FORUM PEDULI UMAT

Timur Masjid Al-Jihad, Jalan Kartini RT 02 RW 02 Kertosari Temanggung 56217 Jawa Tengah Telp. 081328878533 Fax: 0293-492375 ================================================== =================

LAPORAN SINGKAT PENDIRIAN MUSHOLLA Di Manguntosari Kalimanggis, kaloran Kab.Temanggung
1. Bismillahirrahmaanrrahiim, kami bersama warga Muslim yang berada

di dusun Gemulung (kini Manguntosari) desa Kalimanggis Kecamatan Kaloran Kabapaten Temanggung, yang hanya lk 3km masuk wilayah Kabupaten Semarang. Baik pihak kami, yang selama ini terus bergerak Dakwah membina umat Muslim sejak tahun 2000, atau para warga Muslim setempat memang sudah sejak lama mendambakan memiliki Masjid. Namun karena jumlah kami sedikit ditengah mayoritas umat Budha dan Kristen maka cita-cita mendirikan Masjid harus kami pendam, sambil terus berupaya dan berdoa, kami terus memohon pertolongan Alloh SWT agar cita-cita kami dikabulkan.
2. Setelah 15 tahun

kami berdoa dan berupaya, maka mulailah titik terang; ada tanah waqaf dari Ibu Dahmi dan putrinya, Muslimah yang muallaf asal Budha. Dengan adanya tanah waqaf maka kami mengurus akta ikrar waqaf dan sertifikat tanah waqaf dimaksud, selanjutnya pada 14 Mei 2011, kami bersama Bapak Somadi, sesepuh umat Islam di Gemulung yang juga ketua panitia, berembug untuk meminta ijin dari saudara-saudara umat Budha. yang dibangun hanyalah Musholla bukan Masjid yang untuk sholat Jum’at dan luasnya hanya 5 x 7 M2. Kami menuruti saja syarat yang diajukan oleh umat Budha, yang penting kami memliki tempat ibadah. Dengan program ke depan, kami akan terus berjuang untuk menambah jumlah umat Islam sehingga dimasa mendatang dapat dijadikan masjid untuk sholat Jum’at.

3. Alhamdulillah Warga Budha pun mengijinkan namun dengan syarat;

4. Pembangunan

disiapkan dengan cara tanah waqaf diratakan terdahulu karena posisi yang miring tajam dan dibawah badan jalan, dalam kerja perataan tanah ini, warga Budha pun sudah ikut serta. Pembangunan Muhsolla 5x7M2 harus dua lantai, lantai bawah untuk tempat wudhu, kamar mandi dan toilet. Sedangkan lantai atas untuk

Bapak Sarwadi dan Bapak Rohmadi yang ketiga-tiganya adalah tokoh umat BUdha.tempat sholat. pertama agar tempat sholat dan tempat wudhu benar-benar memadai.dengan tujuan bukan untuka menyalahi aturan syari’at Islam namun justru untuk Dakwah bilhaal dan Bilhikmah (Dakwah dengan bijaksana dan keteladanan) agar mereka para tokoh dan warga dari Umat Budha mau memeluk Islam. karena itu. Musholla ini. adalah kewajiban berat yang wajib dipikul oleh seluruh elemen kaum Muslimin untuk berjuang sepenuh hati bergerak serentak Dakwah yang efisien dan efektif demi mengembalikan mereka kepada Islam. 5. Hal ini justru sebagai saran Bapak Budi. karena jika ditelusuri akar permasalahannya. . kedua agar letak Musholla/tempat sgholat tidaklah dibawah jalan mengingat jalan raya lebih tinggi 2. Pembangunan Musholla sudah dimulai pada 18 Mei 2011 dengan mengandalkan tekad semua kaum Muslimin di Manguntosari dan sekitarnya yang memang jumlahnya masih sangat minim ditengah mayoritas umat Budha.5 meter dari tanah MUsholla. 6. Kami melibatkan saudara-saudara umat Budha dalam membangun Foto Musholla Manguntosarti Kalimanggis Kaloran per 4 Juni 2011. mengapa harus dua lantai?. bukanlah hanya karena tidak efektifnya Dakwah yang memadai di era akhir tahun 60-an sampai dengan tahun akhir 1980-an. kakek dan ayah mereka masuk Budha.

semoga Alloh Ridhoi .Lokasi Musholla ditepi jalan raya/alternative Temanggung-Semarang. Sebagai seorang Muslim yang sudah sangat lama menanti punya Musholla Sungguh bangga doa lebih dari 15 tahun kini terkabul.

Temanggung.agar Dakwah tidak hanya dikalangan internal umat Islam namun juga langsung kepada warga umat beragama lain. amiin. 7. Semoga laporan singkat ini akan dapat menjadi gambaran untuk menggugah semangat berkorban demi memajukan dan meningkatkan kualitas serta jangkauan Dakwah Islam dengan penuh semangat namun bijaksana. lantai bawah untuk Tempat Wudhu Kamar Mandi dan Toilet. Semoga Alloh SWT membimbing. 8 Juni 2011 Yang membuat Laporan Waris Fakhruddin SHI MSI. . 8. dengan tidak mengundang kontroversi dan pertentangan.Bangunan Musholla harus dibuat lantai dua. lantai atas untuk ruang sholat. menolong dan meridhoi upaya dan kerja keras kita.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful