Sel Eukariotik - Memiliki inti sel yang dibatasi oleh membran inti dan dinamakan nucleus - Organel-organelnya

dibatasi membran - Membran selnya tersusun atas fosfolipid - Diameter selnya antara 10-100mm - Mengandungbanyak subunit RNA polymerase - Susunan kromosomnya linier

Bagian-bagian sel

Plastida Plastida adalah organel sel yang menghasilkan warna pada sel tumbuhan. ada tiga macam plastida, yaitu : - leukoplast : plastida yang berbentuk amilum(tepung) - kloroplast : plastida yang umumnya berwarna hijau. terdiri dari : klorofil a dan b (untuk fotosintesis), xantofil, dan karoten - kromoplast : plastida yang banyak mengandung karoten

Plastida adalah salah satu organel pada sel-sel (tumbuhan dan alga). Organel ini paling dikenal dalam bentuknya yang paling umum, kloroplas, sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Plastida dalam sel dikenal dalam berbagai bentuk, yaitu
    

proplastida, bentuk belum "dewasa" atau bentuk plastida yang belum membentuk pigmen leukoplas, bentuk dewasa tanpa mengandung pigmen, ditemukan terutama di akar kloroplas, bentuk aktif yang mengandung pigmen klorofil, ditemukan pada daun, bunga, dan bagian-bagian berwarna hijau lainnya kromoplas, bentuk aktif yang mengandung pigmen karotena, ditemukan terutama pada bunga dan bagian lain berwarna jingga amiloplas, bentuk semi-aktif yang mengandung butir-butir tepung, ditemukan pada bagian tumbuhan yang menyimpan cadangan energi dalam bentuk tepung, seperti akar, rimpang, dan batang (umbi) serta biji. elaioplas, bentuk semi-aktif yang mengandung tetes-tetes minyak/lemak pada beberapa jaringan penyimpan minyak, seperti endospermium (pada biji)

etioplas dapat segera aktif dengan membentuk klorofil hanya dalam beberapa jam. yakni sumber energi kimia dan makanan bagi tetumbuhan. serta beberapa fungsi sehari-hari sel. Plastida adalah organel vital pada tumbuhan. Leukoplas Plastida ini berwarna putih berfungsi sebagai penyimpan makanan. Kloroplas yang berkembang dalam batang dan sel daun mengandung pigmen hijau yang dalam fotositesis menyerap tenaga matahari untuk mengubah karbon dioksida menjadi gula. Kloroplas Kloroplas merupakan plastida berwarna hijau. misalnya : • Fikosianin menimbulkan warna biru misalnya pada Cyanophyta. Dikenal tiga jenis plastida yaitu: 1). Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen. 3). etioplas. Selalu ingat! Leukoplas berwarna? berfungsi untuk? 2). Plastida dapat dilihat dengan mikroskop cahaya biasa. Secara evolusi plastida dianggap sebagai prokariota yang bersimbiosis ke dalam sel eukariota dan kemudian kehilangan sifat otonomi penuhnya. Plastida ini berfungsi menghasilkan klorofil dan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. bentuk semi-aktif yang merupakan bentuk adaptasi kloroplas terhadap lingkungan kurang cahaya. Organel ini hanya terdapat pada sel tumbuhan. • Proteoplas (untuk menyimpan protein). terdiri dari: • Amiloplas (untuk menyimpan amilum) • Elaioplas atau Lipidoplas (untuk menyimpan lemak/minyak). • Karoten menimbulkan warna keemasan misalnya pada wortel dan Chrysophyta. begitu mendapat cukup pencahayaan. Plastida adalah organel yang meghasilkan warna pada sel tumbuhan. Kloroplas memperbanyak diri dengan memisahkan diri secara bebas dari pembelahan inti sel. . sintesis asam-asam lemak. Teori endosimbiosis ini mirip dengan yang terjadi terhadap mitokondria namun introduksi plastida dianggap terjadi lebih kemudian. Fungsinya adalah sebagai tempat fotosintesis. • Fikoeritrin menimbulkan warna merah misalnya pada Rhodophyta.

kita perhatikan gambar Kloroplas berikut. DNA dan RNA. pigmen hijau dan kuning. Organel ini hanya terdapat pada sel tumbuhan. Leukoplas Plastida ini berwarna putih berfungsi sebagai penyimpan makanan. xantofil. Pada tilakoid terdapat unit fotosintesis yang berisi molekul pigmen seperti klorofil a. klorofil b. fosfolipid. Kloroplas dan plastida lainnya memiliki membran rangkap. Struktur ini tersusun dalam tumpukan mirip koin. Dikenal tiga jenis plastida yaitu: 1). Gbr. Kloroplas memperbanyak diri dengan memisahkan diri secara bebas dari pembelahan inti sel. 3). Kandungan kimiawi kloroplas adalah protein. Plastida dapat dilihat dengan mikroskop cahaya biasa.• Xantofil menimbulkan warna kuning misalnya pada daun yang tua. terdiri dari: • Amiloplas (untuk menyimpan amilum) • Elaioplas atau Lipidoplas (untuk menyimpan lemak/minyak). Secara berkala lamella ini membesar sehingga membentuk gelembung pipih terbungkus membran dan dinamakan tilakoid. • Fukosatin menimbulkan warna pirang misalnya pada Phaeophyta. Plastida ini berfungsi menghasilkan klorofil dan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Kloroplas (merupakan salah satu jenis plastida pada tumbuhan). Cocokkan dengan penjelasan di atas!. Membran dalam melingkupi matriks yang dinamakan stroma. misalnya : . Plastida adalah organel yang meghasilkan warna pada sel tumbuhan. Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen. Membran dalam ini terlipat berpasangan yang disebut lamela. Tumpikan tilakoid dinamakan granum. karoten. • Proteoplas (untuk menyimpan protein). Kloroplas yang berkembang dalam batang dan sel daun mengandung pigmen hijau yang dalam fotositesis menyerap tenaga matahari untuk mengubah karbon dioksida menjadi gula. Ayo…. 2). yakni sumber energi kimia dan makanan bagi tetumbuhan. Kloroplas Kloroplas merupakan plastida berwarna hijau.

Kloroplas Pada sel tumbuhan ada bagian paling spesifik yang tidak terdapat pada sel hewan. Tumpikan tilakoid dinamakan granum. • Karoten menimbulkan warna keemasan misalnya pada wortel dan Chrysophyta. Pada sel-sel tumbuhan. antara lain pigmen hijau (klorofil). yaitu bagian yang berperan dalam proses fotosintesis. Plastida Plastida juga merupakan organela spesifik yang terdapat pada sel tumbuhan. Bagian manakah itu? Tentu Anda sudah mengetahui bahwa bagian yang dimaksud adalah klorofil. Coba perhatikan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan Anda! Bagaimanakah warna daun-daun tumbuhan tersebut? Kloroplas hanya terdapat dalam sel tumbuhan dan ganggang tertentu. Membran dalam melingkupi matriks yang dinamakan stroma. • Fikoeritrin menimbulkan warna merah misalnya pada Rhodophyta. dan kuning kemerah-merahan (xantofil). Plastida yang tidak terkena cahaya matahari tidak akan menghasilkan pigmen warna yang disebut leukoplas atau amiloplas yaitu untuk tempat amilum. h. Pada tilakoid terdapat unit fotosintesis yang berisi molekul pigmen seperti klorofil a. Struktur ini tersusun dalam tumpukan mirip koin. Klorofil dihasilkan oleh suatu struktur yang disebut kloroplas. Mekanisme kerja plastida sangat dipengaruhi oleh rangsang cahaya. i. karoten. kloroplas berbentuk cakram dengan diameter 5-8 um dengan tebal 2-4 um. Kloroplas dapat dilihat pada Gambar 1. klorofil b. Pada lingkungan yang banyak terdapat penyinaran matahari. xantofil. Secara berkala lamella ini membesar sehingga membentuk gelembung pipih terbungkus membran dan dinamakan tilakoid. kuning (xantin). • Xantofil menimbulkan warna kuning misalnya pada daun yang tua.12! . Di dalam plastida terdapat zat pigmen.• Fikosianin menimbulkan warna biru misalnya pada Cyanophyta. • Fukosatin menimbulkan warna pirang misalnya pada Phaeophyta. Membran dalam ini terlipat berpasangan yang disebut lamela. maka plastida menghasilkan pigmen warna yang disebut kloroplas. Kloroplas dan plastida lainnya memiliki membran rangkap.

pati 10. Membrane dalam (1 +2 +3: amplop) 4. ungu. granum (tumpukan tilakoid) 8. dan memantulkan sinar hijau. Klorofil merupakan pigmen hijau untuk menangkap energi cahaya matahari. biru. plastoglobule (drop lipid) . plastidial DNA 12. kuning keemasan dan merah scarlet. _ Leukoplas_plastida yang tidak berpigmen _ Amiloplas _plastida yang berfungsi untuk menyimpan pati _ proteinoplas. misalnya sinar merah. membran tilakoid 7. intermembrane ruang 3. ribosom 11. _ elaeioplas Kloroplas ultrastruktur: 1. tilakoid (lapisan tipis) 9. C.a) Klorofil Klorofil meliputi klorofil a dan b. Plastida _Organel khas untuk tumbuhan _ Kloroplas _ Fungsi : Fotosintesis _ Struktur_dibungkus oleh suatu seludang yang terdiri atas 2 membran _ Mengandung klorofil _ memiliki ribosom dan DNA sendiri _ Kromoplas _Menyimpan pigmen (karotenoid) yang tidak larut air _Warna : orange. stroma (cairan berair) 5. lumen tilakoid (dalam tilakoid) 6. membran luar 2.

.

.

[29] .Leukoplas: plastida yg tdk mengandung pigmen.n.Kloroplas: plastida yg mengandung pigmen klorofil/hijau.Kromoplas: plastida yg mengandung pigmen merah. fungsi organ yang penting pada fotosintesis sehingga secara tidak langsung ikut memengaruhi laju fotosintesis. kuning. Plastida Organela yg mengandung pigmen. jingga. . meliputi: . .

Intensitas cahaya Laju fotosintesis maksimum ketika banyak cahaya. Tahap pertumbuhan Penelitian menunjukkan bahwa laju fotosintesis jauh lebih tinggi pada tumbuhan yang sedang berkecambah ketimbang tumbuhan dewasa. laju fotosintesis akan naik. Kadar air Kekurangan air atau kekeringan menyebabkan stomata menutup. Bila kadar fotosintat bertambah atau bahkan sampai jenuh. menghambat penyerapan karbon dioksida sehingga mengurangi laju fotosintesis. 4. Kadar fotosintat (hasil fotosintesis) Jika kadar fotosintat seperti karbohidrat berkurang. 3. 5. 2. 6. makin banyak jumlah bahan yang dapt digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis. Konsentrasi karbon dioksida Semakin banyak karbon dioksida di udara.Berikut adalah beberapa faktor utama yang menentukan laju fotosintesis[29] : 1. . Suhu Enzim-enzim yang bekerja dalam proses fotosintesis hanya dapat bekerja pada suhu optimalnya. Hal ini mungkin dikarenakan tumbuhan berkecambah memerlukan lebih banyak energi dan makanan untuk tumbuh Atau secara lengkap pengertian fotosintesis atau asimilasi karbon ialah proses pengubahan zat – zat anorganik H2O dan CO2 oleh klorofil menjadi zat organik karbohidrat dengan bantuan cahaya. laju fotosintesis akan berkurang. Umumnya laju fotosintensis meningkat seiring dengan meningkatnya suhu hingga batas toleransi enzim.

 .

.

7: .1494839088803..9/.3.80..38:3:920203.7.3503935./. ° 9f¾ f –f° f–¯ °–f° °–½–¯ ° ¯ ½  ½f¾ ½f¾ f–¯ °–f° °–½–¯ °€$©f  ¯½f¾ ½f¾ f–¯ °–f° °–½–¯ °¯ f ©°––f  °°–   ½f¾ ½f¾ f– ¯ °–f° °–½–¯ °   1:3847.:1494839088 ( .

1.3203039:.07:9.-0-07..:1494839088(   ° °¾f¾nfff f©€¾° ¾¾¯f¾¯¯ f f°fnfff    °¾ °f¾f ° ¾ f  ¯f° f°ff ° ¾ f  ff ¯f° f°f©¯f ff°f°– f½ –°ff° ¯ f°°¯ f°–¾°–f°€¾° ¾¾     °¯ °¯f°–  ©f ff¯½¾ ¾€¾° ¾¾f°f f½f  ©f½f f¾½¯f°f  D¯¯°ff©€¾° °¾¾¯ °°–f¾ °– °–f°¯ °°–f°f¾°––f ff¾  f°¾ °¯    f ff  f°–f°fff  °–f°¯ ° f f°¾¯ff¯ °½ ¯ °–f¯ f½ ° f½f° f ° ¾ f¾ °––f¯ °–f°–f©€¾° ¾¾    f f€¾°f%f¾€¾° ¾¾% ff f€¾°f¾ ½ f  f f°– f©€¾° ¾¾ff°°f  ff f €¾°f f¯ fff ff°¾f¯½f© ° f©€¾° ¾¾ff° f°–    @ff½½ ¯ f° 9 ° f°¯ °°©f° fff©€¾° ¾¾©f °––½f f¯ f°f°–¾ f°–  nf¯ f ¯ f°–¯ f° f¾f f°¯°–° f °ff°¯ f°  nf¯ f¯ ¯ f°  f°f ° – f°¯ff°f°°¯  f¾ nff °–f½ ½ °– f°€¾° ¾¾fff¾¯f¾f °ff½¾ ¾ ½ °– ff°f ff°–f° f°./.3.2..947:9.5.

 € ¯ °©f f–f°f  f °–f° f°f°nfff  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful