BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah. Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API. Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara window program tersebut dengan program yang lain. 1.2 RUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang di atas penulis menganjukan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Apakah pengertian Sistem Operasi ? 2. Apakah macam – macam Sistem Operasi saat ini ? 3. Bagaimana cara menjalankan perintah dalam Sistem Operasi ? 1.2 TUJUAN Berdasarkan rumusan masalah diatas tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut : 1. Pembaca dapat mengerti apa pengertian dari sistem operasi. 2. Pembaca dapat mengerti macam-macam sistem operasi saat ini . 3. Pembaca dapat mengerti bagaimana menjalankan perintah dalam sistem operasi.

1|Page

(memori komputer dalam hal ini ada Hardisk. Biasanya. maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat.1 PENGERTIAN SISTEM OPERASI Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem.BAB II PEMBAHASAN 2. istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. atau biasa di singkat dengan OS. dan mempunya akses kepada sistem file. serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan. sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori. selain itu. Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer. Dalam Ilmu komputer. karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. skeduling task. dan antar-muka user. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk. Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut. melakukan input serta output terhadap peralatan lain. dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer. Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem. bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. 2|Page . manajemen memori.

sebagai calon pengganti IBM PC DOS. Tahun 1987 OS/2 : IBM memperkenalkan OS/2 yang telah berbasis grafis. CP/M. sistem operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Tahun 1984 MS DOS 3.0 dari MS DOS diluncurkan pada komputer PC XT. Tahun 1986 MS DOS 3. Tahun 1981 PC DOS : IBM meluncurkan PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB.0 : Microsoft memperkenalkan MSWindows.3 yang merupakan versi paling populer dari MS DOS.1 yang memberikan dukungan untuk jaringan.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.3 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.2 SEJARAH SISTEM OPERASI Tahun 1980 QDOS : Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu. 3|Page .2 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.2 yang menambahkan dukungan untuk floppy 3. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple. MS DOS 3. Tahun 1983 MS DOS 2. Microsoft : Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai perusahaan komputer.5 inch 720 KB.0 : Versi 2. Tahun 1985 MS Windows 1.2.1 : Microsoft meluncurkan MSDOS 3. MS DOS 3. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086. MS DOS : Microsoft menggunakan nama MS DOS untuk OS ini jika dijual oleh perusahaan diluar IBM.

Excel.0 : Microsoft meluncurkan Windows versi 3. MSOffice : Microsoft membundel Word. unformat dan Qbasic.0 : Windows versi 2. MS DOS 6.0 dengan penambahan fasilitas fullscreen editor. Word Perfect dan Quattro.0 : Microsoft memperkenalkan MSDOS 6. OS pertama berbasis grafis tanpa DOS didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan.22 dengan program kompresi bernama DriveSpace.0.0 yang mendapat sambutan cukup baik.1 dan kemudian Windows for Workgroups 3.0 diperkenalkan. MS DOS 6. 4|Page . Tahun 1988 MS DOS 4.0 Upgrade. Tahun 1992 Windows 3. dan PowerPoint untuk menyingkirkan saingannya seperti Lotus 123. Ini merupakan versi terakhir dari MS DOS.0 dengan suasana grafis. FreeDOS dibuat setelah Microsoft berniat menghentikan dukungannya untuk DOS dan menggantikannya dengan Windows 95.Windows 2.22 : Microsoft meluncurkan MSDOS 6.1 : Microsoft meluncurkan Windows 3. Tahun 1991 MS DOS 5. Tahun 1994 MSDOS 6. DR DOS : Digital Research memperkenalkan DR DOS 5. Wordstar.11 di tahun berikutnya.2.0 : Microsoft meluncurkan MSDOS 5. yang mencakup program kompresi harddisk DoubleSpace. FreeDOS : Jim Hall.2 : Microsoft meluncurkan MSDOS 6. Tahun 1990 Windows 3. Tahun 1995 Windows 95 : Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari. Tahun 1993 Windows NT : Microsoft meluncurkan Windows NT. undelete.0 : Microsoft mengeluarkan MSDOS 4. mahasiswa dari Universitas WisconsinRiver Falls Development mengembangkan FreeDOS.

Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass. versi terakhir dari Windows 95. Windows CE : Versi pertama Windows CE diperkenalkan ke publik. Tahun 1998 Windows 98 : Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98 dan berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator. dan Flip 3D.0 : Microsoft meluncurkan Windows NT versi 4. Tahun 1996 Windows NT 4. Ini merupakan versi terakhir dari IBM PC DOS. Tahun 2001 Windows XP : Microsoft memperkenalkan Windows XP. Windows Me : Microsoft meluncurkan Windows Me.PC DOS 7 : IBM memperkenalkan PC DOS 7 yang terintegrasi dengan program populer pengkompres data Stacker dari Stac Electronics. Tahun 2003 Windows 2003 : Microsoft meluncurkan Windows Server 2003. Tahun 2007 Vista : Setelah tertunda untuk beberapa lama.0 Tahun 1997 Mac OS : Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan nama Mac OS pada Mac OS 7. dengan aero vista tetapi kestabilan XP 5|Page . SideBar. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.6. Windows 2000: Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT. Tahun 2009 Windows 7: Windows 7 ini adalah perbaikan dari vista. Tahun 2000 Mac OS/X : Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai Mac OS/X. Microsoft akhirnya meluncurkan Windows Vista.

0 berkembang menjadi Windows 2. Kemudian dilanjutkan dengan generasi Windows 3. Windows 2. mendukung Plug and Play. Windows Graphic Environmnet 1. Banyak perubahan dari Windows versi sebelumnya. Setelah berkembang cukup lama akhirnya Microsoft memperkenalkan Sistem Operasi hibrida 16-Bit/32-Bit yang dikenal dengan nama Windows 95.3 JENIS-JENIS SISTEM OPERASI 2.0 juga support terhadap penggunaan Processor Intel 80286 dimana Processor Intel 80286 adalah Processor pertama dengan kemampuan untuk memproteksi area memory. MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products dan barulah kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya.2.11).3.0 versi pertama Sistem Operasi dalam dunia Sistem Operasi yang berbasiskan GUI (Graphical User Interface) dan mendukung MultiTasking atau dapat mengerjakan banyak pekerjaan secara simultan.0 kemudian berevolusi menjadi Windows 3. yaitu : Windows 95 memiliki GUI yang lebih menarik dan atraktif. Windows 2. Selain itu juga Windows 95 memiliki fitur untuk memanajemen daya (APM) dan diperkenalkannya juga Client-Server.0 ini berbasis GUI dan mendukung penggunaan VGA (Video GraphicsArray) dan juga mendukung Multi-Tasking. Kemudian berkembang menjadi Windows 1. sehingga untuk menjalankannya membutuhkan MS-DOS. Windows 3. Setelah itu Windows 1.0 juga memperkenalkan adanya Virtual Device Driver (VXD) dimana dapat berguna untuk meminimalisasi ketergantungan pada setiap driver pada perangkat keras tertentu. Dalam era tersebut.1 yang sudah diperkenalkan dengan fitur Multimedia dan True Type Font selain itu juga memudahkan End-User karena adanya fitur Drag and Drop dan akhirnya Windows versi 3 ini berkembang menjadi Sistem Operasi yang sudah mengenal NetWorking (Windows 3.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS. Awalnya Windows bermula dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter.0 memiliki kemampuan yang sama dengan Windows sebelumnya dan ditambah dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon yang lebih baik. 6|Page . memiliki beberapa fasilitas seperti : Browser yang terintegrasi dan Windows Explorer untuk menjelajah Windows.0 dimana Windows 3.0.1 WINDOWS Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Windows Versi pertama. Microsoft juga menyediakan SDK (Software Development kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi/programnya agar mampu berjalan di Windows 3. mendukung penamaan yang panjang.0 ini. Windows 3.

ini merupakan revolusi dari Windows XP. Plug and Play dan Windows Driver Model yang lebih baik performanya dibanding sebelumnya. Windows NT juga memperkenalkan File System NTFS yang lebih baik dari FAT maupun FAT-32. Bisa dibilang Windows Server 2003 adalah reinkarnasi dari Windows NT. Selanjutnya Windows NT berkembang menjadi Windows 2000 banyak fitur tambahan diantaranya : Active Directory. Microsoft IIS. dan lain sebagainya. Windows Server juga mengenalkan beberapa teknologi yaitu : Headless Operation (Server tidak membutuhkan monitor atau keyboard untuk memanjemen perangkat). karena pada Windows Vista diperkenalkan adanya Windows Firewall with Advanced Security. yaitu : Windows Server 2003. Windows NT sebenarnya dibangun dari pengembangan IBM OS/2 dan Windows NT juga banyak digunakan dalam jaringan komputer. mempunyai banyak fitur dan performa yang semakin mengingkat. DirectX dan Open GL. Microsoft pun melanjutkan perkembangan Sistem Operasi dengan Windows Vista (Longhorn). Perkembangan selanjutnya adalah Windows ME.Net. Kontrol jarak jauh. Parental Control. Perkembangan selanjutnya adalah transisi dari Windows Server 2003 menjadi Windows Home Server yang ditujukan sebagai File Server untuk rumahan. User Account Control (UAC). Bisa dikatakan Windows XP merupakan Windows yang paling laris dan digandrungi oleh pengguna PC maupun perangkat PC bergerak (Mobile). Windows Vista juga sudah mengenal IPv6. Windows Defender. dan lain sebagainya. Intel IA64 dan AMD64 (x64) serta mendukung grafis 32-Bit. Banyak sekali fitur yang ditawarkan pada Windows Server 2003 ini salah satunya adalah diperkenalkannya platform . Setelah generasi Windows NT munculah Windows XP yang menawarkan banyak perubahan. Domain Name System (DNS). Sidebar. Image Preview. Windows Vista lebih mengutamakan interface atau penampilan grafis antarmuka dibandingkan dengan performa. Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). serta mendukung media penyimpanan ringkas seperti USB. diperkenalkannya NAT untuk berbagi koneksi Internet dan digantikannya Virtual Device Driver dengan Windows Driver Model. Seiring dengan kebutuhan akan networking maka Microsoft Corporation mengeluarkan Sistem Operasi yang berkonsentrasi pada jaringan. dan arsitekstur 64-Bit. Windows ME pun akhrinya digantikan dengan Windows NT yang sudah mendukung arsitekstur x86 (80×86) . tidak ada yang spesial dari Windows ME selain transisi dukungan grafis dari 16-Bit ke 32-Bit dan pada era Windows ME sudah banyak pengguna rumahan yang memakainya.Generasi penerus dari Windows 95 adalah Windows 98 dimana Windows 98 sudah mendukung VGA berbasis AGP. ASLR. dibuktikan dengan adanya fitur : AERO. Windows Internet Name Service (WINS). Diperkenalkan juga fitur Domain Controller Server. Windows 98 juga sudah memiliki kemampuan-kemampuan untuk memainkan Game dan menjalankan aplikasi Multimedia. Sharing dan Streaming 7|Page . Browser Internet Explorer v6. Ada juga beberapa fitur tambahan berupa aplikasi Microsoft Office dan Internet Explorer versi 5. Pemantauan kesehatan komputer. BitLocker Drive Encryption. PKI (Public Key Infrastructure) Server. Windows Vista juga menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan Windows XP. DirectX versi terbaru.

Kemunculan versi ini dihubungkan dengan kemunculan IBM PC. baik disket maupun harddisk Sistem operasi PC DOS ( Personnal Computer Disk Operating System) ini ditujukan untuk pemakaian mikrokomputer IBM (IBM PC).05 yang merupakan DOS yang dikeluarkan untuk mendukung computer baru waktu itu yang disebut computer AT (advanced Technology).Generasi berikutnya ditandai dengan munculnya penggabungan Sistem Operasi Windows Vista dengan Windows Server. Yang pada mulanya di tahun 1980. Operating system tersebut dinamakan QDOS (Quick and Dirty Operating System ). Disk Operating System dipakai pada media penyimpan disk. Versi ini sangat sederhana dan kemampuannya terbatas. DOS 3. Windows 7 dirilis untuk menggantikan kekurangan Windows XP dan kelebihan Windows Vista.2 megabyte dan pemakaian RAMDisk (VDISK) dengan menggunakan extended memory yang tidak dapat dipakai langsung oleh DOS versi ini. Fitur Windows Vista dan Windows Server digabung menjadi satu padu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan End-User.3. 8|Page .10 3. tim Petterson membuat opearting system membuat operating system untuk Seatle Computer Product yang membutuhkan S-100 system dengan mempergunakan INTEL 8086.0 dan MS-DOS 3. DOS 2.Versi ini tidak dipaka lagi karena tidak dapat lagi mendukung perkembangan software yang ada. 2. Windows 7 memiliki performa yang lebih baik dari Windows Vista.0 Versi ini merupakan versi DOS paling awal. Beberapa produk DOS sampai saat ini adalah : 1. Karena versi mempunyai beberapa kesalahan program maka diperbaiki dengan versi 2.0 adalah PC-DOS 3. QDOS dikembangkan dan diberi nama 86-DOS (DOS untuk 8086). tidak seperti pada Windows Vista. Pada akhir tahun 1980. 2. Versi terakhir Sistem Operasi besutan Windows adalah Windows 7.2 DOS Sistem Operasi DOS adalah DOS (Disk Operating System ) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan system operasi. Versi ini mendukung pemakaian disk drive dengan kapasitas 1. DOS 1. Boleh dikatakan jikalau Windows 7 adalah fusi dari Windows XP dan Windows Vista.0 Dikeluarkan pada bulan maret 1983 bersama munculnya IBM PC/XT. yaitu Windows Server 2008. Selanjutnya Windows Server 2008 berkembang menjadi Windows Server 2008 R2.0 Yang dimaksud dengan DOS 3.

khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture). 8.0 Diluncurkan pada tahun 1991 dengan fasilitas baru seperti MIRROR.0 merupakan versi pertama yang dikeluarkan pada bulan juli 1988. 9.3 IBM pada tahun 1987 mengeluarkan versi DOS 3.01. karena DOS ini banyak kesalhan maka dikeluatkan PC-DOS 4.0 Mempunyai 3 versi DOS yaitu PC-DOS 4.3. 2.2 PC DOS 3. 3.Source Code : Sumber (Source) harus tersedia untuk semua distribusi.01.3 yang ditambahkan dari DOS sebelumnya adalah kemampuan memakai harddisk sebanyak 32 megabyte per logical drive (1 drive logika) 7. 6. Ditambahkan beberapa utility baru dan penambahan perintah-perintah konfigurasi system dan batch file.0 mempunyai fasilitas Shell dari DOS untuk mengontrol kerja computer dengan system menu.0. OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris. Versi mampu memanfaatkan disk drive dengan ukuran 3.5 inci ukuran 720 kilobyte yang biasanya dipakai pada computer laptop. DOS 4. PC DOS 4. DOS 6.1 Diluncurkan pada bulan maret 1985 Kelebihan DOS ini adanya dukungan terhadap system network computer. PC-DOS 4. DOS 3.Free Redistribution : Didistribusi secara bebas. Konsep Open Solaris adalah sebagai berikut : 1.Derived Works : Setiap orang bisa mengubah kode dan mendisrtibusikan 9|Page . DOS 3.0 Diluncurkan pada bulan maret 1993. Solaris terkenal karena kestabilannya.2 dikeluarkan bersamaan dengan diluncurkannya computer laptop. Open Solaris memiliki banyak fitur yang menjadikan OpenSolaris bisa digunakan untuk skala penggunaan yang besar dari penggunaan untuk desktop pC atau Mobile PC. DOS 3.01 dan MS-DOS 4.4. tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya : Source untuk Installer.3 Kemampuan DOS 3. 2. dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi. DOS 5. UNDELETTE dan UNFORMAT.3 SOLARIS Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. 5. Desktop. Software. Versi DOS 4.

DTrace L : Dapat mengamati dimana aplikasi banyak menggunakan waktunya dan berapa lama. 2.No Discrimination : Kode harus disediakan untuk seseorang untuk dikembagkan. Linare. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX). Harga Linux ini kebanyakan Gratis walaupun ada juga yang berbayar (Lisensi).3.ZFS : System Rstore. LinuxMandrake. 4.kembali. Sama seperti UNIX. Lycoris. Linux dapat didistribusikan tanpa harus memberikan royalty kepada seseorang. Knoppix.Manajemen Kegagalan : Mencegah. mendiagnosa dan memperbaiki error. Red Hat Linux.Zona : Mengimplementasikan sebuah abstraksi Sistem Operasi yang memungkinkan beberapa aplikasi berjalan secara terisolasi satu dengan lainnya di perangkat keras fisik yang sama. Perbedaan utama antara Linux dan Sistem Operasi Populer lainnya terletak pada Kernel Linux dan komponenkomponennya yang bebas dan terbuka. 5. jaringan. seperti : Debian. Beberapa kelebihan OpenSolaris dibandingkan dengan Sistem Operasi lain : 1. GNOME. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar UNIX. KDE dan Xfce merupakan antarmuka pengguna yang paling populer diantara varian antarmuka pengguna lainnya. 4. 3.Multimedia. Xandros. Slackware. Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses. Pada komputer Desktop. 2. Fedora. Sama seperti pada UNIX. Satu hal yang membedakan Linux terhadap Sistem Operasi lainnya adalah harga.4 LINUX Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server banyak Workstation dan Server yang mengandalkan Linux karena Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu lama dan Linuxpun kebal terhadap Malware. Lindows. antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop. Suse. periferal. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ubuntu. Sebuah sistem Linux menyediakan antarmuka baris perintah lewat sebuah Shell (Konsole). 10 | P a g e . Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks. peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Ada beberapa macam Distro Linux. dan pengaksesan sistem berkas.

4. • Ping -> Mengirim data ke host tertentu / IP • Powercfg.cpl -> Digunakan untuk menjalankan wizard Add Hardware • Ipconfig -> Menampilkan IP konfigurasi untuk semua adapter jaringan • Logoff -> Digunakan untuk logoff komputer • MMC -> Microsoft Management Console • Msconfig -> Konfigurasi untuk mengedit file startup • Mstsc -> Digunakan untuk mengakses remote desktop • msinfo32 -> Microsoft Sistem Informasi Utilitas • Nbtstat -> Menampilkan statistik dan koneksi saat ini menggunakan NetBIOS over TCP / IP • netstat -> Menampilkan semua koneksi jaringan aktif • Nslookup -> Mengembalikan server lokal DNS Anda • OSK -> Digunakan untuk mengakses pada keyboard layar • perfmon.program ftp • Hostname .4 CONTOH PERINTAH MASING-MASING OS 2.1 contoh perintah pada windows • appwiz.msc -> Digunakan untuk mengkonfigurasi kinerja Monitor.cpl -> Digunakan untuk menjalankan Add / Remove Wizard • Calc -> Kalkulator • Cfgwiz32 -> Wizard Konfigurasi ISDN • Charmap -> Character Map • chkdisk -> Perbaikan file yang rusak • cleanmgr -> Membersihkan hard drive • Clipbrd -> Windows penampil Clipboard • Kontrol -> Menampilkan Control Panel • cmd -> Membuka Command Window baru • Kontrol mouse -> Digunakan untuk mengendalikan sifat tikus • Dcomcnfg -> DCOM pengguna keamanan • Debug -> Majelis bahasa pemrograman alat • Defrag -> Defragmentation alat • Drwatson -> Rekaman & snapshot program kecelakaan • dxdiag -> Utilitas Diagnostik DirectX • Explorer -> Windows Explorer • Fontview -> penampil huruf Grafis • Fsmgmt.2.nama> Pengembalian Komputer • Hdwwiz.cpl -> Digunakan untuk mengkonfigurasi windows firewall • FTP .msc -> Digunakan untuk membuka folder bersama • firewall.cpl -> Digunakan untuk mengkonfigurasi opsi daya • Regedit -> Registry Editor • Regwiz -> Pendaftaran Wizard • sfc / scannow -> Sistem File Checker • Sndrec32 -> Sound Recorder 11 | P a g e .

• Sndvol32 -> Volume kontrol untuk soundcard • Sysedit -> file sistem startup Sunting • taskmgr -> Task manager • Telephon. COLOR Mengubah warna teks dan latar pada command prompt. CHKNTFS Menampilkan atau mengubah proses pemeriksaan disket pada saat booting. CALL Memanggil sebuah program batch dari program batch yang lain. COMP Membandingkan isi dari dua atau beberapa file. • Telnet -> Telnet Program 2. COMPACT Menampilkan atau mengubah kompresi file pada partisi NTFS. BREAK Mengatur atau menghilangkan pemeriksaan extended CTRL+C. ATTRIB Menampilkan atau mengubah atribut suatu file. CHCP Menampilkan atau mengubah nomor active code page. CONVERT Mengkonversi FAT ke NTFS. AT Menjadwalkan perintah dan program agar berjalan di komputer pada waktu tertentu. CD / CHDIR Menampilkan nama atau mengubah direktori sekarang.2 contoh perintah pada dos ASSOC Menampilkan atau mengubah asosiasi ekstensi file. CMD Menjalankan interpreter perintah Windows yang baru.4. 12 | P a g e . Anda tidak dapat mengkonversi drive yang sedang aktif.cpl -> Digunakan untuk mengkonfigurasi opsi modem. CACLS Menampilkan atau mengubah daftar kontrol akses (ACLs) dari files. CHKDSK Memeriksa sebuah disket/harddisk dan menampilkan laporan status disket/harddisk tersebut. CLS Menghapus layar jendela command prompt.• Shutdown -> Digunakan untuk shutdown jendela • Spider -> Digunakan untuk membuka kartu permainan solitaire spider • sfc / scannow -> Digunakan untuk menjalankan sistem utilitas file checker.

4. f2 dan f3 Mengurutkan file secara alphabet Menampilkan baris output 13 | P a g e .2.3 contoh perintah pada solaris cd dir1: ls : ls –l: ls –ld : mkdir dir1: mkdir -p dir2/dir3: rmdir dir1: cp f1 f2: mv dir1 dir2: rm file1: rm -r dir1: ln filel name : ln – s filel name: pwd : man name : nama name man -k subject: nama man -s# subject : man -s# Intro : file namafile strings namafile cat namafile more namafile head filel head -n filel tail fle2 tail -n file2 tail +n file2 wc file3 difffl f3 diff3 fl f2f3 sort namafile uniq Berpindah ke dir1 List file di dalam direktori List file secara detail Menampilkan informasi detail pada di direktori dir1 Membuat direktori baru dengan nama dir1 Membuat direktori dir3 didalam dir2 Menghapus dir1 Memindahkan f1 f2 f3 sampai fn ke dalam dir1 Mengubah nama dir1 menjadi dir2 Menghapus file1 Menghapus dir1 beserta isi didalamnya termasuk file dan direktori Membuat hard link ke filel dengan nama name Membuat simbolik link ke filel dengan nama name Menampilkan direktori aktif Menampilkan halaman manual atau petunjuk untuk perintah dengan Menampilkan halaman petunjuk yang berkaitan dengan subjek dengan subject Menampilkan halaman petunjuk yang berkaitan dengan subjek dengan section yang ke # Menampilkan halaman petunjuk bagian Intro ataupengenalan untuk section yang ke # Menampilkan tipe file dari namafile Menampilkan strings ASCII pada namafile Menampilkan isi namafile Menampilkan isi namafile per screen pada satu waktu Menampilkan 10 baris teratas dari filel Menampilkan n baris teratas dari filel Menampilkan 10 baris terakhir dari file2 Menampilkan n baris terakhir dari file2 Menampilkan baris ke -n sampai baris terakhir dari fle2 Menampilkan jumlah baris. kata dan karakter pada file3 Mencari perbedaan antara file fldan f3 Mencari perbedaan antara fl.

.’ data. ls Fungsi : Digunakan untuk menampilkan isi dari sebuah direktori seperti command dir dalam windows. Konten dari filel digunakan sebagai inputan untuk perintah Membuat dokumen dengan namafile1 yang berisi comm > filel comm < filel comm 2> file2 comm >> file comm catfile1 << EOF ‘data. find Contoh : $ find . tipe screen Standard error. chown Fungsi : Digunakan mengganti owner dari suatu file atau direktori.4 contoh perintah pada linux cat Contoh : $ cat namafile Fungsi : Menampilkan isi dari sebuah file di layar. 2.STDIN STDOUT STDERR Standard input.. cp Contoh : $ cp <namafile1> <namafile2> Untuk menyalin file atau copy. chmod Contoh : $ chmod 777 namafile/nama direktori Fungsi : Digunakan untuk menambah dan mengurangi ijin pemakai untuk mengakses file atau direktori. -name *.doc -print Fungsi : Untuk mencari letak sebuah file. tipe keyboard Standard output. grep Contoh : $ grep <teks> <file> Fungsi : Digunakan untuk mencari file-file yang mengandung teks dengan kriteria yang telah Anda tentukan gzip Contoh : $ gzip <namafile> Fungsi : Digunakan untuk mengkompresi sebuah file kill Contoh : $ kill <sinyal> <pid> Fungsi : Digunakan untuk menghentikan proses yang sedang berjalan.4. dimana error akan ditampilkan. 14 | P a g e . Tipe screen. Membuat filel untuk redirect output dari perintah comm. cd Fungsi : Digunakan untuk berpindah direktori seperti fungsi cd dalam windows. Misalnya untuk menyalin file1 menjadi file2.

tar Contoh : $ tar <aksi> <option> <file atau direktori> Fungsi : Menyimpan dan mengekstrak file dari media seperti tape drive atau hard disk. pwd Fungsi : Digunakan untuk menampilkan nama direktori dimana anda saat itu sedang berada. tetapi secara default command rm tidak menghapus direktori. ps aux Fungsi : Digunakan untuk melihat proses-proses yang sedang berjalan. 15 | P a g e . who Fungsi : Digunakan untuk menampilkan siapa saja yang sedang login. shutdown Fungsi : Sebuah perintah untuk mematikan sistem. unzip Contoh : $ unzip <namafile> Fungsi : Digunakan untuk mengekstrak atau menguraikan file yang dikompres dengan zip. stop Fungsi : Sebuah perintah untuk menghentikan servis. rm Fungsi : Digunakan untuk menghapus file. mv Fungsi : Digunakan untuk memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi yang lain. passwd Fungsi : Digunakan untuk mengganti password root. start Fungsi : Sebuah perintah untuk menjalankan servis.lsmod Fungsi : Digunakan untuk melihat modul-modul yang ada rmmod Fungsi : Digunakan untuk menghapus modul-modul yang ada mkdir Contoh : $ mkdir <data> Fungsi : Digunakan untuk Membuat direktori baru seperti command md di DOS. rpm Fungsi : Digunakan untuk menginstall file rpm su Fungsi : Digunakan untuk login sementara sebagai user lain. rmdir Fungsi : Digunakan untuk menghapus direktori kosong.

16 | P a g e . dan mengetahui sejarah dari perkembangan system operasi di masyarakat luas.BAB III KESIMPULAN 3. dan mempunyai kelebihan masing-masing.1 KESIMPULAN Dari isi makalah diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa system operasi yang digunakan oleh masyarakat luas ada bermacam-macam jenis OS.

html http://belajar-komputer-mu.com/2011/06/macam-macam-perintah-di-commandprompt.com http://jhezer.com/2010/04/tugas-os-perintah-perintah-dos-dan.com/2010/05/15/perintah-dasar-solaris/ http://normadevi.blogspot.DAFTAR PUSTAKA       www.id/perintah-dasar-linux/ http://anrewaluyo.google.blogspot.web.com/pengertian-sistem-operasi-komputer-operatingsystem/ 17 | P a g e .html http://maspii.wordpress.

5945 '0782.4/0 .25:../.8.:32030:.7 503:3.8..3::7.7  $:39:2034397407.80-:..0:39: 389./897-:8   07.8 /.5.:39:802:.-905074..425:907..3.3-0-07..0/03..3/.2 $5081. 503$4:7. .7:/.8 & . /:3. 20.70  503 $4.32.35./.9. 88902 $!# $.31.8.:3/03.3..3.3-./  /.3-8.:3  80-.8   $4:7.3 $3.3 :39: /08945 5 .:99-.9.7.3: .3/0:.$4:7.   $  :3.8 28..$8902 507.9.3 3 207:5.-0 !74. 50302-.     $  025:3.3/:3.7.3 /50703.:7.3 57-. 08.-:.-07:9  700#0/897-:943/897-:880.8$4..78907/7 /..: 4-0 !  43805 503$4.3-078.35.3202.3/03..3.90. 089.78 202 -.3907.04.2-.. 5. 80.2.33.31.78 -8.9..547.3203/879-:8./.././.. -07/.4/0/.3 $ .89.78  503$4./.-0-.80-.-.3.425:907     $  ! $ /0:./.3 0-.9.078$8902 507..04/0 $:2-07 $4:7.32.39/.39/.3.78. $3-.3 503$4.425:907.7$8902 507..3 :39: 8.709 9.7.8..0 .588902 30947.3 0502./.3 $9 f –   .2-.3503...78.8.0 .02.2-.8$:3$4. /03.. 503/::3 $:3 $  $4.-:. 50739...3-07/./.::7.5945     $  5.7.0785079.3 50739.425:907/03.:7.8-.. 19:7 .74889028 4..7:805079## # &%%/.888902/. ..3$  $  ! $  207:5.7 $80-0:23.5$:3$4..3!  $  '078 $ 2025:3. 5.3 503$4..70--0-07. /03.73.70 503$4:7.8$0/.70900-.3 4/0 /.3.3 & #%     $  :3.7./.703.203:-.3 40 $:3 .9.  :8:83.7//880-.78 909.3/8/7.9:70  $4.8..33.3.2.3 -.78.3.10    $ #$ $8902 507.078 $./7.3 $419.89.3 3.7 /.-:.5...7:890780/.3.3 /9.7.0 /7.3 -08.3-././. 9.08847 7.9:!  $ !  $ /..3&88902 .:7.78 90703..:7../.0/478 $09.3 .35.3 203.3.:5:3 5./5.07 08945 $419.25:.0./. 503:3..1.33.431:7./.703../::3.25: 202.78 /80791./0:.388902203:     $  :3.078 $ 02.3 4-90.7.3./.32.35.

   & .7:8/80/.3.   . 800/.8 90723.8 18.9: .02-.33.3  0-07.0789.3  507107.8..7$8902 507.3.3202507-.07 & / &3.2.3 40 8.8& 3:202-..8-07.5.3 -0-07.39.7.7 02:.:2:23..8$8902 507..5.83.73. 422.3/ 30 39071.   48.0 ./8.7 &  3: 203:3.38.3$8902 507.3 0730 439 .3 503.3 :39: 203.5...3....8.9: 0730 3: .8-.380.9.3.303.3:39:/02-.8.2.3 /.380-:. /02-.2.723.348. -.0.78/-.3.3:39:808047.../.5.7./..9 /03/.5.2.3 503$4.3 /./507.3 -07.3  $ $8902#89470   %7. 2:.9: .7 /8.72:.3 -07.8...02030.9:/03./.808 807.3 5.   :920/.3.  /.3.907.78 50739.7  $.5.3.3.88.-897.3 5:89..9434/0.9:3..0.3/3.8.203:3.3.032502039.8..3 88902 -07.. 203/.5.. .07747   43.3 40 3:8 %47. /.00-. 8.3 88902 /.9.3 43974 5748808  .808.90784.3.  3: 207:5.3.3202:33./.9203.3.3 203..3 &  507.3/03.3 433./8 .9/2.8  $. 805079 &  3:5:3 /..-07.: 0- .3 /-:9:.

0.18 7. 503:3..88 908  .72:.  -07-.5.. 7. &807 39071.39.

3/748 3/48 3.37.39.3/7. ...3.3 /9:7:3. .3 /.3:30-.3 :39: ./. 0730 3: /.3-0-.7.3 545:07 /.5 .3907-:.28974 3: 8050790-.7 & 9: 803/7  /. 4789.35.7. $.33.  $0-:../. 3: 8.9: .0 #0/.& 3:-074380397.9 89.478 .33. .98..3 .7:8 202-07. 5./.72:.& .3 $8902 507./.85.8050795./.3 4254303 42543033.3:9.5.7/ $8902 507.3 1.3 3:5:3 0-.8 ! $ .7.3. .8 .3 $07.3 5.9 //897-:8. 425:907 08945      /.39../...7.3 3: 907..  . 90709.39. 907.0 207:5.943 /.3 9..3:39:...0..3..5 $8902 507. ..3..$0 43840 !07-0/.2. 808047..7.3 .3207:5.2.:.980-:.-.. 503:3./.3 74. 3: /.- /:3.72:. -0-07. 88902 3: 2030/.3 203..7 8038 3:/.9 05.93: $.8. 2.3431:7.39.3-07-.70 3455 0/47./.943 /.8-./.3 89.7.3/.3  3: /8:8:3 -07/.8/. /. 503:3.07 -.3 .70  $.5.9: .7850739.703.07 .72:. .. . $:80 &-:39:      $9 f –   .3. 4789.078/0945  !.2. .70 3: ..3/.8 !45:07 .3 202-0/..3 $07.33..39.:5:3.3 3: .

5 :3..3//.3/48 W.5.55 .3:39:203.  % !#%$ $ $   .3..439450739./.

3:39:20303/.9 03.2.3.14/07-078.3:39:203.389.3:39:203. &99.0 W5-7/ 3/48503.3.8 W-989.748419$890231472.348970..72.0.!0302-.9 W54707 3/4854707 W439...8:39:2030/91089.42.0. ..79:5 W898..3:39:203431:7.343088.5 :3.3.:. W.5 .20 3.8..25.7: W4397424:80 :3.37:8..07%!.7//7.907.2195 W4893.31  503:3.989/.5907.25:7:17.381.99:8 W.. :3.08-.9 W7.422.947 W1 .3 W0-: ..3. .808702490/08945 W28314 .0.0203943840 W8.431 431:7.7.748419.7/431:7.93203:3.2.8&99.7/..9843 #0.327 02-078.3!431:7./..70 W5.8:39:802:.3425:907 W/ .0./8 !07-.310.3:39:4411425:907 W .3.8$ W.58495747.8..20..3 83..3 W//.255-4.502747.943. W170. W%! 5747.2.431 03.3.73.25...2039.5 :3.3/3/4-. :3.7/ W43974 03..#024.5 W.25..9 W017. 017.2.30 W.3 W4411 :3.0 503.2/ 02-:.343974!.18 W8229 28..7/ W..83/48170.3:39:202-:.2.309 $4.7///.

074.73.$3/.9.7 W5071243 28.0-4.25.91 W844:5 0302-./.7/.8085.04899079039:.8307. ! W30989.3802:.43947  W!3 0372/.. :3.3:39:203..3807.9 03.4308.3. W $ :3..3:39:203431:7..

.8458/..3:39:203431:7.19.. W#00/9 #0897/947 W#0 !03/.7.5 :3.! W!407.3.1 .7/ W81.

47/07 $9 f –   .07 W$3/70.8.. $4:3/#0.334 $890200.

7085/07 W81. W$5/07 :3..W$:9/43 :3..3:39:8:9/4303/0..3.3849..79:5072.3:39:202-:.

:203:-.7-07.25..9:10  # 03.:203:-.25.75747.2    .3502078./48 $$  03.82./.848.30903/0/%#   $ 03..07  W$3/.4 '4:2043974:39:84:3/./.334 :3..5 :3.:203:-..9.5.7108   02.3./.808 8 /.9.3.0.808903810  % 03..9.9:7.810.3.2-.25.3/425:9075..9.9.3  ..07 W%00543 ./.35747..3:39:203431:7..827 %.3.350739.3.743974.439450739..97-:98:.7/ W$80/9 108890289..8.79:5$:393 W9..3.:203.5747./.845824/02  W%0309 %0309!747.3.9:9079039:  %%# 03./.19..380-:.388902:99.3:39:203.2-.2.9.

:203:-.3.4/05.# 03.0.9./809.3  ! 03.7.9.:203:-.9.25..0 $ 02078.80-:.25.2..33.34247./7094780.

25.9:8/809.7//8/.3203.3.547.389..

078%0%$ 3/.425708105..3/48.574808502078.73..422.3.7//890780-:9  %$ 03.3.3/8095.8.38/.9.078/7..7/:.422.9-4493  $ 03.5./.920343..0.25.9.3/3.380/.:203:-.3.10   !% 03.9.3/574259   03..9/.3/574259   ! 02-.5..9..798%$   '#% 0343.:203:-./.703/0./.3390757090750739./.3.75.7:    # 03:-..5.:-0-07.91    $9 f –   .3-.908/.25.3..5:8.

2././7 2/7 5/7.84.8/09.439450739.//70947/7 2/7/702-:./.78 .5.7:/03.9/70947-. 8 / 03..331472.0/7 8   8910//.25./09.2/70947 8    891080.5.  .7..33.//7  0753/.

8/..9072.2.3/70947.3./.2.780 38.5:810 72 7/7 03.25..8:10/.710 9..2.25.9 03.20 2.3.33-.9/70947/7//..5:8/7-08079. 310 .710 0.3.2/7 2.31080.30 03.20 02-:.9 2.3 -.25.10 03.78907.25.7.-.31 84793. 310 9.38:-0/03.33..3/03.9.20 03.10 03...25.3.3 8:-0.7/3010/03.7507-0/./10 03.10 /1111 03.9.7507-0/.20 5/ 03.3 3.3.3509:3:.101/..9.20 02-:.32.:509:3::39:50739.3 3.710 03.5.2.9.9.1003..3./..8//./03.25.3/03.2.-..3-07.25.3.25.10 .78 .3./7 02-:.105078.25.9 2.710 03.31 /11111 03.3-.9:.389738$5.7.2.23..25.2.:50303.10 03.2.70035.91 2.78907.3 :39:80.7/.93.73.25..3509:3:./.39.3:.3.25.3-07.9.3509:3:-.2.30 103.7.33.2/7 72/7/7 03.7.10 03./7/7 03:-.710 9..9: 0.2.2..982-43010/03.784:95:9 $9 f –   .2.25.2.9075.25.33974.943.10 03. 8:-0.78907.7/.25.1 1/.383.3 83974 03.31118.3 -.20 3 8103.3-.8./ 310 03.2.3 88:-0.10 24703.2.10 897383.2.3.130/.2.943..78907.3:2.33-./.10 03:7:9.25.3/70947 3103..38:-0/03.5:8/7 .33.25.8/.78907.3.7/.-09 :36 03.39.2.9.3.383.25.511023/.3 80./7203.//7 7210 03.9.395010/..

422 .4221043903/.38/.3:39:-0753/.    .710/:3./709478050791:38..24/ 4394.422  .3-078 /.7/ $% &% $9.10/.3/9.2.9. ./.10..3 %508.7  .10..25.  /.3:39:50739.380-.9/4:203/03.3/..9 4394.42210.5.4221002-:..25.7/4:95:9 9508./ :38:3.//.910 02-:.42210.33..7/35:9 9500-4.2..2.23/48  .3.910:39:70/70.780-:..3/.7003  .94:95:9/..3: .439450739.7003 $%## $9.10 :3803.9.$% $9.35:9..07747.3/.93.7/07747 /2.24/3.750739.

9.43 :38:3.3-07.9.3//7/..10  705 439470590810 :38:3.2.310..9.710 10.80-:.25./.3574808. 3/.103..3203:7.2 3/48  $9 f –   .9:10.10 &39:203.5/ :38:3.37907.2.390.3203.2-.3 5 439453.80810 .3:39:20342570880-:.10  439483.:/70947  .20 /4.380/.3:39:203.3/:3908/03.:/70947  .9039:.310203.2.780-:.10 :38:3.3./70947805079.3203.2./70947 :38:3.38/.:39:203...422../10  13/ 439413/  3..33502.:.5 4394.3:39:203.3...3:39:203039. 5739 :38&39:203.78:.394307/.45 8.3  8 :38:3...:39:203..3:39:203.53.709.

3  5/ :38:3..35  4 :38:3..32030897. :38:3.3:39:02-:.3/.9.10/.9.25.. 2/7 43942/7/.3.9/70947-.:39:203.422....3:39:203.5.  5.9574808 574808../01.310/..9.84594310.3:39:2030897.3:39:2023/.3:39:203.3.3  72 :38:3./.:807.3:39:20.3:39:203..3:39:203.:.3807...8050799.3/729/.:39:202.343       $9 f –   .:/70947 :380325.3:39:203....: :38:3.78.33.8.79 :38$0-:.88/ :38:3.0.395.3-07.3/.310.9.3:39:203.3  89.50739.50739. 7224/ :38:3.5:824/: 24/:.388902  9.10 :38:3.8847/7449  58.2.10752 8: :38:3. 203..720/.3807.80-.3/425708/03.7.9.50/7.8..:203:7.38.422.9:4.2..7 43949. :38:3.380/.580..99:80/.50739.3...:9.8  8:9/43 :38$0-:.25.3/2// $  2.7//8  :35 4394:353.8  8945 :38$0-:.:39:203039.5:8/709474843  752 :38:3.3:39:20..8.3:39:43802039.3:39:203389.3-07.824/ :38:3..804././.380/.5:8/70947  72/7 :38:3.924/: 24/:.../70947/2.5:810 909.3.3.7.7:805079.7.

83  /./.340 2.3.8 503:8 /..8.7.8 ..9 20325:.8 / 2.8.9 :.83 2.2 2. 88902 4507.5.7 8 2. /.3 20309.8..7 50702-. 00-. -072..: 80....3 -.3 2025:3.2 038 $  /..7.3 2.9.9 :.3 /:3..8                      $9 f –   .7.. /.3 88902 4507. $!&   $!&  .

42 995.%#!&$%   440 .

.

007 0- /.

50739.8.7 3:. /.

 995.

.

:4 47/57088 .42.370..

  .

.

.

8.50739.78.7 84. /.

 995.

.

42./0. -48549 .3472.

  .

.

 /48 /. 50739.9:.8 48 50739.3 92 995.

.

85 -48549 .42.2.

 .

.

.2 2. / ..422.3/ 574259 92 O 995.2 50739.2...

.

7 425:907 2: .-0..42.

93 88902.8 425:907 4507.3 88902 4507.503079.

  O O O O O $9 f –   .