ADMINISTRASI KESEHATAN

Meningkatkan kualitas fasilitas kerja danTenaga kerja Rekam medis di PUSKESMAS

Oleh : HANI SETIANI (RM101026)

ANALISIS SITUASI
• PUSKESMAS merupakan sarana untuk berobat untuk masyarakat dan berfungsi selain untuk tempat berobat , puskesmas juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan mutu kesehatan masyarakat baik masyarakat atas , menengah atau masyarakat bawah . sistem rekam medis pun perlu di terapkan dengan baik dan benar agar kualitas pelayanan kepada masyarakat lebih memuaskan . karena rekam medis adalah pelayanan pertama yang akan di berikan kepada masyarakat . seperti kita ketahui paradigma puskesmas hanya sebagai tempat untuk meminta “rujukan” untuk berobat ke rumah sakit , masyarakat lebih percaya berobat ke rumah sakit di bandingkan berobat ke puskesmas . disini bisa kita lihat , kinerja puskesmas di nilai belum memuaskan bagi masyarakat . hal yang harus kita perbaki dari sistem puskesmas ini adalah memperbaiki kinerja dan mutu puskesmas itu sendiri .

Selain tentunya perbaikan dalam sistem medis yang diberikan harus di perbaiki juga . sistem rekam medis pun perlu di perbaiki . agar tecipta mutu yang lebih baik khususnya dalam rekam medis . Karena rekam medis menjadi awal tindakan pelayanan yang di beri dan sangat berpengaruh kepada proses pelayanan medis selanjutnya. rencana peningkatan kualitas pun harus di susun agar tercapai kenginan pokok yang kita ingin kan . Peningkatan kulitas fasilitas kerja dan tenaga kerjapun perlu di lakukan. alur perencanaan di buat sebagai berikut : .

.

terlebih dahulu kita pisahkan mana pokok masalah yang akan kita perbaiki.Planing Berdasarkan uraian di atas . . hal tersebut menjadi tujuan utama rencana peningkatan mutu di puskesmas . sebelum kita masuk ke perencanaan yang akan kita lakukan . peningkatan fasilitas kerja dan tenaga rekam medis lah yang harus di perbaiki.

Perbaikan fasilitas kerja Perbaikan tenaga kerja RM bidang penyimpanan rekam medis pelatihan tenaga kerja RM bukan lulusan D3 RM alat kerja perekrutan tenaga kerja RM yang berkompeten .

pengontrolan dan evaluasi program yang telah di susun. berikut dengan cara kerja .Rencana perubahan yang telah di buat seperti table diatas adalah pokok masalah yang akan kita perbaiki mengingat dan meninjau dari segi perbaikan fasilitas dan tenaga kerja di puskesmas memang harus di lakukan guna meningkatkan kualitas puskesmas khususnya di unit rekam medis yang berdampak sekali kepada proses pelayanan medis yang selanjutanya akan di berikan. Tetapi dari perencanaan yang telah kita buat . . kita harus membuat struktur organisasi pelaksanaan agar tercapainya program yang di inginkan.

Organazing seksi perbaikan fasilitas kerja perencanaan bagian penyimpanan RM perencanaan peningkatan kualtas alat kerja di RM peningkatan kualitas tenaga kerja dan merekrut tenaga kerja baru Unit Rekam medis seksi perbaikan tenaga kerja .

Tindakan pengorganisasian perencanaan program Meningkatkan kualitas fasilitas kerja danTenaga kerja Rekam medis di PUSKESMAS itu berupa pelaksanaan tugas-tugas oleh bidangbidang : Seksi perbaikan fasilitas kerja Seksi perbaikan fasilitas bertugas mengumpulkan data tentang apa saja fasilitas yang harus di perbaiki hingga pihak puskesmas bisa memberi dana untuk perbaikan fasilitas di unit rekam medis Seksi perbaikan tenaga kerja Seksi perbaikan tenaga kerja bertugas merekap jumlah anggota tenaga rekam medis seperti memisahakan tenaga rekam medis yang lulusan SMA –SMK atau lulusan D3 rekam medis . sehingga bisa terlihat perlu atau tidak perekrutan tenaga kerja baru . . dan mengusulkan kepada kepala puskesmas untuk memberikan seminar atau pendidikan lebih mengenai RM kepada tenaga RM lulusan SMA .

peralatan ini juga sangat berperan untuk melakukan prosedur yang di tetapkan apakah dapat terlaksana dan juga mempermudah dalam penerapan pengendalian dan pengawasan terhadap suatu sistem yang ada . Peralatan yang baik tidak selalu mahal akan tetapi mempunyai cara kerja yang baik.dan efisien dengan kondisi dan situasi yang ada . Fasilitas fisik yang menunjang penyimpanan dan pengembalian kembali berkas rekam medis .Actualiting Perbaikan fasilitas kerja Peralatan sangat berperan untuk mempermudah pekerjaan dalam meningkatkan pekerjaan.praktis. adalah : . sehingga dapat menghasilkan suatu pekerjaan yang mempunyai hasil baik.

Hal yang perlu di perhatiakan dalam mebuat alat penyimpanan : • Panjang atau luas ruangan penyimpanan • Perkiraan kebutuhan alat penyimpanan rekam medis untuk 5-10 tahun mendatang. dan hal tersebut tidak menjamin keamanan rekam medis yang seharusnya di jaga kerahasiannya . dan kerapihan penyusunan pun tidak tertata rapih . • Jarak antara dua buah rak min 90 cm dan apabila raknya berhadapan jaraknya 150 cm . penyimapanan rekam medis di puskesmas cenderung hanya memakai rak terbuka.1. Bidang penyimpanan rekam medis . di hawatirkan apabila ada berkas rekam medis yang jatuh .

1. Membutuhkan waktu untuk petugas untuk mencari berkas RM karena harus membuka laci-laci terlebih dahulu. Berkas rekam medis akan besar karena menggunakan tersusun rapi. 2. Butuh ruangan yang lebih 1.1 Mengganti rak penyimpanan Salah satu alternatif penggantian rak rekam medis adalah dengan :  Lemari laci Ada kekurangan dan kelebihan : KEKURANGAN KELEBIHAN 1. lemari jumlah berkas rekam 2. Keamanan terjamin medis pasti akan bertambah . 3. Terbuat dari kayu. tidak tahan terhadap jangka .

 Roll O pac Adalah menyerupai lemari tetapi terbuat dari besi atau alumunium .

tentu ada keuntungan dan kerugian dari penggunaan Roll O Pac . dan ruangan tempat penyimpanan akan tersusun rapi dan berkas RM terjaga keamananannya. yaitu : KEUNTUNGAN KERUGIAN • Berkas RM akan lebih tertata rapih dan bahan Roll O pac kuat dan tahan untuk jangka yang lama untuk di pakai. • membutuhakan biaya yang cukup besar untuk membeli Roll O Pac . • menghemat ruangan.Roll O pac ada sistem.

Pemisahan tempat berkas rekam medis dengan tempat pendaftaran Masih ada puskesmas yang menyatukan tempat penyimpanan berkas rekam medis dengan pendaftaran . dan tentu juga menghemat kertas untuk pembuatan berkas RM yang bisa saja hilang ataupun tertumpuk hingga tidak bisa di temukan . . karena berkas RM sangat di perlukan sebagai data bukti riwayat pasien baik yang lama atau yang baru . tetapi dari pemikiran tersebut kita bisa lihat ketidak majuan pelayanan yang di berikan . tetapi nyatanya dengan teori yang seperti itu berkas rekam medis tidak terjamin keamannanya . bahkan kadang bisa terjatuh atau penumpukan berkas rekam medis semakin banyak karena tempat yang menjadi kendala . meskipun banyak sebagian orang mengatakan berkas rekam medis tidak penting atau malah menyepelekan fungsi nya . jadi pihak penangan medis pun bisa lebih intensif dalam memberikan diagnosa dan tidak asal-asal an dalam memeriksa pasien . mungkin alasan dari pihak puskesmas adalah menghemat ruangan dan pengambilan rekam medis bisa lebih cepat .

• Pinggiran penunjuk ini harus di buat lebih besar dan menonjol sehingga angka yang di cantumkan gampang di lihat.Penunjuk penyimpanan • Pada deretan map-map rekam medis yang di simpan di rak harus di beri tanda petunjuk guna mempercepat pekerjaan menemukan dan menyimpan rekam medis. angka yang di bawah adalah kelompok • angka yang pertama. • Rekam medis aktif lebih banyak memerlukan penunjuk dari pada rekam medis yang kurang aktif . • Untuk map rekam medis yang tebalnya sedang. • Makin tebal map makin banyak penunjuk di buat. tahan lama dan mudah di lihat. angka di atas adalah angka kedua . • Pada penunjuk di tulis 2 angka . • Pembelian alat penunjuk di pilih model yang kuat . diberi penunjuk setiap 50 map. • Cara memberi petunjuk : • Jumlah penunjuk tergantung dari rata-rata tebalnya sebagian besar mapmap rekam medis tersebut . • .

alat kerja tersebut mungkin masih banyak di puskesmas yang masih memakai peralatan yang cenderung manual . tetapi dengan penggunaan alat komputerisasi pun tenaga kerjanya pun harus bisa menggunakannya dan menguasai berbagai program yang telah ada di PC . apabila kita ingin memperbaiki fasilitas kerja kita tentu juga harus meningkatkan juga kualitas tenaga perekam medis yang akan memakai fasilitas kerja tersebut . Setelah kita mengubah fasilitas kerja . kita bisa lihat perubahan tersebut berbeda sekali dengan keadaan yang ada dan nyata di rekam medis di puskesmas . selain untuk mengurangi penggunaan kertas . pengurangan penggunaan kertas harus di kurangi dan solusinya adalah penggunaan media komputerisasi adalah solusi alternatif .Alat kerja Alat kerja di ruangan rekam medis adalah peralatan utama yang di butuhkan tenaga rekam medis . pekerjaan pun akan lebih cepat terselesaikan dan artinya mutu kerja pun meningkat . dan kebutuhan akan kertas dan bahan-bahan lainnya menjadi kebutuhan yang mutlak untuk ada . . tetapi seiring dengan berubahnya jaman .

karena banyak tenaga kerja baik tenaga kerja rekam medis ataupun tenaga medis yang lainnya memang mereka mengikuti pendidikan sebagai petugas tenaga medis . tetapi kemampuan mereka kurang berkompeten dan karena itu banyak tenaga medis yang menjadi ‘pengangguran’. sementara mungkin pihak rumah sakit ataupun puskesmas tidak bisa begitu saja memberhentikan petugas yang sudah ada . dan ketidak tahuan mereka tentang bagaimana cara mengelola berkas rekam medis sangat fatal .Perbaiakan Tenaga kerja Rekam medis Berbicara tentang perbaikan tenaga kerja rekam medis tentu berhubungan dengan mutu dan kulitas seorang perekam medis . bagaimana solusinya ? kita buat perencanaan sebagai berikut : . Adapun tenaga kesehatan yang bukan lulusan dibidang kesehatan seperti lulusan SMA atau SMK yang menjadi petugas Rekam medis .

asembling • memberikan kesempatan untuk mengikuti pelatiahan serta seminar mengenai RM Penambahan petugas RM • di perukan penambahan karena jumlah tenaga rekam medis di puskesmas kurang memenuhi • melakukan seleksi tenaga kerja dengan melhat mutu dan kualitas kerjanya . serta lebih memperbanyak tenaga kerja yang ahli di bidangnya . . khusus rekam medis adalah min D3 rekam medis yang tentunya yang berkompeten dan disiplin.Petugas lama (bukan lulusan di bidang tenaga RM) • menempatkan bukan di area kerja RM yang fatal dengan kegiatan RM yang penting seperti: koding.

di hawatirkan ada penyalah gunaan jabatan yang telah di tentukan . pemantauan dapat di lakukan oleh kepala rekam medis atau kepala puskesmas . Biasanya 1 bulan sekali sistem kerja rekam medis akan di nilai baik oleh pihak puskesmas atau dari dinas kesehatan . jadi pengawasan dan pengendalian rekam medis perlu dilaksanakan agar bisa dinilai dan diperbaiki apabila ada kinerja yang salah dalam proses kerja tenaga rekam medis . bahkan masyarakat/pasien pun dapat memantau dan menilai kinerja rekam medis. Pemantauan seksi perbaikan fasilitas kerja Pemantauan pada seksi perbaiakan fasiliatas tentu harus di lakukan . misalnya penylah gunaan dana yang telah di berikan pihak puskesmas atau pembelian alat kerja yang tidak sesuai dengan rencana yang di ajukan Pemantauan seksi perbaikan tenaga kerja Pemantauan di bagian seksi tenaga kerja dilaksanakan dengan pemantauan lapangan .Controling Pemantauan harus di lakukan agar semua rencana yang akan di ubah demi kemajuan sistem rekam medis dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya pelanggaran baik pelanggaran displin kerja atau penyalah gunaan materi/dana. yang di hawatirkan perekrutan tenaga yang dilandasi dengan KKN tetapi tenaga yang di inginkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Evaluasi kinerja program yang kita bisa lakukan dengan cara : • Menindak langsung kelapangan dan melihat perkembangan apakah program yang telah kita rencanakan berhasil atau tidak berhasil.tetapi tetap kita harus mengefaluasi kinerja program yang telah dibuat. tetapi jumlah biaya yang di keluarkan sebanding dengan kenyamanan dan kemajuan sistem rekam medis di puskesmas . .ataupun diteruskan. perencanaan tersebut memang memerlukan biaya yang cukup besar . ataupun keuntungan program yang dibuat • Membuat kesimpulan bersama apakah program yang telah dibuat perlu diperbaiki atau diberhentikan .Evaluating Setelah kita melakukan perencanaan seperti di atas .dan saling bertukar pendapat agar bisa saling mengerti dimana ketidak puasan pembuatan program yang di buat . tentu perubahan akan terlihat jelas . sehingga masyarakat pun bisa menilai sendiri perubahanya . • Mengadakan pertemuan tenaga kerja rekam medis dan mengevaluasi kekurangan dan kelebihan program yang telah di buat.

Diawali dengan perubahan di pelayanan rekam medis pun bisa berdampak besar bagi kemajuan mutu dan kalitas yang di berikan sesuai dengan tujuan puskesmas untuk melayani masyarakat . .

TERIMAKASIH .

°–f ff° ½  ¯f°  °f–f  ©f  f¯ ¯ ¾ f° ¯ °– ff¾  f°–f° f°   f° ½–f¯f°– f  f f°¾f°– f ½ ° f½f f–f ¾f ¾f°– ¯ °–  ¯f°f   f ½f¾f° ½ ¯ ff° ½–f¯f°–  f ff½°  °°–f° ½–f¯f°–  f W .ff°–   f f ¯ ff° ½  °nf°ff° ¾ ½   ff¾  ° ½  ff° ff°  f © f¾ ½  °nf°ff°  ¾  ¯ ¯f°– ¯ ¯ f° ff f°– n½ ¾f  f½ ©¯f ff f°–   ff° ¾ f° °– °–f°  °f¯f°f° f°  ¯f©f° ¾¾ ¯  f¯ ¯ ¾  ½¾ ¾¯f¾ ¾ °––f ¯f¾fff ½° ¾f ¯ °f ¾ °  ½  ff°f  f½  f½ f f¾ ¯ °– €ff¾ ° ©f ½–f¯f°– f  f ff¾ ° ©f ½–f¯f°–f ¾f ff° °–f° nff W . °° f f°–¾°–  f½f°–f° f° ¯ f ½  ¯ f°–f° f½ff ½–f¯f°– f f  °nf°ff° f¾ ff  f f¾ W . ¯ f  ¾¯½f° ¾f¯f f½ff ½–f¯f°– f  f ½  ½  f ff   °f° ff½°  ¾f° .

ff °–f° ½  ff°  ½ ff°f°  f¯ ¯ ¾ ½° ¾f  f¯½f ¾f f–  ¯f©f° ¯ f° ff¾ f°–  f° ¾ ¾f °–f° ©f° ½¾ ¾¯f¾ ° ¯ ff° ¯f¾fff  .

 .@.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful