Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan

Istilah paradigma pada mulanya dipakai dalam bidang filsafat ilmu pengetahuan. Menurut Thomas Kuhn, Orang yang pertama kali mengemukakan istilah tersebut menyatakan bahwa ilmu pada waktu tertentu didominasi oleh suatu paradigma. Paradigma adalah pandangan mendasar dari para ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan suatu cabang ilmu pengetahuan. Dengan demikian, paradigma sebagai alat bantu para illmuwan dalam merumuskan apa yang harus dipelajari, apa yang harus dijawab, bagaimana seharusnya dalam menjawab dan aturan-aturan yang bagaimana yang harus dijalankan dalam mengetahui persoalan tersebut. Suatu paradigma mengandung sudut pandang, kerangka acuan yang harus dijalankan oleh ilmuwan yang mengikuti paradigma tersebut. Dengan suatu paradigma atau sudut pandang dan kerangka acuan tertentu, seorang ilmuwan dapat menjelaskan sekaligus menjawab suatu masalah dalam ilmu pengetahuan. Istilah paradigma makin lama makin berkembang tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan, tetapi pada bidang lain seperti bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi. Paradigma kemudian berkembang dalam pengertian sebagai kerangka pikir, kerangka bertindak, acuan, orientasi, sumber, tolok ukur, parameter, arah dan tujuan. Sesuatu dijadikan paradigma berarti sesuatu itu dijadikan sebagai kerangka, acuan, tolok ukur, parameter, arah, dan tujuan dari sebuah kegiatan. Dengan demikian, paradigma menempati posisi tinggi dan penting dalam melaksanakan segala hal dalam kehidupan manusia. 1. Pancasila sebagai paradigma pembangunan Ada beberapa macam dari paradigma pembangunan yaitu : a. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Politik b. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Ekonomi c. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Sosial Budaya d. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Pertahanan Keamanan

adil. Tatanan kehidupan yang berjalan pada era orde baru dianggap tidak mampu memberi kedaulatan dan keadilan pada rakyat. bangsa Indonesia ingin menata kembali (reform) tatanan kehidupan yang berdaulat.2. Pada era reformasi ini. dan sejahtera. aman. Pancasila Sebagai Paradigma Reformasi Pada saat ini Indonesia tengah berada pada era reformasi yang telah diperjuangkan sejak tahun 1998. ketika gerakan reformasi melanda Indonesia maka seluruh tatanan kehidupan dan praktik politik pada era Orde Baru banyak mengalami keruntuhan. .

universal. sosial maupun dalam kehidupan bernegara. kepercayaan yang menyeluruh serta sistematis yang menyangkut dan mengatur tingkah laku sekelompok manusia tertentu dalam berbagai bidang kehidupan politik. Pancasila sebagai ideologi terbuka Pancasila dilihat dari sifat. ajaran. . Pancasila tetap menduduki posisi sebagai ideologi nasional dalam UUD 1945.Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Pancasila merupakan ideologi nasional negara Indonesia. pertahanan.nilai dan tujuan. Makna ideologi di Indonesia tercermin pada falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia. yaitu Pancasila.tujuan serta sarana. Jika diterapkan untuk negara.sarana pokok untuk mencapainya. baik sebagai individu. kebudayaan. keyakinan. A. ide. dan keagamaan. walaupun UUD 1945 telah mengalami beberapa kali perubahan (amandemen). Pancasila sebagai ideologi negara tercantum dalam pembukaan UUD 1945. maka ideologi diartikan sebagai kesatuan gagasangagasan dasar yang disusun secara sistematis dan dianggap menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya. normatif dan realitas. Ideologi secara praktis diartikan sebagai sistem dasar seseorang tentang nilai.sifat dasarnya. dapat dikatakan sebagai ideologi terbuka. B. sosial. Pancasila Sebagai ideologi terbuka memiliki dimensi. Karena.rumusan pancasila sebagai ideologi terbuka bersifat umum. sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUd 1945. Pancasila mengandung nilai-nilai dan normanorma yang oleh bangsa Indonesia di yakini paling benar. Rumusan. Secara umum ideologi merupakan kumpulan gagasan. Pengertian Ideologi Ideologi berasal dari Kata Yunani Idein artinya melihat dan logia yang berarti kata. kemanan.dimensi idealitas.

Dan tidak semua orang kuat cita.C.citanya. LIBERALISME Ciri.ciri Liberalisme adalah sebagai berikut : . KOMUNISME Ada 3 ciri negara komunisme yaitu : .Bersedia menggunakan pemerintah untuk meningkatkan kondisi manusiawi .Berdasarkan ideologi Marxisme.Merupakan sistem kekuasaan satu partai atas seluruh rakyat . karena memberi perhatian yang sangat besar kepada kolektivitas atau masyarakat.Mempunyai kepercayaan terhadap nalar manusiawi . hak milik pribadi tidak diberi tempat di negara komunis. 2.Ekonomi komuis bersifat etatisme.Memiliki kecenderungan untuk mendukung perubahan .Liberalisme buta terhadap kenyataan bahwa tidak semua orang kuat kedudukannnya .Laninisme. .Liberalisme melahirkan “Binatang Ekonomi” yaitu manusia yang hanya mementingkan keuntungan ekonomisnya sendiri. kebebasan individu. artinya bersifat materialis. Ideologi komunisme bersifat absolutilasi dan determinisme.Bersikap ambivalen terhadap sifat manusia Kelemahannya : . Perbandingan antara Ideologi Liberalisme. . ateis dan kolektivistik. . Komunisme dan pancasila 1.Mendukung kebebasan individu .