Langkah-langkah PBL

Click to edit Master subtitle style Pelatihan Dasar Tutorial

8 Maret 2011

4/15/12

…to use problem to drive the learning activities on a need-toknow basis
(Woods, 1994)

4/15/12

4/15/12 .

7 JUMPS  Clarifying unfamiliar term Problem definition Brainstorm Analyzing the problem Formulating learning issues Self-study Reporting 4/15/12 .

Klarifikasi Istilah Klarifikasi istilah yang tidak familiar agar jelas dan memiliki kesamaan pemahaman  Menentukan konsep yang belum jelas  Menentukan konsep yang membingungkan  Menyusun pertanyaan  Memberikan penjelasan Kesalahan yang sering dilakukan :  Memaksakan suatu pertanyaan  Memberikan penjelasan yang rinci mengenai istilah 4/15/12 .

Identifikasi Problem Memformulasikan masalah yang akan dibicarakan Kesalahan yang sering dilakukan  Masalah terlalu luas  Masalah terlalu sempit 4/15/12 .

Brainstorm Menentukan penjelasan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dengan :  Memberikan informasi/penjelasan  Membuat daftar pertanyaan yang relevan  Memberikan pertanyaan yang lebih detail (dapat muncul setelah penjelasan dari daftar pertanyaan) yang belum jelas  Memberikan pertanyaan mengenai informasi  There is no stupid question 4/15/12 Kesalahan yang sering dilakukan : .

Menganalisis masalah Mengklasifikasi penjelasan yang muncul dalam brainstorm dan menentukan hubungannya  Menggunakan diagram  Menandai gap yang muncul Kesalahan yang sering terjadi 4/15/12 .

Menentukan Sasaran Belajar Mendaftar pertanyaan/pernyataan yang belum dapat dijelaskan dengan baik Kesalahan yang sering dilakukan :  Sasaran belajar yang saling tumpang tindih  Tidak mau mempunyai banyak sasaran belajar 4/15/12 .

Belajar Mandiri 4/15/12 .

 Tidak ada komunikasi 4/15/12 ..Melaporkan Hasil Belajar Menjelaskan hasil belajar  Mempresentasikan hasil belajar  Membuat skema. tabel. dsb  Dalam bentuk flow chart. transparansi dsb  Menyebutkan sumber belajar  Memberikan pertanyaan  Memberikan tambahan informasi Kesalahan yang sering dilakukan  Hanya membaca….

Mempersiapkan diri untuk belajar mandiri 7. Menyusun rencana untuk menyelesaikan masalah 6. Berbagi peran 4. Mengembangkan problem dari analisis peserta. proses dan 4/15/12 informasi . Mempresentasikan skenario 3. Mereview tujuan pembelajaran 2. apa yang diketahui dan apa yang tidak diketahui 5. Mendata sumber informasi.10 Langkah PBL (Barrows) 1.

Hipotesis Fakta Sasaran belajar Rencana 4/15/12 .

Problem Penjelasan Hipotesis Sasaran Belajar 4/15/12 .

Tutor Proses Tutorial Proble m Studen t 4/15/12 .

Tugas Tutor Fasilitator proses belajar Fasilitator proses/dinamika kelompok Fasilitator belajar mandiri 4/15/12 .

Proses Belajar Peran listening Skill Active Diagnostician Challenger Asking & answering Model Activator Monitor Stimulator of Reflection Consultant 4/15/12 .

Dinamika Kelompok Peran Skill Comunication skill Forming Storming Norming Performing Adjourning 4/15/12 .

Belajar Mandiri Rigid Modelling Free Partial Coaching Consulting Low Intermediate 4/15/12 .

TERIMA KASIH 4/15/12 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful