P. 1
Laporan individu kkn

Laporan individu kkn

|Views: 304|Likes:
Published by Imung Yulistina

More info:

Published by: Imung Yulistina on Sep 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/07/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Salah satu Tridarma Perguruan Tinggi yang diemban selama ini adalah Pengabdian pada Masyarakat. Untuk mewujudkan hal itu, maka Unhas selaku perguruan tingg bersama beberapa perguruan tinggi lainnya menjadi pelopor dalam suatu bentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bernama Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat yang timbul akibat adanya dasar konsep-konsep akademis yang terkait dengan realitas kehidupan masyarakat, mengaplikasikan teori melalui pengalaman-pengalaman di lapangan dan mahasiswa dituntut pula untuk menjadi manusia yang siap dan percaya diri dalam kehidupan bermasyarakat, karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi dengan sesamanya. Kegiatan KKN pada intinya tidak terlepas dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu kegiatan-kegiatan mahasiswa mampu menjadi motivator di tengah masyarakat dalam membangun daerahnya. Keterlibatan mahasiswa yang terjun langsung didalam KKN tidak hanya bersifat fisik namun juga bersifat non fisik yang merupakan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan ilmu yang dimiliki, mahasiswa diharapkan dapat 1

Kecamatan Barru. Masyarakat yang cenderung menerapkan pola sederhana dalam setiap kehidupannya.2 Tujuan KKN KKN adalah program intrakurikuler dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa. maka realisasinya harus sekaligus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Dan untuk saat ini. karena pelaksanaannya mengambil lokasi di masyarakat dan memerlukan keterlibatan masyarakat. Universitas Hasanuddin sebagai institusi keilmuan telah menetapkan mahasiswa untuk melaksanakan kuliah kerja nyata di tengah-tengah masyarakat. 1. Kabupaten Barru. Namun demikian. dengan kehadiran mahasiswa di tengah-tengah mereka dapat memberikan masukan tentang metode yang modern dan kompleks. yaitu: memberikan pendidikan tidak hanya dalam kelas tetapi juga pendidikan pelengkap kepada mahasiswa untuk pengembangan diri dengan melakukan interaksi sosial 2 . dengan harapan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah sebagai wujud kepedulian dan partisipasi Universitas Hasanuddin dalam peningkatan pembangunan masyarakat. KKN UNHAS Gelombang 80 Tahun 2011 salah satunya berlokasi di Desa Galung. Karenanya KKN memiliki arah yang ganda.membantu masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Dengan metode yang lebih modern diharapkan pemberdayaan potensi dapat memunculkan kemandirian lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menjadikan lebih dewasanya kepribadian mahasiswa dan bertambah luasnya wawasan mahasiswa. 3 . yaitu mahasiswa.kemayarakatan di luar kelas. ada 4 tujuan harus dicapai melalui pelaksanaan KKN. dan Perguruan Tinggi. Memacu pembangunan masyarakat dengan menumbuhkan motivasi kekuatan sendiri. masyarakat bersama Pemerintah Daerah. Secara ringkas.3 Sasaran KKN Pada dasarnya KKN (Kuliah Kerja Nyata) mempunyai tiga kelompok sasaran. Memberi pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat dan pengalaman kerja nyata pembangunan. Mahasiswa. 4. yaitu: 1. 2. a. dan membantu masyarakat serta pemerintah melancarkan kegiatan sosial kemasyarakatan dan kegiatan pembangunan di lokasi KKN. teknologi dan seni yang dipelajarinya bagi pelaksanaan pembangunan. Mendekatkan Perguruan Tinggi kepada masyarakat. 1. Masing-masing akan memperoleh manfaat dari pelaksanaan KKN. sebagai berikut: 1. 3. Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang pemanfaatan ilmu.

dan melaksanakan pembangunan. merumuskan. 2. 3. Memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga. Mendewasakan cara berpikir serta meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan. Perguruan Tinggi a. Masyarakat Bersama Pemerintah Daerah / Institusi a. Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswa dengan proses pambangunan di tengah-tengah masyarakat.b. 4 . c. dan pemecahan masalah secara pragmatis ilmiah. sehingga kurikulum. Terbentuknya kader-kader penerus pembangunan di dalam masyarakat sehingga terjamin kelanjutan upaya pembangunan. b. perumusan. serta IPTEKS dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan. Memperoleh cara-cara baru yang dibutuhkan untuk merencanakan. materi perkuliahan dan pengembangan ilmu yang ada diPerguruan Tinggi dapat disesuaikan dengan tuntutan nyata pembangunan. b. Memperoleh berbagai kasus yang berharga yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan materi perkuliahan dan berbagai masalah untuk pengembangan penelitian. Memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan masyarakat berdasarkan IPTEKS secara interdisipliner atau antar sektor. c.

memperluas. dan mempererat kerjasama dengan instansi serta depertemen lain melalui rintisan kerjasama dari mahasiswa yang melaksanakan KKN. Meningkatkan. 5 .c.

Ditambah lagi dengan curah hujan yang tinggi membuat tanaman sayur maupun buah dapat tumbuh dengan baik dan subur. Selain itu. di mana areal hutan rakyat adalah yang terbesar dibanding 6 .1 Keadaan Geografi Secara geografis.BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI 2. kebanyakan masyarakat beralih menjadi petani sayuran atau palawija. karena sebahagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Hal ini didasarkan pada letaknya yang dikelilingi oleh pegunungan. luas Desa Galung ini adalah 1063 Ha. Desa Galung termasuk dalam daerah dataran yang relative tinggi. Keadaan ini secara nyata menguntungkan bagi masyarakat Desa Galung sendiri. Pada musim kemarau. Hal tersebut didukung dengan suhu rata-rata sekitar 32 derajat Celcius dan jumlah bulan hujannya kurang lebih 8 bulan. Iklim yang cukup bersahabat bagi bidang pertanian dan perkebunan membuat Desa Galung sangat berpotensi untuk dijadikan kawasan agrowisata. keadaan ini juga memberikan potensi yang cukup besar bagi desa ini karena dapat dijadikan sebagai daerah tujuan wisata. Menurut data dari Kantor Kepala Desa Galung. Posisi Desa Glaung yang berada di ketinggian 110 hingga 1600 meter di atas permukaan laut juga menjadi faktor pendukung dalam bidang pertanian dan perkebunan.

40 864.peruntukkan lainnya. Ini berarti masyarakat berhak untuk mengelola hasil-hasil hutan. seperti sawah dan pemukiman umum. Sebab luas hutan tersebut belum dikelola secara menyeluruh.47 1589. Tabel di bawah ini menjelaskan luas wilayah desa menurut penggunaannya. Tabel 1. Desa Galung memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan kawasan agrowisata. Hutan di wilayah Desa Galung didominasi oleh hutan rakyat. menyusul kemudian perkebunan dan kemudian persawahan. Diantara wilayah yang luas tersebut juga terdapat lahan terlantar seluas 600 ha. Luas Wilayah Desa Menurut Penggunaannya.5 57. Hanya sebagian kecil wilayah tersebut yang telah dikelola oleh masyarakat. 7 .80 366. No. Dengan hutan yang sangat luas.91 30.53 39.17 Sumber: Data Sekunder. 1 2 3 4 5 6 7 Penggunaan Pemukiman Umum Ladang Lahan Kritis Fasilitas Umum Persawahan Perkebunan Hutan Luas (Ha) 70. 2010 Tabel 1 di atas memberikan keterangan bahwa di antara 7 jenis penggunaan wilayah desa. wikayah hutan masih mendominasi dan menempati urutan yang pertama. Tahun 2010.

Desa Galung ini dibatasi oleh: Sebelah Utara Sebelah Selatan Sebelah Timur Sebelah Barat : Desa Kamiri Kec. namun keadaan jalan yang menghubungkan desa ini dengan jalan poros utama mengalami kerusakan. 8 . Dalam pembagiannya.Menurut batas wilayahnya. Walaupun terasa dekat dari kota Barru. Hal ini deisebabkan banyaknya kendaraan berat yang masuk membuat akses jalan ini mengalami kerusakan. Jumlah Penduduk Desa Penduduk adalah sejumlah orang yang mendiami suatu wilayah. Desa Galung berjarak kurang lebih 13 km. Masyarakat desa ini sangat mengharapkan perhatian pemerintah serempat untuk mengatasi kondisi jalan ini. Mereka menetap dan membangun kebudayaan (adat istiadat) sebagai hasil interaksi kehidupan sehari-hari. Dan hal ini berlaku pula dalam penghitungan jumlah penduduk di Desa Galung ini. waktu tempuh umtuk mencapai desa ini sedikit lebih lama. Dari ibukota kecamatan. B. Keadaan Demografis 1. Balusu : Desa Palakka : Kabupaten Soppeng : Desa Tompo dan Palakka Hasil pengamatan menunjukkan bahwa desa ini tergolong dekat dari jalan poros yang menghubungkan Kabupaten Maros dan Kota Pare-pare. secara umum penduduk dibagi atas penduduk laki-laki dan penduduk perempuan. Oleh karenanya.

Tabel 3. Berdasarkan persentasenya. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin. Data jumlah penduduk ini merupakan data tersaji dari Pemerintah Desa setempat. Dari jumlah total penduduk di atas. 2010 9 . Tabel 2. 1 2 Jenis Kelamin Laki-laki Perempuan Jumlah Total Sumber: Data Sekunder.28 50. perbedaannya adalah sebesar 1. tercatat ada 629 Kepala Keluarga yang mendiami desa ini. Tabel 3 di bawah ini selanjutnya merinci jumlah penduduk menurut golongan usia.72 100 Tabel 2 menjelaskan bahwa jumlah penduduk perempuan adalah lebih besar dibanding jumlah penduduk laki-laki. 2010 No 1 2 3 Golongan Umur Usia 0 – 14 Tahun Usia 15 – 59 Tahun Usia Diatas 60 Tahun Jumlah Total Jumlah Jiwa 703 1378 195 2276 Sumber: Data Sekunder. 2010 Jumlah Penduduk (Jiwa) 1099 1177 2276 Persentase (%) 49. Jumlah Penduduk Dirinci Menurut Golongan Usia. Tahun 2010 No.Di bawah ini disajikan tabel mengenai jumlah penduduk Desa Galung dalam kurun tahun 2010.44%.

Tabel ini juga menunjukkan bahwa jumlah usia kerja atau usia produktif di Desa Galung jauh lebih besar dibandingkan usia nonproduktif. tingginya kebutuhan akan pekerjaan tertentu membuat masyarakat menciptakan lapangan kerja sendiri yang memang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. 10 . 2. Keberagaman ini didasarkan banyaknya lapangan kerja potensial di daerah ini. Mata Pencaharian Penduduk Desa Mata pencaharian penduduk Desa Galung cukup beragam. Tabel berikut menjelaskan secara rinci hal itu. Sedangkan jumlah terkecil terdapat pada golongan usia diatas 60 tahun. tabel tersebut memberikan kesimpulan bahwa sebahagian besar angkatan kerja terserap di bidang pertanian. Tabel di bawah ini menyajikan data tentang jumlah penduduk yang bekerja dan jenis pekerjaan mereka. Selain itu.Tabel 3 di atas menunjukkan bahwa jumlah penduduk golongan usia 1559 tahun menempati urutan pertama. Secara tersirat. Hal ini disebabkan luasnya lahan yang tersedia untuk digarap dan lahan yang relative subur untuk dijadikan sebagai lahan pertanian.

2010 Jumlah total penduduk yang bekerja dari tabel 4 di atas adalah 1081 orang. Tingkat Pendidikan Penduduk Desa Pendidikan. Tahun 2010 No. 1 2 3 4 5 6 7 8 Jenis Pekerjaan Petani PNS Peternak Montir Pedagang Supir Tukang Kayu Tukang Batu Jumlah Penduduk 618 35 369 8 24 7 8 12 Sumber: Data Sekunder. Hal ini berarti bahwa suatu wilayah yang masyarakatnya mempunyai tingkat pendidikan baik. menurut para ahli. Jika dibandingkan dari total 1378 jiwa usia produktif di Desa Galung. maka kesejahteraan masyarakat desa tersebut tergolong baik.Tabel 4. 11 . Jenis Mata Pencaharian Penduduk Desa Galung. merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan kesejahteraan seseorang. Ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Galung mampu menjadi mandiri dan menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri. 3. jumlah ini hanya berkisar pada angka 78% saja yang bekerja. maka persentase kesejahteraan yang dapat diperolehnya juga semakin tinggi. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang.

Di Desa Galung terdapat dua sarana pendidikan. 2010 Tingkat Pendidikan Belum Sekolah Jumlah (jiwa) 254 Tidak Tamat SD/Sederajat Tamat SD/Sederajat SMP/Sederajat SMA/Sederajat Tamat Ak/PT Sumber: Data Sekunder.Beberapa tahun terakhir. Oleh karenanya perlu mendapat dukungan dari semua elemen masyarakat Desa Galung. Hal ini tentunya merupakan sinyal positif dari pemerintah desa setempat. Tabel 5. 2010 353 779 617 230 43 12 . pemerintah Desa Galung mulai memberikan perhatian lebih pada sektor pendidikan. Tabel di bawah ini akan menggambarkan tingkat pendidikan masyarakat di Desa Galung. Untuk SMP hanya terdapat satu sekolah saja. sedangkan untuk tingkat SMA hanya terdapat di Ibukota Kecamatan. yaitu SMP Negeri 3 Barru. Penduduk Desa Galung juga dapat diklasifikasikan berdasarkan berdasarkan tingkat pendidikan yang mereka miliki. Jumlah Guru dan Siswa Desa Galung. yakni SD Inpres Galung dan SD Inpres Kalompi.

Microsoft Word merupakan suatu program aplikasi pengolahan kata yang berfungsi dalam pengetikan. dan dapat pula melakukan penyisipan gambar. Perkembangan teknologi informasi juga didukung oleh berkembangnya aktivitas blogging di kalangan masyarakat modern dewasa ini.1 Identifikasi Masalah Teknologi informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. teknologi informasi merupakan hasil keluaran dari teknologi komputer yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data. Selain itu. Komputer merupakan alat yang dipakai untuk mengolah suatu atau beberapa data menurut prosedur. Salah satu alat dari teknologi informasi adalah komputer. Microsoft Office merupakan sabuah paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan dibawah sistem Operasi Windows. pengeditan dan pembuatan tabel.BAB III IDENTIFIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH 3. Salah satu program yang tersedia didalam Microsoft Office adalah Microsoft Word. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan- 13 . Microsoft Word dapat membantu masyarat dalam pembuatan suatu dokumen.

14 . Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. media publikasi dalam sebuah kampanye politik. Dengan adanya pembuatan Blog Desa Galung. sampai dengan program-program media dan perusahaanperusahaan. Dengan adanya pelatihan komputer ini diharapkan para siswa-siswi dapat mengikuti perkembangan teknologi yang semakin berkembang.2 Pemecahan Masalah Dengan adanya Pelatihan Komputer khususnya Microsoft Word dapat membantu siswa-siswi SMP Negeri 3 Barru dalam pengenalan pada aplikasi Microsoft Word sehingga dapat membatu dalam pengerjaan atau pembuatan suatu dokumen yang menggunakan aplikasi Microsoft Word. dari sebuah catatan harian. pemerintah desa dapat mempromosikan Desa Galung kepada pihak luar desa dengan memasukkan artikel setiap kegiatan yang terjadi di Desa Galung. Selain itu. dengan adanya pembuatan blog ini diharapkan pemerintah atau warga Desa Galung dapat mempromosikan Desa Galung kepada pihak luar desa.tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. 3.

pengenalan Fitur-Fitur Microsoft Word 2007. Materi yang diberikan pada pelatihan dasar komputer ini adalah Microsoft Office Word 2007. Microsoft Office Word 2007 ini baru diajarkan karena pada kurikulum sebelumnya yang digunakan adalah Ms.1 Hasil Kegiatan a. membuka dan mengedit suatu dokumen pada aplikasi Microsoft Word 2007. Pelatihan Dasar Komputer Pelaksanaan pelatihan dasar komputer ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMP Negeri 3 Barru selama dua minggu dengan dua kali pertemuan. pembuatan Dokumen pada aplikasi Microsoft Word 2007.BAB IV PELAKSANAAN KEGIATAN 4. Peserta pelatihan dasar komputer ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 3 Barru. Selain itu dalam Pelatihan Komputer siswa-siswi juga diajarkan bagaimana cara untuk menyimpan. Selain itu. Fitur-fitur yang tersedia pada Microsoft Word 2007 berbeda dengan Microsoft Word 2003 sehingga materi yang diajarkan adalah pengenalan aplikasi Microsoft Word 2007. Hal disesabkan karena Microsoft Word 2007 ini merupakan kurikulum dari pelajaran komputer di SMP Negeri 3 Barru. Office Word 2003. 15 .

com. Blog Blog Desa yang digunakan ini adalah adalah wordpress. 4. Lembaga Masyarakat Desa.com . Alamat Galung desagalung. dan Galeri.wordpress. Potensi Wisata. Struktur Organisasi. 16 .b. Pembuatan Blog Desa Galung Pembuatan Blog Desa Galung ini dilakukan di posko. Dalam proses pemberian materi. selama dua minggu. siswa-siswi yang ada dapat dengan mudah menerima materi walaupun buku yang tersedia merupakan buku yang dikhususkan untuk Microsoft Word 2003. Dimana halaman Home berisi tentang artikel terbaru yang di-posting oleh admin. Pelatihan Dasar Komputer Kendala yang dihadapi dalam Pelatihan Komputer yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Barru adalah siswa-siswi yang belum pernah mengenal Microsoft Word 2007 sehingga pelatihan yang diberikan dimulai dari materi yang paling dasar. Selain itu waktu yang diberikan tidaklah cukup untuk mengajarkan siswa-siswi secara keseluruhan materi yang direncanakan. Selain itu dikarenakan Komputer yang tersedia tidak sebanding dengan siswa-siswi yang ada sehingga pemateri mengalami kendala dalam pemberian materi. Informasi yang ditampilkan pada blog ini adalah Home.2 Kendala Yang Dihadapi a. Kondisi Geografis. di rumah Pak Desa Galung. Tentang Desa Galung yang terdiri dari Profil Desa dan Visi-Misi.

pihak staf kantor desa yang akan melengkapi data yang ada di blog.b. Pembuatan Blog Kendala yang dihadapi dalam pembuatan Blog Desa Galung adalah lambatnya pemberian data-data dari staf kantor desa yang berupa profil desa. Oleh sebab itu. 17 . Tidak lengkapnya data yang diinginkan menyebabkan blog tersebut tidak terinput semua.

Microsoft Word dapat membantu masyarat dalam pembuatan suatu dokumen.1 Kesimpulan Pelaksanaan pelatihan dasar komputer ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMP Negeri 3 Barru selama dua minggu dengan dua kali pertemuan. Perkembangan teknologi informasi juga didukung oleh berkembangnya aktivitas blogging di kalangan masyarakat modern dewasa ini. pengeditan dan pembuatan tabel. Microsoft Word merupakan suatu program aplikasi pengolahan kata. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam. Microsoft berguna dalam pengetikan. dan dapat pula melakukan penyisipan gambar. Dimana materi yang diberikan adalah Microsoft Office 2007. Dengan adanya pembuatan blog ini diharapkan pemerintah atau warga Desa Galung dapat mempromosikan Desa Galung kepada pihak luar desa. 18 . sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. media publikasi dalam sebuah kampanye politik. dari sebuah catatan harian.BAB V PENUTUP 5. Peserta pelatihan dasar komputer ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 3 Barru.

2 Saran  Sebaiknya buku yang digunakan oleh siswa-siswi sesuai dengan aplikasi yang digunakan karena hal ini akan membingungkan para siswa.5. 19 .  Sebaiknya Blog Desa Galung selalu di-update agar user atau pengunjung tetap mengunjungi Blog Desa Galung.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->