Manfaat Kompuer di Bidang Industri dan Manufaktur

Penerapan Komputer di Bidang Industri 1. Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industru lebih efisien dan lebih efektif. 2. Dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces). 3. Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan. 4. Pengawasan Proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi.

Manfaat Kompuer di Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Penerapan teknologi komputer atau yang sering dikatakan sebagai komputerisasi sistem, tidak hanya berpengaruh secara pribadi, tetapi juga segala hal yang berhubungan dengan aktivitas manusia. Seperti bidang tehnik dan ilmu pengetahuan, bisnis, industri, perbankan, kedokteran, penerbangan, kriminalitas, permainan, pendidikan dan lain sebagainya. Banyak sekali manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari diantaranya yaitu, komputer digunakan sebagai pengolahan data pada aplikasi tehnik seperti perhitunganperhitungan yang sulit dan rumit dapat dilakukan dengan sangat cepat. Salah satu contoh lain penggunaan komputer pada bidang tehnik adalah pada Instansi Pemerintah yaitu pada Bagian Perbaikan dan Perawatan Kendaraan Operasional di Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat. Dengan adanya manfaat komputer dalam bidang teknik ini sangat membantu pekerjaan pada Instansi Pemerintah dalam hal Proses Perbaikan dan Perawatan Kendaraan Operasional pada Suku Dinas Pemadam Kebakaran, khususnya pada Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat. Komputer sebagai Media Pembelajaran

. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Media pembelajaran berbasis TIK sangat erat kaitannya dengan kreativitas anak. JUITA menghubungkan sebelas fakultas dan lembaga-lembaga penting yang ada di UI dengan menggunakan jaringan serat optik ( Sri Hartati.Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Contoh lain pemanfaatan jaringan komputer dilakukan di Universitas Indonesia (UI). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Interaksi pembelajaran pada program Magister Manajemen Rumah Sakit dan Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan dilakukan melalui surat elektronik (e-mail) mahasiswa harus menjawab 75% pertanyaan melalui e-mail. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. dan anak yang mempunyai kreativitas tentunya anak yang perkembangannya baik dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik pula dan mereka tidak ingin mempermasalahkan berlarut-larut dan secepatnya diselesaikan. Sejak tahun 1994 UI telah mengembangkan infrastruktur informasi yang dikenal dengan nama Jaringan Universitas Indonesia Terpadu (JUITA). 2000). Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bekerjasama dengan Universitas Tun Abdul Razak (Unitar) Malaysia yang sudah lebih dulu menyelenggarakan perkuliahan online.com. Universitas virtual IBUteledukasi ini didirikan oleh Adi sasono. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Kuliah lewat Internet oleh IBUteledukasi. dkk 1997 dalam Benny A. Tita. Contoh penggunaan internet ini adalah digunakan oleh Universitas terbuka dalam penyelenggaraan Universitas Terbuka Jarak Jauh disamping mahasiswa mendapat modul untuk proses belajar mengajar dia juga dapat mengakses informasi melalui internet. Pribadi dan Rosita. Pada pendidikan jarak jauh Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.

3. 2. . menggunakan aplikasi dari computer aided design (CAD). Contoh penerapan dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan :   Para ahli nuklir dapat membuat model rekator nuklir pd layer komputer tdk perlu membuat model sebenarnya (menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir) Para ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing2 molekul.arsitektur bangunan / rumah. program software yg sering digunakan adalah AUTOCAD. mobil. Komputer digunakan untuk pengolahan data pada aplikasi teknik karena kecepatan dan ketepatannya. 3. selalu ingin mengetahui sesuatu yang benar selalu ingin mengubah sesuatu yang telah ada mencoba hal-hal yang baru Penerapan Komputer di Bidang Teknik dan Imu Pengetahuan 1.   Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelarai keadaan tanah serta countour dari suatu daerah.  Perjalanan ke ruang angkasa yg memerlukan ribuan pekerjaan mendetail sangat dimudahkan dengan bantuan komputer dimana pengawasan dapat dilakukan melalui control di stasiun bumi maupun yg ada dalam pesawat.Kreativitas yang merupakan kemampuan seseorang untuk mengaktualkan dirinya dalam pergaulan dan juga dalam pembelajaran di sekolah. Hal ini yang diharapkan agar dengan adanya media pembelajaran atau dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK anak dapat kreatif dan berkembang sesuai yang diinginkan. 2. Adapun ciri-ciri anak yang mempunyai kreativitas tinggi menurut Asep H. Komputer memudahkan menyelesaikan perhitungan2 yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat. Penerapan komputer juga memudahkan dalam penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya jika dilakukan oleh manusia dan yg membutuhkan biaya yang besar dengan bantuan simulasi komputer. Hermawan ( 1997 : 50 ) : 1. Para ahli perancangan bentuk misalnya perancangan tata ruang.

Digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket. aplikasi komputer pengolahan data sangat memudahkan para peneliti/pengguna Manfaat Kompuer di Bidang Penerbangan dan Kemiliteran Penerapan Komputer di Bidang Penerbangan 1. meliputi sidik jari. Manfaat Kompuer di Bidang Kriminalitas Penerapan Komputer di Bidang Kriminalitas 1.000 orang yg mempunyai latar belakang krimnalitas. 2. digunakan di Kota New York yg menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang2 yang dicurigai dan akan ditampilkan di layer komputer  MOTION (Metropolitan Orlean Total Information Online Network) yg digunakan untuk informasi sekitar 150. pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat. nama samaran dan data mendetail lainnya . khususnya analisis data statistic. yang dapat memberikan informasi mengenai masalah krimnalitas mana yg paling penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti tertuduh untuk dibawa ke pengadilan  CATCH (Computer Assisted Terminal Criminal Hunt). Dengan bantuan komputer. Penggunaan komputer juga dapat digunakan untuk melakukan pengawasan / patroli terhadap pengaturan lalu lintas System komputer lainnya yang digunakan dalam bidang krimnalitas adalah :  PROMIS (Prosecutor-Offender Management Information System) yg dikembangkan Institut of Lawa and Social Research di Washinghton. Program komputer yg canggih yg telah dikembangkan adlh Crime Analysis Support System yg dpt mengidentifikasi daerah yg kemungkinan akn trjd kriminalitas 3. Untuk melakukan pengolahan data penelitian. Digunakan untuk menghasilkan statistic kriminalitas di sautu daerah sehingga dapat membantu pengaturan patroli yang diperlukan. 2.

Dengan Internet. Paket-paket aplikasi untuk animasi dan efek merupakan program2 yang sering digunakan dalam pembuatan animasi dan efek2 tersebut 4. misalnya film kartun maupun yang memerlukan efek-efek khusus. Dalam dunia pertelivisian dan perfilman. Pengguna juga dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui layanan-layanan yang ada. Penggunaan komputer di dunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi. komputer digunakan dalam pembuatan film-film yang memerlukan animasi khusus. dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari Internet. Dalam bidang permainan. 2. Saat ini program2 permainan game telah dibuat dan banyak ditemui di pasaran dengan berbagai permainan Manfaat Kompuer di Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet) Internet sebagai produk teknologi informasi telah berkembang dengan pesat. 3. . dan perkembangan teknologi komputer yang cepat akan semakin mendominasi setiap aspek kehidupan. ARJIS (Automated Regional Justice Information System) yg digunakan di San Diego utk menyediakan informasi mengenai sidik jari dan tingkah laku dari para pelaku krimalitas. penggunanya dapat memperoleh segala macam informasi dengan cepat dan aktual. penggunaan komputer digunakan untuk mengisi waktu senggang dengan program-program permainan (game) yang bermacam-macam. Manfaat Kompuer di Bidang Entertainment dan Games Penerapan Komputer di Bidang / Dunia Hiburan 1.

f9 ¯ f©ff°  f¾¾@ff¯. °°–ff° ff¾¾f .° f° ½ ¯f°€fff° ©f°–f° ¯½  ff°  D° ¾f¾ ° ° ¾f %D%   ©f f°  D  f ¯ °– ¯ f°–f° °€f¾ °€¯f¾f°–  °f °–f°°f¯ff°–f°D° ¾f¾° ° ¾f @ ½f %D@% D@ ¯ °– °–f° ¾ f¾ €ff¾ f°  ¯ f–f  ¯ f–f ½ °°– f°– f f  D °–f° ¯ °––°ff°©f°–f°¾ f½%ff   ff¯ °° 9 f  f°¾f  @f %   9 °––°ff°. f ½ ¯ f©ff°  f¾¾ @ ¾f°–f f ff°°f °–f°  ff¾ f°f  f° f°f f°– ¯ ¯½°f  ff¾  °°f f°f f°– ½  ¯ f°–f°°f f f° ¯f¯½ ¯ °  ¾ff°½ ¯f¾fff° °–f° f½f f°¯  f f°–°¯ ¯½ ¯f¾fff° f f f°¾ n ½f°f ¾  ¾ff°  .

 ff¾ f°– ¯ ½ff°  ¯f¯½f° ¾ ¾ f°– ° ¯ °–fff° °f ff¯ ½ –ff° f° ©–f ff¯ ½ ¯ f©ff°  ¾ f  f ° f°– ff½f° f–f °–f° f f°f ¯ f ½ ¯ f©ff° ff °–f° ¯ °––°ff° ¯ f ½ ¯ f©ff°  f¾¾ @ f°f f½f  f€ f°  ¯ f°– ¾ ¾f f°– °–°f°   f½° n n f°f f°– ¯ ¯½°f ff¾°––¯ °¾ ½  ¯ff°% %    ¾ f°–°¯ °– f¾ ¾ff°– °f   ¾ f°–°¯ °– f¾ ¾ff°– ff f   ¯ °n ff ff°– f 9 ° f½f°¯½    f°–@ ° f°¯9 °– ff°   ¯½  –°ff° ° ½ °–ff° ff ½f f f½f¾  ° f °f  n ½ff° f°  ½ff°°f    ¯½  ¯ ¯ ff° ¯ °  ¾ff° ½ °–f° f°– ¾ f° ¯ ff¯ ff°–n ½f    9 ° f½f° ¯½  ©–f ¯ ¯ ff° ff¯ ½ ° f° f° ¾  ½ °– ¯ f°–f° f°–  fff©f ff° ¯f°¾f f°–¯ ¯ f° fff°– ¾f °–f° f°f°¾¯f¾¯½    .

°½ ° f½f° ff¯  f°– ° f°¯½ °– ff°  O 9fff° f½f¯ ¯ f¯  f°½ f ¯½  ½  ¯ ¯ f¯ ¾ °f°f%¯ °–° f ff f° ¾ fff°% O 9ff f ¯f f½f ¯ °––°ff° ¯½  ° ¯ ¯ f ¯  ¯  ¯  f° ¯ f  f¾ ¯f ¯ f ¾¯f¾ ff¯ ½ °nf¯½f° ¯f¾°– ¯   O  – – ¯ °––°ff° ¯½  ° ¯ ¯½ ff  f ff° f°f ¾ f n° f¾f f f  O 9fff½ f°nf°–f° °¯¾f°f½ f°nf°–f°fff°– ¯  f¾  f°–°f° $ ¯f  ¯ °––°ff° f½f¾ f n¯½  f  ¾–° %.

%  ½–f¯¾€f –¾ °– –°ff°f ffD@.

  O 9 ©ff°f°  f°–f°–f¾f – ¯ ¯ f° f° ½  ©ff°¯ ° f¾f°–f ¯ ff° °–f° f°f° ¯½  ¯f°f ½ °–ff¾f° f½f ff° ¯ fn° ¾f¾° ¯¯f½°–f f ff¯½ ¾ff  .

O D° ¯ ff° ½ °–ff° ff ½ ° f°  ¾¾°f f°f¾¾ ff ¾f¾n  f½f¾¯½ ½ °–ff° ff¾f°–f¯ ¯ ff°½ff½ ° $½ °––°f  SZXSS` [\aW^VVSZY WZW^TSZYSZVSZ W`W^SZ 9 ° f½f°¯½    f°–9 °  f°–f°   –°ff° ° ¯ °–f ©f f ½ °  f°–f° f° ¯ °–f ¾¾ ¯ ½ ¯ ¾f°f°       °–f° f°f° ¯½   ½ ff°f° f° ½ °–ff° ©f f ½ °  f°–f° ff°  n ½f f° ½f   SZXSS` [\aW^VVSZY ^ZS`S_ 9 ° f½f°¯½    f°–¯°ff¾   –°ff°° ¯ °–f¾f° ¾f¾n¯°ff¾ ¾f f f¾ °––f f½f ¯ ¯ f°½ °–ff°½ff°– ½ f°    9–f¯ ¯½  – nf°–– –  f  ¯ f°–f° f  .

 %9¾ n €€ °  .¯  °f¾¾ ½½ ¾ ¯– ½¯ °– °€f¾ f f– ¯°–°f°f°© ¯°ff¾   9 °––°ff°¯½ ©–f f½f –°ff°°¯ ff°½ °–ff¾f°$½f  f f½½ °–ff°f°f¾  ¾ ¯¯½ f°°ff°– –°ff° ff¯  f°–¯°ff¾f ff  O 9.f°f– ¯ ° °€¯f° ¾ ¯% –  ¯ f°–f°°¾€ ff f°  nf ¾ fn Jf¾°–° f°– f½f ¯ ¯ f°°€¯f¾¯ °– °f¯f¾ff¯°ff¾¯f°f–½f°–½ °°– f° f½f ¯ ¯ f° °€¯f¾ ¯ °– °f      °  ff   ½ °–f f° O .

@.

%.

¯½ ¾¾¾ @ ¯°f.

¯°f°%  –°ff° f-  –¯ ° ff°°€¯f¾¯ °– °f ¾½¾¾ nff¯ ° f ff°–f°– n–f f°ff° f¯½f° f ¯½  O .@- %. ½f°  f° @f °€¯f° °°  - % – –°ff° °°€¯f¾¾ f f°––¯ ¯½°fff ff°–¯°ff¾  ¯ ½¾ ©f °f¯f¾f¯ff° f° ff¯ ° ff°°f .

O %¯f  –°f¾n °€¯f°¾ ¯%– –°ff° f° – ¯ ° ff°°€¯f¾¯ °– °f¾ ©f f°°–ff f½ff½ f ¯ff¾   SZXSS` [\aW^VVSZYZ`W^`SZWZ`VSZ SW_ 9 ° f½f°¯½    f°–$°f f°   9 °––°ff°¯½   °f f°¯ ¯ ff° ff¯½ °f©f°°€¯f¾    ff¯ °f ½  ¾f° f° ½ €¯f°  ¯½  –°ff° ff¯ ½ ¯ ff° €¯ €¯ f°– ¯ ¯ f° f°¯f¾ ¾¾  ¯¾f°f €¯ f° ¯f½° f°– ¯ ¯ f° €  € ¾¾    9f  ½f  f½f¾ ° f°¯f¾ f° €  ¯ ½ff° ½–f¯ f°– ¾ °– –°ff° ff¯½ ¯ ff°f°¯f¾ f° €  ¾    ff¯  f°– ½ ¯f°f°  ½ °––°ff° ¯½  –°ff° ° ¯ °–¾ f ¾ °––f°– °–f°½–f¯ ½–f¯½ ¯f°f°%–f¯ %f°– ¯fnf¯ ¯fnf¯ ff ° ½–f¯ ½ ¯f°f° –f¯   f  f f° f°f  ¯  ½f¾ff° °–f°  f–f½ ¯f°f°  SZXSS` [\aW^VVSZY [aZS_ S^ZYSZ [TS Z`W^ZW` ° °  ¾ f–f ½   °– °€¯f¾  f  ¯ f°– °–f° ½ ¾f  f° ½  ¯ f°–f°  °– ¯½  f°– n ½f ff° ¾ ¯f° ¯ ° ¯°f¾ ¾ f½ f¾½    ½f°   °–f° ° °   ½ °––°f°f f½f ¯ ¯½   ¾ –ff ¯fnf¯ °€¯f¾ °–f° n ½f f° ff  9 °––°f ©–f f½f ¯°f¾ °–f° f°– f° ¯ f ff°f° ff°f°f°–f f  f°¯f¾ f°ff–¯f°€fff°– ¾f  f½f f° °   .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful