P. 1
Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan Komputer

Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan Komputer

|Views: 791|Likes:
Published by Tulus Basuki

More info:

Published by: Tulus Basuki on Sep 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

LATAR BELAKANG DAN SEJARAH JARINGAN KOMPUTER

Sejarah jaringan komputer global ( dunia ), dimulaipada tahun 1969, ketika Departemen Pertahan Amerika, membentuk Defense Advance Research Projects Agency ( DARPA ) yang bertujuan mengadakan riset mengenai 'cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik'. program riset ini kemudian dikenal dengan nama ARPANET ( Advance Research projects Agency Network ). pada tahun 1970, lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan ( satu dengan yang lain ), saling berkomunikasi, dan membentuk sebuah jaringan. pada atahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk riset ARPANET. program e-mail tersebut begitu mudah dan lansung populer saat itu. pada tahun yang sama, icon [@] diperkenalkan sebagai lambang yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer yang diberi nama ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai luar Amerika Serikat. komputer di University College di London merupakan komputer diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. pada tahu yang sama pula, dua orang ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network. ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Sussex University. hari bersejarah berikutnya terjadi pada tanggal 26 Maret 1976. ketika itu, ratu Inggris berhasil mengirimkan sebuah e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. setahun kemudian, lebih dari 100 komputer telah bergabung dalam system ARPANET dan membentuk sebuah jaringan atau Network. pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan Newsgroups pertama yang diberi nama USENET ( User Network ). pada tahun 1981, France Telecommenciptakan sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama dunia ( orang dapat saling menelepon sambil berinteraksi denagan Video link ). seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah komisi Transmission Control Protocol ( TCP ) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol ( IP ) yang kita kenal hingga saat ini. sementara itu, didaratan Eropa muncul sebuah jaringan tandingan yang dikenal dengan Europe Network ( EUNET ) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan eunet ini menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer yang sudah ada, pada tahun 1984 diperkenalkan system dengan nama DOMAIN yang lebih dikenal dengan Domain Name System ( DNS ). dengan system DNS, komputer yang tersambung dengan jaringan melebihi 1.000 komputer. pada tahun 1987 diperkirakan komputer yang tersambung ke jaringan tersebut melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 komputer lebih. tahun 1988, Jarkko Oikarinen berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan ( Chatting ). akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100.000 komputer membentuk sebuah jaringan.pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe editor dan browser yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. programe inilah yang disebut WWW atau World Wide Web.

tahun1992, ko mputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui lebih dari stau juta komputer. pada tahun yang sama muncul satu istilah yang beken, yaitu Surfing ( Menjelajah ). tahun 1994, situs-situs Dunia mulai tumbuh dengan subur ( setidaknya, saat itu terdapat 3.000 alamat halaman ) dan bentuk pertama kalinya Virtual Shopping atau e-retail muncul diberbagai situs. Dunia langsung berubah dengan diluncurkannya perusahaan Search Engine Pertama, yaitu Yahoo!. yang dibangun oleh David Filo dan Jerry yang pada bulan April 1994. Netscape Navigator 1.0. diluncurkan dipenghujung tahun 1994.

Untuk mengatasi hal itu. maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dibuatlah sebuah komputer yang harus dapat melayani beberapa terminal. Pada sistem TSS ini beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. maka dibuatlah proses beruntun (Batch Processing) sehingga beberapa program dapat dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian. Memasuki tahun 1970-an. Berikut ini akan saya bahas sedikit tentang Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer untuk pertama kalinya. Permasalahan yang dihadapi oleh para ilmuwan tersebut adalah ingin memanfaatkan komputer agar dapat di pakai secara bersama untuk mengerjakan beberapa proses tampa harus banyak membuang waktu kosong. Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Di Amerika Serikat sekitar tahun 1940-an terjadi krisis pemanfaatan sumberdaya komputer yang dialami oleh sebuah lembaga penelitian di laboratorium Bell dan group riset Harvad University. Dan muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan sebutan TSS (Time Sharing System) untuk bentuk pertama kali jaringan komputer di aplikasikan. Hal ini juga merupakan proyek pengembangan komputer MODEL I yang dipimpin oleh Profesor H. Dari proses TSS ini pulalah mulai nampak perpaduan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang secara sendiri-sendiri. setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal. karena .Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan Komputer Mempelajari Ilmu Jaringan Komputer rasanya belum sah kalau kita belum mengetahui sejarah awal munculnya jaringan komputer. Aiken. Proses diperlukan perpaduan antara teknologi komputer dan telekomunikasi. Pada tahun 1950-an ketika jenis komputer sudah mulai membesar dan terciptanya super komputer.

Demikian juga ketika Internet berkembang. dari mulai menangani proses bersama atau komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) tanpa melalui komputer pusat. . Setelah harga komputer mikro sudah terjangkau dan konsep proses distribusi sudah matang. maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai terhubung dan terbentuk jaringan raksasa yang dikenal dengan istilah WAN (Wide Area Network). sampai kemudian berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network).selain proses yang harus didistribusikan. semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat. maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam.

Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer. Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing). Dari sinilah maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan.Sejarah Singkat Jaringan Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. . Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal.

Koneksi secara Full-Time dan langsung (Directly Connected ) Alat-alat yang umum digunakan : 2. Administrasi dilakukan melalui administrator lokal. Token Ring dan FDDI. Dapat digunakan multi-access hingga high-bandwidth. maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Ciri-ciri LAN: Bekerja di area geografis yang terbatas. JENIS-JENIS JARINGAN Secara umum jaringan komputer terdiri atas lima jenis: 1. MAN mampu menunjang data dan suara. Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN). merupakan jaringan local yang digunakan oleh suatu organisasi untuk berbagi sumber daya (resources sharing) seperti printer dan file. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan. pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. LAN biasanya dibangun dan dikelola oleh organisasi tersebut. maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN (Word Area Network).Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang. . bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. Teknologi LAN antara lain Ethernet. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN).

Koneksi secara Full-Time dan Part-Time Alat-alat yang umum digunakan : 4. jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas. Dapat diakses melalui Serial Interface dengan kecepatan yang rendah. . Intranet ini mempunyai sifat tertutup yang berarti pengguna dari luar organisasi tidak dapat mengaksesnya. WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan akses ke komputer–komputer atau file server pada lokasi lain. Frame Relay. T1. Intranet Melibatkan jaringan LAN dan Web Server yang terpasang pada jaringan LAN tersebut. DSL. WAN memungkinkan terjadinya komunikasi diantara dua perangkat yang terpisah jarak yang sangat jauh. T3. seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. Beberapa teknologi WAN antara lain adalah Modem.3. ISDN. E1. Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN). Web Server digunakan untuk melayani permintaan pengguna internal suatu organisasi untuk menampilkan data dan gambar. E3 dan SONET. Ciri-ciri WAN: Bekerja di area geografis yang luas.

Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan. Terdapat pula jaringan yang lain : 1. Dengan VPN. baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. akses data ke jaringan pusat perusahaan dapat melalui internet dengan cara membangun secure tunnel antara computer Client dan VPN router di jaringan pusat perusahaan.Storage Area Network (SAN) SAN merupakan jaringan yang memiliki high-performance dan digunakan untuk komunikasi data antara server dan storage resoures. Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini. Virtual Private Network (VPN) VPN merupakan private yang dibangun dan dihubungkan didalam atau melalui public network seperti global Internet. seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. 2. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak compatibel dan berbeda. . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya.5. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

komputer di University College di London merupakan komputer diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. pada atahun 1972. pada tahun yang sama. ketika itu. lebih dari 100 komputer telah bergabung dalam system ARPANET dan . icon [@] diperkenalkan sebagai lambang yang menunjukkan “at” atau “pada”.Sejarah jaringan komputer global ( dunia ). pada tahu yang sama pula. dua orang ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network. ketika Departemen Pertahan Amerika. lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan ( satu dengan yang lain ). saling berkomunikasi. Program e-mail tersebut begitu mudah dan lansung populer saat itu. Program riset ini kemudian dikenal dengan nama ARPANET ( Advance Research projects Agency Network ). membentuk Defense Advance Research Projects Agency ( DARPA ) yang bertujuan mengadakan riset mengenai „cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik‟. Hari bersejarah berikutnya terjadi pada tanggal 26 Maret 1976. ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Sussex University. jaringan komputer yang diberi nama ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai luar Amerika Serikat. dimulaipada tahun 1969. Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk riset ARPANET. setahun kemudian. Tahun 1973. pada tahun 1970. dan membentuk sebuah jaringan. ratu Inggris berhasil mengirimkan sebuah e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.

Tom Truscott. sementara itu. Netscape Navigator 1. pada tahun yang sama muncul satu istilah yang beken. pada tahun 1982 dibentuk sebuah komisi Transmission Control Protocol ( TCP ) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol ( IP ) yang kita kenal hingga saat ini. saat itu terdapat 3. . seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan. untuk itu. Menemukan DNS Server untuk Menambah Kecepatan Koneksi Internet Jan 19.membentuk sebuah jaringan atau Network.pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah. Pada tahun 1979. setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe editor dan browser yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. yaitu Surfing ( Menjelajah ). dan Steve Bellovin menciptakan Newsgroups pertama yang diberi nama USENET ( User Network ). kali ini saya akan membahas lebih banyak tentang custom DNS (Domain Name Server). yang dibangun oleh David Filo dan Jerry yang pada bulan April 1994. dengan system DNS. Bagi yang belum tahu.000 komputer membentuk sebuah jaringan.000 komputer lebih. 2011 by masbin Under Tips & Trik . diluncurkan dipenghujung tahun 1994. Tahun 1992. Jim Ellis. programe inilah yang disebut WWW atau World Wide Web. Denmark. dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. situs-situs Dunia mulai tumbuh dengan subur ( setidaknya. didaratan Eropa muncul sebuah jaringan tandingan yang dikenal dengan Europe Network ( EUNET ) yang meliputi wilayah Belanda. pada tahun 1984 diperkenalkan system dengan nama DOMAIN yang lebih dikenal dengan Domain Name System ( DNS ). tak kurang dari 100. tahun 1994. Jaringan eunet ini menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.000 komputer. komputer yang tersambung dengan jaringan melebihi 1. komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui lebih dari stau juta komputer. Tahun 1988. France Telecommenciptakan sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama dunia ( orang dapat saling menelepon sambil berinteraksi denagan Video link ).36 Comments Seperti posting tentang DNS sebelumnya.000 alamat halaman ) dan bentuk pertama kalinya Virtual Shopping atau e-retail muncul diberbagai situs. yaitu Yahoo!. Untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer yang sudah ada. Jarkko Oikarinen berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan ( Chatting ). akibatnya. pada tahun 1981. penjelasan singkatnya DNS atau DNS server adalah server yang bertugas menerjemahkan nama domain ke alamat IP (IP address) sebelum ditelusuri lebih lanjut.0. Inggris. dan Swedia. pada tahun 1987 diperkirakan komputer yang tersambung ke jaringan tersebut melonjak 10 kali lipat menjadi 10. Dunia langsung berubah dengan diluncurkannya perusahaan Search Engine Pertama.

entah itu di kantor. Yang akan kita lakukan disini adalah menemukan dan mengubah alamat DNS (yang juga berupa IP) atau biasa disebut custom DNS. Aplikasi ini . komputer kita berkomunikasi dengan internet menggunakan alamat IP.com. Kecepatan kita saat koneksi ke Internet juga tergantung seberapa cepat DNS server dapat melayani permintaan kita untuk menerjemahkan nama domain (contohnya facebook. rumah atau hotspot di kampus atau mall. apa alamat IP dari facebook. kinerjanya juga tergantung kapasitas server tersebut (CPU.com) ke alamat IP yang bersangkutan.8. Google Public DNS adalah salah satu pilihannya. Alamat IP Google Public DNS adalah :8. Biasanya ini sangat cepat. Jika anda menginginkan tambahan kecepatan koneksi Internet.com misalnya. tapi karena DNS adalah server. setiap kita tersambung ke Internet.8.4 (DNS Primary / Secondary). Misalnya ketika permintaan melebihi kapasitas server DNS.4. fastnet dan sebagainya. pasti alamat DNS ini sudah ada secara otomatis (default). cara singkat kerjanya. maka yang akan terjadi adalah lambat atau malah keluar notifikasi error di browser kita.8. memory) dan juga jumlah layanan yang bisa dilayani sekaligus. Nah. kemudian setelah dibalas oleh DNS server dengan alamat IP yang bersangkutan. anda bisa menggunakan NameBench. komputer akan mencari alamat tersebut melalui ISP (Internet Service Provide) kita seperti speedy.8 / 8. Tujuan menggunakan custom DNS ini bermacam-macam diantaranya untuk memperbaiki kecepatan ber-Internet-ria.Jadi. Jika anda ingin lebih yakin lagi dan ingin lebih banyak alternatif DNS yang dapat meningkatkan kecepatan internet anda. komputer kita akan menanyakan ke DNS . jadi ketika kita mengetikkan facebook.

Berikut adalah contoh hasil pengujian Namebench pada koneksi speedy yang saya pakai : Ya.245) dan Tertiary Server (pada . Setelah melakukan pengujian atau benchmarking selama sekitar 6-10 menit.178. Cara menggunakannya:  setelah didownload (silahkan pilih download sesuai Sistem Operasi anda di halaman kanan atas website Namebench). maka hasilnya akan ditampilkan di browser.43. Namun hasil tersebut akan berbeda beda sesuai layanan Internet yang anda pakai. jalankan aplikasi seperti gambar dibawah :   Langsung klik “Start Benchmark” . pada hasil tersebut Google Public DNS mendapatkan hasil rekomendasi terbaik dengan kemungkinan menambah kecepatan sebesar 28%.akan menguji koneksi Internet Anda dengan menggunakan beberapa DNS server kemudian akan merekomendasikan DNS alternatif sesuai kecepatan dan kedekatannya. Selain itu Namebench juga memberikan alternatif Secondary (pada contoh diatas CepatNet-2 ID / 202.

anda tinggal mengubah setting DNS di komputer. dapat melihat Hosts file untuk menyamakan sebuah nama host .com di internet browser maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 192. seperti tidak ada konten pornografi dsb.118. Jika anda menginginkan kenyamanan Internet dengan isi konten yang family friendly.220 (Primary / Secondary) Sistem Penamaan Domain DNS (Domain Name System. bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing). setiap komputer di jaringan komputer menggunakan file HOSTS.0.32.TXT dari SRI (sekarang SIR International). Custom DNS yang jadi favorit pengguna diantaranya adalah Sunbelt ClearCloud dengan alamat : 74. ada 2 alasan utama lain pengguna menggunakan custom DNS. SEJARAH SINGKAT DNS Penggunaan nama sebagai pengabstraksi alamat mesin di sebuah jaringan komputer yang lebih dikenal oleh manusia mengalahkan TCP/IP.67.67.220. Jadi ternyata DNS Telkomspeedy sendiri berada di urutan ketiga berdasarkan kecepatan dan kedekatan dengan koneksi Internet kita. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www. bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.2 (Primary / Secondary) Kemudian yang kedua adalah alasan filterisasi konten. Yang pertama adalah alasan keamanan. Dahulu.134. file ini masih ada . maksudnya aman diakses seluruh anggota keluarga terutama anak kecil. yang memetakan sebuah alamat ke sebuah nama (secara teknis.sebagian besar sistem operasi modern menggunakannya baik secara baku maupun melalui konfigurasi.212. malware .222.example. Untuk hal ini pengguna mengiginkan DNS yang juga mempunyai kemampuan mendeteksi alamat-alamat website yang punya potensi berbahaya seperti phising. manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain.222 / 208.contoh diatas Telekomspeedy Jakarta-4 ID /202. maka salah satu pilihannya adalah menggunakan Open DNS dengan alamat 208. contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. Setelah menemukan alamat DNS server yang cocok . dan kembali ke zaman ARPAnet. selain alasan kecepatan. misalkan: Internet. Sebagai tambahan.10 (IPv4) dan 2620:0:2d0:200::10 (IPv6).1 / 74.0.61 ).118. DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet.212.

selama total nama domain tidak melebihi panjang 255 karakter.wikipedia. host lain akan mempelajari perubaha tersebut secara dinamis. recursive DNS server.org (pada praktiknya. Terakhir. spesifikasi asli muncul di RFC 882 dan 883. Namun.. sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna. Dengan berkembangnya jaringan komputer. Contoh: nama domain www.lihat dibawah). Catatan: "subdomain" menyatakan ketergantungan relatif. setiap saat sebuah alamat komputer berubah. Beberapa RFC terkini telah memproposikan beberapa tambahan dari protokol inti DNS. Setiap label di sebelah kirinya menyatakan sebuah sub-divisi atau subdomain dari domain yang lebih tinggi.  authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor. yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.wikipedia. membutuhkan sistem yang bisa dikembangkan: sebuah sistem yang bisa mengganti alamat host hanya di satu tempat.org sesungguhnya mewakili sebuah nama host ..org merupakan subdomain dari domain org. setiap sistem yang hendak berhubungan dengan komputer tersebut harus melakukan update terhadap file Hosts. Teori Bekerja DNS Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:   DNS resolver. penerbitan RFC 1034 dan RFC 1035 membuat update terhadap spesifikasi DNS. maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya) Pengertian beberapa bagian dari nama domain Sebuah nama domain biasanya terdiri dari dua bagian atau lebih (secara teknis disebut label). nama host adalah tujuan sebenarnya dari nama sistem yang dicari alamat IPnya. sistem tersebut diatas mewarisi beberapa keterbatasan yang mencolok dari sisi prasyarat. id. Paul Mockapetris menemukan DNS di tahun 1983. dan .org memiliki nama host "www". bagian paling kiri dari bagian nama domain (biasanya) menyatakan nama host. dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut.wikipedia.domain tingkat atas/tinggi (misalkan. . dan setiap label dapat terbentuk sampai dengan 63 karakter. Tahun 1987. Inilah DNS. bukan absolut. yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver.org dapat membentuk subdomain dari domain wikipedia. Contoh: wikipedia. pembagian seperti ini dapat mencapai kedalaman 127 level.    Label paling kanan menyatakan top-level domain . beberapa pendaftar nama domain (domain name registry) memiliki batas yang lebih sedikit. alamat www. dan id. Hal ini membuat RFC 882 dan RFC 883 tidak berlaku lagi. Sisa dari nama domain menyatakan cara untuk membangun jalur logis untuk informasi yang dibutuhkan.wikipedia. Tetapi secara praktik.menjadi sebuah alamat IP sebelum melakukan pencarian via DNS).org memiliki top-level domain org). dipisahkan dengan titik. Secara teori. baik dalam bentuk sebuah jawaban.

pendaftar memberikan pendaftaran dengan server nama yang akan mengotorisasikan nama domain tersebut.org.234).wikipedia.com dan zwinger. Sebuah contoh dari teori rekursif DNS Sebuah contoh mungkin dapat memperjelas proses ini.wikipedia.142. Setiap domain atau subdomain memiliki satu atau lebih authoritative DNS Servers (server DNS otorisatif) yang mempublikasikan informas tentang domain tersebut dan nama-nama server dari setiap domain di-"bawah"-nya. Kemudian.112. ketika server dikenali sebagai 204.41.234 memiliki informasi dari domain wikipedia. "apa alamat IP dari www.      Sebelum dimulai. Proses dimulai oleh recursor yang bertanya kepada para root server tersebut .142.org.1) pertanyaan yang sama seperti yang diberikan kepada root server. Anda mungkin bertanya: "bagaimana caranya DNS server 204.org di pendaftar .wikipedia.org.0.1 tahu alamat IP mana yang diberikan untuk domain wikipedia. (umumnya) akan didapatkan jawaban yang sejenis. mencari wikipedia.4" .74. Andaikan ada aplikasi yang memerlukan pencarian alamat IP dari www.bomis." Akhirnya. server nama (name server) yang otoritatif untuk top-level domain mengalami perubahan yang jarang. yang menjawab dengan alamat IP yang dibutuhkan. terdapat root servers. arti kasarnya: "Saya tidak tahu alamat IP dari www.org?". Pada puncak hirarki.wikipedia.wikipedia. recursor harus mengetahui dimana dapat menemukan root nameserver.org. pertanyaan beralih kepada server DNS ketiga (207.74. "saya tidak tahu alamat dari www. Mirip dengan hal tersebut.131.org. administrator dari recursive DNS server secara manual mengatur (dan melakukan update secara berkala) sebuah file dengan nama root hints zone (panduan akar DNS) yang menyatakan alamat-alamt IP dari para server tersebut. tapi saya "tahu" bahwa server 207. tapi saya "tahu" bahwa server DNS di 204. dan mengembalikan server nama yang terhubung dengan domain tersebut.wikipedia.1 memiliki informasi tentang domain org.74.112." Recursor DNS lokal kemudian bertanya kepada server DNS (yaitu: 204.org?" Pada awal proses. Sebagai bagian dari proses pendaftaran sebuah nama domain (dan beberapa waktu sesudahnya). DNS server memindai daftar domain yang ada. Aplikasi tersebut bertanya ke DNS recursor lokal. maka ketika mendaftar wikipedia.74. .112.org.pertanyaan "apakah alamat IP dari www. Proses ini menggunakan pencarian rekursif (recursion / recursive searching).induk server nama: server yang ditanyakan ketika mencari (menyelesaikan/resolving) dari sebuah nama domain tertinggi (top-level domain).org.112.misalkan: server dengan alamat IP "198. Namun. server nama yang memberikan jawaban otorisatif bagi nama domain yang umum mengalami perubahan yang cukup sering.1 menerima sebuah permintaan. domain tersebut terhubung dengan server nama gunther.org?" Root server menjawab dengan sebuah delegasi.DNS memiliki kumpulan hirarki dari DNS servers.131. kita mencatat bahwa sebuah DNS recursor memiliki alamat IP dari para root server yang (kurang-lebih) didata secara explisit (hard coded). Pengertian pendaftaran domain dan glue records Membaca contoh diatas. dari contoh di atas.

RFC1537 dapat membantu penjelasan ini. Internet Explorer.org pada pk 12:01. kemudian mengganti alamat IP dari www. Rencana mekanisnya menyarankan bahwa ketika sebuah DNS resolver (klien) menerima sebuah jawaban DNS. selain berdasarkan alamat IP.Biasanya. yang bisa didefiniskan sebagai periode waktu yang berawal antara saat terjadi perubahan dari data DNS.mereka berhadapan dengan program seperti web brower (Mozilla Firefox. server nama muncul berdasarkan urutan nama.org. Netscape. hanya ketika TTL usai (atau saat administrator mengosongkan jawaban dari memori resolver secara manual) maka resolver menghubungi server DNS untuk informasi yang sama. resolver akan mengacu kepada jawaban yang disimpan di cache tersebut. Hal ini menimbulkan string lain dari permintaan DNS untuk menyelesaikan nama dari server nama. Contoh berikut mungkin akan menjelaskannya: Jika seorang administrator telah mengatur TTL selama 6 jam untuk host www. ketika sebuah alamat IP dari server nama mendapatkan sebuah pendaftaran di zona induk. atau TTL yang mendefinisikan periode tersebut. perancang DNS menginginkan penyediaan mekanisme yang bisa mengurangi beban dari masing-masing server DNS. administrator harus mempertimbangkan bahwa ada (paling tidak) satu individu yang menyimpan cache jawaban dengan nilai lama pada pk 12:00 yang tidak akan menghubungi server DNS sampai dengan pk 18:00. DNS di dunia nyata Di dunia nyata. nyaris semua aktivitas yang menggunakan Internet). hendak mencari alamat IP dari sebuah nama domain. informasi tersebut akan di cache untuk jangka waktu tertentu. . Safari. para programmer jaringan komputer menamakannya sebuah glue record (daftar lekat???) DNS dalam praktik Ketika sebuah aplikasi (misalkan web broswer).wikipedia. lalu mengertikan operasi DNS di "dunia nyata". Mozilla Thunderbird dan lain-lain). Ini akan mengarahkan kepada pertimbangan logis yang penting ketika membuat perubahan kepada DNS: tidak semua akan melihat hal yang sama seperti yang Anda lihat. dan berakhir sesudah waktu maksimum yang telah ditentukan oleh TTL berlalu. Sebuah nilai (yang di-set oleh administrator dari server DNS yang memberikan jawaban) menyebutnya sebagai time to live (masa hidup). Opera.wikipedia. Ketika user melakukan aktivitas yang meminta pencarian DNS (umumnya. Konqueror dan lain-lain dan klien mail (Outlook Express. Caching dan masa hidup (caching and time to live) Karena jumlah permintaan yang besar dari sistem seperti DNS. Waktu propagasi (propagation time) Satu akibat penting dari arsitektur tersebar dan cache adalah perubahan kepada suatu DNS tidak selalu efektif secara langsung dalam skala besar/global. Saat jawaban masuk ke dalam cache. Kita akan melihat dulu konsep caching. program tersebut mengirimkan permintaan ke DNS Resolver yang ada di dalam sistem operasi. Periode antara pk 12:00 dan pk 18:00 dalam contoh ini disebut sebagai waktu propagasi (propagation time). user tidak berhadapan langsung dengan DNS resolver . aplikasi tersebut tidak harus mengikuti seluruh langkah yang disebutkan dalam teori diatas.

beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Program DNS maupun sistem operasi memiliki alamat IP dari seluruh server ini. resolver akan menggunakan nilai yang ada di dalam cache kepada program yang memerlukan. agen pemindahan surat Mail transfer agents(MTA) menggunakan DNS untuk mencari tujuan pengiriman E-mail untuk alamat tertentu. Menyediakan keluwesan untuk kegagalan komputer. yang akan meningkatkan kesulitan untuk melakukan debug DNS. Server nama ini akan mengikuti proses yang disebutkan di Teori DNS. dikenal sebagai rekod TXT. Namun. DNS meliputi beberapa fungsi lainnya:     Nama host dan alamat IP tidak berarti terhubung secara satu-banding-satu. dikarenakan banyak server akar menerapkan anycast. Jika cache dapat memberikan jawaban kepada permintaan DNS. . dan memberikan hasilnya kepada software yang meminta pencarian DNS tersebut. Internet Service Provider(ISP) yang menghubungkan komputer tersebut biasanya akan menyediakan server DNS: pengguna tersebut akan mendata alamat server secara manual atau menggunakan DHCP untuk melakukan pendataan tersebut. beberapa aplikasi seperti web browser juga memiliki DNS cache mereka sendiri. Untuk kebanyakan pengguna di rumah. Namun jika administrator sistem / pengguna telah mengkonfigurasi sistem untuk menggunakan server DNS selain yang diberikan secara default oleh ISP misalnya seperti Google Public DNS ataupun OpenDNS[1]. Kalau cache tidak memiliki jawabannya. Sebagai bagian akhir dari kerumitan ini.DNS resolver akan selalu memiliki cache (lihat diatas) yang memiliki isi pencarian terakhir. maka DNS resolver akan mengacu ke DNS server yang sudah ditentukan. Selain itu. Tepatnya. Cache seperti ini umumnya memiliki masa yang singkat dalam hitungan 1 menit. juga membantu suatu situs berpindah dari satu lokasi fisik ke lokasi fisik lainnya secara mudah. diasumsikan telah ditemukan jawaban. Domain yang menginformasikan pemetaan exchange disediakan melalui rekod MX (MX record) yang meningkatkan lapisan tambahan untuk toleransi kesalahan dan penyebaran beban selain dari fungsi pemetaan nama ke alamat IP. yang memungkinkan beberapa komputer yang berbeda dapat berbagi alamat IP yang sama untuk mengirimkan satu jenis services melalui area geografis yang luas. hal ini memungkinkan satu komputer untuk malayani beberapa situs web. secara angka. Contoh:. banyak server yang secara fisik (bukan sekedar angka) terletak di luar Amerika Serikat. Kerangka Peraturan Pengiriman (Sender Policy Framework) secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS. Penerapan DNS lainnya Sistem yang dijabarkan diatas memberikan skenario yang disederhanakan. Hasil pencarian akan diberikan kepada DNS resolver. Amerika Serikat memiliki. tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan referensi DNS resolver. baik mereka menemukan jawabannya maupun tidak. resolver akan mengirimkan permintaan ke server DNS tertentu. resolver akan menyimpan hasilnya di cache untuk penggunaan berikutnya. Banyak nama host yang diwakili melalui alamat IP tunggal: gabungan dengan pengasuhan maya (virtual hosting). yang menimbulkan kerancuan data yang lebih akurat. Ada cukup banyak kegunaan DNS selain menerjemahkan nama ke alamat IP. tigabelas server akar (root servers) digunakan oleh seluruh dunia. sebuah nama host dapat mewakili beberapa alamat IP: ini akan membantu toleransi kesalahan (fault tolerance dan penyebaran beban (load distribution). semua kecuali tiga dari server akar tersebut.

PTR record atau catatan penunjuk memetakan sebuah nama host ke nama kanonik untuk host tersebut. yang memetakan string Unicode ke karakter set yang valid untuk DNS.DNS menggunanakn TCP dan UDP di port komputer 53 untuk melayani permintaan DNS. NS record atau catatan server nama memetakan sebuah nama domain ke dalam satu daftar dari server DNS untuk domain tersebut.arpa yang mewakili sebuah alamat IP menerapkan pencarian balik DNS (reverse DNS lookup) untuk alamat tersebut. hal ini mencegah beberapa bahasa untuk menggunakan nama maupun kata lokal mereka. SOA record atau catatan otoritas awal (Start of Authority) mengacu server DNS yang mengediakan otorisasi informasi tentang sebuah domain Internet. Perangkat lunak DNS Beberapa jenis perangakat lunak DNS menerapkan metode DNS. www. atau data ujicoba (misalkan. Pewakilan bergantung kepada rekod NS. ICANN telah menyetujui Punycode yang berbasiskan sistem IDNA. Jenis catatan lainnya semata-mata untuk penyediaan informasi (contohnya. Contohnya (saat penulisan / penerjemahan artikel ini). catatan WKS memberikan sebuah daftar dari server yang memberikan servis yang dikenal (well-known service) seperti HTTP atau POP3 untuk sebuah domain. catatan ini juga digunakan di spesifikasi Sender Policy Framework. beberapa diantaranya:   BIND (Berkeley Internet Name Domain) djbdns (Daniel J..net memiliki alamat IP 192. dan beberapa registries sudah mengadopsi metode IDNS ini. AAAA record atau catatan alamat IPv6 memetakan sebuah nama host ke alamat IP 128-bit (untuk IPv6). catatan LOC memberikan letak lokasi fisik dari sebuah host. Catatan TXT mengijinkan administrator untuk memasukan data acak ke dalam catatan DNS. Bernstein's DNS) . [MX record]]' atau catatan pertukaran surat memetakan sebuah nama domain ke dalam daftar mail exchange server untuk domain tersebut.34. SRV record adalah catatan lokasi secara umum.0.icann. Pembuatan rekod PTR untuk sebuah nama host di dalam domain inaddr.icann. Nyaris semua permintaan DNS berisi permintaan UDP tunggal dari klien yang dikuti oleh jawaban UDP tunggal dari server. Domain yang di-alias-kan memiliki seluruh subdomain dan rekod DNS seperti aslinya.org.164. atau untuk pertukaaran zona DNS zone transfer Jenis-jenis catatan DNS Beberapa kelompok penting dari data yang disimpan di dalam DNS adalah sebagai berikut:          A record atau catatan alamat memetakan sebuah nama host ke alamat IP 32-bit (untuk IPv4). tetapi sebuah rekod PTR memetakan .arpa ke nama kanoniknya: referrals.0. Umumnya TCP ikut terlibat hanya ketika ukuran data jawaban melebihi 512 byte. CNAME record atau catatan nama kanonik membuat alias untuk nama domain. sebagai bentuk penyelesaian untuk masalah ini.34.192. Nama domain yang diinternasionalkan Nama domain harus menggunakan satu sub-kumpulan dari karakter ASCII.164.in-addr.

dan lain sebagainya) melalui pendaftar.COM dan . alamat email dan nomor telepon dan lain sebagainya via WHOIS . seperti VeriSign. bergantung kepada syarat dan ketentuan pendaftar. Siapapun dapat menemukan pengguna legal dari sebuah domain dengan mencari melalui basis data WHOIS yang disimpan oleh beberpa pendaftar domain. pengguna legal dikenal sebagai "pendaftar" (registrants) atau sebagai "pemegang domain" (domain holders) ICANN memegang daftar lengkap untuk pendaftar domain di seluruh dunia. .INFO) telah mengadopsi metode penfatar "tebal". kebanyakan pendaftar gTLD (.ID.BIZ. Siapapun dapat mencari detil WHOIS (Pemegang domain. VeriSign memegang informasi dasar WHOIS )pemegang domain dan server nama). Untuk nama domain . beberapa pendaftar domain. atau pendaftar nama domain (domain name registry). menyimpan otoritatif WHOIS di beberapa pendaftar dan bukan pendaftar itu saja. Sejak sekitar 2001. memegang informasi otorisatif WHOIS untuk nama domain . pendaftar domain memegang sebuah acuan WHOIS (pendaftar dan nama server). Namun. Fungsi manajemen didelegasikan ke kontak administratif yang mencakup (diantaranya):    keharusan untuk mengikuti syarat dari pendaftar domain dengan tujuan memiliki hak untuk menggunakan nama domain otorisasi untuk melakukan update ke alamat fisik. pendaftar domain. tanggal berlaku.ORG. NIC Indonesia. Contohnya. Bergantung kepada beberpa peraturan penamaan dari para pendaftar. . Jadi sejenis perjanjian sewa-menyewa terjadi. Di (lebih kurang) 240 country code top-level domains (ccTLDs). menggunakan model pendaftarpengguna.NET. Kontak Administratif (Administrative Contact) Satu pemegang domain biasanya menunjuk kontak administratif untuk menangani nama domain. server nama. IDNIC.     MaraDNS QIP (Lucent Technologies) NSD (Name Server Daemon) PowerDNS Microsoft DNS (untuk edisi server dari Windows 2000 dan Windows 2003) Utiliti berorientasi DNS termasuk:  dig (the domain information groper) Pendaftar (registrant) Tidak satupun individu di dunia yang "memiliki" nama domain kecuali Network Information Centre (NIC). Sebagian besar dari NIC di dunia menerima biaya tahunan dari para pengguna legal dengan tujuan bagi si pengguna legal menggunakan nama domain tersebut.

Kontak Teknis (Technical Contact) Satu kontak teknis menangani server nama dari sebuah nama domain. Server Nama (Name Servers) Disebut sebagai server nama otoritatif yang mengasuh zona nama domain dari sebuah nama domain. . Beberapa dari banyak fungsi kontak teknis termasuk:    memastikan bahwa konfigurasi dari nama domain mengikuti syarat dari pendaftar domain update zona domain menyediakan fungsi 24x7 untuk ke server nama (yang membuat nama domain bisa diakses) Kontak Pembayaran (Billing Contact) Tidak perlu dijelaskan. pihak ini adalah yang menerima tagihan dari NIC.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->