MATA KULIAH KODE MATA KULIAH BEBAN STUDI PENEMPATAN

: Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : Semester II

DESKRIPSI MATA KULIAH : Mata kuliah ini membahas tentang kebidanan komunitas meliputi konsep analisis social bersfektif gender, permasalahanpermasalahan kesehatan perempuan di komunitas, perubahan dan transformasi kesehatan menuju Indonesia sehat 2010, pelayanan keluarga miskin, suku terasing, bencana alam/KLB, konflik, pendidikan kesehatan, promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Mata kuliah ini menggunakan competency based learning serta metode interaktif yang membentuk mahasiswa terlibat aktif. Tujuan Intruksional Umum (TIU) : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa memahami palayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan analisi sosial Tujuan Intruksional Khusus (TIK) : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu : 1. Menjelaskan konsep dan metode analisis social berpersfektif gender di komunitas 2. Mengidentifikasi issue kesehatan yang berkaitan dengan kebidanan komunitas 3. Menjelaskan metode Partisipatory Rural Appraisal (PRA) dalam palibatan dan pengembangan masyarakat 4. Menjelaskan permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan metode Harvard, Gender Analisi Matrix (GAM), Kerangka Pemberdayaan perempuan (KPP), pohon masalah, pohon harapan dan diagram Venn 5. Menjelaskan perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 6. Melaksanakan pelayanan kebidanan komunitas pada keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin, terasing, bencana alam dan konflik 7. Melaksanakan pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi 8. Melaksanakan asuhan kebidanan di komunitas 9. Mengaplikasikan kepemimpinan bidan dalam advokasi ke berbagai pihak dalam pelayanan kebidanan di komunitas Pokok Bahasan : 1. Konsep dan metode analisis social berpersfektif gender di komunitas 2. Issue kesehatan yang berkaitan dengan kebidanan di komunitas 3. Metode Partisipatory Rural Appraisal (PARA) dalam pelibatan dan pengembangan masyarakat 4. Permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan metode Harvard, GAM, KPP, pohon masalah, pohon harapan dan diagram Venn

5. 6. 7. 8. 9.

Perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 Pelayanan kebidanan komunitas keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin, terasing, benca alam dan konflik Pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi Asuhan kebidanan di komunitas Strategi advokasi dalam pelayanan kebidanan di komunitas

Pustaka : 1. YPKP, 2004. Modul Kesehatan Reproduksi, Jakarta 2. Dekes RI, 2002. Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT, Jakarta 3. Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4. Website www.Midwifery today.com dll

Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4. Modul Kesehatan Reproduksi.Midwifery today. Jakarta 3. pohon masalah.com dll . bencana alam dan konflik melaksanakan pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi melaksanakan advokasi ke berbagai pihak dalam pelayanan kebidanan di komunitas : Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : Semester II WAKTU POKOK BAHASAN/ SUB POKOK BAHASAN T P K konsep dan metode analisis social 2 berspektif gender di komunitas: a. bencana alam dan konflik pendidikan kesehatan/promosi kesehatan 2 dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi pendidikan kesehatan/promosi kesehatan 2 dalam upaya merubah cara pandang 14 DAFTAR PUSTAKA 1.GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN MATA KULIAH KODE MATA KULIAH BEBAN STUDI PENEMPATAN TIK setelah menyelesaikan pokok bahasan ini mahasiswa mampu: menjelaskan konsep dan metode analisis social perspektif gender di komunitas mengidentifikasi sissue kesehatan yang berkaitan dengan kebdanan di komunitas menjelaskan metode Participatory Rural Appraisal (PARA) dalam pelibatan dan pengembangan masyarakat menjelaskan permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di comunitas dengan metode Harvard. pohon masalah. 2004. YPKP. GAM. dan diagram venn perubahan dan transpormasi kesehatan 4 untuk kesehatan menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 pelayanan kebidanan komunitas pada 2 keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin. Dekes RI. definisi analisis social di masyarakat b. Website www. Jakarta 2. Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT. pohon harapan. GAM. dan diagram venn menjelaskan perubahan dan transpormasi kesehatan untuk kesehatan menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 melaksanakan pelayanan kebidanan komunitas pada keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin. terasing. KPP. 2002. terasing. pohon harapan. KPP. siklus analisis social di masyarakat Issue kesehatan yang berkaitan dengan 2 kebidanan komunitas Metode Participatory Rural Appraisal 2 6 (PARA) dalam pelibatan dan pengembangan masyarakat Permasalahan kesehatan reproduksi dan 2 6 perempuan di comunitas dengan metode Harvard.

melaksanakan komunitas asuhan kebidanan masyarakat terhadap kesehatan reproduksi di asuhan kebidanan di komunitas jumlah 2 16 2 32 .

SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata kuliah Kode mata kuliah SKS Waktu pertemuan Pertemuan ke Tujuan 1. TIU : Setelah mengikuti matakuliah ini Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I Universitas Batam diharapkan mampu memahami memahami palayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan analisi sosial : Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswi akan dapat Menjelaskan konsep dan metode analisis social berpersfektif gender di komunitas : Konsep dan metode analisis social berpersfektif gender di komunitas : Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : 150 menit : 01 2. TIK Pokok bahasan Kegiatan Pokok Bahasan Tahap Kegiatan pengajaran Kegiatan mahasiswa Diskusi /tanya jawab Pendahuluan Uraian : Materi ini akan memberikan kemampuan kepada Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I agar dapat Menjelaskan konsep dan metode analisis social berpersfektif gender di komunitas TIK: Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswa akan dapat Menjelaskan konsep dan metode analisis social berpersfektif gender di komunitas Relevansi: Agar Mahasiswi dapat mengetahui dengan jelas tentang Menjelaskan konsep dan metode analisis social berpersfektif gender di komunitas Penyajian Uraian : konsep dan metode analisis social berpersfektif gender di komunitas Media & alat pengajaran LCD-PP .

bentuk soal adalah Esay. YPKP. dengan jumlah 1 soal : 1.com dll Evaluasi Referensi . Dekes RI. Mahasiswi tampak antusias Tindak lanjut: Untuk pertemuan berikutnya akan menjelaskan lanjutan materi tentang issue kesehatan yang berkaitan dengan kebidanan di komunitas : Materi ini akan diujikan pada UTS. Tes : Dengan memberikan pertanyaan secara lisan kepada beberapa Mahasiswa mengenai materi yang telah disampaikan. Jakarta 2. 2004. Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4. Modul Kesehatan Reproduksi. Umpan Balik: Adanya respon positif dari Mahasiswi terhadap materi yang diberikan. Jakarta 3. Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT. 2002.Penutup Contoh: Memberikan contoh kasus social berpersfektif gender di komunitas Latihan:Memberikan tugas kepada Mahasiswi bagaimana pemecahan masalah dari kasus tersebut.Midwifery today. Website www.

SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata kuliah Kode mata kuliah SKS Waktu pertemuan Pertemuan ke Tujuan 2. TIK Pokok bahasan Kegiatan Pokok Bahasan Tahap Kegiatan pengajaran Kegiatan mahasiswa Diskusi /tanya jawab Pendahuluan Uraian : Materi ini akan memberikan kemampuan kepada Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I agar dapat Mengidentifikasi issue kesehatan yang berkaitan dengan kebidanan komunitas TIK: Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswa akan dapat Mengidentifikasi issue kesehatan yang berkaitan dengan kebidanan komunitas Relevansi: Agar Mahasiswi dapat mengetahui dengan jelas tentang Mengidentifikasi issue kesehatan yang berkaitan dengan kebidanan komunitas Penyajian Uraian : Issue kesehatan yang berkaitan dengan kebidanan di komunitas Contoh: Memberikan contoh kasus Issue kesehatan yang berkaitan dengan kebidanan di komunitas Media & alat pengajaran LCD-PP . TIU : Setelah mengikuti matakuliah ini Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I Universitas Batam diharapkan mampu memahami memahami palayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan analisi sosial :Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswi akan dapat Mengidentifikasi issue kesehatan yang berkaitan dengan kebidanan komunitas : Issue kesehatan yang berkaitan dengan kebidanan di komunitas : Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : 150 menit : 02 2.

Umpan Balik: Adanya respon positif dari Mahasiswi terhadap materi yang diberikan. dengan jumlah 1 soal : 1) YPKP. Modul Kesehatan Reproduksi.Penutup Latihan:Memberikan tugas kepada Mahasiswi bagaimana pemecahan masalah dari kasus tersebut. Jakarta 2) Dekes RI.com dll Evaluasi Referensi . bentuk soal adalah Esay. Jakarta 3) Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4) Website www. 2004. 2002. Mahasiswi tampak antusias Tindak lanjut: Untuk pertemuan berikutnya akan menjelaskan lanjutan materi tentang Metode Partisipatory Rural Appraisal (PARA) dalam pelibatan dan pengembangan masyarakat : Materi ini akan diujikan pada UTS. Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT. Tes : Dengan memberikan pertanyaan secara lisan kepada beberapa Mahasiswa mengenai materi yang telah disampaikan.Midwifery today.

TIU : Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : 150 menit : 03 2. TIK : Setelah mengikuti matakuliah ini Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I Universitas Batam diharapkan mampu memahami memahami palayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan analisi sosial :Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswi akan dapat Menjelaskan metode Partisipatory Rural Appraisal (PRA) dalam palibatan dan pengembangan masyarakat : Metode Partisipatory Rural Appraisal (PRA) dalam palibatan dan pengembangan masyarakat Pokok bahasan Kegiatan Pokok Bahasan Tahap Kegiatan pengajaran Kegiatan mahasiswa Diskusi /tanya jawab Pendahuluan Uraian : Materi ini akan memberikan kemampuan kepada Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I agar dapat Menjelaskan metode Partisipatory Rural Appraisal (PRA) dalam palibatan dan pengembangan masyarakat TIK: Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswa akan dapat Menjelaskan metode Partisipatory Rural Appraisal (PRA) dalam palibatan dan pengembangan masyarakat Relevansi: Agar Mahasiswi dapat mengetahui dengan jelas tentang Menjelaskan metode Partisipatory Rural Appraisal (PRA) dalam palibatan dan pengembangan masyarakat Penyajian Uraian : Metode Partisipatory Rural Appraisal (PRA) dalam palibatan dan pengembangan masyarakat Contoh: Memberikan contoh kasus metode Partisipatory Rural Media & alat pengajaran LCD-PP .SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata kuliah Kode mata kuliah SKS Waktu pertemuan Pertemuan ke Tujuan 1.

KPP. pohon masalah. bentuk soal adalah Esay. Umpan Balik: Adanya respon positif dari Mahasiswi terhadap materi yang diberikan. Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT.Midwifery today. 2002. 2004.com dll Evaluasi Referensi . pohon harapan dan diagram Venn : Materi ini akan diujikan pada UTS. Mahasiswi tampak antusias Tindak lanjut: Untuk pertemuan berikutnya akan menjelaskan lanjutan materi tentang Permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan metode Harvard.Penutup Appraisal (PRA) dalam palibatan dan pengembangan masyarakat Latihan:Memberikan tugas kepada Mahasiswi bagaimana pemecahan masalah dari kasus tersebut. Jakarta 2) Dekes RI. Jakarta 3) Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4) Website www. dengan jumlah 1 soal : 1) YPKP. GAM. Tes : Dengan memberikan pertanyaan secara lisan kepada beberapa Mahasiswa mengenai materi yang telah disampaikan. Modul Kesehatan Reproduksi.

Kegiatan Pokok Bahasan Tahap Kegiatan pengajaran Kegiatan mahasiswa Diskusi /tanya jawab Pendahuluan Uraian : Materi ini akan memberikan kemampuan kepada Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I agar dapat Menjelaskan permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan metode Harvard. pohon masalah. TIU : Setelah mengikuti matakuliah ini Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I Universitas Batam diharapkan mampu memahami memahami palayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan analisi sosial :Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswi akan dapat Menjelaskan permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan metode Harvard. Kerangka Pemberdayaan perempuan (KPP). TIK Pokok bahasan 3. pohon masalah. pohon harapan dan diagram Venn : Permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan metode Harvard. Gender Analisi Matrix (GAM). Gender Analisi Matrix (GAM).SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata kuliah Kode mata kuliah SKS Waktu pertemuan Pertemuan ke Tujuan 1. pohon masalah. pohon harapan dan diagram Venn TIK: Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswa akan dapat Menjelaskan permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan metode Harvard. Kerangka Pemberdayaan perempuan (KPP). Kerangka Pemberdayaan perempuan (KPP). Gender Analisi Matrix (GAM). pohon harapan dan diagram Venn : Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : 150 menit : 04 2. Gender Analisi Matrix Media & alat pengajaran LCD-PP .

2002. pohon harapan dan diagram Venn Relevansi: Agar Mahasiswi dapat mengetahui dengan jelas tentang Menjelaskan permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan metode Harvard. pohon harapan dan diagram Venn Contoh: Memberikan contoh kasus permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan metode Harvard.Penyajian Penutup (GAM). bentuk soal adalah Esay. pohon masalah. pohon harapan dan diagram Venn Latihan:Memberikan tugas kepada Mahasiswi bagaimana pemecahan masalah dari kasus tersebut. Kerangka Pemberdayaan perempuan (KPP). Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT. Kerangka Pemberdayaan perempuan (KPP). pohon masalah. Gender Analisi Matrix (GAM). dengan jumlah 1 soal : 1) YPKP. pohon masalah.com dll Evaluasi Referensi . Modul Kesehatan Reproduksi. pohon masalah. 2004. Jakarta 3) Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4) Website www. Gender Analisi Matrix (GAM). Kerangka Pemberdayaan perempuan (KPP). Umpan Balik: Adanya respon positif dari Mahasiswi terhadap materi yang diberikan. Kerangka Pemberdayaan perempuan (KPP). Mahasiswi tampak antusias Tindak lanjut: Untuk pertemuan berikutnya akan menjelaskan lanjutan materi tentang Menjelaskan perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 : Materi ini akan diujikan pada UTS. Gender Analisi Matrix (GAM). pohon harapan dan diagram Venn Uraian : Permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan metode Harvard.Midwifery today. Jakarta 2) Dekes RI. Tes : Dengan memberikan pertanyaan secara lisan kepada beberapa Mahasiswa mengenai materi yang telah disampaikan.

TIK Pokok bahasan Kegiatan Pokok Bahasan Tahap Kegiatan pengajaran Kegiatan mahasiswa Diskusi /tanya jawab Pendahuluan Uraian : Materi ini akan memberikan kemampuan kepada Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I agar dapat Menjelaskan perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 TIK: Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswa akan dapat Menjelaskan perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 Relevansi: Agar Mahasiswi dapat mengetahui dengan jelas tentang Menjelaskan perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 Penyajian Uraian :Perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 Media & alat pengajaran LCD-PP .SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata kuliah Kode mata kuliah SKS Waktu pertemuan Pertemuan ke Tujuan 1. TIU : Setelah mengikuti matakuliah ini Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I Universitas Batam diharapkan mampu memahami memahami palayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan analisi sosial :Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswi akan dapat Menjelaskan perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 : Perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 : Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : 150 menit : 05 2.

Penutup Contoh: Memberikan contoh kasus Menjelaskan perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 Latihan:Memberikan tugas kepada Mahasiswi bagaimana pemecahan masalah dari kasus tersebut. Modul Kesehatan Reproduksi. Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT. Umpan Balik: Adanya respon positif dari Mahasiswi terhadap materi yang diberikan. benca alam dan konflik : Materi ini akan diujikan pada UTS. bentuk soal adalah Esay. 2004.com dll Evaluasi Referensi . dengan jumlah 1 soal : 1) YPKP. Tes : Dengan memberikan pertanyaan secara lisan kepada beberapa Mahasiswa mengenai materi yang telah disampaikan. Mahasiswi tampak antusias Tindak lanjut: Untuk pertemuan berikutnya akan menjelaskan lanjutan materi tentang Pelayanan kebidanan komunitas keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin. Jakarta 2) Dekes RI. 2002.Midwifery today. terasing. Jakarta 3) Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4) Website www.

terasing. terasing. TIU : Setelah mengikuti matakuliah ini Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I Universitas Batam diharapkan mampu memahami memahami palayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan analisi sosial :Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswi akan dapat Melaksanakan Pelayanan kebidanan komunitas keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin. terasing. terasing. benca alam dan konflik Media & alat pengajaran LCD-PP . terasing. benca alam dan konflik : Perubahan dan transformasi kesehatan untuk menuju perkembangan Indonesia sehat 2010 : Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : 150 menit : 06 2. benca alam dan konflik Penyajian Uraian : Pelayanan kebidanan komunitas keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin.SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata kuliah Kode mata kuliah SKS Waktu pertemuan Pertemuan ke Tujuan 1. benca alam dan konflik TIK: Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswa akan dapat Melaksanakan Pelayanan kebidanan komunitas keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin. benca alam dan konflik Relevansi: Agar Mahasiswi dapat mengetahui dengan jelas tentang Melaksanakan Pelayanan kebidanan komunitas keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin. TIK Pokok bahasan Kegiatan Pokok Bahasan Tahap Kegiatan pengajaran Kegiatan mahasiswa Diskusi /tanya jawab Pendahuluan Uraian : Materi ini akan memberikan kemampuan kepada Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I agar dapat Melaksanakan Pelayanan kebidanan komunitas keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin.

Mahasiswi tampak antusias Tindak lanjut: Untuk pertemuan berikutnya akan menjelaskan lanjutan materi tentang Pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi : Materi ini akan diujikan pada UAS.Penutup Contoh: Memberikan contoh kasus Pelayanan kebidanan komunitas keluarga dengan prioritas pada keluarga miskin. dengan jumlah 1 soal : 1. YPKP.Midwifery today. terasing. 2004. 2002. benca alam dan konflik Latihan:Memberikan tugas kepada Mahasiswi bagaimana pemecahan masalah dari kasus tersebut. Jakarta 2. Umpan Balik: Adanya respon positif dari Mahasiswi terhadap materi yang diberikan. Modul Kesehatan Reproduksi. Jakarta 3. Website www. Tes : Dengan memberikan pertanyaan secara lisan kepada beberapa Mahasiswa mengenai materi yang telah disampaikan. bentuk soal adalah Esay.com dll Evaluasi Referensi . Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4. Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT. Dekes RI.

SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata kuliah Kode mata kuliah SKS Waktu pertemuan Pertemuan ke Tujuan 1. TIK Pokok bahasan Kegiatan Pokok Bahasan Tahap Pendahuluan Uraian : Materi ini akan memberikan kemampuan kepada Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I agar dapat Melaksanakan pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi TIK: Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswa akan dapat Melaksanakan pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi Relevansi: Agar Mahasiswi dapat mengetahui dengan jelas tentang Melaksanakan pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi Penyajian Uraian : Pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah . TIU : Setelah mengikuti matakuliah ini Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I Universitas Batam diharapkan mampu memahami memahami palayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan analisi sosial :Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswi akan dapat Melaksanakan pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi : Pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap Kegiatan pengajaran Kegiatan mahasiswa Diskusi /tanya jawab Media & alat pengajaran LCD-PP : Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : 150 menit : 07 2.

dengan jumlah 1 soal : 1. YPKP. Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4.Penutup cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi Contoh: Memberikan contoh kasus Pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi Latihan:Memberikan tugas kepada Mahasiswi bagaimana pemecahan masalah dari kasus tersebut.com dll Evaluasi Referensi . Tes : Dengan memberikan pertanyaan secara lisan kepada beberapa Mahasiswa mengenai materi yang telah disampaikan. Mahasiswi tampak antusias Tindak lanjut: Untuk pertemuan berikutnya akan Melaksanakan asuhan kebidanan di komunitas : Materi ini akan diujikan pada UAS. Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT. 2004.Midwifery today. Dekes RI. Umpan Balik: Adanya respon positif dari Mahasiswi terhadap materi yang diberikan. Modul Kesehatan Reproduksi. bentuk soal adalah Esay. Jakarta 3. 2002. Website www. Jakarta 2.

Tes : Dengan memberikan pertanyaan secara lisan kepada beberapa Penutup .SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata kuliah Kode mata kuliah SKS Waktu pertemuan Pertemuan ke Tujuan 1. TIU : Setelah mengikuti matakuliah ini Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I Universitas Batam diharapkan mampu memahami palayanan kebidanan komunitas dengan pendekatan analisi sosial :Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswi akan dapat Melaksanakan asuhan kebidanan di komunitas : Asuhan kebidanan di komunitas Kegiatan pengajaran Kegiatan mahasiswa Diskusi /tanya jawab Media & alat pengajaran LCD-PP : Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : 150 menit : 08 2. TIK Pokok bahasan Kegiatan Pokok Bahasan Tahap Pendahuluan Uraian : Materi ini akan memberikan kemampuan kepada Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I agar dapat Melaksanakan asuhan kebidanan di komunitas TIK: Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswa akan dapat Melaksanakan asuhan kebidanan di komunitas Relevansi: Agar Mahasiswi dapat mengetahui dengan jelas tentang Melaksanakan asuhan kebidanan di komunitas Penyajian Uraian : Pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi Contoh: Memberikan contoh kasus Pendidikan kesehatan/promosi kesehatan dalam upaya merubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan reproduksi Latihan:Memberikan tugas kepada Mahasiswi bagaimana pemecahan masalah dari kasus tersebut.

Umpan Balik: Adanya respon positif dari Mahasiswi terhadap materi yang diberikan. 2004. 2002. Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT. dengan jumlah 1 soal : 1.Midwifery today. Modul Kesehatan Reproduksi. Mahasiswi tampak antusias Tindak lanjut: Untuk pertemuan berikutnya akan membahas tentang Strategi advokasi dalam pelayanan kebidanan di komunitas Evaluasi Referensi : Materi ini akan diujikan pada UAS. bentuk soal adalah Esay. Jakarta 3.Mahasiswa mengenai materi yang telah disampaikan. Website www. YPKP. Jakarta 2. Dekes RI.com dll . Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4.

TIU : Setelah mengikuti matakuliah ini Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I Universitas Batam diharapkan mampu Mengaplikasikan kepemimpinan bidan dalam advokasi ke berbagai pihak dalam pelayanan kebidanan di komunitas :Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswi akan dapat Mengaplikasikan kepemimpinan bidan dalam advokasi ke berbagai pihak dalam pelayanan kebidanan di komunitas : Strategi advokasi dalam pelayanan kebidanan di komunitas : Kebidanan Komunitas : Bd 304 : 2 SKS (T1 P1) : 150 menit : 09 2.SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata kuliah Kode mata kuliah SKS Waktu pertemuan Pertemuan ke Tujuan 1. TIK Pokok bahasan Kegiatan Pokok Bahasan Tahap Kegiatan pengajaran Kegiatan mahasiswa Diskusi /tanya jawab Pendahuluan Uraian : Materi ini akan memberikan kemampuan kepada Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester I agar dapat Mengaplikasikan kepemimpinan bidan dalam advokasi ke berbagai pihak dalam pelayanan kebidanan di komunitas TIK: Setelah mengikuti perkuliahan ini Mahasiswa akan dapat Mengaplikasikan kepemimpinan bidan dalam advokasi ke berbagai pihak dalam pelayanan kebidanan di komunitas Relevansi: Agar Mahasiswi dapat mengetahui dengan jelas tentang Mengaplikasikan kepemimpinan bidan dalam advokasi ke berbagai pihak dalam pelayanan kebidanan di komunitas Penyajian Uraian : Strategi advokasi dalam pelayanan kebidanan di komunitas Media & alat pengajaran LCD-PP .

Penutup Contoh: Memberikan contoh kasus Strategi advokasi dalam pelayanan kebidanan di komunitas Latihan:Memberikan tugas kepada Mahasiswi bagaimana pemecahan masalah dari kasus tersebut. Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan komunitas terkini 4. bentuk soal adalah Esay. Umpan Balik: Adanya respon positif dari Mahasiswi terhadap materi yang diberikan. Pedoman bagi Petugas kesehatan mengenai KDRT. Website www. 2004. Mahasiswi tampak antusias Tindak lanjut: Untuk pertemuan berikutnya akan mengulans materi Evaluasi Referensi : Materi ini akan diujikan pada UAS. Modul Kesehatan Reproduksi.Midwifery today. Dekes RI. YPKP. dengan jumlah 1 soal : 1. Jakarta 3. Tes : Dengan memberikan pertanyaan secara lisan kepada beberapa Mahasiswa mengenai materi yang telah disampaikan. 2002.com dll . Jakarta 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful