P. 1
gambar alat musik

gambar alat musik

|Views: 1,921|Likes:
Published by frizka_1998

More info:

Published by: frizka_1998 on Sep 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2012

pdf

text

original

Alat Musik Tradisional INDONESIA Angklung

Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Laras (nada) alat musik angklung sebagai musik tradisi Sunda kebanyakan adalah salendro dan pelog.

Kulintang

Kolintang atau kulintang adalah alat musik yang terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar. Alat musik ini dimainkan dengan diiringi oleh gong tergantung yang lebih besar dan drum. Kolintang merupakan bagian dari budaya gong Asia Tenggara, yang telah dimainkan selama berabad-abad di Kepulauan Melayu Timur - Filipina, Indonesia Timur, Malaysia Timur, Brunei, dan Timor. Alat musik ini berkembang dari tradisi pemberian isyarat sederhana menjadi bentuk seperti sekarang.Kegunaannya bergantung pada peradaban yang menggunakannya. Dengan pengaruh dari Hindu, Buddha, Islam, Kristen, dan Barat, Kulintang merupakan tradisi gong yang terus berkembang. Alat musik ini dibuat dari kayu lokal yang ringan namun kuat seperti telur, bandaran, wenang, kakinik kayu cempaka, dan yang mempunyai konstruksi fiber paralel. Nama kolintang berasal dari suaranya: tong (nada rendah), ting (nada tinggi) dan tang (nada biasa). Dalam bahasa daerah, ajakan "Mari kita lakukan TONG TING TANG" adalah: " Mangemo kumolintang". Ajakan tersebut akhirnya berubah menjadi kata kolintang.

Instumen musik ini berasal dari pulau Rote. . Bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut. kasidah dan hadroh. Kesenian di Malaysia. Nusa Tenggara Timur. dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. sasandu. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote.Alat Musik Tradisional INDONESIA Rebana Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Brunei. Sasando Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. biola dan kecapi. yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir. Bentuk sasando ada miripnya dengan instrumen petik lainnya seperti gitar. misalnya. gambus.

Alat Musik Tradisional INDONESIA Blibing Bonang Barung Kenong Kendang .

Alat Musik Tradisional INDONESIA Rebab Saron Saung Gauk Siter .

Alat Musik Tradisional INDONESIA So-duang Perangkat Gamelan Serunai .

Alat Musik Tradisional INDONESIA Kacapi Calung .

Alat Musik Tradisional INDONESIA .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->