P. 1
Menhir

Menhir

|Views: 2,572|Likes:
Published by Marseille Shell

More info:

Published by: Marseille Shell on Sep 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2013

pdf

text

original

TUGAS SEJARAH KARYA SENI INDONESIA

Disusun Oleh: Marshela 1164012

Menhir dibuat dalam berbagai bentuk sesuai dengan tujuan penyembahan yang akan dilakukan. khususnya di Irlandia . Menhir serupa dengan dolmen dan cromlech. atau sebagai bagian dari kelompok batu. menhir. Menhir dapat ditemukan secara luas di seluruh Eropa. sebagai tanda peringatan dan lambang arwah nenek moyang. Menhir biasanya didirikan secara tunggal atau berkelompok sejajar di atas tanah. tetapi paling banyak terdapat di Eropa Barat. yang ditegakkan di atas tanah. hasil kebudayaan megalit. Ada sekitar 50. Inggris dan Brittany. Menurut KBBI menhir adalah batu besar seperti tiang atau tugu. . tetapi bentuk mereka umumnya tidak rata dan kotak. Kata menhir berasal dari bahasa Perancis Men (batu) dan hir (panjang). Ukuran mereka dapat bervariasi.MENHIR Menhir adalah batu tunggal (monolith) yang berasal dari periode Neolitikum (6000/4000 SM-2000 SM) yang berdiri tegak di atas tanah. Afrika dan Asia.200 menhir. Diperkirakan benda prasejarah ini didirikan oleh manusia prasejarah untuk melambangkan phallus. seringkali meruncing ke atas.000 megalitikum di wilayah ini. yakni simbol kesuburan untukbumi. Batu-batu ini dinamakan juga megalith (batu besar) dikarenakan ukurannya. Mega dalam bahasa Yunani artinya besar dan lith berarti batu. merupakan batuan dari periode Neolitikum. Para arkeolog mempercayai bahwa situs ini digunakan untuk tujuan religius dan memiliki makna simbolis sebagai sarana penyembahan arwah nenek moyang dan biasanya digunakan sebagai sarana pemujaan arwah nenek moyang oleh masyarakat pada zaman batu yang menganut paham animisme. Menhir dapat ditemukan berdiri sendiri sebagai monolit. sementara di barat laut Perancis saja ada 1.

menhir disebut bautasteiner atau bautastenar menjadi penanda kubur. digunakan oleh penyihir untuk pengorbanan manusia. Italia dan Alpen. Sedangkan di Amerika Selatan menhir dianggap sebagai leluhur yang berubah menjadi batu besar. Corsica. atau berfungsi sebagai kalender awal. Patung terdiri dari pelat vertikal atau pilar dengan desain bergaya figur manusia. kadang-kadang dengan pakaian atau senjata. Fungsi Menhir telah menjadi perdebatan di Eropa. Contoh Menhir: Le Grand Menhir Brise Terbagi menjadi 4 bagian. . digunakan sebagai penanda wilayah atau elemen dari sistem ideologis yang kompleks. Le Geant Tinggi menhir ini adalah 6 meter. Menhir yang besar dipakai untuk mengenang orang-orang hebat. Di Skandinavia.Patung menhir adalah jenis ukiran batu berdiri diciptakan selama nanti Eropa Neolitik. masingmasing panjangnya 20 meter dan berat 350 ton. Mereka yang paling sering ditemukan di selatan dan barat Perancis. Selama berabad-abad mereka berpikir bermacam-macam kegunaan contohnya.

Di Indonesia menhir ditemukan antara lain di Jawa Barat. Sumatera Selatan.Dt. karena memiliki Menhir sangat banyak. . Situs Menhir Ronah. yaitu :Datuak Maharajo Indo .Dt. Siri . Nagari Mahat menjadi istimewa. Sulawesi.Krifol Tinggi menhir ini 2. Situs Balai-Balai Batu Koto Gadang Mahat. terdapat sebanyak 70 buah menhir dalam berbagai ukuran serta ada empat buah batu yang disebut dengan batu pembagian niniak nan barampek. dan Sumatera Barat. Kabupaten Lima Puluh Kota hingga dijuluki nagari seribu menhir yang tersebar di setiap jorong di nagari mahat. Afrika. Salah satu peninggalam Islam beberapa mesjid Tua tak jauh dari pasar Ronah. Disini dijumpai situs Menhir di empat tempat yang jumlahnya mencapai 96 buah dan dua buah kuburan tua yang disebut masyarakat setempat Kuburan Bilo Maso. Dilokasi ini dijumpai pula batu Galombai dan Batu sampan. 2.Bandaro dan Dt Rajo Dubalai. antara lain: 1. seperti di Eropa. Lokasi menhir yang terkenal di Sumatera Barat adalah di Mahat yang terletak di Kabupaten Limopuluh Kota. Menhir ditemukan hampir di sebagian besar dunia. dan Asia.9 meter. Dibandingkan dengan daerah lain di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Situs Ampang Gadang . disini ditemukan dua buah Menhir. disini dijumpai situs menhir Pao Ruso. 4. Pada situs Bawah Parit ini disudut barat terdapat sebuah batu dakon dengan lubang 12 buah. Situs Menhir Bawah Parit Kototinggi. 5. Situs Nenan. Dijorong ini juga ditemukan sebuah tambatan yang diduga sebagai pelabuhan dulukala.3. 6. disini dijumpai situs Menhir sebanyak 384 buah dan satu peti batu. disini terdapat tiga lokasi situs menhir dengan jumlah sekitar 20 buah. Ditepi Batang Mahat seperti muara Batang siung ditemukan batu jajak ayam. 7. Situs Sopan Gadang. batu Tapak serta sebuah Tapak Candi. . Situs Aur duri. disini ditemukan menhir sebanyak 4 buah.

Gmabar-gambar menhir Mahat: DAFTAR PUSTAKA .org/wiki/Menhirv .wikipedia.http://en.

org/wiki/Menhir .wikipedia.http://id.tripod.wikipedia.com/id/tour/201-Menhir-Mahat/navcat .com/menhir.wisatamelayu.org/wiki/Statue_menhir .http://menhirs.html .http://www.http://en..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->