keuangan. kewajiban dan peran pengelola merek. teknikal. indeks obligasi. hal itu membutuhkan pendekatan yang cukup unik dalam mengatur aktifitas pemasaran. manajemen resiko ekuitas. fin 747 BonD Portfolio management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 746 atau FIN 721 Konsep merek dan model dasar manajemen merek. mkt 731 services marketing 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Mempertanggung jawabkan rencana bisnis yang telah dibuat. Topik yang dibahas meliputi pricing obligasi. lingkungan industri. Indeks Prestasi Kumulatif sama atau lebih dari 3. Karena layanan sifatnya adalah intangible. pengukuran terhadap perubahan suku bunga. Konsep dan fungsi komunikasi secara integratif. mkt 742 BranD management mata kuliah elektif fin 746 investment management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 702 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Membahas teori dan strategi investasi pada aset-aset keuangan seperti saham. Penekanan dari mata kuliah ini adalah pada portofolio obligasi. F. Ditujukan bagi yang tertarik untuk mengelola bisnis dimana inovasi sebagai penentu dalam persaingan. ekuitas merek dan kesetiaan pada merek. Pengetahuan mengenai investasi sekuritas ini dapat diaplikasikan pada manajemen keuangan korporasi.0 tanpa nilai C. restrukturisasi bisnis. turnaround. tetapi strategi investasi yang berkaitan dengan instrumen derivatif juga akan disinggung. Menganalisa dan mengelola racikan komunikasi pemasaran: periklanan. penyusunan strategi pemasaran. manajemen resiko suku bunga. pengukuran kinerja obligasi dan atribusinya. dan strategi portofolio untuk tujuan tertentu. hubungan merek dan konsumennya. mjn 746 Performance management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: STA 702 Penentuan dan pengukuran parameter kinerja secara komprehensif dan integratif yang mengarah pada pencapaian visi dan strategi bisnis adalah tema utama mata kuliah ini yang merupakan salah satu proses pemetaan strategi untuk operasionalisasi lapangan yang dianggap efekti. Menganalisis skenario usaha dengan memperhatikan kesempatan dan ancaman yang ada serta membahas aspek strategis maupun fungsional secara komprehensif. serta semua mata pelajaran penunjang yang diwajibkan. Salah satu yang akan dibahas adalah kerangka kerja balanced scorecards. kerangka analisa dan usulan rekomendasi. mjn 745 strategic innovation management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Melakukan studi tentang tools dan teknik untuk manajemen resiko finansial dengan menggunakan instrumen derivatif. swaps. personal selling dan e-marketing. Menggunakan beragam metode pengajaran serta pemberian studi kasus untuk membangun dan meningkatkan keahlian pemecahan masalah dalam hal memformulasikan defenisi kasus. mkt 725 integrateD marketing communication 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Sebagai tugas akhir untuk mengaplikasikan konsep bisnis dalam suatu bentuk rencana bisnis yang nyata dengan memperhatikan semua aspek ekonomi. aspek-aspek bisnis serta manajemen. 33 .mkt 723 strategic marketing 3 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 fin 757 financial risk management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 723 Menganalisis kasus dengan menggunakan semua alat pengambilan keputusan pemasaran secara komprehensif. fin 749 corPorate restructuring 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 720 Memberikan kerangka strategis pengelolaan inovasi dalam bisnis. yaitu mengelola pelanggan. fin 748 financial engineering 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 746 Mempelajari konsep pemasaran dalam dunia bisnis. Fokus dalam pengetahuan teori dan praktek manajemen resiko. konsep pasar modal efisien. mkt 745 Business to Business marketing 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Melakukan studi mengenai teknik analitis untuk melakukan valuasi obligasi. Maka dari itu. evaluasi kinerja portofolio. merancang dan membentuk identitas merek. options. Penekanan pada pengembangan dan penerapan model yang menggambarkan interaksi antara kompetisi. sisi mengenai manusia dalam organisasi layanan adalah sangat penting disamping penggunaan teknologi seperti layanan secara elektronik atau dengan internet. Memfokuskan kepada tiga aktifitas utama pemasaran yang diyakini berkontribusi besar pada peningkatan cash flow perusahaan ke depan. obligasi dan sekuritas turunan (opsi saham). mulai dari modelmodel perilaku pembelian organisasi. Service atau layanan adalah pengalaman spesial yang terjadi saat organisasi layanan dan pengguna berinteraksi secara tatap muka ataupun jarak jauh. direct selling. serta pengembangan keahlian pemecahan masalah oleh para manajer. mkt 743 value BaseD marketing 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Merupakan salah satu konsep yang mencoba mengkaitkan antara aktifitas pemasaran dan indikator keuangan. exotic option.

Program MM Eksekutif ini menawarkan satu bidang konsentrasi utama yaitu Manajemen Stratejik dengan penekanan pada pengambilan keputusan manajemen dan bisnis yang kompleks pada tingkat stratejik. Prasetiya Mulya menawarkan program MM Eksekutif Manajemen Stratejik.30 WIB. Program ini juga merupakan sarana yang tepat dan strategis untuk membentuk jaringan bisnis yang kuat bagi para eksekutif yang memiliki keinginan tinggi untuk menjadi pemimpin bisnis yang handal. Rabu dan Jumat dari jam 18.15 hingga jam 21.MM eKseKutif Sebagai pelaku bisnis yang beraspirasi tinggi Anda senantiasa membutuhkan perspektif baru dalam pengelolaan bisnis. Program eksekutif dengan jumlah kredit 41 Satuan Kredit Trimester (SKT) ini dapat Anda selesaikan secara paruh waktu selama lima trimester (1 trimester = 4 bulan) melalui kegiatan perkuliahan tiga kali dalam seminggu setiap hari Senin. Kompetensi mengelola perusahaan dalam lingkungan bisnis yang dinamis merupakan dasar bahasan diskusi yang akan Anda alami sehari-hari selama 20 bulan. ManajeMen stratejiK Program ini merupakan program paruh waktu yang dirancang untuk Anda yang telah memiliki pengalaman kerja sedikitnya 5 tahun sejak lulus S1 dan dua tahunnya adalah pengalaman manajerial dengan tingkat pencapaian prestasi kerja yang baik. Bagi Anda yang saat ini sudah berkarier dan berpengalaman. 34 KURiKULUM PROGRAM . tetapi berkeinginan untuk memperkuat kompetensi general management dan pemikiran stratejik.

pukul 18. hari Senin. Anugrah Argon Medica “ Proses belajar di Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya yang memberikan interaksi dengan teman-teman dari sektor bisnis yang berbeda memberi pengayaan dan inspirasi bagi saya dalam memandang suatu permasalahan.desKriPsi KuriKuluM Mata Kuliah eleKtif minimum 10 peserta triMester MatriKulasi OPR 512 AKI 503 FIN 702 MKT 701 MJN 708 triMester 2 OPR 703 EKN 708 MKT 723 triMester 3 STA 702 STA 725 STA 724 triMester 4 STA 705 STA 703 MJN 722 Mata Kuliah Business Decisions Analysis Accounting for Managers Corporate Financial Management Marketing Management Organization & Human Capital Management Operations Management Economic Policy Analysis Strategic Marketing Strategic Management Corporate Risk Management Business Process Management Business Strategy Simulation Business Plan 1 Strategic Human Resources Management Mata Kuliah Elektif 1 Business Plan 2 Mata Kuliah Elektif 2 credit unit 0 0 3 jurusan PeMasaran MKT 731 MKT 742 MKT 743 MKT 745 Mata Kuliah Services Marketing Brand Management Value-Based Marketing Business-to-Business Marketing Advanced Corporate Finance Investment Management Bond Portfolio Management Financial Engineering Corporate Restructuring Financial Risk Management Building Corporate Growth International Finance Strategic Innovation Management Performance Management Supply Chain Management credit unit 2 2 2 2 2 triMester 1 Keuangan 3 3 FIN 740 FIN 746 3 3 3 3 3 3 2 2 2 2 4 2 41 oPerasi ManajeMen FIN 748 FIN 749 FIN 757 FIN 752 FIN 753 MJN 745 MJN 746 OPR 721 FIN 747 2 2 2 2 2 2 2 2 2 triMester 5 STA 703 total credit Catatan: • Satu trimester sama dengan 14 minggu tatap muka dalam kelas (kira-kira 4 bulan) • cu = credit unit • 1 sesi = 1.PT.5 jam • Durasi program : 20 bulan penuh (tiga hari seminggu. Jumat .15 - 21. berpikir lebih kreatif. Sehingga kita harus bepikir out of the box.30 WIB) • Kuliah elektif dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis “Salah satu kekuatan Prasetiya Mulya adalah pembuatan business plan. Rabu. Pertamina (Persero) 35 . yang membuatnya berbeda dengan sekolah lain. membuat diri saya mampu menyikapi permasalahan lebih holistik.5 / 1996) Direktur Umum dan SDM .PT. yang belum ada sebelumnya.Angkatan 15 / 2001) Managing Director .Ang. Business plan yang berbeda.” Erwin Tenggono (MM Eksekutif Manajemen Stratejik .” Waluyo (MM Eksekutif Manajemen Stratejik .

daur hidup produk. trimester 5 sta 703 Business Plan 6 Satuan Kredit / Prasyarat: telah mengikuti semua mata kuliah manajemen fungsional dan STA 702 Perencanaan dan pengelolaan sistem operasi atau produksi dalam organisasi produk dan jasa. mjn 722 strategic human resources management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Menganalisis kasus dengan menggunakan semua alat pengambilan keputusan pemasaran secara komprehensif. formulasi strategi. sta 725 corPorate risk management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 702 The world of risk. proses manajemen pemasaran. pendanaan obligasi. promosi. sistem pemasaran. serta faktor-faktor penting manajemen SDM yang dapat meningkatkan efektifitas organisasi secara strategic. Karena terfokus pada proses. diversity. dan tuas-tuas organisasi). taktik dan strategi persaingan. akuntansi manajemen. Merupakan suatu simulasi proses pengelolaan perusahaan yang meliputi analisis industri. training and development. leasing. mjn 708 organization & human caPital management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Kultur organisasi. manajemen resiko informasi. Topik-topiknya meliputi matriks produk proses. Fokus utama dari manajemen horisontal adalah kepuasan pelanggan di mana departemen yang terlibat akan memberikan dukungan yang diperlukan. proses anggaran. maka kita dapat terus menerus memperbaiki serta mengoptimasikan proses ukurnya. aktiva tetap dan penyusutan. merger dan akuisisi. analisa keputusan investasi. BPM adalah praktek baru. volume dan laba. product costing. strategi pemasaran yang mendukung pencapaian sasaran perusahaan dan implementasinya. Terdapat 2 domain utama pendekatan SHRM. lingkungan dan teknologi. pengendalian persediaan. pemasaran jasa. trimester 2 mkt 723 strategic marketing 3 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Mengaplikasi manajemen stratejik dalam lingkungan bisnis yang dinamis. analisis pesaing. rightsizing. Eropa dan Amerika Utara terhadap dunia bisnis. implementasi dan evaluasi strategi.desKriPsi Mata Kuliah matrikulasi aki 503 accounting for manager 0 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada trimester 3 sta 702 strategic management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: telah mengikuti semua mata kuliah pengetahuan dasar dan manajemen fungsional Siklus dan pencatatan akuntansi. strategi. mkt 701 marketing management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 702 (MME Manajemen Bisnis) dan MKT 703 (MM Reguler) Menerapkan sistem manajemen horisontal di mana pekerjaan diatur secara horisontal antar fungsi. compensation. Prosesnya meliputi employee relation. posisi perusahaan. human capital management. manajemen kerja kelompok. Juga cara-cara merancang kinerja perusahaan berdasarkan visi dan misi yang jelas. analisis model dan teori perilaku konsumen yang mendasari proses pengambilan keputusan. sta 724 Business Process management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: OPR 703 Teknik-teknik kuantitatif yang diterapkan dalam pemecahan masalah bisnis dalam konteks matematis. process costing. lingkungan industri. peningkatan corporate governance dengan manajemen resiko. segmentasi pasar. aspek-aspek bisnis serta manajemen. manajemen fungsional. dan knowledge management. serta etika bisnis. oPr 512 Business Decision analysis 0 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Manajemen stratejik akan dipelajari sebagai “resultan” dari tiga vektor perilaku organisasi (definisi bisnis. struktur manajemen resiko. ekn 708 economic Policy analysis 3 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Pendapatan nasional. yang digerakkan oleh adanya dua elemen stimulus (isu stratejik dan tujuan perusahaan). activity based costing. pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. distribusi normal dan teori keputusan. organizational culture. perencanaan lokasi dan tata letak. manajemen resiko operasional. Kedua: integration strategy yaitu mengsinergikan dan mengkoordinasikan individu dengan unit kerjanya sesuai dengan corporate level strategy. restrukturisasi. Subyek ini memperkenalkan konsep dan kerangka model SHRM. dan design and redesign work system. analisis pasar. Prosesnya mulai dari selection. tantangan dan kesempatan atas resiko. analisa biaya. analisa laporan keuangan. pengendalian pemasaran. pendanaan ekuitas. Menganalisis skenario usaha dengan memperhatikan kesempatan dan ancaman yang ada serta membahas aspek strategis maupun fungsional secara komprehensif. biaya modal. Pembahasan masalah-masalah terkini yang berhubungan dengan perkembangan organisasi memperoleh perhatian besar. manajemen penjualan. kebijakan produk dan harga. kebijakan modal kerja struktur modal. jalur distribusi. recruitment. kebijakan deviden. oPr 703 oPerations management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: OPR 512 (MME Manajemen Stratejik) Kajian mengenai pendekatan-pendekatan strategik untuk mengoptimalkan utilisasi HR. trimester 4 sta 705 Business strategy simulation 3 Satuan Kredit / Prasyarat: STA 702 Lingkungan pemasaran. trimester 1 fin 702 corPorate financial management 3 Satuan Kredit / Prasyarat: AKI 501 (MME Manajemen Bisnis) Peran baru CFO. Sebagai tugas akhir untuk mengaplikasikan konsep bisnis dalam suatu bentuk rencana bisnis yang nyata dengan memperhatikan semua aspek ekonomi. 36 KURiKULUM PROGRAM . imbalan dan resiko keuangan. resiko perusahaan. perencanaan kapasitas. pengendalian kualitas dan peningkatan produktivitas. forecasting. maka mata kuliah ini juga akan memberikan keterampilan mengelola perubahan. Kebijakan moneter dan fiskal Indonesia. dan keinginan bertindak). performance appraisal. akuntansi obligasi dan ekuitas. inventori dan harga pokok penjualan. Dampak kawasan bebas perdagangan misalnya Asia Tenggara. perasaan keinstitusian. ukuran organisasi. struktur. yang dilahirkan oleh proses interaksi tiga elemen mental organisasi (pengetahuan lingkungan. strategi pemasaran. linear programming. dan organizational design perspectives. penjadwalan produksi. pertama: differentiation strategy yaitu penempatan individu pada pekerjaannya sesuai dengan kompetensinya. Peran lembaga ekonomi Internasional seperti WTO dan IMF dan implikasinya bagi perusahaan.

pengukuran terhadap perubahan suku bunga. sisi mengenai manusia dalam organisasi layanan adalah sangat penting disamping penggunaan teknologi seperti layanan secara elektronik atau dengan internet. fin 749 corPorate restructuring 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 720 Mempelajari konsep pemasaran dalam dunia bisnis. pola teknologi dan dinamika pasar. mjn 746 Performance management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: STA 702 Membahas topik utama di dalam manajemen resiko perusahaan. kebijakan investasi perusahaan.Business Plan eXamination Prasyarat: telah mengikuti 35 satuan kredit mata pelajaran untuk MM Eksekutif Manajemen Stratejik. teori portofolio dan CAPM. Karena layanan sifatnya adalah intangible. term structure of interest rates. memahami tugas. fin 752 BuilDing corPorate groWth 2 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Penentuan dan pengukuran parameter kinerja secara komprehensif dan integratif yang mengarah pada pencapaian visi dan strategi bisnis adalah tema utama mata kuliah ini yang merupakan salah satu proses pemetaan strategi untuk operasionalisasi lapangan yang dianggap efekti. pemutaran arah dan restrukturisasi untuk perkembangan. strategi analisis saham (fundamental. mengelola hubungan kantor pusat dan SBU (Strategic Business Unit). options. serta semua mata pelajaran penunjang yang diwajibkan. Membahas pemikiran stratejik guna membangun pertumbuhan perusahaan sebagai agenda pengembangan yang harus dijalankan oleh seorang CEO. fin 747 BonD Portfolio management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 746 atau FIN 721 Service atau layanan adalah pengalaman spesial yang terjadi saat organisasi layanan dan pengguna berinteraksi secara tatap muka ataupun jarak jauh. immunization. index futures. serta meliputi semua aspek ekonomi dan manajemen yang terkait dengan rencana bisnis maupun keadaan aktual Indonesia. Maka dari itu. manajemen resiko ekuitas. serta struktur dan perkembangan kemampuan perusahaan. mkt 742 BranD management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Studi mengenai teknik analitis untuk melakukan valuasi obligasi. hal itu membutuhkan pendekatan yang cukup unik dalam mengatur aktifitas pemasaran. akuisisi dan kerjasama stratejik untuk percepatan pertumbuhan. Topik yang dibahas meliputi pricing obligasi. mkt 731 services marketing 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 702 Diversifikasi bisnis. pasar valuta asing. hubungan merek dan konsumennya. evaluasi kinerja portofolio. teknikal. corporate governance. analisa supply market. F. Penekanan dari mata kuliah ini adalah pada portofolio obligasi. Penekanan dari mata kuliah ini adalah pada tools dan aplikasinya dalam bermacam manajemen resiko. volatilitas harga obligasi. fin 748 financial engineering 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 746 Konsep merek dan model dasar manajemen merek. dan strategi portofolio untuk tujuan tertentu. mengukur performa merek. restrukturisasi bisnis. keuangan dan bisnis dari kacamata perusahaan nonkeuangan. merancang dan membentuk identitas merek. menyusun rencana pemasaran merek. D. mkt 743 value BaseD marketing 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Merupakan salah satu konsep yang mencoba mengkaitkan antara aktifitas pemasaran dan indikator keuangan. Menggunakan beragam metode pengajaran serta pemberian studi kasus untuk membangun dan meningkatkan keahlian pemecahan masalah dalam hal memformulasikan defenisi kasus. mengelola merek dan mengelola network. mata kuliah elektif fin 740 aDvanceD corPorate finance Neraca pembayaran. exotic option. fin 757 financial risk management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 723 Memberikan kerangka strategis pengelolaan inovasi dalam bisnis. hubungan kantor pusat dan anak perusahaan. konsep pasar modal efisien. FRAs. penyusunan strategi pemasaran. manajemen resiko suku bunga. mulai dari modelmodel perilaku pembelian organisasi. kerangka analisa dan usulan rekomendasi. obligasi dan sekuritas turunan (opsi saham). operasional. financial futures. membeli dan menjual perusahaan. restrukturisasi keuangan. manajemen resiko komoditas dan structured finance. swaps. Memfokuskan kepada tiga aktifitas utama pemasaran yang diyakini berkontribusi besar pada peningkatan cash flow perusahaan ke depan. perencanaan hingga implementasinya. mengukur yield obligasi. mengembangkan supply strategy. serta pengenalan teori dan strategi opsi saham.0 tanpa nilai C. restrukturisasi operasional. serta pengembangan keahlian pemecahan masalah oleh para manajer. I dan NP. CANSLIM dan strategi popular lainnya). Indeks Prestasi Kumulatif sama atau lebih dari 3. Materi pembahasan meliputi: diversifikasi perusahaan dan organic growth. ekuitas merek dan kesetiaan pada merek. keputusan untuk diversifikasi atau tidak. dan restrukturisasi strategi politik perusahaan. Salah satu yang akan dibahas adalah kerangka kerja balanced scorecads. politik perusahaan untuk menunjang 37 . Topik-topik yang dibahas meliputi: cash markets. manajemen resiko mata uang. diversifikasi dalam konteks internasional. keputusan pendanaan dalam lingkungan internasional. oPr 721 suPPly chain management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Mempelajari cara yang optimal untuk memenuhi kebutuhan produk dan layanan disuatu organisasi. Fokus dalam pengetahuan teori dan praktek manajemen resiko. Pembahasan meliputi hubungan risiko dan imbal-hasil. investasi. pembaruan perusahaan. Topik yang dibahas meliputi penentuan kebutuhan dan perencanaan supply. forward rates. mengelola garis pertumbuhan dan jenjang pertumbuhan. penentuan nilai tukar. pendanaan bagi perusahaan yang inovatif. fin 746 investment management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: FIN 702 Membahas teori dan strategi investasi pada aset-aset keuangan seperti saham. mkt 745 Business to Business marketing 2 Satuan Kredit / Prasyarat: MKT 701 Studi tentang tools dan teknik untuk manajemen resiko finansial dengan menggunakan instrumen derivatif. yaitu mengelola pelanggan. cara-cara untuk keluar dari krisis pertumbuhan. fin 753 international finance 2 Satuan Kredit / Prasyarat : FIN 702 Mempertanggung jawabkan rencana bisnis yang telah dibuat. tetapi strategi investasi yang berkaitan dengan instrumen derivatif juga akan disinggung. turnaround. Ditujukan bagi yang tertarik untuk mengelola bisnis dimana inovasi sebagai penentu dalam persaingan. indeks obligasi. konsep penilaian dan manajemen obligasi. pertumbuhan perusahaan. Pemasaran layanan adalah hal yang berhubungan erat dengan manusia. kerangka pengambilan keputusan keuangan dalam bisnis internasional. manajemen modal kerja. pengukuran kinerja obligasi dan atribusinya. interest rate futures. Penekanan pada pengembangan dan penerapan model yang menggambarkan interaksi antara kompetisi. kewajiban dan peran pengelola merek. mjn 745 strategic innovation management 2 Satuan Kredit / Prasyarat: Tidak ada Restrukturisasi untuk membangun pertumbuhan perusahaan.

38 KURiKULUM PROGRAM .

PeMBelajaran Dalam sistem pengajarannya Prasetiya Mulya didukung oleh sekitar 40 faculty member yang menyandang gelar profesor. mahasiswa dan industri atau praktisi bisnis. Untuk itu proses pembelajaran. Kegiatan dan proses pembelajaran difasilitasi oleh faculty member yang memiliki latar belakang pengalaman dalam dunia bisnis yang kuat dan akademis yang baik. interaksi dan diskusi di kelas berlangsung dinamis dengan melibatkan partisipasi aktif semua pihak yaitu dengan melibatkan peran antara faculty member. antara lain dengan cara melibatkan Anda dalam berbagai proyek lapangan. 39 . sehingga secara langsung Anda akan berinteraksi dengan pelaku bisnis dan belajar kasus nyata. doktor dan master dari universitasuniversitas terkemuka baik domestik maupun luar negeri yang bersifat eksklusif dan penuh waktu. Para faculty member penuh waktu yang kompeten dan berdedikasi senantiasa memberi kesempatan yang lebih leluasa bagi mahasiswa untuk berinteraksi dalam kegiatan akademis dan menyediakan waktu di luar kelas untuk berdiskusi dan konsultasi selama proses belajar di Prasetiya Mulya. Suasana nyaman dapat dirasakan saat berada di lingkungan kampus dan keakraban tercermin dalam hubungan antara mahasiswa dengan para civitas academica. Program MM Prasetiya Mulya menekankan pentingnya keseimbangan antara penguasaan konsep dan implementasinya dalam pengelolaan bisnis.Metode Pembelajaran Rencana Bisnis CEO Lecture Aktivitas Mahasiswa PrograM Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya menempatkan posisinya sebagai mitra dalam proses pembelajaran. Tugas-tugas yang diberikan akan mengarahkan Anda untuk dapat memahami praktek bisnis secara nyata.

mahasiswa akan diuji oleh praktisi bisnis pada ujian komprehensif rencana bisnis tersebut. Mata kuliah ini diberikan pada trimester akhir setelah mereka mempelajari pengetahuan dasar. Hampir semua buku teks dan buku referensi adalah dalam bahasa Inggris. simulasi bisnis maupun tugas perorangan dan tugas kelompok. film. case study. sehingga penguasaan bahasa Inggris yang memadai merupakan salah satu syarat penerimaan program MM Prasetiya Mulya. workshop. Selain itu. debat. proses belajar melalui interaksi dengan mahasiswa lainnya yang memiliki kekuatan di bidang masing-masing dan bertukar pengalaman akan memperkaya wawasan bisnis selama belajar di Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya. game. akan tetapi dalam beberapa kesempatan bahasa Inggris juga aktif digunakan. Di setiap trimester akan ada CEO lecture dimana pemimpin bisnis akan membagi pengetahuan dan pengalaman nyata di dunia bisnis dan juga dengan mengundang pelaku bisnis terkemuka sebagai pembicara tamu di kelas atau seminar.Metode PeMBelajaran Metode belajar mengajar di Prasetiya Mulya dikemas dengan menggunakan metode eklektik atau penggabungan berbagai metoda yang cukup bervariasi mulai dari kegiatan kuliah. yang merefleksikan praktik-praktik bisnis di dunia nyata. Bahasa Pengantar Bahasa pengantar dalam kuliah adalah bahasa Indonesia. Tugas akhir yang diberikan menjelang kelulusan adalah membuat Business Plan yang dikerjakan secara kelompok dan sebagai syarat kelulusan program. . simulasi strategi Bisnis Sejak awal dibentuknya program MM Prasetiya Mulya. manajemen fungsional dan manajemen strategi. yang merupakan model dari dunia bisnis. Beberapa mata kuliah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar apabila sesuai dengan kesepakatan kelas. Simulasi Bisnis telah dikembangkan sebagai satu mata kuliah yang dirancang untuk mengajak para mahasiswa berkompetisi dalam lingkungan bisnis virtual. Mahasiswa MM Reguler akan banyak dilibatkan dalam tugas lapangan berupa industry visit atau karya wisata.

”Selain pengetahuan teori bisnis. berkomunikasi (communication skill). menjalankannya dan memaksimalkan nilai saham perusahaan dengan cara mengaplikasikan pengetahuan bisnis dan kemampuan manajemen yang telah mereka pelajari sebelumnya. mengeluarkan pendapat (discussion) dan membangun analisa yang kuat (develop strong analytical). di studi kasus ini mahasiswa dilatih untuk berpartisipasi (participation skill). Mereka diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah dalam perusahaan baik fungsional maupun stratejik.Angkatan 30/ 2006) Planning Manager .Aerowisata Inflight Logistics 41 . Dinamika persaingan bisnis akan dirasakan karena satu kelompok akan berkompetisi dengan kelompok lainnya dalam satu industri tertentu untuk meningkatkan nilai sahamnya.” Iwan Triyadi (MM Eksekutif Manajemen Stratejik . Pada akhir simulasi bisnis.Dalam mata kuliah ini para mahasiswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan diminta untuk membangun sebuah perusahaan. Setiap anggota kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk berperan sebagai direktur utama maupun direktur yang mewakili masing-masing fungsi manajemen di dalam perusahaan dalam satu periode tertentu. setiap kelompok perusahaan harus memberikan presentasi berupa laporan pertanggungjawaban kinerja perusahaan secara keseluruhan kepada para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Demi mempertahankan dan meningkatkan nilai sahamnya masing-masing anggota kelompok harus bekerja sama dalam tim dengan mengimplementasikan pengambilan keputusan rasional secara holistik.

Sehingga Business Plan tersebut memiliki pengaruh penting pada komunitas bisnis dan sosial. Pada tahap akhir. di lain sisi dapat merupakan peluang. dengan nara sumber lainnya. UC Berkeley. di tahap awal mahasiswa mulai mengajukan ide-ide alternatif. dan membuat suatu Rencana Bisnis. tetapi merupakan sebuah pemikiran yang dapat ditindak lanjuti dalam bentuk nyata. sehingga mahasiswa tersebut dapat mengonstruksi suatu model bisnis yang dapat menjawab tantangan yang dihadapinya. mahasiswa melakukan proses refleksi melalui interaksi dengan rekannya. dalam proses pembuatan Business Plan. dan pengalaman tersebut menghasilkan Rencana Bisnis yang kita sebut sebagai Business Plan Prasetiya Mulya Business School. Business Plan tersebut kemudian diuji dari berbagai disiplin ilmu oleh para pakar yang relevan. sudah dipersiapkan untuk berpikir. isu pangan. Amerika Serikat. dengan dirinya sendiri. informasi.rencana Bisnis Perubahan-perubahan yang terjadi baik dalam konteks global maupun lokal menjadi sebuah tantangan bagi setiap pelaku bisnis. dengan konsumen. mahasiswa Prasetiya Mulya Business School ditantang untuk menjawab perubahan global tersebut dengan tetap memperhatikan kearifan lokal. Melalui Rencana Bisnis (Business Plan). dan transportasi merupakan beberapa tantangan yang dihadapi oleh pelaku bisnis. menganalisa. Sejak awal kuliah. kemudian terjadi proses interaksi antara mahasiswa dengan faculty member untuk menghasilkan topik Business Plan yang layak dikembangkan. energi. 42 PROGRAM PEMBELAJARAN . Dalam prosesnya. mahasiswa MM Prasetiya Mulya Business School yang berasal dari berbagai macam latar belakang S1. Keterangan gambar: Tim mahasiswa Prasetiya Mulya sedang melakukan presentasi Business Plan di depan para juri pada babak final dunia Global Social Venture 2008 di Haas Business School. Selanjutnya. dan dengan pelaku bisnis. Business Plan Prasetiya Mulya Business School bukan sekedar rencana bisnis di atas kertas. dengan para faculty member. Dalam Business Plan tersebut mahasiswa menjawab tantangan dalam konteks global maupun lokal dengan menyoroti topik-topik yang menjadi permasalahan terkini di masyarakat. pemikiran. Perubahan tersebut di satu sisi dapat merupakan masalah. Keberagaman sudut pandang.

MM (Ketua Perbanas). Soemarno (President Director. Ing. 43 .. Siregar.W. serta wisdom mahasiswa yang sangat dibutuhkan dalam mengelola perusahaan saat sekarang dan masa depan. Dexa Medica). Sudhamek A.Ferry A. PhD (President Director. Johnson & Johnson Indonesia). Pada sesi kuliah ini mahasiswa diberi kesempatan untuk mengenal dan berinteraksi langsung dengan para CEO. mengarahkan dan membimbing organisasinya untuk mencapai visi. Arif S.K. International Nickel Indonesia. Ishadi S. Dr. PT.ceo lecture Program CEO Lecture merupakan kuliah yang diberikan oleh para Chief Executive Officer (CEO) perusahaan terkemuka maupun organisasi non bisnis. serta mengambil keputusan-keputusan strategis dalam kondisi yang begitu dinamis.S. Sido Muncul) dan Palgunadi Setyawan (Chairman. Ir. PT. Tbk) sedang menyampaikan kuliah “Leadership for Creating Sustainable Development” di depan mahasiswa Prasetiya Mulya. Lester Lee (Managing Director. CEO dan pimpinan organisasi yang telah memberikan kuliah diantaranya adalah: Prof. PT. PT. Tbk). Trans TV). Para CEO akan berbagi pengalaman mereka dalam menentukan visi perusahaan. Iskandar Alisjahbana (President Director. Ari H. PT. Soetikno. Irwan Hidayat (President Director. PT Bio Nusantara Teknologi). MSc. MBA (Managing Director. PhD (President Director. Program ini bertujuan untuk memberikan perspektif yang komprehensif kepada mahasiswa mengenai Values and Leadership yang dimiliki seorang CEO dalam membangun perusahaannya sehingga memberikan nilai pada komunitas bisnis dan sosial. PT IBM Indonesia). SE (CEO. (President Director. wawasan. Sigit Pramono. SH. PT Pertamina). Garuda Food Group). Yayasan Parasahabat). International Nickel Indonesia. Perkuliahan ini akan memperkaya pengetahuan. Betti Alisjahbana (President Director. Keterangan gambar: Arif S Siregar.

Kegiatan rutin lainnya adalah Malam Keakraban untuk menyambut mahasiswa angkatan baru dan melepas angkatan lama. bakti sosial. manajemen waktu. Kegiatan akademis yang dilakukan antara lain berupa. kegiatan yang dilakukan diarahkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih bervariasi dan menarik serta mengembangkan potensi mahasiswa yang ada. seminar. pekan film oleh Cinema Club.aKtiVitas Mahasiswa The Prasetiya Mulya Management Society (MS) merupakan wadah kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa program MM Reguler yang dipimpin dan dikelola oleh para mahasiswa dan didukung oleh sekolah. Kegiatan non-akademis yang dilakukan cukup bervariasi. dan sebagainya. Social Club. time-sharing beragam topik-topik manajemen dan hal-hal untuk pengembangan diri dan karier di dunia bisnis. pekan olahraga. Selain itu. pengambilan keputusan. Kegiatan workshop bermain golf dan table manners juga dapat menjadi pilihan mahasiswa. talk show. paduan suara. Kegiatan Management Society terdiri dari kegiatan yang bersifat akademis dan non-akademis. teamwork. Beragam aktivitas yang diselenggarakan dilakukan oleh klub dalam Management Society antara lain oleh Marketing Club. Kegiatan rutin Career Day diselenggarakan menjelang kelulusan mahasiswa program MM Reguler bekerjasama dengan Divisi Pengembangan Karier. di antaranya book fair. kompetisi. praktisi 44 PROGRAM PEMBELAJARAN bisnis dan expert untuk berpartisipasi dalam beragam kegiatan yang diselenggarakan. . dan sebagainya. Di tengah kesibukan belajar untuk memperoleh ilmu dan wawasan manajerial secara formal. aikido. musik klasik. Management Society dapat menyelenggarakan beragam kegiatan untuk mendukung proses belajar mengajar dan memberikan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi dengan mempraktekkan ilmu manajemen serta pengembangan soft skills para mahasiswa. donor darah. Entrepreneur Club. Consulting Club. workshop. Management Society juga aktif mengundang alumni Prasetiya Mulya. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal kepemimpinan. Finance Club. negosiasi. dan Personal Development Club.

para mahasiswa belajar mengorganisasikan seminar. Kegiatankegiatan semacam ini menambah warna dalam mereguk pengalaman di PMBS.Angkatan 35/ 2007) 45 . Kegiatan-kegiatan sosial dan kegiatan just-for-fun juga termasuk kegiatan yang dirancang oleh dan untuk mahasiswa. workshop dan event yang akan mengembangkan lebih jauh kemampuan bisnis dan memperkaya pengetahuan bisnis.“Melalui Management Society.” Yori Istita Arifiandri (MM Reguler .

.

British Petroleum (BP). United Tractor. Charoen Pokphand Indonesia. PAM Lyonnaise Jaya. Citibank dan Sinarmas Group. Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya juga memiliki hubungan erat dengan dunia bisnis dalam berbagai konteks. Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya memiliki hubungan baik dengan berbagai pihak. berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia setiap tahunnya selalu berpartisipasi aktif merekrut lulusan MM Prasetiya Mulya. Garuda Indonesia. diantaranya Aneka Tambang. Angkasa Pura I. Layanan program non-gelar Prasetiya Mulya bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi SDM perusahaan ataupun individu di semua fungsi manajemen. Asuransi Jiwasraya. Program Pengembangan Eksekutif (PPE) berupa training singkat atau lokakarya. Kelompok Kompas Gramedia. Plaza Indonesia. Waskita Karya. ConocoPhillips Indonesia. Conoco Phillips Indonesia. Di samping itu. Aplikanusa Lintasarta. baik dalam bentuk pelatihan Intra Perusahaan (In-House Training). Sejumlah perusahaan yang sering menggunakan jasa Prasetiya Mulya dalam program non-gelar antara lain adalah grup Astra International dan kelompok usahanya. The Jakarta Post. PLN Persero . Siemens Indonesia. PLN. Mead Johnson Indonesia. Lippobank. Bank Mandiri. BNI dan lain sebagainya. banyak perusahaan yang memanfaatkan layanan Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya selain program MM. Pos Indonesia. Ericsson Indonesia. termasuk dengan alumni yang kini sudah lebih dari 3000 orang dan tersebar di berbagai perusahaan dan industri. Medco Group. baik di dalam maupun di luar negeri. Grup Femina. Dalam hal rekrutmen. Indosat. BCA. Telkomsel. Surveyor Indonesia. Vinoti Group. Sanghiang Perkasa. Banpu Group. Modern Group. Pertamina. BCA. Bogasari. Beberapa perusahaan yang secara rutin mengirimkan karyawan dan eksekutif mereka yang potensial untuk mengikuti program MM Prasetiya Mulya. BRI. maupun program Certificate of Business Management (CBM). antara lain: konsultasi dan program non-gelar. 47 . Trakindo Indonesia. Askes Indonesia.Pengembangan Karier Alumni Mitra Perusahaan PengeMBangan Karier & jaringan Bisnis Jaringan bisnis yang luas merupakan hal penting dalam dunia bisnis. Aqua Danone.

negotiation. 48 PENGEMBANGAN KARiER & JARiNGAN BiSNiS . kreatifitas. sekitar 3 bulan menjelang kelulusan. Program konseling / konsultasi individual Divisi Pengembangan Karier memiliki tim psikolog untuk menangani layanan konsultasi atau konseling. table manners. Kegiatan lainnya: pelajaran pengenalan golf. dan sebagainya. permasalahan pribadi. untuk mempertemukan mahasiswa yang hampir lulus dengan perusahaan perekrut. manajemen konflik dan pengambilan keputusan. kepemimpinan. Kegiatan rekrutmen yang diadakan satu hari penuh ini. presentation. Career Day diadakan dua kali setahun. Career Preparation Workshop: pembuatan resume. cover letter dan teknik interview. Pendistribusian Bundel resume Divisi Career Development secara aktif juga melakukan distribusi Bundel Resume (kumpulan dari resume lulusan Prasetiya Mulya Business School) kepada perusahaanperusahaan. Layanan ini juga dapat dimanfaatkan tidak saja untuk mahasiswa tapi juga bagi yang sudah lulus. interview. dan sebagainya) maupun yang sifatnya pemilihan karier setelah lulus hingga pengembangan karier. kelas dansa. kerja dalam tim. Program Pengembangan karier Business English Skills: report writing. On Campus Recruitment Selain Career Day yang dijadwalkan secara rutin.PengeMBangan Karier Program-program yang diadakan oleh Divisi Pengembangan Karier Prasetiya Mulya untuk mahasiswa MM Prasetiya Mulya khususnya untuk program Reguler diberikan untuk memberi kesempatan dalam mengembangkan keahlian sejak awal memasuki bangku kuliah di Prasetiya Mulya Business School. tidak jarang perusahaan mengadakan on campus recruitment yang biasanya dimulai dengan pengenalan perusahaan presentasi perusahaan kepada mahasiswa dan kemudian dilanjutkan dengan proses rekrutmen. dan sebagainya. Softskill Workshop: komunikasi. Career Day Kegiatan ini diawali dengan presentasi dari beberapa perusahaan. Kesempatan konseling yang diberikan oleh divisi ini dapat berupa konseling dalam hal psikologis (pengenalan diri. Sensitivity Training (T-Group): kegiatan dalam bentuk kelompok untuk pengenalan dan pengembangan diri. penentuan tujuan.

13% Perbankan & Keuangan Media & Hiburan Konsultan Logistik & Transportasi Otomotif Consumer Goods Kesehatan & Farmasi Agribisnis Telekomunikasi & TI Riset & Pendidikan Makanan & Minuman Gas.Angkatan 13B / 2007) 49 .93% 6. Minyak dan Sumber Daya Alam Manufaktur Properti & Konstruksi 11.27% 2.Career Day mempertemukan mahasiswa dengan perusahaan perekrut Perusahaan yang BerPartisiPasi dalaM career day 2005-2008 5. Saya menjadi mampu melihat suatu kasus dari berbagai sudut pandang yang berbeda.23% 4. sehingga interaksi antar mahasiswa dan faculty member menjadi satu hal yang sangat positif.82% 3.34% 5.15% 4.63% 9.52% 4.63% 4.56% “Wawasan saya bertambah luas dengan pola pembelajaran dua arah yang diterapkan di dalam kelas.” Martines Benjamin (MM Eksekutif Manajemen Bisnis .93% 10.93% 4.93% 21.

manajer. workshop. 50 PENGEMBANGAN KARiER & JARiNGAN BiSNiS . yang memuat info terbaru seputar kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan di Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya. kompetisi global. CEO dan pemilik serta pengelola bisnis. Para alumni masih dapat mempelajari pengetahuanpengetahuan terkini sesuai perkembangan bisnis dan mengikuti mata kuliah pilihan yang ada di Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya ataupun program pengembangan eksekutif Prasetiya Mulya. corporate social responsibility. sampai manajer puncak.aluMni Masa-masa belajar dalam program MM Prasetiya Mulya tidak hanya diisi dengan mempelajari pengetahuan dan keahlian yang diperlukan di dunia bisnis. alumni juga dapat berpartisipasi dalam beberapa program yang ada di Prasetiya Mulya seperti memberikan guest lecture. kewirausahaan. mulai dari posisi entry level. Selain itu. Menjadi bagian dari Prasetiya Mulya khususnya sebagai alumni adalah menjadi bagian dari jaringan bisnis dan pembelajaran seumur hidup. secara rutin diterbitkan dan disebarkan kepada semua alumni sebagai salah satu media komunikasi untuk alumni MM Prasetiya Mulya. dan sebagainya. supervisor. Lebih dari tiga ribu alumni tersebar di beberapa perusahaan dalam berbagai industri dengan posisi karier dan kapasitas yang beragam. Hingga saat ini. Akses khusus untuk layanan perpustakaan Prasetiya Mulya akan didapatkan oleh alumni untuk update pengetahuan dan referensi. Newsletter Prasetiya Mulya News bagi alumni. Ikatan Alumni Prasetiya Mulya (IKAPRAMA) secara berkala melakukan sejumlah kegiatan. seminar ataupun dengan topik dari etika bisnis. melainkan juga para mahasiswa akan mendapat nilai tambah lainnya yaitu terciptanya jaringan dengan berbagai mahasiswa lainnya yang memiliki latar belakang berbeda dan pengalaman kerja yang beragam di dunia bisnis.

per bulan. Asyiik kan.000.” Hartopo Soetoyo (MM Eksekutif Manajemen Stratejik .Alumni Networking Dinner seperti seminar. IKAPRAMA juga melakukan kegiatankegiatan sosial sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. serta golf. Bosowa Marga Nusantara 51 . dan sampai saat ini iuran itu tetap berjalan terus yang sekarang besarnya bervariasi. Dan mereka masih tetap terbuka untuk menerima saya. Selain itu.” Prisma Kamajaya (MM Reguler .Angkatan 12/ 1997) Country Manager .Angkatan 3/ 1993) Komisaris .PT. IKAPRAMA juga memberi kontribusi dalam pemberian beasiswa prestasi bagi mahasiswa S1 Bisnis Prasetiya Mulya. Kegiatan reguler networking baik informal dan formal dalam alumni dinner juga rutin diselenggarakan termasuk pertemuan alumni di beberapa kota. Dari trimester pertama saat saya menjadi ketua kelasnya. Kegiatan tersebut juga diisi dengan beberapa workshop ringan seputar pengembangan diri dan isu-isu terkini di industri dan dunia bisnis.. guna keperluan kumpul-kumpul. Fasilitas email dan internet group bagi alumni juga disediakan agar proses sharing dan diskusi antar alumni dapat berlangsung walaupun banyak kesibukan. saya sudah lulus beberapa tahun lalu. Wahana Transporindo Solusi “Sampai saat ini di angkatan kami yang berjumlah 25 orang tetap terjalin ikatan kekeluargaan yang sangat erat.PT. dan pengobatan gratis. saya tetap bisa konseling dengan mereka bila perlu. seperti sumbangan ke panti asuhan. Jadi ikatan kekeluargaan Alumni Prasetiya Mulya jalan terus. donor darah. kami sepakat membayar iuran fotokopi Rp 10. Kegiatan reuni kelas atau keseluruhan alumni tersebut sangat bermanfaat sebagai wadah pertemuan dengan alumni lainnya dan kontak bisnis. diskusi panel tentang masalah manajemen dan bisnis. “Yang paling berkesan bagi saya sampai hari ini adalah kesempatan konseling dengan faculty members… Sampai saat ini pun.

Kursus Kecakapan Pimpinan) . Utama). Business Process Improvement). Kelompok Kompas Gramedia (Management Development Program. Selain itu. program kerjasama survey. Bank Central Asia (Achievement Motivation Training. Indosat (Kompetensi Manajerial II). Sinarmas Forestry (Forestry Middle Management Development Program) dan beberapa pelatihan lainnya di beragam perusahaan. Palyja (Management Development Program for Supervisor & Fast Track MDP for Manager). riset serta kunjungan industri juga berlangsung dengan beberapa mitra perusahaan. Di sisi lain perusahan-perusahan juga menjadi mitra Prasetiya Mulya Business School dengan memberikan beasiswa bagi para karyawan terbaik untuk mengikuti program MM Prasetiya Mulya secara rutin dan berperan serta dalam merekrut para lulusan program Magister Manajemen Prasetiya Mulya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan perkembangan bisnis sejak tahun 1984. 52 PENGEMBANGAN KARiER & JARiNGAN BiSNiS . Aerowisata (Management Development Program Tingkat A. Program pelatihan pengembangan manajemen yang telah berlangsung di beberapa perusahaan antara lain Astra International (Astra Middle Management Program). Pertamina (Kursus Pimpinan). dan riset serta pemberian beasiswa dan rekrutmen lulusan program MM Prasetiya Mulya. kerjasama akademik. Pos Indonesia (Kursus Kecakapan Fungsional.Mitra Perusahaan Prasetiya Mulya Business School telah mendapat kepercayaan sebagai partner oleh banyak perusahaan nasional dan multi nasional dalam hal penyelenggaraan program pengembangan manajemen. Tirta Investama (Aqua Danone) (Leadership Development Program for Supervisor & Manager). INTI (Latihan Kepemimpinan). Angkasa Pura I Pelatihan Manajerial (Tingkat Muda. Telkom (Kursus Pimpinan). Selain menjalin kerjasama dalam hal pelatihan SDM. banyak para pemimpin bisnis dan praktisi bisnis dari beragam perusahaan memberikan sharing knowledge kepada mahasiswa Prasetiya Mulya dalam bentuk CEO lecture. B. guest speaker dan menjadi penguji dalam ujian komprehensif Business Plan mahasiswa tingkat akhir. BNI (Management Development Training Program I). Middle Management Development Program). C ). Madya.

” Mohamad Fitriyadi (MM Eksekutif Manajemen Stratejik . Business Planning & Analysis Citi Indonesia Citi Employee Scholarship Program 53 . perusahaan global financial services. Saya menyarankan dunia bisnis mengikuti langkah Citi Indonesia. Sampoerna Hutchison CP Telecommunication Infomedia Nusantara Jaya Real Property Johnson & Johnson Indonesia Kao Indonesia Kino Group Matahari Graha Fantasi Medco E&P Indonesia Mobile-8 Telecom Multipolar Corp Novartis Indonesia Nutrifood Indonesia Orang Tua Group Orix Indonesia Finance Pharos Indonesia PLN Procter & Gamble Prudential Life Assurance PZ.Angkatan 30/2006) Vice President .CMB Finance.Mitra Perusahaan dalaM PrograM Pelatihan antara lain: Adira Finance Adira Insurance Aplikanusa Lintasarta Ajinomoto Anugrah Pharmindo Lestari Aqua Danone Arutmin Indonesia Asahiman Subentra Chemical Asuransi Jiwasraya BPPN Bahana Artha Ventura Bank DKI Banpu Group BNI Bursa Efek Jakarta Caltex Pacific Indonesia Charoen Pokphan ConocoPhillips DaimlerChrysler Indonesia Dos Ni Roha Dow Chemical Pacific Foremost Indonesia Freeport Indonesia Friesche Vlag Indonesia Garuda Indonesia Kelompok Kompas Gramedia Group Modern Indah Kiat Indomobil Niaga Jasa Angkasa Semesta Jasa Marga Kalbe Farma Kayaba Indonesia Kompas Konimex Pharmaceutical Lippobank Maruwai Coal Medco Microsoft Indonesia Novartis Biochemie Otto Multiartha Pembangunan Perumahan Perum Perhutani Perum Perumnas Perum Peruri Petrokimia Gresik Pfizer Indonesia PGN Plaza Indonesia Realty PLN Prudential Life Assurance Ratelindo Rekayasa Industri Schlumberger Schneider Indonesia Siemens Indonesia Sinarmas Group Summarecon Agung Surveyor Indonesia Taspen Telkomsel Tesori Mulia The Jakarta Post Tifico Tiga Raksa Trakindo Utama Tunggal Group Unilever Indonesia United Tractors Unocal Indonesia Yamaha Music Manufacturing Asia Yogya Group Yuasa Battery Indonesia Perusahaan PereKrut antara lain: 3M Indonesia AC Nielsen Indonesia Adira Dinamika Multi Finance Agung Podomoro Group AndrewTani & Co Anugrah Argon Medica Asco Dinamika Mobilindo Astra Credit Companies Astra International Asuransi Adira Dinamika Asuransi Astra Buana Bank Danamon Bank HSBC Indonesia Bank Mega Bank Niaga Bank Permata BCA Bentoel Group Berlian Laju Tanker Bhakti Investama Blue Bird Group Bogasari Flour Mills Bumi Serpong Damai Charoen Pokhpand Indonesia Ciputra Group Citigroup Commonwealth Bank Darya Varia Laboratoria Datascrip Djarum Ernst & Young Excelcomindo Pratama Femina Group Fonterra Brands Indonesia Frisian Flag Indonesia Gajah Tunggal GE Consumer Finance Indonesia Gunung Sewu Kencana Heinz ABC Indonesia HM. Sekarang sudah tahun ketiga Citi Indonesia mempercayakan karyawannya belajar secara rutin ke PMBS. Cussons Indonesia Research International Samudera Indonesia Sari Husada Sayap Mas Utama Schneider Indonesia TRAC Astra Rent a Car Shell Indonesia Sinarmas Group Standard Chartered Bank Sun Life Financial Indonesia Synovate Telkomsel Tempo Intimedia Tirta Investama (Danone Aqua) Toyota Astra Motor Toyota Motor Manufacturing Indonesia Trans 7 Unilever Indonesia Valbury Asia Futures “Saya merasakan peningkatan kemampuan analisis bisnis dari hasil belajar di PMBS. mengirimkan karyawan terbaiknya bersekolah di PMBS.

id • Dua surat rekomendasi menggunakan formulir yang telah disediakan. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di kampus Prasetiya Mulya dengan melengkapi formulir dan berkas pendukung.adMisi PrograM PENERiMAAN MAHASiSWA Program MM Prasetiya Mulya diselenggarakan dalam dua angkatan per tahun. Prasetiya Mulya akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran apabila Anda mendaftar secara online. • Mengisi berkas pendaftaran yang telah dilengkapi berkas-berkas pendukung dan esai.or.ac. tes seleksi dilakukan dalam dua tahap. Psikotes dan Bahasa Inggris. Berkas pendukung pendaftaran online lainnya harus Anda kirimkan ke bagian Admisi untuk kelengkapan assessment. Biaya pendaftaran dapat Anda bayarkan langsung atau transfer ke rekening Prasetiya Mulya. • Mengikuti tes seleksi sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan dan lulus tes seleksi MM Prasetiya Mulya meliputi Tes Potensi Akademik (TPA). atau dari senior di organisasi sosial. kandidat akan mengikuti tahap berikutnya yaitu tes lanjutan dan wawancara. Rekomendasi diminta dari dosen wali/pembimbing untuk lulusan baru S1. Program matrikulasi berlangsung selama enam sampai dengan delapan minggu sebelum program MM trimester pertama dimulai.id.dikti. beberapa syarat penerimaan harus dipenuhi antara lain: MATERi PENDUKUNG • Fotocopy ijazah S1 dan transkrip yang telah dilegalisir oleh fakultas /universitas. Program MM Prasetiya Mulya menerima pendaftaran program sepanjang tahun. Informasi penyetaraan ijazah dari luar negeri dapat diperoleh di www. Formulir pendaftaran dapat diambil di kampus Prasetiya Mulya atau dikirimkan ke alamat Anda. latar belakang pendidikan dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi. Proses tes seleksi program juga dilakukan sepanjang tahun dengan jadual yang telah ditetapkan. surat rekomendasi dapat diminta dari partner/mitra bisnis.id. Tahap pertama adalah TPA. dan pada bulan Maret hingga Mei untuk angkatan yang dimulai di bulan Juli pada tahun yang sama. Proses seleksi diselenggarakan pada bulan Oktober hingga Desember untuk angkatan yang dimulai di bulan Maret tahun berikutnya. Proses seleksi dan penerimaan calon mahasiswa baru diselenggarakan tiga sampai empat bulan sebelum program matrikulasi dimulai. Apabila lulus tahap pertama. dari atasan di tempat kerja saat ini atau sebelumnya. • Surat referensi dari perusahaan yang menyatakan status kepegawaian Anda PERSYARATAN MASUK • Lulusan sarjana S1 atau sederajat dari berbagai • Fotocopy kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) • Pasfoto berwarna 3x4 (5 lembar) • Esai 54 . MM Eksekutif Manajemen Stratejik minimum 5 tahun pengalaman kerja dan 2 tahun direntang tersebut adalah pengalaman manajerial. Untuk dapat diterima di program MM Prasetiya Mulya. Bahasa Inggris. Analisa Kasus (untuk program MM Eksekutif Manajemen Stratejik) dan Wawancara. Pendaftaran dapat juga dilakukan secara online melalui situs www. politik atau kemasyarakatan. • Pengalaman kerja: program MM Reguler tidak mensyaratkan pengalaman kerja. MM Eksekutif Manajemen Bisnis minimum 2 tahun pengalaman kerja.ac. Formulir dapat juga di download dari situs www.pmbs. • Khusus untuk kandidat program MM Reguler dan MM Eksekutif Manajemen Bisnis. • Bagi pengusaha atau entrepreneur. Setiap angkatan dimulai dengan program matrikulasi masing-masing dimulai di bulan Maret atau Juli. Apabila pendidikan S1 diperoleh dari luar negeri maka ijazah harus mendapatkan pengakuan legalisasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) sebagai S1. Program berlangsung dalam hitungan trimester (per empat bulan). Bagi yang sudah bekerja. Psikotes. PROSES PENDAFTARAN Prasetiya Mulya tidak menjual formulir pendaftaran. Bukti pembayaran dilampirkan dalam berkas pendaftaran.pmbs.

kami anjurkan Anda untuk melakukan campus visit dan konsultasi program di kampus Prasetiya Mulya. admisi dan faculty member. Layanan diberikan sesuai dengan perjanjian sebelumnya. Anda diperbolehkan mengikuti program Sit-In ini apabila kapasitas kelas memungkinkan. tepat.SESi iNFORMASi Prasetiya Mulya mendorong kandidat untuk bertemu dan berkonsultasi dengan tim pemasaran. PENDAFTARAN Untuk hal-hal yang berhubungan dengan pendaftaran. Layanan ini diberikan berupa kesempatan untuk bisa merasakan suasana kelas di program MM Prasetiya Mulya. Silakan kunjungi website www.00 WIB. 765-7257 55 . Untuk mendapatkan informasi yang lebih menyeluruh mengenai program MM Prasetiya Mulya.ac. Penjelasan program mengenai program MM Prasetiya Mulya diselenggarakan beberapa kali sebelum tiap angkatan dimulai. melihat fasilitas serta memperlihatkan kegiatan kampus.pmbs. silahkan kontak Bagian Admisi Program MM.00 hingga 17. Untuk informasi lebih lanjut.ac. interview dan hal lainnya selama proses seleksi.ac. tes seleksi.id untuk informasi lebih lanjut mengenai Sesi Informasi ini dan daftarkan kehadiran Anda. 750-0463. beberapa kesempatan formal diadakan dalam setahun. tes ulang seleksi.id : (021) 751-1128 Telepon : (021) 751-1126. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan yang lebih Untuk mendapatkan informasi mengenai programprogram Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya lebih lanjut silakan hubungi: MARKETING & CUSTOMER RELATIONS E-mail Fax : mcr@pmbs. Silakan kontak Marketing and Customer Relations atau kirim detail diri Anda ke email mm@pmbs. KUNJUNGAN KAMPUS Tim pemasaran dan admisi bersedia setiap waktu pada jam kerja untuk bertemu dengan kandidat. kami persilakan Anda untuk mengikuti program Sit-In di kelas-kelas program MM yang sedang berjalan sebagai pengamat. SiT-iN Jika Anda tertarik untuk mengalami keunikan suasana belajar di Prasetiya Mulya. diskusi dengan mahasiswa atau faculty member. Akan lebih baik lagi apabila kandidat dapat berdiskusi dengan alumni atau mahasiswa yang sedang belajar di Prasetiya Mulya. Anda dapat berkunjung ke kampus Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya pada setiap hari kerja (Senin sampai Jumat) pada jam 08.id untuk pendaftaran layanan ini.

Lokasi Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya u Kampus Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya terletak di lokasi yang strategis dan mudah diakses di daerah Cilandak Barat. tol dalam kota (Jakarta Inner Ringroad). bus dan transportasi umum lainnya dapat diakses di depan kampus yang terletak di jalan utama. ±2 jam dari stasiun kereta api Gambir. 30 menit dari terminal bus Kampung Rambutan dan 10 menit dari terminal bus Lebak Bulus. Lokasi kampus berada dekat dengan tol TB.5 jam menuju kampus Prasetiya Mulya dari bandara internasional Soekarno – Hatta (Cengkareng). 56 . tol Jagorawi dan tol Cikampek. Hankam – Cikunir. yang menghubungkan Serpong – Bintaro. 40 menit dari terminal bus Blok M. Jakarta Selatan. Taxi. Simatupang (Jakarta Outer Ringroad). 40 menit dari bandara Halim Perdanakusumah. Dibutuhkan waktu selama ±1.

765-7257 Fax : (62-21) 751-1128 Email : mm@pmbs. 750-0463. Cilandak Barat Jakarta Selatan 12430 . A. Simatupang). Kartini (TB.Indonesia Tel : (62-21) 751-1126.id www.pmbs.ac.Jl. R.ac.id .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful