MAKALAH KELOMPOK

PENARIKAN SUMBER DAYA MANUSIA (REKRUTMEN)

Disusun Oleh :

KELOMPOK IX
Tirza Singkoh Vivi Kaligis Youri Moningka Yullyanty Mamanua Deltje Kaunang Terry Leppa Yulce Tentelawa Cahyani Nampe

UNIVERSITAS NEGERI MANADO
FAKULTAS EKONOMI
2010

K A T A

P E N G A N T A R

Sebab itu. dalam penarikan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak boleh asal – asalan. dalam makalah ini. kita akan membahas mengenai Penarikan Sumber Daya Manusia atau juga bisa disebut dengan Rekrutmen. Kemampuan dari tenaga kerja atau Sumber daya Manusia menentukan apakah proses dari kegiatan ekonomi itu bisa berjalan dengan lancar. Karena berkat. Tondano. tenaga kerja sangat dibutuhkan demi kelancaran dari kegiatan ekonomi. Namun dalam makalah ini. Penyusun Maret 2010 Kelompok IX D A F T A R I S I 2 . Dalam perekonomian. Karena itu.. Kiranya makalah ini. bisa menambah wawasan ataupun bermanfaat bagi para pembaca. Karena itu. masih terdapat banyak kekurangan. untuk mencegah adanya hambatan – hambatan yang ada. tata bahsa ataupun penguasaan materi yang ada. diharapkan kritik atau saran yang membangun dari para pembaca.Puji dan syukur kami naikkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Baik dalam penulisan. Harus dilakukan berdasarkan ketentuan. tuntunan dan anugerah-Nya sehingga kami kelompok IX dari Kosentrasi Koperasi Program Studi Pendidikan Ekonomi bisa menyelesaikan makalah kami yang berjudul “PENARIKAN SUMBER DAYA MANUSIA”.

Cover Depan Kata Pengantar Daftar Isi BAB I A. A. B. A. C. PENDAHULUAN 4 Latar Belakang Tujuan PEMBAHASAN 1 2 3 4 4 5 5 6 7 11 11 BAB II Pengertian dan Tujuan Penarikan Sumber Daya Manusia Kendala – Kendala dalam Proses Penarikan SDM Sumber – Sumber Penarikan Sumber Daya Manusia PENUTUP Kesimpulan BAB III B A B I 3 . B.

Harus dilakukan berdasarkan ketentuan. kita harus tahu sumber – sumber dari mana. B A B I I 4 . dalam penarikan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak boleh asal – asalan. untuk mencegah adanya hambatan – hambatan yang ada. Dan tujuan lainnya adalah untuk menambah pengetahuan para mahasiswa ataupun pembaca mengenai hal – hal apa saja yang dilakukan ataupun yang tidak bisa dilakukan dalan proses kegiatan penarikan Sumber Daya Manusia. dalam makalah ini kita akan membahas mengenai Penarikan Sumber daya Manusia atau bisa juga kita sebut dengan Rekrutmen. Latar Belakang Dalam faktor – faktor produksi. Kemampuan dari Sumber daya Manusia berpengaruh dalam kelancaran keseluruhan dari kegiatan produksi tersebut. Sumber Daya Manusia sangat dibutuhkan demi kelancaran dari kegiatan produksi.P E N D A H U L U A N A. B. Sebab itu. Dan juga. Karena itu. Tujuan Tujuan utama pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. kita tau bersama bahwa Sumber daya Manusia termasuk di dalamnya.

Adapun tujuan rekrutmen adalah untuk memenuhi penarawaran sebanyak mungkin dari calon – calon karyawan sehingga organisasi memiliki peluang yang lebih besar untuk menentukan pilihan terhadapa calon pelamar yang dianggap memenuhi standar kualifikasi ornganisasi. dan skala besar. Pengertian Rekrutmen menurut Harvey. kita harus mengetahui dulu pengertian dari Sumber Daya Manusia. Don & Robert Bruce Bowin dalam bukunya Human Resources Management. Organisasi harus selalu melakukan rekrutmen karena beberapa sebab. Rekrutmen juga merupakan serangkaian kegiatan mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi. yaitu menarik tenaga kerja yang memiliki kinerja yang baik. Kegiatan penarikan sumber daya manusiaini juga dilepas dari aktivitas manajemen sumber daya manusia yang lain. Kegiatan rekrutmen diawali dari lamaran calon karyawan yang dicari dan diakhiri dengan diterima atau ditolaknya calon karyawan tersebut. seperti pelatihan dan pembangan. karyawan yang meninggal. kemampuan. menemukan dan menarik para calon karyawan untuk dipekerjakan dalan dan oleh organisasi. keahlian dan pengetuhuan yang diperlukan untuk menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian. karyawan yan mengundurkan diri atau pensiun diri. berdirinya oraganisasi baru. transfer keryawan ke bagian lain ataupun berhenti. menengah. adanya promosi. Pengertian dan Tujuan Penarikan Sumber Daya Manusia Salah satu kegiatan penting dari kegiatan sumber daya manusi adalah proses penarikan. bahwa: Recruiting may be defined as the process of seeking. terciptanya kegiatan dan perincian pekerjaan baru. attracting and indentifying a pool of qualified candidates in sufficient number to fill current and future workforce needs. evaluasi kinerja 5 .P E M B A H A S A N A. Hal ini dilakukan oleh organisasi kecil. Yang artinya: Rekrutmen merupakan proses mencari. atau sebab lain. Sebelum kita lebih jauh mengenai hal penarikan Sumber Daya Manusia. mutasi. seperti perluasan kegiatan organisasi.

Karakteristik organisasi Dikatakan bahwa karakteristik merupakan suatu kendala karena suatu organisasi yang memliki karakteristil yang khas seperti organisasi yang berada di bawah naungan pemerintah seperti BUMN. Kendala – kendala dalam proses perekrutan antara lain: 1. Kebiasaan Rekrutmen 7. efisiensi manajemen. serta hubungan industrial kayawan. Kompensasi 6. jika terjadi penggabungan atau merjer akan menimbulkan kendala dalam proses perekrutan. Biaya rekrutmen organisasi 5. Kondisi lingkungan eksternal organisasi 4. Karakteristik organisasi 2. kompensasi. 2. Dapat menghadapi kendala dari aspek legal dan aspek bisnis. yaitu keadilan sosial. Pasar tenaga kerja Untuk lebih jelasnya. Perektrutan merupakan fungsi manajemen sumber daya manusia yang penting sekaligus menarik karen praktik ini sangat dipengaruhi oleh nilai – nilai. Karena perbedaan kebiasaan karyawan tesebut sebelum dan sesudah merger. 3. Kondisi lingkungan eksternal organisasi 6 . berikut ini adalah penjelasan dari ketujuh kendala – kendala dalam proses perekrutan. Kendala – Kendala dalam Proses Penarikan SDM Proses penarikan Sumber Daya Manusia bukanlah suatu kegiatan yang mudah dan sederhana. Tujuan dan kebijakan organisasi 3. seperti penggabungan atau merger organisasi yang berbeda bidang. Banyak hambatan yang ditemui dalam kegiatan tersebut. 1.promosi dan mutasi. Tujuan dan kebijakan organisasi Tujuan dan kebijakan organisasi dapat mempengaruhi proses rekrutmen karyawan. dan daya tanggap politik. jenjang karier. B.

Kedua. yaitu internal dan eksternal. Pasar tenaga kerja Kondisi dari pasar tenaga kerja berdampak penting dalam perekrutan. Namun jika pemahamannya kurang maka akan mendatangkan maslah atau kendala dalan membantu memanajemen untuk menaksirkan penawaran tenaga kerja yang tersedia untuk diterima sebagai karyawan. 6. Kebiasaan Rekrutmen Kebiasaan perekrutan pada masa lalu yang dianggap sudah baku dan dilakukan berulang – ulang seringkali memiliki kekurangan atau bahkan merupakan sesuatu kebiasaan yang kurang baik. calon pengisi posisi tertentu dicari dan diseleksi dari tenaga kerja yang ada dalam organisasi saat ini. Apabila ingin bertahan hidup maka organisasi harus beradaptasi dengan lingkungannya. Biaya rekrutmen organisasi Biaya yang dibutuhkan dalam proses rekrutmen bisa cukup bear. 4. organisasi akan berinteraksi dengan lingkungannya. C. Sumber – Sumber Penarikan Sumber Daya Manusia Penarikan sumber daya manusia dapat dilakukan melalaui dua cara. Cara ini memiliki keuntungan. 7 . cara ini akan mendorong semangat kerja. loyalitas dan komitmen kerja yang semakin tinng. Kompensasi Besarnya kompensasi yang diperoleh secara individu juga akan membawa dampak benturan sosial dan budaya manakala kompensasi diberikan secara tim kerja. tenaga kerja yang direkrut sudah memahami organisasi dengan baik sehingga proses penyesuaian menjadi lebih mudahdan kemungkinan berhasil akan semakin tinggi. a.Kondisi lingkungan akan mempengaruhinasib orbganisasi secara keseluruhan. yang mungkin tidak tersedia dalam anggarn organisasi. 7. Karena sebagai suatu sistem. Internal Dengan cara internal. 5. Pertama.

perekrutan dilakukan memalui referensi dari karyawan lain dalam organisasi karena telah mengtaui potensi dan keahlian karyawan yang direkomendasikan pada manajemen untuk pekerjaan yang dimaksud. kurangnya ide baru yang segar yang biasanyan datang dari pendatang baru. Namun. antara lain kemungkinan tebatasnya calon tenaga kerja yang potensial dalam organisasi. 2. rekutmen internalpun memiliki kelemahan. dimana organisasi mengumumkan posisi jabatan yang kosong dalam organisasi sehingga memberikan peluang pada semua pegawai untuk bersaing secara sehat dengan mengajukan lamaran secara formal. manajemen tidak mengenal orang – orang selain pegawai dlaam organisasi yang mungkin mempunyai keahian yang lebih bervariasi dibandingkan dengan hany merekrut berdasar referensi karyawan sendiri. karyawan sudah mengenal karakter dan keterampilan kandidat lebih cepat. dan kemungkinan pendorong rasa puas diri pada tenag kerja yang ada dapat dilakukan mendorong pertasi kerja lebih lanjut. Job postings Salah satu teknik rekrutmen dari dalam adalah job posting. 3.Ketiga. 1. Adapun teknik – teknik yang dilakukan dalam penarikan SDM internal. Serikat buruh 8 . biasanya cara rekrutmen internal lebih murah dibandingan dengan cara eksternal. serta dari segi biaya lebih murah. Kelebihan teknik ini adalah memberikan kesempatan yang sama pada semua karyawan yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi caalon dan organisasipun akan mempunyai lebih banyak calon untuk dipilih. Kelebihannya. Rekrutmen internal pun memiliki keuntungan karena apabila satu orang dipromosikan maka akan terjadi promosi berantai untuk jabatan – jabatan dibawahnya. yaitu sebagai berikut. Referensi manajemen Dalam cara ini. Kelemahannya. Sedangkan kelemahannya adalah waktu yang dibutuhkan lebih lama.

Teknik ini biasa dipakai pad organisasi yang ingin melakukan penghematan dari segi anggaran sumber daya manusia. organisasi menghemat biaya periklanan dan dapat lebih fokus pada kualifikasi pelamar yang datang. Sewa (Leasing). Open house. Dalam penarikan SDM ini ada beberapa para dalam perekrutannya. Eksternal Perekrutan tenag kerja eksternal berusaha menarik calon tenag kerja dari luar organisasi. Iklan surat kabar dan majalah. organisasi akan dibanjiri olenggilan orang yang mencari posisi pada iklan tersebut. yaitu sebagai berikut. Menggunakan media ini membutuhkan dua publikasi. asuransu. 3. Pelamaran langsung dan referensi. Iklan sebagai media untuk mencari pelamar yang potensial dapat dengan mudah didapat. insentif. Agen tenaga kerja ini tidak hanya mencari tenaga kerja terlatih tetapi juga menempatkan tenaga kerja terlatih untuk memenuhi permintaan organisasi yang akan ditempatkan pafa level manajer. Organisasi membuka kesempatan pada orang luar di sekitar organisasi untuk datang mengunjungi dan melihat fasilitas yang ada. 1. Organisasi memberi penjelasan tentang ornganisasi 9 . b.Tekmik ini menyatakan bahwa organisasi serikat buruh memiliki kekuatan yang solid dan mempunyai hak serta kedudukan yang sama dengan manajemen. yaitu penggunaan sarana media dan konstruksi iklan. Kelebihan dari cara ini. Agen – agen kerja pemerintah. Namun. 6. atau tunjangan lainnya. Agen tenaga kerja swasta. 4. Agen ini berfungsi sebagai penghubung antar pencari kerja dengan perusahaan yanh membutuhkan tenaga kerja. 2. Dimana pelamar yang langsung datang di organisasi meskipun organisasi tidak membuat publikasi adanya lowongan kerja. kelemahannya. 5. seperti menghemat dana pensiun.

rekomendasi pegawai. Berikut ini adalah bagan yang menjelaskan mengenai model proses penarikan sumber daya manusia. Kelemahannya. Dengan menyaring para lulusan – lulusan terbaik dari sekolah ataupun universitas untuk dicoba magang terlebih dahulu pada organisasi. pelamar ini belum tentu bisa melakukan kemampuan yang cakap dlam bekerja. peluang perusahaan untuk merekrut pelamar yang bepotensi tinggi terbuka luas. 7. Dengan memberikan jabatan kepada keluarga. 8. Melalui internet. Lembaga pendidikan dan universitas. Car ini diharapkan dapat membuat orang tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. lembaga pendidikan. Perencanaan SDM Informasi analisis jabatan Sumber/Metode Intenal/Eksternal (job posting. dll) Penentuan jabatan yang kosong Penentuan jabatan yang kosong Sejumlah calon karyawan Penerimaan manajer Permintaan manajer 10 . Nepotisme. Perekrutan elektronik. 9. iklan.dan sejarah singkat organisasi.

yaitu sebagai berikut. 3. Job postings Referensi manajemen Serikat buruh  1. 8. 1. yaitu sebagai berikut. menemukan dan menarik para calon karyawan untuk dipekerjakan dalan dan oleh organisasi. 6. Kesimpulan I I I P E N U T U P Setelah kami menyusun makalah ini. 2. 5. 2. 3. 7. yaitu sebagai berikut. 7. 5. 9.B A B A. 6. 11 . Dalam penarikan SDM eksternal ada beberapa cara Pelamaran langsung dan referensi Iklan surat kabar dan majalah Agen – agen kerja pemerintah Agen tenaga kerja swasta Sewa (Leasing) Open house Nepotisme Lembaga pendidikan dan universitas Perekrutan elektronik dalam perekrutannya.  Tujuan rekrutmen adalah untuk memenuhi penarawaran sebanyak mungkin dari calon – calon karyawan sehingga organisasi memiliki peluang yang lebih besar untuk menentukan pilihan terhadapa calon pelamar yang dianggap memenuhi standar kualifikasi ornganisasi.  Rekrutmen merupakan proses mencari. 4. 4. 3. 2. ada beberapa kesimpulan yang di bis ditarik dari makalah ini.  Kendala – kendala dalam proses perekrutan antara lain: 1. Karakteristik organisasi Tujuan dan kebijakan organisasi Kondisi lingkungan eksternal organisasi Biaya rekrutmen organisasi Kompensasi Kebiasaan Rekrutmen Pasar tenaga kerja  Teknik – teknik yang dilakukan dalam penarikan SDM internal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful