TUJUAN PEMBELAJARAN

-

Bagian Mekanik Bagian mekanik yaitu: -Kaki mikroskop -Lengan mikroskop -Sekrup -Kondensor -Revolver 2.Bagian optik Bagian optik yaitu:-Reflektor -Diafragma -Lensa objektif -Lensa okuler -Penjepit objek -Meja mikroskop -Macrometer -Micrometer -Tabung mikroskop »Fungsi dari bagian mikroskop adalah 1.»Saya dapat menjelaskan bagian-bagian mikroskop »Saya dapat menjelaskan fungsi-fungsi bagian mikroskop tersebut »Saya dapat menggunkan mikroskop dengan benar Jawaban: »Mikroskop terdiri atas dua bagian: 1.Penjepit objek berfungsi untuk menjepit gelas preparat yang diamati agar mudah diamati -Meja mikroskop berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan benda yang akan diamati. Bagian mekanik -Kaki mikroskop berfungsi untuk penyangga mikroskop -Lengan mikroskop berfungsi untuk pegangan membawa mikroskop -Sekrup untuk mengubah sudut tegak lurus mikroskop -Kondensor untuk mengumpulkan cahaya yang digunakan menerangi preparat -Revolver adalah tabung yang dapat diputar dan berguna bagi pengguna lensa .Benda yang diamati disebut preparat -Micrometer untuk menurunksn tubus secara lambat - .

Tempatkan objek yang akan diamati dibawah lensa objektif 5.cermin cekung ketika cahaya kurang terang.dan di perbesar -Lensa okuler merupakan lensa yang dekat dengan mata pengamat dan berfungsi sebagai kaca pembesar yag membentuk bayangan nyata. Bagian optik -Reflektor terdiri atas cermin datar dan cermin cekung yang berfungsi memantulkan cahaya ke dalam lubang diafragma dan lubang terdapat pada meja benda. geser kaca objek 7.putar pengarah halus TUJUAN PEMBELAJARAN »Menjelaskan alat pendukung pengamatan selain mikroskop »Menjelaskan fungsi bagian alat tersebut dengan benar »Menggunkan alat pengamatan selain mikroskop tersebut Jawaban: - .Naikkan tubus mikroskop 2.Untuk menemukan sasaran yang dicari.Untuk memperoleh gambar yang lebih jelas.diperbesar.Atur reflektor untuk memasukkan cahaya ke mikroskop 4.Pilih lensa objekif paling lemah 3.tegak.Dengan menggunakan pengarah kasar.terbalik.Cermin datar digunakan jika sumber terang.turunkan tubus sampai diperoleh bayangan benda yang paling jelas 6.-Tabung mikroskop untuk mengatur fokus yang menghubungkan lensa objektif dan lensa okuler 2. -Diafragma untuk mengatur banyak sedikit sinar yang dipantulkan cermin menuju mata pengamat -Lensa objektif merupakan lensa yang dekat dengan objek dan membentuk bayangan nyata.Jepit kaca objek dengan menggunakan penjepit objek lalu amati objeknya 8.dari bayangan yang dibentuk lensa objektif »Menggunakan mikroskop 1.

C.termometer.dll.Dekomposer - .Produsen Produsen merupakan golongan makhluk hidup yang menghasilkan makanan sendiri.Contoh:Tumbuhan hijau. B.Contoh:Kambing.»-Lup -PH Meter -Termometer -Teropong binokuler -Kamera »-Lup adalah alat bantu untuk melihat benda yang kecil -PH Meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur derajat kesamaan cairan -Termometer merupakan alat untuk mengukur suhu -Teropong binokuler adalah alat untuk mengamati benda yang letaknya jauh -Kamera untuk mengabadikan objek »PH Meter.dan kamera digunakan untuk pengamatan dilapangan.Sedangkan lup digunakan untuk pengamatan dilaboratorium TUJUAN PEMBELAJARAN »Saya dapat membedakan faktor antara biotik dan abiotik »Saya dapat menyebutkan contoh-contoh biotik »Saya dapat menyebutkan contoh-contoh komponen abiotik Jawaban: »Biotik adalah kompunen yang tak hidup Abioti adalah kompunen yang hidup »Komponen biotik terdiri atas: A.Komsumsi Komsumsi adalah kelompok makhluk hidup yang tidak dapat membuat makananya sendiri.teropong binokuler.sapi.ayam.

Hewan bernafas menggunakan paru-paru sedangkan tumbuhan bernafas menggunakan stomata.Lebah mengisap madu dari bunga. TUJUAN PEMBELAJARAN »Saya dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup »Saya dapat menjelaskan perbedaan ciri-ciri tumbuhan dan hewan »Saya dapat menjelaskan ciri makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya Jawaban: »-Bernafas -Peka terhadap rangsangan -Makan -Tumbuh -Berkembang biak -Bernafas -Mengeluarkan zat sisa »Perbedaan ciri tumbuhan dan hewan: 1. 2. 3. Contoh:Jamur dan bakteri.Sapi memerlukan rumput sebagai makanannya. 2. »Contoh komponen abiotik adalah meja. sedangkan tumbuhan tidak.Makhluk hidup yang satu memerlukan makanan dari makhluk hidup lainnya.Contoh: 1.kursi.Hewan memperoleh makanan sangat tergantung pada makhluk hidup lain sedangkan tumbuhan hijau dapat membuat sendiri makanannya.dll.Dekomposer merupakan mikroorganisme yang menguraikan senyawa organik menjadi senyawa anorganic.Gerak pada hewan terlihat jelas dan dapat berpindah tempat sedangkan gerak pada tumbuhan sangat lambat dan tidak tampak adanya berpindah tempat.udara.air. »Makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya sangat tergantungan. - .tanah.

»Jenis bahan kimia yang berbahaya dan menimbulkan penyakit. Jawaban: »Keselamatan kerja pada saat pratikum: 1. c.natrium dan fosfor. »Saya dapat menjelaskan bahan kimia yang bahaya dan menimbulkan penyakit. d. a.TUJUAN PEMBELAJARAN »Saya dapat menjelaskan cara memegang dan memperlakukan alat dan bahan kimia secara aman.dan mekanisme pernafasan.Bahan kimia beracun Pada dasarnya semua bahan kimia itu beracun.Setiap memakai pratikum kita memakai jas labor.Gunakanlah pipet untuk mengambil larutan yang bersifat asam.Penggunaan bahan kimia yang berbahaya: a. b. f.kulit.tergantung pada jumlah zat tersebut yang masuk ke dalam tubuh.Jauhkan bahan kimia yang mudah terbakar dari api.tetapi berbahaya atau tidaknya terhadap kesehatan. Bahan kimia itu dapat masuk melalui tiga saluran yaitu:mulut.Jangan mencium sembarangan gas secara langsung tetapi kipaskipaslah gas itu ke arah hidung dan ciumlah secara perlahan.Bahan kimia korosif - . »Saya dapat menjelaskan arti simbol yang terdapat pada zat kimia. e.Baca label bahan kimia untuk memastikan bahan kimia betul.Contoh:Alcohol. b. 2.Gunakan spatula untuk mengambil bahan kimia yang berbentuk bubuk.Gunakan sebatang pipa kaca apabila menuangkan larutan dari suatu gelas ke gelas yang lain.

d.Bahan kimia yang mudah terbakar Jenis bahan kimia yang mudah terbakar digolongkan menjadi 3: 1.Bahan korosif padat 3.Pengaruh bahan kimia lain dalam penyimpanan.dan jika terkena kulit dapat menimbulkan kerusakan berupa iritasi dan peradangan kulit.Kelembatan 4.fosfor merah. f. dan asam nitrat bisa merusak berbagai macam peralatan dari logam. 3.misalnya hidrogen dan asetilan.aseton.Suhu penyimpanan 2.dll.Bahan korosif cair 2.Bahan kimia oksidator terbagi dua yaitu:-Oksidator anorganik dan Peroksida organik.Bahan kimia yang mudah meledak Faktor penyebab bahan kimia mudah meledak adalah: 1.misalnya belerang.Bahan kimia korosif seperti asam sulfat. g.misalnya alkohol.dll.Benturan dan gesekan mekanik 3.methanol. Bahan kimia korosif dapat dikelompokkan sesuai dengan wujudnya: 1.Bahan kimia reaktif terhadap asam - .Listrik 5.Bahan kimia tersebut dapat menghasilkan panas yang besar atau gas yang mudah terbakar.Bahan kimia relatif terhadap air Bahan kimia yang relatif terhadap air itu berarti bahan kimia tersebut mudah bereaksi dengan air.Bahan korosif gas c.Bahan kimia oksidator Bahan kimia oksidator adalah bahan kimia yang dapat menghasilkan oksigen dalam reaksinya dengan senywa lain.Cair. 2. e.Gas.asam klorida.Padat.

Korosif.Bersifat mudah meledak - .menyebabkan luka bakar 2.Bahan kimia yang relatif terhadap asam berarti bahan kimia yang mudah bereaksi dengan asam.Kontak dengan bahan mudah menyala dapat menimbulkan kebakaran 4.Merusak kulit 5.Bersifat beracun 6.Bahan kimia radioaktif Bahan kimia radioatif adalah bahan kimia yang dapat memancarkan radiasi sinar. »Arti simbol 1.Contohnya:Logam alkali h.Mudah terbakar 3.

3. 4. arachi hypogae.Linnaeus disusun oleh 7 tingkatan.Dilakukan berjenjang sehingga bersifat hierarkits 3. »1. - . Jawaban: »Klasifikasi adalah penggolongan makhluk hidup »1.Penulisan nama ilmiah jika dengan huruf tegak harus digaris bawahi.Menggunakan system binomial nomenklatur. 4.Kata pertama ditulis dengan huruf besar dan kata kedua ditulis dengan huruf kecil. 3.Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan yang lainnya. 2.Klasifikasi bersifat dikotom 2. 2. jika dengan tulisan miring tidak perlu digaris bawahi. »Cara penulisan nama ilmia 1.Klasifikasi bersifat dikotom.Didasarkan pada kesamaan dan perbedaan ciri yang terdapat pada objek.Untuk penelitian lebih lanjut. »Contoh:Oryza sativa. »Saya dapat menjelaskan tujuan klasifikasi. »Saya dapat menjelaskan dasar-dasar klasifikasi.Bersifat bahaya bagi lingkungan TUJUAN PEMBELAJARAN »Saya dapat menjelaskan pengertian klasifikasi.Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati.Taksonomi oleh C. »Saya dapat membuat contoh penulisan nama ilmiah. »Saya dapat menjelaskan cara-cara penulisan nama ilmiah.7. felis domestica.

dan mamalia.arthopoda.reptil.nematoda. protista. TUJUAN PEMBELAJARAN »Saya dapat menjelaskan pengertian sel.burung. »Saya dapat menjelaskan contoh hewan yang termasuk avertebrata dan vertebrata Jawaban: »Monera.chenopora. fungi. »Saya dapat menyebutkan contoh organ pada hewan dan tumbuhan.TUJUAN PEMBELAJARAN »Saya dapat menyebutkan lima kingdom »Saya dapat menjelaskan perbedaan monootil dan dikotil »Saya dapat menjelaskan perbedaan vertebrata dengan avertebrata. Jawaban: - . dan animalia. Vertebrata:Kelompok hewan yang mempunyai tulang belakang. dan berakar serabut Dikotil:Mahkota bunga kelipatan 2. mempunyai 2 kotiledon. Hewan vertebrata:Ikan. »Avertebrata:Kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang. »Saya dapat menjelaskan bagian sel dan fungsinya. berakar tunggang.tersebar pada batang. »Hewan avertebrata:Porifera. »Saya dapat menjelaskan fungsi jaringan hewan dan tumbuhan. »Saya dapat menjelaskan pengertian jaringan. »Saya dapat membedakan sel hewan dan tumbuhan.amfibi. plantae. »Monokotil:Mahkota bunga kelipatan tiga.

menyimpan energi dan bantalan lemak.Bagian sel tumbuhan:dinding sel. d.Ikat khusus.Bagian sel hewan:selaput sel. »Perbedaan sel hewan dan tumbuhan: 1. i.memompa darah.mitokondria. j.mitokondria.Otot lurik.badan golgi.mengolah.Fungsinya adalah untuk mengatur semua aktivitas sel.Fungsinya adalah mengatur keluar masuknya zat 2. g.mengedarkan sari makanan.melindungi dan menutupi jaringan dibawahnya.menerima. f.menggerakan tubuh secara tak sadar.menggerakan tubuh secara sadar.dan ribosom.mengangkut sisasisa metabolisme.Saraf.susunan.plastisida.Jaringan hewan: a.Selaput sel. b.Ikat penyokong.menghasilkan sel dan jaringan baru.dan meneruskan rangsangan.Meristematik. »Fungsi jaringan hewan dan tumbuhan: 1.Ikat biasa. 2. h.Inti sel.Fungsinya adalah temapat dimana berbagai proses kegiatan berlangsung.retikulum endoplasma.oksigen.Ikat penghubung.Epitelum.Otot jantung.menegakkan tubuh.inti sel.Sitoplasma. 3.inti sel.badan golgi.Otot polos.retikulum endoplasma.»Sel adalah unit dasar terkecil dari makhluk hidup »Bagian sel dan fungsinya: 1. 2. »Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk.Jaringan tumbuhan: - .selaput sel.lisosom. c. e.melekatkan otot ke tulang.dan fungsi yang sama yang akan membentuk kesatuan sel-sel.

Jaringan merister. d. buah. batang.Jaringan parenkim.a.dan cambiun. c. bunga.jaringan yang tersusun atas sel-sel yang selalu membelah.Jaringan pengangkutan. »Contoh organ pada hewan dan tumbuhan: 1. - .Hewan:Merisiem.Ada dua macam jaringan pengangkutan yaitu floem dan xilem. dan otot rangka.Jaringanpenyongkong.jaringan dasra yang terdapat diantara jarigan lainnya.Jaringan epidermis.batang.sel-sel dinding yang mengalami penebalan sehingga menjadi keras. e.jaringan yang melapisi permukaan tubuh tumbuhan.jaringan sebagai pembuluh yang mengangkut air dan zat-zat makanan. b.Jaringan ini tersusun rapat dan berfungsi sebagai jaringan pelindung. dan biji.Terdapat pada embrio diujung akar. 2. skelerenkim.Tumbuhan:Akar. parenkim. daun. epidermis.