PROPOSAL PENGARUH AIR TERHADAP TANAMAN TOMAT

1. Latar Belakang . Perkembangan dan pertumbuhan dipengaruhi oleh dua factor yaitu factor internal dan factor eksternal dan factor internal . Faktor eksternal dipengaruhi oleh nutrisi , cahaya , oksigen , air , suhu dan musim dan factor internal dipengaruhi oleh hormon. Kelompok kami akan melakukan percobaan untuk menanam tanaman tomat yang dipengaruhi oleh factor eksternal yaitu air. Air sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Tanpa air, tumbuhan tidak dapat berfotosintesis sehingga tidak akan tumbuh dan berkembang baik. Kami memilih judul Pengaruh Air Terhadap Tanaman Tomat karena kami ingin mengetahui perkembangan tumbuhan yang diberi air setiap hari dan yang jarang diberi air. Tomat (Solanum lycopercum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 13 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang. Kata “tomat” berasal dari kata Nahuatl menurut tulisan karangan Andrew F. Smith “The Tomato in America”, tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia 2. Rumusan Masalah Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh air terhadap tanaman tomat. Kami menemukan beberapa masalah yang sering diperbincangkan oleh masyarakat tetapi belum ada penjelasan yang jelas mengenai masalah ini. Oleh karena itu kami melakukan penelitian untuk membahas permasalahan ini. Adapun masalah ini, yaitu: 1. Apa pengaruh air terhadap tanaman tomat? 2. Apakah tanaman tomat dapat berkembang baik hanya dengan di beri air? 3 Tujuan Penelitian Penelitian ini kami lakukan untuk mengetahui seberapa pengaruh air terhadap tanaman tomat. Penelitian ini bertujuan untuk memberitahu kepada pembaca dan khususnya kepada kami tentang pentingnya air terhadap tanaman tomat. 4 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca dan khususnya kami sendiri. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber referensi tentang pengaruh air terhadap tanaman. 5 Batasan Penelitian Untuk menghindari meluasnya penelitian ini, maka kami membatasi penelitian pada factor eksternal yaitu air.

Jadwal Kegiatan Kami melakukan kegiatan ini pada hari senin tanggal 9 agustus 2011. Siram dengan air 6. Biji Tomat 2. Siram pot kedua dengan air setiap 2 hari sekali dengan jam yang sama 8. Siram pot pertama dengan air setiap hari setiap jam 06. Kami harus menunggu selama beberapa hari untuk mengamati tanaman tomat tersebut dikarenakan kami harus menunggu perkembangan tanaman tomat tersebut. Botol Bekas air Mineral yg sudah dipotong 2. Belah buah tomat. Masukan tanah kedalam pot sebanyak setengah bagian pot 4. Cuter Bahan : 1. Anggaran Dana . Tunggu perkembangan dari tanaman tomat 10.00 pagi 7.6 Metode Penelitian Metode penelitian yang kami gunakan adalah dengan melakukan pengamatan terhadap perkembangan tanaman tomat. Alat dan Bahan • Alat : 1. Air • 9. Tanah 3. yang kami lakukan adalah menanam tanaman tomat untuk melakukan pengamatan. Gemburkan tanah 3. Selain kami melakukan pengamatan kami pun mencari data dari buku-buku dan internet yang terkait dengan masalah pengamatan yang kami lakukan 7.pisahkan biji tomat dari daging tomat 2. 8. Sekop 3. Tanam biji tomat yang sudah dipisahkan dari daging tomat tersebut 5. Cara Kerja Menanam Tanaman Tomat  Cara Kerja : 1.

Sehingga kami tidak membeli peralatan dan bahan. Penutup Kami mengharapkan pengamatan yang kami lakukan ini berjalan dengan lancar serta dapat meakukan pengamatan dengan teliti. Kami sangat membutuhkan kritik dan saran untuk meyempurnakan pengamatan yang kami lakukan. 11. Kami melakukan pengamatan untuk memenuhi tugas biologi.Kami tidak mengeluarkan dana untuk melakukan pengamatn ini karena alat dan bahan yang kami gunakan untuk melakukan pengamatan ini berasal dari barang-barang yang sudah tidak terpakai dan tersedia di rumah. Dokumentasi 12. Kami mengharapkan para pembaca bisa menuliskan kritik dan saran di tempat yang sudah disediakan Kritik : ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… Saran : ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful