Copyright diknas pemprop DIY

Pokok Bahasan 8 Konsep Bunyi A. Suara Budi dalam percakapan itu dapat didengarkan oleh Amin. Bunyi radio terjadi karena getaran membran yang terdapat dalam speakernya. gitar. Selain itu kita mengenal bermacam-macam alat seperti gendang. Tampaknya mereka sangat menikmati suara musik tersebut. Budi dapat mendengar suara Amin. bunyi memerlukan medium perantara. lonceng dan bedug. Untuk dapat didengarkan oleh telinga. Dari beberapa contoh tersebut. Kadang-kadang terdengar kicauan burung yang merdu dari atas pohon. Macam-macam sumber bunyi Suara yang dikeluarkan oleh Budi dan Amin. deburan ombak. Selain itu keduanya bersama-sama dapat menikmati alunan musik dari radio dan kicauan burung. Amin dan Budi. Bunyi ditimbulkan oleh benda yang bergetar. bunyi dapat terjadi dan kita dengar pada sembarang tempat. dan loudspeaker itu merupakan sumber bunyi. Bagaimana hal itu dapat terjadi ? Suara-suara itu merupakan bunyi yang berasal dari berbagai sumber bunyi. 1). Alat musik Copyright diknas pemprop DIY . dentuman meriam dan sebagainya merupakan bunyi-bunyi yang tidak teratur. Perambatan Bunyi Budi sedang bercakap-cakap dengan Amin sambil menikmati alunan lagu dari radio di pinggir sawah. Amin dan kicauan burung berasal dari getaran pita suara. Demikian juga sebaliknya. burung. seruling. rebana. dalam hal itu udara. radio ataupun kicauan burung itu merupakan bunyi yang dapat diterima oleh telinga. Gemerisik dedaunan.Bunyi yang berasal dari suara Budi.

Mengapa bunyi itu dapat sampai di telinga kita ? Berbagai macam bunyi dapat sampai dan dinikmati oleh pendengaran kita karena adanya medium perantaranya. Kadang-kadang kita mendengar bunyi keras. Syarat terjadi dan terdengarnya bunyi Mengapa bunyi itu dapat terjadi ? Pada malam yang hening. Beberapa alat musik seperti gitar dan gendang akan menunjukkan gejala serupa dengan garpu tala. maka kuat bunyinya semakin besar. Semakin keras kita memukul gendang. Apabila tidak ada pensil jatuh. sebuah pensil jatuh ke lantai. Bunyi yang keluar dari peralatan ini merupakan bunyi yang teratur. menggetarkan partikel-partikel udara yang ada di sekitarnya. Keras dan lemahnya bunyi yang dapat didengarkan dinamakan kuat bunyi. Kuat bunyi tergantung pada amplitudo sumber bunyi dan jarak sumber bunyi dengan penerima bunyi. Getaran yang ditimbulkan oleh sumber bunyi. seakan-akan kita tidak mendengar bunyi apapun. Selanjutnya partikel udara itu menggetarkan partikel telinga kita. Kita dapat mendengar bunyi pensil waktu mengenai lantai. pada saat lain bunyi itu terdengar lemah.itu jika dimainkan juga merupakan sumber bunyi. udara berikutnya sehingga sampai di 2). Copyright diknas pemprop DIY . senarnya akan bergetar dan menghasilkan bunyi. dengan bergerak menjauh maka kita akan mendengar bunyi itu semakin melemah. Berbagai bentuk bunyi yang dapat kita dengarkan. Tanpa adanya getaran pada sumber bunyi. maka kita tidak akan pernah dapat mendengarkan bunyi itu. Suara yang ditimbulkan pensil pada saat menyentuh lantai itu juga dapat dikatakan sumber bunyi. Hal ini terjadi karena simpang getar atau amplitudo sumber bunyi lebih besar. selalu berasal dari sumber bunyi. Jika kita menganggapnya bunyi tersebut terlalu keras. Sebuah gitar apabila dipetik.

Tabel . Cepat Rambat Bunyi Gelombang bunyi waktu merambat di udara mempunyai kecepatan tertentu. 1. Penyebabnya adalah suhu pada tempat yang tinggi lebih rendah. Cepat rambat bunyi bertambah besar seiring pertambahan suhu. 4 5 6 7. cepat rambat lebih rendah dibanding di dekat permukaan laut. Getaran itu merambat di udara dalam bentuk gelombang longitudinal. Jarak yang ditempuh oleh bunyi dalam waktu satu detik melalui suatu zat tertentu dinamakan cepat rambat bunyi zat tersebut.Demikian juga gendang yang dipukul. 3). Cepat rambat bunyi dalam udara tergantung pada suhu. Jadi bunyi dapat terjadi bila terdapat getaran pada sumber bunyi dan terdapat medium perantara. Pada medium lain bunyi juga merambat dengan kecepatan tertentu yang berbeda tergantung medium yang dilalui. Jadi bila tekanan udara berubah. Cepat rambat bunyi tidak tergantung pada tekanan. bukan karena tekanan udara yang lebih rendah. Untuk dapat sampai di telinga kita. diperlukan udara sebagai medium perantaranya. tidak ada perubahan cepat rambat bunyi. Copyright diknas pemprop DIY . Nama Zat (Medium) Gabus Air Kaca Aluminium Besi Timah Udara Cepat Rambat Buni (m/sekon) 500 1450 5170 5000 5120 1200 340 Pada tempat yang tinggi dari permukaan laut. No. 2. kulit pada gendang itu bergetar sehingga terdengar sebuah bunyi. mustahil suatu bunyi dapat didengarkan oleh telinga. 3. Nilai cepat rambat bunyi dalam berbagai zat. Tanpa adanya medium perantara.

Pada jarak dekat kita akan dapat langsung mendengar bunyi kentongan pada saat kentongan itu dipukul. waktu yang diperlukan dan jarak sumber bunyi dapat dituliskan sebagai berikut : s = v. Mengapa orang yang duduk di tempat lain lambat atau bahkan tidak dapat mendengar bunyi itu ? Copyright diknas pemprop DIY . Ternyata yang bersandar di pagar dapat mendengar bunyi ketukan itu lebih cepat dan lebih keras dibanding orang yang duduk di kursi. s = jarak yang ditempuh. Seorang pemukul kentongan yang dapat memukul dengan kuat berada dalam jarak pandang yang tidak terhalang. Dengan menggunakan kentongan sebagai sumber bunyi kita dapat melihat adanya selisih waktu antara sumber bunyi itu berbunyi dan dapat terdengar oleh telinga kita. kita dapat merasakan adanya selisih waktu antara gerakan tangan memukul kentongan dan bunyi yang kita dengar. Bahkan ketukan perlahan itu dapat tidak terdengar oleh orang yang duduk di kursi. Mengapa hal itu terjadi ? Ketukan perlahan yang dilakukan dapat orang yang duduk di tengah dapat terdengar orang yang duduk bersandar di pagar. Dua orang bersandar pada pagar. Medium Perambatan Bunyi Tiga orang duduk berseberangan yang agak jauh. Hal itu disebabkan bunyi dapat merambat melalui zat padat. sedangkan seorang yang lain duduk pada kursi. Hubungan antara cepat rambat bunyi. Orang yang duduk di tengah mengetuk pagar perlahan. m/s t = waktu yang diperlukan.t dimana.Secara sederhana kita dapat mengukur kecepatan bunyi udara dengan melakukan berbagai percobaan. Semakin jauh dari tempat kentongan itu dipukul. s 4). m v = cepat rambat bunyi.

kita dapat dengarkan. Tanpa menggunakan alat penangkap bunyi. karena setiap saat kita mendengar bunyi-bunyi tersebutBunyi yang dihasilkan oleh sumber bunyi mempunyai frekuensi tertentu. Dengan demikian. Sebuah pemancar radio menghasilkan gelombang bunyi dengan frekuensi tinggi. Bunyi ledakan pertama yang dapat kita dengarkan dihantarkan oleh air laut. Dalam air bunyi dapat merambat lebih cepat dibanding di udara. Apakah bunyi dapat merambat dalam ruang hampa udara ? B. Frekuensi Bunyi Telinga manusia seakan dilengkapi dengan filter sehingga tidak semua bunyi yang ada di sekitar khusus. Bayangkan bila dapat mendengar semua bunyi yang ada ! Mungkin kita tidak dapat lagi istirahat. Hal ini merupakan suatu anugerah. jangkrik akan mengetahui kedatangan kita dan segera menghentikan suara nyaringnya agar kita tidak dapat menangkapnya. Bila kita berenang di pinggir laut dan di seberang laut terjadi ledakan. Bunyi yang mempunyai frekuensi di bawah 20 Hz Copyright diknas pemprop DIY . Radio mengubah gelombang bunyi dari pemancar menjadi bunyi yang dapat diterima oleh telinga kita. Gerakan lembut seekor jangkrik. Sedangkan bunyi kedua yang kita dengar dihantarkan oleh udara. tidak dapat kita dengarkan. maka kita seakan-akan mendengar adanya dua ledakan berturut-turut.000 Hz. Sebaliknya gerakan lembut yang kita lakukan dapat diterima olehnya. yaitu berkisar antara 20 Hz hingga 20. kita tidak akan pernah dapat mendengarkan bunyi yang dipancarkan. 1). Frekuensi Audio Manusia hanya dapat mendengarkan bunyi dengan frekuensi tertentu.Bunyi dapat merambat lebih cepat melalui benda padat dibanding gas (udara). Jangkauan frekuensi yang dapat didengar manusia disebut frekuensi audio.

Di industri. merupakan cara jangkrik mempertahankan dan melindungi diri dari berbagai ancaman. anjing dapat mengetahui adanya gerak langkah lembut manusia biarpun jaraknya masih cukup jauh. dan sebagainya C. Nada Sebuah gendang dipukul atau gitar yang dipetik. kelelawar dapat terbang cepat tanpa bertabrakan satu dengan yang lain ataupun menabrak benda lain. Sedangkan bunyi yang mempunyai frekuensi di atas 20. Mereka memancarkan bunyi ultrasonik yang dapat dipantulkan oleh benda dan diterima oleh kelelawar yang lain. Pemancar radio yang menghasilkan gelombang ultrasonik. gelombang ultrasonik dipergunakan untuk mengaduk susu agar homogen. Copyright diknas pemprop DIY . Ikan lumba-lumba dan kelelawar dapat mengeluarkan dan menangkap bunyi ultrasonik. mensterilkan makanan dalam kaleng. 2). Adanya pemantulan bunyi itu menyebabkan kelelawar mengetahui ada benda di depannya. Manusia dapat menciptakan dan menggunakan gelombang ultrasonik untuk membantu kegiatannya.dinamakan infrasonik. oleh radio diubah menjadi gelombang audio sehingga dapat kita dengarkan. Kemampuan jangkrik dalam menangkap gelombang infrasonik. Pada waktu malam pekat. juga mempunyai kemampuan menangkap bunyi infrasonik.000 Hz dinamakan ultrasonik. kita dapat menikmati alunan suaranya. Jadi seekor jangkrik mampu mendengar bunyi infrasonik. Seekor anjing selain indera penciumannya yang tajam. Dengan demikian. maka akan terdengar bunyi yang merdu dan menghanyutkan. Peran gelombang infrasonik dan ultrasonik Keberadaan gelombang infrasonik dan ultrasonik secara alamiah berkenaan dengan kehidupan binatang. Demikian juga alat musik lain bila dimainkan.

gemercik hujan. Getaran yang ditimbulkan oleh alat musik itu sama pada satuan waktu tertentu. Tangga Nada Kita telah mengenal istilah tangga nada. Dapatkan kalian sebutkan contoh-contoh lain bunyi yang tidak beraturan ? Apabila suatu alat musik dimainkan. Selain itu terdapat perbandingan antara frekuensi suatu nada dengan dengan nada lain yang lebih rendah. akan menghasilkan bunyi beraturan yang enak didengarkan. Bila mereka ingin menyanyi bersama dalam kelompok. Demikian juga untuk memainkan beberapa alat musik. mereka harus menyemakan lebih dahulu frekuensinya. Tangga nada 1 2 3 4 5 6 7 1' bila dinyanyikan do re mi fa sol la si do' Frekuensi nada-nada tersebut di atas bersifat tetap atau tidak berubah-ubah. misalnya duet atau paduan suara. Perbandingan ini dinamakan interval. Gemuruh suara ombak.Sebaliknya sebuah kaleng dipukul. 1). Bunyi teratur itu mempunyai frekuensi tertentu. Untuk memperoleh frekuensi standar dapat dipergunakan garpu tala. Apakah perbedaan bunyi yang ditimbulkan oleh alat musik dan kaleng ? Sebuah kaleng dipukul menghasilkan bunyi yang tidak beraturan. Perbandingan frekuensi nada Copyright diknas pemprop DIY . Oleh karena itu diperlukan frekuensi standar yang dapat dipergunakan sebagai nada dasar. Bunyi beraturan dinamakan nada. Dua orang yang melantunkan tangga nada itu secara terpisah dapat berbeda frekuensinya. karena frekuensi bunyinya tidak tetap. Bahkan suara kaleng itu mungkin akan membuat kita marah karena bising atau ribut. deru suara angin merupakan contoh bentuk bunyi yang tidak beraturan. agar dapat selaras frekuensinya harus disamakan lebih dahulu. bunyi yang dikeluarkan sangat sukar kita nikmati.

tebal senar dan bahan senar dinamakan sonometer. Dengan demikian frekuensi nada yang lain dapat ditemukan berdasarkan perbandingan dengan nada A sebagai pedoman. Copyright diknas pemprop DIY . panjang senar.itu adalah sebagai berikut : C 24 D 27 E 30 F 32 G 36 A 40 B 45 C' 48 Perbandingan antara nada-nada tersebut dengan nada dasar (C) diberi nama seperti tersebut dibawah : primo sekundo terts kuart kuin sext septine oktaf 24/24 27/24 30/24 32/24 36/24 40/24 45/24 48/24 atau 1 9/8 5/4 4/3 3/2 5/3 15/8 2 Ada beberapa interval terpenting yang mudah untuk diingat. 2). Makin tinggi suatu nada makin besar frekuensinya. yaitu : 1 : 2 : 3 : 4 : 5 oktaf 2 kuint 3/2 kuart 4/3 terts 5/4 Dalam kesepakatan internasional dipergunakan nada dasar la (nada A) ditetapkan pada frekuensi 440. Tinggi Nada Tinggi nada bergantung pada frekuensi. Semakin ke bawah senarnya semakin mengecil. Alat yang dipergunakan untuk menyelidiki hubungan antara frekuensi. sehingga dikenal hukum Mersenne. Amatilah sebuah gitar ! Pada posisi paling atas senar gitar mempunyai penampang yang terbesar. Mengapa harus dibuat demikian ? Mersenne menyelidiki tentang senar yang bergetar dalam menghasilkan nada. Senar terkecil terletak pada posisi paling bawah.

Berbanding terbalik dengan panjang senar c. Peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran benda lain dinamakan resonansi. frekuensi kedua benitu harus sama. Hal ini disebabkan karena perbedaan cara bergetar sumber bunyinya. Berbanding terbalik dengan akar luas penampang senar d. Perbedaan cara bunyi bergetar dinamakan warna bunyi atau disebut juga timbre. Tabung A dipergunakan untuk menyelidiki resonansi. Berbanding terbalik dengan akar massa jenis senar. D.Tinggi nada yang dihasilkan oleh senar: a. Sebanding dengan akar tegangan senar b. Resonansi Udara Untuk mengetahui peristiwa resonansi di udara dapat dilakukan dengan tabung resonansi. Jadi warna bunyi menunjukkan suara khas yang dikeluarkan sumber bunyi. Biarpun dimainkan secara bersama-sama kita dapat membedakan masingmasing alat yang digunakan. Warna bunyi setiap alat musik juga berbeda.Resonansi dapat dijelaskan melalui beberapa cara. 1). Warna Bunyi Seorang pria dan wanita menyanyi bersama dengan frekuensi dan kekuatan yang sama. 3). Warna bunyi disebabkan karena adanya nada-nada tambahan yang tidak sama. Resonansi Getaran yang ditimbulkan oleh sumber getar dapat menyebabkan benda lain ikut bergetar. sehingga kedengarannya juga berbeda. Dua buah tabung resonansi (A dan B) dihubungkan dengan pipa karet. Tabung B dipergunakan untuk Copyright diknas pemprop DIY . Untuk dapat terjadi resonansi. kita tetap dapat membedakan suara pria dan suara wanita. Perbedaan ini timbul karena cara bunyi itu bergetar berbeda.

Selanjutnya resonansi akan muncul kembali dan akhirnya terdengar bunyi yang paling keras lagi. dan seterusnya. Resonansi dapat memperkuat bunyi asli. 3/4 terjadi bila . 2). Hal ini akibat terjadinya resonansi kolom udara di dalamnya. Bila lajur udara diperpanjang. Sebuah gitar bila dipetik. resonansi akan semakin menghilang. Getarkan garpu tala di atas tabung A. Selain itu dalam berbagai jenis alat musik merupakan bentuk terjadinya peristiwa resonansi yang sering kita dengarkan. bunyi yang ditimbulkan oleh senar menjadi lebih kuat karena resonansi udara dalam kotak Copyright diknas pemprop DIY . Dengan mengetahui resonansi udara kita dapat menentukan cepat rambat bunyi di udara. Catatlah kedudukan permukaan air pada saat bunyi paling keras. Permukaan air pada tabung A menunjukkan pangjang lajur udara. misalnya ledakan bom. gerakkan tabung B sehingga terdengar suara yang paling keras. Peristiwa Resonansi dalam Kehidupan Sehari-hari Peristiwa resonansi sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. dapat memecahkan kaca atau jendela kaca. selalu Hasil percobaan menunjukkan bahwa resonansi panjang lajur udara 1/4 . Jadi resonansi udara terjadi pada ruang yang panjangnya 1/4 panjang gelombang atau suatu kelipatan ganjil dari 1/4 panjang gelombang suatu sumber getar. Sebuah gendang. bedug atau tambur bila dipukul terdengar suara yang lebih keras. maka air dalam tabung A juga akan ikut bergerak turun atau naik. misalnya getaran jendela kaca karena adanya petir. 5/4 dan seterusnya dari sumber getarnya. Dengan menggerakkan tabung B naik atau turun.mengatur panjang lajur udara pada tabung A berdasar prinsip bejana berhubungan. Posisi bunyi yang paling keras menunjukkan bahwa dalam lajur udara dalam tabung terjadi resonansi dengan garpu tala. Posisi ini adalah posisi kedua terjadinya resonansi. Bila terjadi getaran yang lebih keras.

gitar. 2). Seorang dokter. harmonika serta berbagai alat musik lain. Apakah yang terjadi ? Suara teriakan kita dalam ruangan atau di dekat tebing itu dipantulkan oleh dinding ruangan ataupun dinding tebing. Manfaat Pemantulan Bunyi Tanpa sadar kita sering melihat bentuk-bentuk pemanfaatan pemantulan bunyi untuk berbagai keperluan. untuk Copyright diknas pemprop DIY . seakan-akan terdengar teriakan itu berkali-kali. Bunyi datang. b. seruling. v : cepat rambat bunyi di udara s : jarak t : waktu yang diperlukan 3). E. Mencari kecepatan bunyi di udara dengan memanfaatkan pemantulan bunyi Apabila jarak dinding pemantul dan sumber bunyi adalah s. Hukum Pemantulan Bunyi Pemantulan bunyi mengikuti hukum pemantulan bunyi yaitu : a. Pemantulan Bunyi Bila kita berteriak keras dalam ruangan. Cepat rambat gelombang (v) dapat ditentukan berdasarkan rumus : v = s/t dimana. Demikian juga pada biola. maka jarak yang ditempuh bunyi kembali ke tempat semula adalah 2s. maka seakan-akan tebing menjawab teriakan kita. 1). Sudut datang sama dengan sudut pantul. garis normal dan bunyi pantul terletak pada satu bidang. Demikian juga bila kita berteriak dekat tebing.

Untuk mengukur kedalaman laut juga dapat diterapkan pemantulan bunyi. kelelawar dapat mengenal keadaan disekelilingnya. pada bagian lain suara kita akan terdengar tidak jelas.5 x 1500 = 750 m. pada keadaan kabut tebal sebuah kapal agar dapat melewati celah yang mempunyai tebing terjal juga memanfaatkan pemantulan bunyi. Dengan sudah diketahuinya cepat rambat bunyi dalam air laut. Sebuah megafon ataupun pengeras suara konstruksinya dibuat sedemikian rupa sehingga terjadi pemantulan yang hasilnya dapat memperkuat bunyi aslinya. sehingga dapat terhindar dari bencana menabrak tebing pantai. Bunyi yang dikeluarkan kapal akan membentur dinding tebing terdekat dan selanjutnya kembali dan diterima kapal.5 detik. Dengan mengeluarkan bunyi ultrasonik yang tidak dapat diterima oleh manusia.Dalam dunia pelayaran. Dengan demikian awal kapal dapat memperkirakan keberadaan kapal dari tebing terdekat. Telah diketahui cepat rambat bunyi dalam air laut adalah 1500 m/det. 4). berarti jarak yang ditempuh gelombang adalah 0. Jadi kedalaman laut adalah 1/2 x 750 m = 375 m. Bila selisih waktu antara saat pengiriman gelombang bunyi melalui transmitter dan penerimaan melalui hidrofon adalah 0. Gaung Bila kita berseru beberapa suku kata dalam ruang yang cukup luas. maka kedalaman laut dapat dihitung dengan mencatat selisih waktu antara pemancaran gelombang bunyi dan penerimaan kembali gelombang yang dipantulkan oleh dasar laut. Stetoskup bekerja berdasar prinsip pemantulan bunyi.mendeteksi penyakit pasiennya menggunakan stetoskop. Peristiwa ini terjadi karena adanya bunyi pantul yang menyela Copyright diknas pemprop DIY . Seekor kelelawar memanfaatkan pemantulan bunyi untuk mendeteksi benda yang ada disekitarnya. Kapal dilengkapi dengan transmitter untuk mengirimkan gelombang bunyi dan hidrofon untuk menangkap bunyi yang dipantulkan.

Prosess terjadinya gema hampir seperti proses gaung. Misalnya : ke . . seakan-akan terdengar empat atau lima suku kata.. Bunyi pantul yang terdengar sesudah bunyi asli dinamakan gema. Untuk mengatasinya.ri ke . dalam gema jarak sumber bunyi dengan dinding pemantul cukup jauh sehingga waktu yang diperlukan gelombang bunyi saat dikeluarkan sumber bunyi dan kembali terdapat selisih waktu yang cukup. Dengan cepat rambat bunyi di udara sekitar 340 m/det. gabus. Adanya selisih waktu ini.ma .ma . Bahan yang dapat dipakai bahan lunak seperti karton... busa.. gedung pertemuan dan studio dipasang bahan peredam bunyi. ri : bunyi asli : bunyi pantul : terdengar Terjadinya pematulan yang berulang-ulang akan terasa mengganggu. Gaung atau kerdam adalah bunyi pantul yang hanya sebagian dan terdengar bersama-sama bunyi asli.ri ke . Gema Apabila jaraknya dibuat bertambah jauh kita dapat mendengar bunyi pantul yang utuh sesudah bunyi asli. kapas dan sebagainya. Bunyi pantul yang menyebabkan bunyi asli menjadi tidak jelas dinamakan gaung. Tetapi sebagian kata di tengah hilang atau kabur. Kata yang ingin kita sampaikan dapat menjadi kabur.diantara bunyi asli yang kita ucapkan.. dalam ruangan yang cukup luas seperti gedung bioskup. 5)... dapatkah anda menghitung berapa jarak minimal agar dapat terjadi gema ? Copyright diknas pemprop DIY . bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi diucapkan. Bila kita mengucapkan kata dengan tiga suku kata. Perbedaannya. wol.

Dengan diketahui v maka kita dapat menghitung jarak minimal agar terjadi gema. v = s/t. Copyright diknas pemprop DIY . maka akan terdengar bunyi gema setelah 2s/v detik. langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kata atau suku kata yang diucapkan. bila jarak sumber bunyi dengan dinding pemantul adalah s meter. maka s = v x t 2 s = 340 x 0.Untuk menjawab pertanyaan ini. Dengan v adalah cepat rambat cahaya pada tempat tersebut. Misalnya untuk mengucapkan satu kata a-ku memerlukan waktu 0.2 detik harus lebih besar dari 34 meter.2 detik.2 = 68 meter s =68/2 = 34 meter Jadi jarak sumber bunyi dengan dinding pemantul bila waktu mengucapkan suku kata memerlukan waktu 0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful