P. 1
ALAT

ALAT

|Views: 86|Likes:
Published by bollengk

More info:

Published by: bollengk on Sep 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2012

pdf

text

original

ALAT-ALAT KOMUNIKASI

Pada awalnya alat komunukasi hanyalah alat-alat yang dibuat untuk bisa memangil orang untuk berkumpul, biasanya digunakan untuk acara peribadatan dan acara-acara adat. Contoh alat komunikasi kuno yang nasih digunakan sampai saat ini adalah sbb:

kentongan kentongan digunakan untuk memanggil orang-orang untuk berkumpul(saat ini masih digunakan di desa-desa), biasanya untuk acara adat, hajat, atau sekedar acara bersih desa. kentongan juga masih digunakan untuk ronda malam.

bedug bedug digunakan untuk acara keagamaan, di asia (kecuali jepang) bedug digunakan di masjid-masjid untuk panggilan kaum musim dalam menjalankan peribadatan (saat ini di kota-kota besar seperti jakarta bedug sudah jarang digunakan, diganti dengan pengeras suara moderen). Di jepang bedug juga digunakan untuk aktivitas keagamaan, tapi tentu saja bukan hanya komunitas muslim yang menggunakan bedug disana, hampir semua masyarakat jepang meggunakannya hingga kini.

walky-talky digunakan untuk komunikasi jarak dekat tanpa dikenakan pulsa alias gratis. alat diatur ini menggunakan gelombang analaog atau gelombang yang biasa digunakan untuk radio. contohnya adalah alat-alat berikut. biasanya digunakan di instansi-instansi yang yang ruang lingkupnya cukup luas. yang hampir semua orang memilikinya.lonceng lonceng digunakan manyarakat eropa dan kaum nasrani (untuk penanda waktu di gerejagereja) dan mayarakat asia khususnya china dan umat budha (untuk acara-acara peribadatan. biasanya terdapat di kuil-kuil dan tempat ibadah lainnya). . pada masa sekarang alat komunikasi sudah menggunakan teknologi terbaru.

handpone nah. bahkan 1 orang bisa memiliki lebih dari satu. telepon telepon. serta kebutuhan akan informasi yang sangat dibutuhkan. sehingga alat ini hanya bisa berada di satu tempat (yaitu di rumah-rumah atau kantor-kantor dan tempat umum lainnya) tidak bisa digunakan tanpa instalasi. . sebuah produk teknologi yang di jaman ini nyaris semua orang memilikinya. karena jaringannya yang memerlukan kabel dan instalasi. pembawaannya yang praktis dan harga yang relatif terjangkau. membuat alat ini digandrungi masyarakat bumi. pengunaan juga mudah dipelajari. ini dia handpone.

yang kemudian dapat diubah dan diterjemahkan menjadi gambar atau suara oleh alat lainnya. handpone. karena begitu mudahnya menemukan berbagai informasi disini.tak kalah dengan handpone internet juga digandrungi masyarakat bumi.dan teknologi cangih lainnya. yang terpenting ada jaringan dan fasilitas internetnya.internet berbeda dengan teknologi yang tersebut diatas internet dapat di akses melalui berbagai perangkat keras. seperti komputer. alat ini biasanya digunakan oleh pelangan tv kabel. . alat penerima sinyal dari satelit-satelit diangkasa alat ini digunakan untuk menerima laporan berupa kode/sandi dari satelit-satelit di agkasa.

lalu akan muncul getaran. Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph. Sejarah telepon Perkembangan awal  1871. Kedua jalur ini yang nantinya akan memproses pesan dari sender untuk sampai ke receiver.  Prinsip dasar telepon Ketika gagang telepon diangkat. Bunyi yang muncul di telepon penerima menandakan telepon telah siap digunakan. Agar dapat menghasilkan suara pada telepon. . sinyal elektrik ditransmisikan melalui kabel telepon yang kemudian diubah menjadi sinyal yang dapat didengar oleh telepon receiver.Telepon Telepon kuno jenis GAA 2472 Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). transmisi sinyal analog yang dikirimkan dari central office (CO) akan diubah menjadi transmisi digital. Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel. Lalu sirkuit terbagi menjadi dua jalur di mana bagian positifnya akan berfungsi sebagai Tip yang menunjukkan angka nol sedangkan pada bagian negatif akan berfungsi sebagai Ring yang menunjukkan angka -48V DC. Untuk teknologi analog. Angka-angka sebagai nomer telepon merupakan penggabungan antara nada-nada dan frekuensi tertentu yang kemudian dinamakan Dual-tone multi-frequency DTMF dan memiliki satuan Hertz. Hubungan utama yang ada dalam sirkuit akan menjadi on hook ketika dibuka. Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. posisi telepon disebut off hook.

ratusan telepon dipasang dengan menggunakan sistem ini. ==== Awal telepon sebagai alat komersial Princess Phone      1940. perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak paten atas penemuan Meucci yang disebut transmitters and Receivers for Electric Telegraphs. dan dering panggilan. 1876. Berjuta-juta saluran telepon telah digunakan masyarakat. Perusahaan Bell juga telah mematenkan telepon electro-magnetic yang menggunakan magnet permanen. Microwave radio dipasang untuk hubungan jarak jauh. Inovasi ini sebelumnya digunakan sebagai alat bantu perang untuk membidik tembakan dan meningkatkan kualitas radar. The Charles Williams Shop merupakan tempat dimana telepon pertama kali dibuat dengan pengawasan Watson. Judge Harold Greene dengan sukses mengungguli perusahaan Bell yang sebelumnya telah dicabut hak monopolinya. Sistem ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara. 1878. telepon dengan tombol bersuara diluncurkan 1971. 1891. dibawah kepemimpinan Theodore N. 1877. Telepon akan bekerja secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi.000 telepon yang dapat digunakan. perusahaan Bell mempunyai 10. perusahaan telekomunikasi mandiri diizinkan untuk mengemangkan sistem komunikasi yang dikembangkan untuk bisnis. papan pengganti secara manual ditemukan sehingga memungkinkan banyak telepon terhubung melalui sebuah saluran pertukaran. 1915. 1880. 1959. perusahaan Bell mematenkan Improvement in Telegraphy. diafragma besi. Selesai perang. Vail. sirkuit metalic pertama dipasang. Alexander Graham Bell terus memantau produktivitas perusahaan tersebut sehingga pada akhir tahun sebanyak tiga ratus telepon dapat digunakan. 1983. yang selanjutnya menjadi departemen riset dan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi tersebut.       1875. telepon Princess pertama kali diperkenalkan 1963. Sistem ini menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit. Perbaharuan ini membantu mengurangi gangguan yang seringkali dirasakan dengan penggunaan jalur one-wire. Sistem ini memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf. telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan. . Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari sirkuit one-wire menjadi two-wire. telepon mobile pertama kali digunakan secara komersial. telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan.

1990. Telepon IP Jenis telepon IP lewat Internet Telepon IP (Internet Protocol) merupakan telepon teknologi baru yang menggunakan protokol internet dalam pengoperasiannya. dan bentuk penyampaian informasi lainnya yang telah digunakan pada sistem telepon terdahulu. Namun proyek ini masih jauh dari ideal karena banyak terjadi gangguan dalam radio. dan mobile wireless circuit. Telepon IP ini dapat digunakan untuk memindahkan hubungan untuk mengganti suara. 1913. central office (CO). pengguna telepon di Amerika telah mencapai 90%. 1927. serat optic. dan operator layanan . sistem ini memungkinkan adanya hubungan telepon antar-benua.     1899. Dalam perkembangannya. trunks and special circuit. AT&T didirikan tahun 1885 sebagai pemilik keseluruhan subsidi dari American Bell yang bertugas mendirikan dan mengoperasikan jaringan telepon jarak jauh. memiliki kapasitas yang kecil. fixed wireless. Kemudian proyek ini dipindahkan menjadi lintas-pasifik pada tahun 1964. AT&T atau The American Telephone and Telegraph Company telah mandapatkan asset dan mendapatkan hak paten dari perusahaan American Bell. layanan telepon IP akan bekerja sama dengan perusahaan telepon lokal. perusahaan TV cabel. AT&T menjadi laboratorium sistem telepon paling baik di dunia. Penggunaan jaringan tersebut melibatkan komponen dasar yaitu telepon. dan customer premise equipment (CPE). Telepon IP menggunakan koneksi internet untuk mengirimkan data. amplifirers elektric pertama kali dipraktekkan oleh AT&T. paket video. dan biaya teleponnya yang mahal. AT&T memulai proyek layanan telepon lintas-atlantik di London dengan menggunakan dua jalur radio. provider jarak jauh seperti AT&T. satellite. pertumbuhan komputer yang kemudian disusul dengan munculnya internet membuat pola pengiriman pesan bergeser dari percakapan menjadi pengiriman data. Telepon digital Public Switched Telephone Network (PSTN) dilakukan berdasarkan hubungan langsung antara sender dengan receiver yang harus menggunakan kabel tembaga. network access.perkembangan PSTN sebagai sistem telepon digital telah meningkatkan kapasitas dan kalitas jaringanya sehingga memungkinkan untuk menggunakan beberapa saluran komunikasi dalam sebuah medium pertukaran. mengirim fax. 1969. Internet Service Providers (ISPs).

baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun . sedangkan pada DWDM adalah n x 2. Resiko dari besarnya kapasitas kedua teknologi ini adalah hilangnya informasi yang cukup besar saat terjadinya kegagalan dalam pengiriman jaringan. satu layanan‖ menjadi pengiriman berbagai layanan melalui satu jaringan. Televisi Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Pada sistem proteksi perangkat. Negara berkembang dapat mengadopsi teknologi NGN ini dengan menggunakan akses broadband nirkabel sehingga membuat pembangunan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dapat menghilangkan hambatan untuk berinovasi dan berinvestasi. Tanpa VoIP. link fisik yang digunakan menjadi pokok pengolahan proteksi. ada dua teknologi yang berperan pada jaringan berbasis transmisi optik. NGN dibangun pada pengembangan jaringan broadband. Kemampuan mengirimkan bandwidth pada SDH mencapai STM-64 (10 Gbps). Negara yang telah mengadopsi teknologi ini adalah negara-negara maju. Jaringan generasi baru ini menggunakan sejumlah teknologi seperti nirkabel dan mobile.5 Gbps atau n x 10 Gbps (n adalah jumlah panjang gelombang). atau dengan pembaharuan jalur tembaga yang ada. serat dan kabel. Namun. dan televisi dalam satu lingkungan komunikasi. Telepon IP merupakan bagian penting dalam penggabungan antara komputer. Didasarkan pada sistem internet protocol (IP). sinyal dari jalur kanal proteksi akan dibuang dan dialihkan ke kanal kerja jika sinyal yang diterima dari jalur ujung pengiriman sudah bekerja secara benar. VoIP (Voice over IP) adalah pengorganisasian untuk menstandardisasi telepon IP. proteksi berdasarkan topologi. Pada sistem proteksi link. VoIP digunakan sebagai landasan untuk unified message (UM) dan unified communications (UC). Jaringan yang ada pada IP bukan tipe yang siap untuk menghadapi lalu lintas VoIP sistem LAN harus dibagi antara VLAN dengan pesan suara dan data. telepon. Keseluruhan tipe proteksi tersebut tidak ada yang memenuhi semua kebutuhan proteksi NGN. yaitu SDH dan DWDM. dan proteksi kanal optik (DWDM). Voice over IP (VoIP). integrasi dari berbagai program server akan sulit dilakukan. Sistem proteksi yang umum digunakan dalam NGN adalah proteksi perangkat. proteksi yang digunakan dalam NGN sangat bergantung pada kebutuhan jaringan itu sendiri.wireless. konvergensi fixed-mobile dan IP televisi (IPTV). Dalam perkembangan teknologi NGN. Jaringan generasi baru Next-generation networks (NGN) mengubah pendekatan ―satu jaringan. proteksi link.

termasuk di antaranya sirkuit penerima dan penangkap gelombang penyiaran.berwarna. khususnya sebagai sumber kebutuhan akan hiburan dan berita serta menjadi media periklanan. siaran televisi telah dapat diakses melalui Internet. dan sejak saat itu televisi telah menjadi barang biasa di rumah. namun jenis televisi yang paling sering digunakan adalah televisi penyiaran. siaran TV dipancarkan dalam bentuk gelombang analog. kantor bisnis. SECAM). Sistem televisi kini juga digunakan untuk pengamatan suatu peristiwa. Sebuah sistem televisi dapat dipakai dalam berbagai penggunaan teknologi seperti analog (PAL. maupun institusi. juga menjadikan kotak televisi sebagai alat untuk untuk melihat materi siaran serta hasil rekaman. "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin. kemunculan kaset video. sehingga televisi dapat diartikan sebagai ―alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan. . Penyiaran TV biasanya disebarkan melalui gelombang radio VHF dan UHF dalam jalur frekuensi yang ditetapkan antara 54-890 megahertz[1]. Sebuah kotak televisi terdiri dari bermacam-macam sirkuit elektronik didalamnya. Dalam tahun-tahun terakhir. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε. Kini gelombang TV juga sudah memancarkan jenis suara stereo ataupun bunyi keliling di banyak negara.) Kotak televisi pertama kali dijual secara komersial sejak tahun 1920-an. ISDB dsb. karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Sekelompok keluarga berkebangsaan Amerika sedang menonton TV. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda. DVD dan kini cakram Blu-ray. misalnya melalui iPlayer dan Hulu. ATSC. ataupun "transmisi televisi". digital (DVB. menggunakan pemancar frekuensi radio berkekuatan tinggi untuk memancarkan gelombang televisi ke penerima gelombang televisi. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal sering disebut dengan TV (dibaca: tivi. "acara televisi". 1958 Walaupun terdapat bentuk televisi lain seperti televisi sirkuit tertutup.) ataupun definisi tinggi (HDTV). cakram laser. bukannya televisi. Hingga tahun 2000. NTSC.‖ Penggunaan kata "Televisi" sendiri juga dapat merujuk kepada "kotak televisi". Sejak 1970-an. yang dibuat berdasarkan sistem penyiaran radio yang dikembangkan sekitar tahun 1920-an. teve ataupun tipi. tetapi belakangan ini perusahaan siaran publik maupun swasta kini beralih ke teknologi penyiaran digital. Perangkat tampilan visual yang tidak memiliki perangkat penerima sinyal biasanya disebut sebagai monitor.

pengontrolan proses industri. 1880-an: Cakram Nipkow Pada tahun 1884. seperti halnya suara. dan elektronik untuk merekam. Inilah konsep yang bernama "perasteran". Seiring dengan peletakan posisi gambar yang difokuskan dipusat cakram. yaitu proses merubah gambar visual menjadi arus gelombang elektrik. sistem pertelevisian yang hanya menggunakan teknologi optik dan elektronik saja telah dikembangkan. Pada tahun 2010. termasuk di antaranya adalah Facebook dan Twitter. mekanik. dan pengarahan senjata. sebuah cakram berputar dengan serangkaian lubang yang disusun secara spiral ke pusat cakaram yang digunakan dalam proses perasteran. dan menyiarkan gambar visual. berbagai teknik pemindaian gambar telah digunakan di hampir setiap teknologi pengiriman gambar. dimana semua sistem televisi modern menerapkan teknologi ini.[3]  Sejarah Sejarah awal Pada masa awal perkembangannya. pengetahuan yang didapat dari pengembangan sistem elektromekanis sangatlah penting dalam pengembangan sistem televisi elektronik penuh. televisi menggunakan gabungan teknologi optik. seorang mahasiswa 23 tahun di Jerman. Konsep pengiriman gambar bergerak yang menggunakan daya elektrik pertama kali diuraikan pada 1878 sebagai "teleponoskop" (konsep gabungan telepon dan gambar bergerak). Ide untuk menggunakan sistem pemindaian gambar untuk mengirim gambar pertama kali dipraktikkan pada 1881 menggunakan pantelegraf. Setiap lubang cakram diposisikan dengan selisih sudut yang sama agar dalam setiap putarannya cakram tersebut dapat meneruskan cahaya melalui setiap lubang hingga mengenai lapisan selenium peka cahaya yang menghasilkan denyut elektrik. Semenjak itu. . Paul Gottlieb Nipkow. iPlayer digunakan dalam aspek media sosial dalam bentuk layanan televisi internet. Pada saat itu. tidak lama setelah penemuan telepon. Bagaimanapun. termasuk televisi. yaitu menggunakan mekanisme pemindaian pendulum. Stasiun TV amatir telah digunakan pada kawasan perkotaan sebelum kemunculan stasiun TV komersial. pada akhir 1920-an. menampilkan. terutama untuk tempat-tempat yang biasanya terlalu berbahaya untuk diobservasi secara langsung.[2] Televisi telah memainkan peran penting dalam sosialisasi abad 20 dan 21. mematenkan sistem televisi elektromekanik yang menggunakan cakram Nipkow. para penulis fiksi ilmiah telah membayangkan bahwa suatu hari nanti cahaya juga akan dapat dikirimkan melalui medium kabel. (seperti pantelegraf) yang dikembangkan pada akhir abad ke-19. Gambar pertama yang berhasil dikirimkan secara elektrik adalah melalui mesin faksimile mekanik sederhana. Walaupun sistem mekanik akhirnya tidak lagi digunakan. Televisi amatir (ham TV atau ATV) digunakan untuk kegiatan percobaan dan hiburan publik yang dijalankan oleh operator radio amatir.

yaitu "Phonovision". dan menggunakan prinsip "penyimpanan isi" di dalam tabung pemindai (atau "kamera"). yaitu dengan memodulasi sinyal output kamera TV-nya ke dalam kisaran jangkauan audio.setiap lubang akan memindai setiap "iris" horizontal dari keseluruhan gambar. Baird juga menemukan sistem rekaman video pertama di dunia. seorang insinyur Hungaria.[6] Demonstrasi oleh Baird ini telah disetujui secara umum oleh dunia sebagai demonstrasi televisi pertama. Cakram pemindai Baird dapat menghasilkan gambar beresolusi 30 baris (cukup untuk memperlihatkan wajah manusia) dari lensa dengan spiral ganda. Rancangan selanjutnya adalah menggunakan pemindai mirror-drum berputar sebagai perekam gambar dan tabung sinar katoda (CRT) sebagai perangkat tampilan. karena kepekaan detektor selenium yang rendah. Kálmán Tihanyi. Alat buatan Nipkow ini tidak benar-benar dapat dipraktekkan hingga adanya kemajuan dalam teknologi tabung penguat. dia dapat merekam sinyal tersebut pada cakram audio 10 inci (25 cm) dengan menggunakan teknologi rekaman audio biasa. Hanya sedikit rekaman "Phonovision" Baird yang masih ada dan rekaman-rekaman yang masih bertahan tersebut kemudian diterjemahkan dan diproses menjadi gambar yang dapat dilihat pada 1990-an menggunakan teknologi pemrosesan-sinyal digital.[4] Namun. . alat tersebut hanya dapat memancarkan gambar "halftone" — dikarenakan lubang dengan posisi tertentu dengan ukuran berbeda-beda — melalui kabel telegraf atau telepon. Namun. mengembangkan sistem televisi dengan mirror-drum yang menggunakan sistem "video terjalin" untuk menghasilkan resolusi gambar 100 baris.[8][9][10][11] Pada 1927. merancang sistem televisi dengan perangkat pemindaian dan tampilan yang sepenuhnya elektronik. Pada 1907. Dia menggunakan pemindai "mirror-drum" untuk mengirim gambar geometrik sederhana ke CRT. 1920-an: Penemuan John Logie Baird Penemu asal Skotlandia. seorang penemu Rusia. John Logie Baird berhasil menunjukan cara pemancaran gambarbayangan bergerak di London pada tahun 1925. seorang ilmuwan Rusia. menjadi penemu pertama yang menggunakan CRT dalam perangkat penerima dari sistem televisi eksperimental. sekalipun televisi mekanik tidak lagi digunakan. Boris Rosing.[5] diikuti gambar bergerak monokrom pada tahun 1926. Pada tahun 1927. Léon Theremin. untuk merekam gambar bergerak masih tidak dapat dilakukan.[7] Pada 1926.

[25] [26] .C. Di tahun yang sama pula.[17] Televisi komersial pertama dijual oleh Baird di Britania Raya pada tahun 1928 dalam bentuk penerima radio ditambah dengan komponen-komponen seperti tabung neon di belakang cakram Nipkow yang menghasilkan gambar kemerahan berukuran sebesar perangko pos yang dapat diperbesarkan lagi menggunakan lensa pembesar. Kira-kira 1.[22] dan Amerika Serikat (1938). dan Rusia. "Televisor" ciptaan Baird ini juga dapat digunakan tanpa radio.[21] Britania Raya (1936). Herbert E. kotak televisi elektromekanik mulai secara komersial dijual dari tahun 1928 hingga 1934 di Inggris. Televisor yang dijual pada tahun 1930–1933 merupakan pemasaran televisi masal yang pertama.[13][14] 1930-an: Penyebaran dan penerimaan masyarakat Pada tahun 1936. dan juga melalui gelombang radio dari Whippany. Subjek rekamannya termasuk salah satunya Sekretaris Perdagangan Amerika saat itu.[16] Amerika Serikat.[23][24] Pada tahun 1936. Kálmán Tihanyi menerangkan prinsip televisi plasma.Pada tahun yang sama.000 unit Televisor berhasil dijual.[18] Kotak televisi elektronik komersial pertama dengan tabung sinar katoda diproduksi oleh Telefunken di Jerman pada 1934. untuk pertama kalinya olimpiade Berlin disiarkan ke stasiun televisi di Berlin dan Leipzig di mana masyarakat umum dapat menyaksikan setiap perlombaan langsung. D. ke New York City. Herbert Hoover.[12] Ives menggunakan layar penayang sebesar 24 x 30 inci (60 x 75 cm). Ives dari Bell Labs berhasil mengirimkan gambar bergerak dari sebuah cakram 50-tingkap yang menghasilkan 16 gambar per menit melalui medium kabel dari Washington.[13] dimana temuannya ini pertama kali ia demonstrasikan di depan media pers pada 1 September 1928. New Jersey. Philo Farnsworth berhasil membuat sistem televisi pertama di dunia dengan pemindai elektronik pada kedua perangkat tampilan dan pickup.[15] Pada masa awal televisi.[19][20] diikuti oleh produsen elektronik yang lain di Perancis (1936). yaitu sistem panel datar yang pertama.

) Model termurah televisi berukuran 12 inci (30 cm) adalah seharga $445 (setara dengan $6. alat ini memiliki radio transmitter dan sinyal penerima komunikasi radio. Walkie Talkie dikenal dengan sebutan Two Way Radio ataupun radio dua arah. Penggunaan TV di Amerika Serikat meningkat kembali pasca Perang Dunia II setelah produksi TV diizinkan kembali pada Agustus 1945. Pasca perang. dan naik sampai 90% pada tahun 1962.600 unit di Jerman. lalu naik 55.5 Km tanpa menggunakan biaya pulsa seperti menelpon.000 pada tahun 1947.5% pada tahun 1946. lalu 1.6 cm) dijual seharga 125 USD (setara dengan 1. hingga 15.863 USD pada tahun 2007. yang dapat melakukan pembicaraan dua arah.[29] Di Britania.[28] sebelum akhirnya War Production Board terpaksa menghentikan produksi TV pada April 1942 karena pecahnya Perang Dunia II.5 Km sampai dengan 2. jumlah pemilik TV di Amerika meningkat sekitar 0. Walkie talkie dapat digunakan dalam jarak 0. jumlah pemilik TV meningkat dari 15. dan 8.000 unit televisi elektronik telah diproduksi di Britania. .[27] Tahun penerimaan TV menurut negara ██ 1930 — 1939 ██ 1970 — 1979 ██ 1940 — 1949 ██ 1980 — 1989 ██ 1950 — 1959 ██ 1990 — 1999 ██ 1960 — 1969 ██ tidak ada data Kira-kira sebanyak 19.4 juta pada tahun 1952.633 per 2007). televisi berukuran 3 inci (7. Walkie talkie merupakan transceiver. 1. Walkie talkie Walkie talkie adalah sebuah alat komunikasi genggam yang dapat mengkomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio. Kebanyakan walkie talkie digunakan untuk melakukan kedua fungsinya yaitu berbicara ataupun mendengar. berbicara dan mendengar lawan bicara secara bergantian.1 juta pada tahun 1968.000 unit di Amerika.7% pada tahun 1954.Pada tahun 1938 di Amerika. yang dikarenakan ia memiliki two way radios tersebut.

Setelah itu waterproof 2 way radio yang dapat juga disebut dengan Light Aircraft Emergency Set memiliki berat 12 pounds. dan seorang reporter berita bertanya kepadanya apa yang prajurit itu lakukan. 29 watt. P. besarnya 6‖ x 7‖ x 13‖ dengan antena yang melipat kebawah.. memiliki pemancar dan penerima suara ataupun kode. Penggunaan nama Walkie Talkie pertamakali terdengar pada tahun 1941. . Sejarah Donald L Hings Walkie Talkie dibuat pada tahun 1937 oleh seorang penemu asal Kanada yang bernama.E. Hings mengembangkan kabin pesawat udara permanen.M. Al Gross. C. benda tersebut adalah waterproof 2ways radio dan diproduksi untuk Dominico pada tahun 1938.5 Ibs. Pada saat pertamakali ditemukan. Baterainya yang dapat dioperasikan pada unit 260 MHz. Prajurit tersebut membalas dengan mengakatan bahwa kau dapat berbicara (talk) dengan ini (C 18) disaat kau sedang berjalan (walk) menggenggam ini (C 18).Eng. Al Gross Inovasi mengenai walkie talkie juga datang pada seorang penemu yang lahir di Kanada dan dibesarkan di Amerika. Donald Lewes Hings . Operator Ham Radio (Call sign W8PAL) walkie talkie adalah penemuan pertamanya yang menggunakan hand-held radio FM kecil dengan alat komunikasi dua arah yang ia kembangkan pada tahun 1938 disaat ia duduk di bangku SMA di Cleveland. Hings mengirimkan surat kepada Canadian Air Force] berhubungan dengan wireless transceiver suara 10PC20 untuk penggunaan pesawat udara militer dan mereka yang setuju bahwa teknologi tersebut memiliki fungsi yang sangat penting. 10PC20. walkie talkie belum dinamakan walkie talkie. frekuensi yang tidak mudah diserang pada wilayah kawasan musuh. M. 10PC20 memiliki bobot 3.jpg Donald Hings Awal tahun 1940. Pada tahun 1941. Gross direkrut oleh OSS (Office of Strategic Service) yang sekarang dapat kita sebut dengan CIA. Akhir tahun 1938. untuk mengembangkan dua arah sistem udara ke darat untuk digunakan untuk berkomunikasi dengan intelegen diluar garis yang diketahui oleh musuh. saat itu Hings mengatakan pada media bahwa walkie talkie berasal dari seorang prajurit yang berjalan menggunakan C 18 dengan seragamnya. Dengan pristiwa itulah para jurnalis ataupun reporter menuliskan walkie talkie pada berita harian mereka mengenai penemuan terbaru tersebut yang diambil oleh pembicaraan tersebut.B. Berkas:Hings. Gross mengembangkan sebuah model walkie talkie yang dapat berkerja dengan baik yang hanya memiliki berat 4 pounds dengan antena yang simple. serta baterai di dalamnya. dapat bekerja efektif dalam wilayah 250 miles pada frekuensi 5000 kilocycles.

D. orang yang mengembangkan sistem komunikasi FM mobile untuk Connecticut State Police. Penemuan pertama mereka pada tahun 1940 adalah Handie Talkie . Daniel Noble adalah orang pertama yang membuktikan sistem FM kepada kebutuhan khusus dari departemen kepolisian. Perusahaan tersebut memproduksi full SCR-536 pada bulan Juli 1941. jadikan pesan tersebut pendek dan pastikan bahwa penerima pesan tersebut mengerti apa yang dimaksud pada pesan tersebut. Cara penggunaan Jaringan Walkie Talkie memerlukan petunjuk untuk memungkinkan cara kerja yang efisien walaupun jaringan tersebut digunakan oleh banyak ataupun sedikit walkie talkie. pengetesan contoh asli transceiver pun telah berhasil pada musim semi tahun 1941. Gunakan pesan ataupun transmisi yang pendek ataupun to the point. 6 bulan sebelum tragedi Pearl Harbor. Colton dan Major J. . Motorola Motorola juga memiliki peran penting dalam perkembangan walkie-talkie. Jangan gunakan obscenities. 4. tetapi ada cara-cara yang general dalam menggunakan walkie-talkie tersebut. Gunakan kata-kata istilah yang standar dalam mempraktekannya kepada orang lain yang menggunakan walkie talkie pada jaringan yang sama. FFC memiliki wewenang untuk memonitor percakapan kita kapan saja. Setiap pengguna yang menggunakan jaringan tersebut harus waspada untuk menggunakan aturan walkie talkie tersebut. Pada presentasi tersebut Signal Corps diwakilkan dengan Col. jika pengguna memiliki pesan yang cukup panjang. sebuah jaringan radio yang menggunakan gelombang publik. sebuah walkie talkie dua arah atau dapat disebut dengan SCR-536. Noble tidak memiliki tanggung jawab dalam pengembangan radio Handie-Talkie tetapi ia pergi ke Fort Monmounth. O‘Connell yang memiliki peran penting dalam perkembangan dari jangkauan yang lebih jauh dari pada radio Handie Talkie. 2. bersama dengan Don Mitchell dalam membentuk presentasi mengenai unit kepada Signal Corps. Awal tahun 1940. Sinyal Corps untuk unitnya dapat melihat aksi apapun di dalam kejadian pada perang dunia tersebut. N SCR-300 (FM) hadir pada akhir tahun 1940. New Jersey.US Army Signal Corps Sejarah lain mengenai walkie talkie merupakan walkie talkie model SCR-194 merupakan bentuk walkie-talkie pertama yang dibuat oleh US Army Signal Corps Contribution. yaitu : 1. gelombang tersebut dikontrol oleh Federal Communications Commission‘s (FCC‘s) policies. Daniel Noble. SCR194 didesain untuk digunakan oleh tim altilery untuk berkomunikasi di antara grup. Bicara dengan jelas dan dalam kondisi suara yang normal dengan mulut yang berjarak 3 inchi dari microphone radio. 3. Cara penggunaan walkie talkie berbeda antar jaringan yang satu dengan yang lainnya ataupun merk yang satu dengan merk lainnya.

tetapi keduanya memiliki perbedaan. Apabila pengguna sudah menjalankan semua aturan penggunaan walkie-talkie sesuai dengan yang tertulis diatas. prajurit-prajurit dapat menyampaikan ataupun menerima informasi kepada base-campnya mengenai posisi musuh ataupun tempat untuk mengirimkan berita perang. Perbedaan dengan Handie Talkie (HT) Walkie talkie berbeda dengan handie talkie (HT). maka ia membutuhkan walkie-talkie untuk berkomunikasi dengan partnernya. alat tersebut berbahaya. Saat mengoperasikan Walkie-Talkie. hiking. Kepolisian menggunakan walkie talkie untuk mengirimkan laporan kepada kepolisian pusat mengenai informasi kejahatan seperti perampokan bank. karena alat tersebut. Pada sebagian walkie-talkie pengguna akan mendengarkan bunyi ‗beep‘ setelah menahan tombol tersebut yang menyatakan bahwa pengguna sudah dapat untuk berbicara. karena walkie talkie dapat mengkomunikasi pengguna dengan teman atau saudara saat sedang bersama. Kepolisian Kepolisian adalah kelompok selanjutnya yang menggunaka walkie-talkie. Tugas tersebut merupakan tugas penting. Para pemadam kebakaran akan masuk kedalam ruangan dan perlu untuk berkomunikasi mengenai situasi yang terjadi di dalam sana. Hal itu terjadi karena beratnya Radio Man.5. karena tentara yang menggunakannya hanya dapat menggunakan senjata kecil saat menggunakan alat tersebut. tekan tombol push-to-talk selama satu detik sebelum memulai untuk berbicara. Pemadam Kebakaran Pemadam kebakaran menggunakan walkie talkie untuk memberitahukan kepada orang-orang yang terjebak pada wilayah kebarakan agar menghindari tempat tersebut. Handie talkie . hemat dan juga mudah untuk dioperasikannya. Diharapkan maka komunikasi melalui walkie-talkie menjadi efektif maupun efisien dan tidak terjadi miss communication. climbing ataupun saat berbelanja dipasar. kecelakaan lalu lintas ataupun pembunuhan. Hiburan Walkie talkie merupakan teknologi komunikasi yang simple. Pengguna Militer Pada sejarah terbentuknya walkie talkie dijelaskan bahwa walkie talkie pertama kali digunakan untuk kebutuhan militer khususnya apabila terjadinya perang. Walaupun keduanya mengacu prinsip yang sama mengenai radio dua arah. Oleh sebab itu Walkie talkie digunakan untuk bersenang-senang seperti pada keluarga yang sedang melakukan camping. Walkie-talkie pertama yang digunakan oleh anggota militer adalah Radio Man.

dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik. Pada awalnya jarak yang dapat ditempuh oleh alat ini hanya sejauh 2 mil. dan cahaya terlihat. Dalam definisinya. ultraviolet. inframerah. karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).memerlukan izin untuk menggunakannya. Gelombang elektromagnetik lain yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio meliputi sinar gamma. sinar-X. . sedangkan walkie talkie tidak memerlukannya. Handie talkie merupakan alat komunikasi dua arah yang tidak menggunakan kabel. Handie talkie memiliki range frekuensi yang lebih besar dan bebas dibandingkan dengan walkie talkie. belakangan ini handie talkie dapat mencakup hingga jarak 12 mil. Radio Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF) pada suatu spektrum elektromagnetik. Gelombang radio Frekuensi gelombang radio untuk pengiriman suara Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara.

dan telepon genggam pada umumnya.000.000 Hz. Meskipun kata 'radio' digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan alat penerima gelombang suara. namun transmisi gelombangnya dipakai sebagai dasar gelombang pada televisi. Ada dua metode transmisi gelombang audio. sementara gelombang audio merambat pada frekuensi 20 Hz sampai 20. gelombang radio merambat dengan kecepatan 300. gelombang audio tidak ditransmisikan langsung melainkan ditumpangkan pada gelombang radio yang akan merambat melalui ruang angkasa. yaitu melalui modulasi amplitudo (AM) dan modulasi frekuensi (FM). pertama kali membuktikan teori Maxwell melalui eksperimen.Ketika gelombang radio dikirim melalui kabel kemudian dipancarkan oleh antena. Pada 1878 David E. radar. memperagakan bahwa radiasi radio memiliki seluruh properti gelombang (sekarang disebut gelombang Hertzian). berdasarkan hasil kerja penelitiannya antara 1861 dan 1865.000 Hz. Dia mendemonstrasikan penemuannya kepada Royal Society pada 1880 tapi hanya dibilang itu cuma merupakan induksi. antara 1886 dan 1888. Adalah Heinrich Rudolf Hertz yang. Hughes adalah orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio ketika dia menemukan bahwa keseimbangan induksinya menyebabkan gangguan ke telepon buatannya. osilasi dari medan listrik dan magnetik tersebut dinyatakan dalam bentuk arus bolak-balik dan voltase di dalam kabel. radio. Dari pancaran gelombang radio ini kemudian dapat diubah oleh radio penerima (pesawat radio) menjadi signal audio atau lainnya yang membawa siaran dan informasi. Pada siaran radio.000 kilometer per detik.000. Perlu diperhatikan bahwa gelombang radio berbeda dengan gelombang audio. Seperti spektrum elektromagnetik yang lain. Gelombang radio merambat pada frekuensi 100. merupakan ranah publik dan sumber daya alam terbatas. Penemuan gelombang radio Dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik (bahasa Inggris: A dynamical theory of the electromagnetic field).000 Hz sampai 100. dan menemukan bahwa persamaan elektromagnetik dapat diformulasikan ke persamaan turunan partial disebut persamaan gelombang. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran menyebutkan bahwa frekuensi radio merupakan gelombang elektromagnetik yang diperuntukkan bagi penyiaran dan merambat di udara serta ruang angkasa tanpa sarana penghantar buatan. Penggunaan radio .

siaran radio komersial termasuk drama. Baca sejarah radio untuk informasi lebih lanjut. komunikasi bergerak di segala jenis. untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode Morse antara kapal dan darat. menjadi populer pada 1920-an dan 1930-an. Penggunaan radio dalam masa sebelum perang adalah pengembangan pendeteksian dan pelokasian pesawat dan kapal dengan penggunaan radar]. Amerika Serikat menyampaikan Empat belas Pokok Presiden Woodrow Wilson kepada Jerman melalui radio ketika perang. . Jerman menggunakan komunikasi radio untuk pesan diplomatik ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh Britania. Selain siaran. tidak hanya berita dan musik saja. Sebelum televisi terkenal. termasuk komunikasi antara operator di kapal yang tenggelam dan kapal terdekat. termasuk telepon dan siaran ulang program radio. Salah satu pengguna awal termasuk Angkatan Laut Jepang memata-matai armada Rusia pada saat Perang Tsushima di 1901. Radio digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut di kedua pihak pada Perang Dunia II. Siaran mulai dapat dilakukan pada 1920-an. dengan populernya pesawat radio. siaran titik-ke-titik. komedi. radio banyak bentuknya. dan banyak hiburan lainnya. Lihat pemrograman radio. beragam show. Salah satu penggunaan yang paling dikenang adalah pada saat tenggelamnya RMS Titanic pada 1912. dan juga penyiaran radio. terutama di Eropa dan Amerika Serikat. dan komunikasi ke stasiun darat mendaftar yang terselamatkan. Sekarang ini. termasuk jaringan tanpa kabel.Sebuah radio merek Bush lama Banyak penggunaan awal radio adalah maritim.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->