Langkah-langkah PBL

Click to edit Master subtitle style Pelatihan Dasar Tutorial

8 Maret 2011

4/15/12

…to use problem to drive the learning activities on a need-toknow basis
(Woods, 1994)

4/15/12

4/15/12 .

7 JUMPS  Clarifying unfamiliar term Problem definition Brainstorm Analyzing the problem Formulating learning issues Self-study Reporting 4/15/12 .

Klarifikasi Istilah Klarifikasi istilah yang tidak familiar agar jelas dan memiliki kesamaan pemahaman  Menentukan konsep yang belum jelas  Menentukan konsep yang membingungkan  Menyusun pertanyaan  Memberikan penjelasan Kesalahan yang sering dilakukan :  Memaksakan suatu pertanyaan  Memberikan penjelasan yang rinci mengenai istilah 4/15/12 .

Identifikasi Problem Memformulasikan masalah yang akan dibicarakan Kesalahan yang sering dilakukan  Masalah terlalu luas  Masalah terlalu sempit 4/15/12 .

Brainstorm Menentukan penjelasan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dengan :  Memberikan informasi/penjelasan  Membuat daftar pertanyaan yang relevan  Memberikan pertanyaan yang lebih detail (dapat muncul setelah penjelasan dari daftar pertanyaan) yang belum jelas  Memberikan pertanyaan mengenai informasi  There is no stupid question 4/15/12 Kesalahan yang sering dilakukan : .

Menganalisis masalah Mengklasifikasi penjelasan yang muncul dalam brainstorm dan menentukan hubungannya  Menggunakan diagram  Menandai gap yang muncul Kesalahan yang sering terjadi 4/15/12 .

Menentukan Sasaran Belajar Mendaftar pertanyaan/pernyataan yang belum dapat dijelaskan dengan baik Kesalahan yang sering dilakukan :  Sasaran belajar yang saling tumpang tindih  Tidak mau mempunyai banyak sasaran belajar 4/15/12 .

Belajar Mandiri 4/15/12 .

. dsb  Dalam bentuk flow chart. tabel.Melaporkan Hasil Belajar Menjelaskan hasil belajar  Mempresentasikan hasil belajar  Membuat skema. transparansi dsb  Menyebutkan sumber belajar  Memberikan pertanyaan  Memberikan tambahan informasi Kesalahan yang sering dilakukan  Hanya membaca….  Tidak ada komunikasi 4/15/12 .

Mempersiapkan diri untuk belajar mandiri 7. apa yang diketahui dan apa yang tidak diketahui 5. Mengembangkan problem dari analisis peserta. Menyusun rencana untuk menyelesaikan masalah 6. Berbagi peran 4. Mendata sumber informasi. Mereview tujuan pembelajaran 2.10 Langkah PBL (Barrows) 1. Mempresentasikan skenario 3. proses dan 4/15/12 informasi .

Hipotesis Fakta Sasaran belajar Rencana 4/15/12 .

Problem Penjelasan Hipotesis Sasaran Belajar 4/15/12 .

Tutor Proses Tutorial Proble m Studen t 4/15/12 .

Tugas Tutor Fasilitator proses belajar Fasilitator proses/dinamika kelompok Fasilitator belajar mandiri 4/15/12 .

Proses Belajar Peran listening Skill Active Diagnostician Challenger Asking & answering Model Activator Monitor Stimulator of Reflection Consultant 4/15/12 .

Dinamika Kelompok Peran Skill Comunication skill Forming Storming Norming Performing Adjourning 4/15/12 .

Belajar Mandiri Rigid Modelling Free Partial Coaching Consulting Low Intermediate 4/15/12 .

TERIMA KASIH 4/15/12 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful