P. 1
JARINGAN OTOT

JARINGAN OTOT

|Views: 160|Likes:
Published by Teguh Nugraha

More info:

Published by: Teguh Nugraha on Sep 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2015

pdf

text

original

JARINGAN OTOT Jaringan otot tersusun atas sel-sel otot yang fungsinya menggerakkan organ-organ tubuh

. Kemampuan tersebut disebabkan karena jaringan otot mampu berkontraksi. Kontraksi otot dapat berlangsung karena molekul-molekul protein yang membangun sel otot dapat memanjang dan memendek. Gambar 1 : Diagram susunan jaringan otot kerangka, dari keseluruhan otot sampai tingkat molekuler. Jaringan otot dapat dibedakan menjadi 3 macam : 1. Jaringan Otot Polos Jaringan otot polos mempunyai serabut-serabut (fibril) yang homogen sehingga bila diamati di bawah mikroskop tampak polos atau tidak bergaris-garis. Otot polos berkontraksi secara refleks dan di bawah pengaruh saraf otonom. Bila otot polos dirangsang, reaksinya lambat. Otot polos terdapat pada saluran pencernaan, dinding pembuluh darah, saluran pernafasan.

Gbr. Struktur Otot Polos

Gbr. Kontraksi otot lurik berlangsung cepat bila menerima rangsangan. Dinamakan otot lurik karena bila dilihat di bawah mikroskop tampak adanya garis gelap dan terang berselang-seling melintang di sepanjang serabut otot.2. berkontraksi sesuai dengan kehendak dan di bawah pengaruh saraf sadar. Serabut otot lurik (dari otot anak-anak). Fungsi otot lurik untuk menggerakkan tulang dan melindungi kerangka dari benturan keras. Jaringan Otot Lurik Nama lainnya adalah jaringan otot kerangka karena sebagian besar jenis otot ini melekat pada kerangka tubule. Kontraksinya menurut kehendak kita dan di bawah pengaruh saraf sadar. . Oleh sebab itu nama lain dari otot lurik adalah otot bergaris melintang.

Fungsi otot jantung adalah untuk memompa darah ke luar jantung. otot polos dan otot jantung. meskipun begitu kontraksi otot jantung secara refleks serta reaksi terhadap rangsang lambat. . Jaringan Otot Jantung/Miokardium Jaringan otot ini hanya terdapat pada lapisan tengah dinding jantung. Serabut otot jantung (dari jantung orang dewasa) Otot Otot lurik yang menempel pada rangka Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh dengan kontraksi sebagai tugas utama. Otot diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik. Gbr.3. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut. Strukturnya menyerupai otot lurik.

Jenis-jenis otot Sel otot merupakan sel dengan banyak nuklei yang terjadi karena proses fusi dari sel mioblas. Jadi jaringan otot adalah sekumpulan sel-sel otot. 02/11/2008 .[1]. Otot polos (3). struktur dan fungsi yang sama. berdasarkan penggunaan oksigen. Efisiensi Efisiensi dari otot manusia adalah 18%-26%. Otot jantung Otot polos Otot yang ditemukan dalam intestinum dan pembuluh darah bekerja dengan pengaturan dari sistem saraf tak sadar. Jenis-jenis otot yang ada dalam tubuh : Otot lurik Memiliki desain yang efektif untuk pergerakan yang spontan dan membutuhkan tenaga besar. yaitu saraf otonom. Efisiensi didefinisikan sebagai rasio metabolisme.10:07pm — andrian deri Arti definisi / pengertian Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk. . Definisi/Pengertian Jaringan Otot Serta Bagian Otot Dan Jenis Jaringan Otot Sun. Pergerakannya tidak dipengaruhi sinyal saraf pusat. seperti yang terlihat pada gambar. Otot lurik (2). Otot jantung Otot yang ditemukan dalam jantung ini bekerja secara terus-menerus tanpa henti.serta mempunyai satu inti.[2] Otot polos dibangun oleh sel-sel otot yang terbentuk gelondong dengan kedua ujung meruncing. Pergerakannya diatur sinyal dari sel syaraf motorik. Otot ini menempel pada kerangka dan digunakan untuk pergerakan. Jenis-jenis otot dari kiri ke kanan : (1).

4. Sarkoplasma Sarkoplasma adalah cairan sel otot yang fungsinya untuk tempat dimana miofibril dan miofilamen berada 3. yakni : a. Miofilamen Miofilamen adalah benang-benang/filamen halus yang berasal dari miofibril. Bagian-bagian otot: 1. . Sarkolema Sarkolema adalah membran yang melapisi suatu sel otot yang fungsinya sebagai pelindung otot 2.A. Miofibril Miofibril merupakan serat-serat pada otot.Miofibril terbagi atas 2 macam. miofilamen homogen (terdapat pada otot polos) b. miofilamen heterogen (terdapat pada otot jantung/otot cardiak dan pada otot rangka/otot lurik).

tropopin dan tropomiosin. Otot Lurik (otot rangka) Otot rangka merupakan jenis otot yang melekat pada seluruh rangka. 2. yakni mempunyai lurik-lurik tapi bedanya dengan otot lurik yaitu bahwa otot lirik memiliki satu atau dua nukleus yang terletak di tengah/tepi sel. cara kerjanya disadari (sesuai kehendak). B. Otot ini merupakan otot paling istimewa karena memiliki bentuk yang hampir sama dengan otot lurik. GAMBAR_GAMBAR . memiliki satu nukleus yang terletak di tengah sel. Summary / Ringkasan : Otot disebut juga daging yang fungsinya alat gerak aktif. Otot Jantung (otot cardiak) Otot jantung hanya terdapat pada jantung. bentuknya memanjang dengan banyak lurik-lurik. Contoh otot pada lengan 3. Otot ini juga memiliki kesamaan dengan otot polos dalam hal cara kerjanya yakni involuntary (tidak disadari). Ketika otot kita berkontraksi (memendek)maka protein aktin yang sedang bekerja dan jika otot kita melakukan relaksasi (memanjang) maka miosin yang sedang bekerja.Di dalam miofilamen terdapat protein kontaraktil yang disebut aktomiosin (aktin dan miosin). memiliki nukleus banyak yang terletak di tepi sel. Jaringan otot terdiri dari: 1. Otot ini biasanya terdapat pada saluran pencernaan seperti:lambung dan usus. Cara kerjanya tidak disadari (tidak sesuai kehendak) / invontary. Dan otot jantung adalah satu-satunya otot yang memiliki percabangan yang disebut duskus interkalaris. Otot Polos (otot volunter) Otot polos adalah salah satu otot yang mempunyai bentuk yang polos dan bergelondong.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->