P. 1
Dispersi Gelombang

Dispersi Gelombang

|Views: 1,507|Likes:
Published by Abdullah Abiyyu

More info:

Published by: Abdullah Abiyyu on Sep 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

Dispersi Gelombang

Ketika Anda menyentakkan ujung tali naik-turun (setengah getaran), sebuah pulsa transversal merambat melalui tali (tali sebagai medium). Sesungguhnya bentuk pulsa berubah ketika pulsa merambat sepanjang tali, pulsa tersebar atau mengalami dispersi (perhatikan Gambar 1.16). Jadi, dispersi gelombang adalah perubahan bentuk gelombang ketika gelombang merambat suatu medium.

Gambar 1.16. Dalam suatu medium dispersi, bentuk gelombang Berubah begitu gelombang merambat Kebanyakan medium nyata di mana gelombang merambat dapat kita dekati sebagai medium non dispersi. Dalam medium non dispersi, gelombang dapat mempertahankan bentuknya. Sebagai contoh medium non dispersi adalah udara sebagai medium perambatan dari gelombang bunyi. Gelombang-gelombang cahaya dalam vakum adalah nondispersi secara sempurna. Untuk cahaya putih (polikromatik) yang dilewatkan pada prisma kaca mengalami dispersi sehngga membentuk spektrum warna-warna pelangi. Apakah yang bertanggungjawab terhadap dispersi gelombang cahaya ini? Dispersi gelombang terjadi dalam prisma kaca karena kaca termasuk medium dispersi untuk gelombang cahaya.

. kuning.Bila cahaya putih (polikromatik) atau cahaya matahari melewati suatu prisma maka cahaya yang keluar dari prisma berupa spektrum cahaya matahari yang terdiri atas warna merah. nila. digunakan kertas untuk melihat hasilnya. Observasi paling mudah untuk mengamati adanya dispersi pada gelombang adalah menggunakan cahaya putih yang melewati prisma kaca seperti pada gambar. jingga. Agar penguraian gelombang cahaya putih (matahari) menjadi gelombang cahaya berbagai warna terlihat jelas. dan ungu. hijau. Dalam observasi sinar polikromik ialah cahaya putih sinar matahari. Sinar polikromik adalah sinar yang dapat diuraikan atas beberapa komponen warna. Dari observasi di atas dapat disimpulkan bahwa gelombang cahaya putih terdispersi menjadi gelombang berbagai warna dengan prisma sebagai medium pendispersi. Penguraian warna polikromatik menjadi warna monokromatik yang disebabkan oleh perbedaan cepat rambat dari masing – masing warna. biru.

Sinar monokromik adalah sinar-sinar yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi komponen warna. . Sinar monokromik dalam observasi adalah sinar warna-warni yang terlihat pada kertas putih pada gambar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->