BUKU PANDUAN PARALEGAL
PROSES HUKUM PIDANA, PERDATA DAN PENGORGANISASIAN RAKYAT UNTUK ADVOKASI

JUSTICE FOR THE POOR PROGRAM

Peri Umar Farouk Ahmad F Ismail. PERDATA & PENGORGANISASIAN RAKYAT UNTUK ADVOKASI Penyusun : Taufik Rinaldi. BUKU PANDUAN P ARALEGAL 01 .BUKU PANDUAN PARALEGAL PROSES HUKUM PIDANA. Linda Ayu Citra Ilustrasi: Verry & Ismail Disain Grafis : Jayanto JUSTICE FOR THE POOR PROGRAM Proses Hukum Pidana .Perdata 01.

Pencurian Korupsi Pengrusakan Kekerasan dalam rumah tangga Pelecehan seksual dan pemerkosaan Coba bayangin pak.. lalu lintas) Saya juga beran i bersa ksi. pa k S ekdes memang melakukan k orupsi. Saya beran i bersa ksi pak. narkotika... dicatat juga pak.. dana ba ntuan 10 juta masa yang ditilep 8 juta sendiri.. PELAPORAN Proses pertama bisa diawali dengan laporan atau pengadu an ke kepolisian.. Kerjaan tan i.. B erisik kalian in i. beran i samber geledek!! Kekerasan akibat perkelahian atau penganiayaan Pelanggaran (senjata tajam.!! Ini mesi n ketiknya kalau disuruh kerja cepat malahan mace t nanti! 02 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 03 .. nama saya Marfua h.. ngomongnya satu satu.Pidana Umum Kasus Pidana Umum CONTOH CONTOH KASUS PIDANA: Proses Hukum Kasus Pidana Umum: 1. itu ngetiknya kurang titik . pak. ana k saya 3.

diperlukan kerjasama dari anggota masyarakat yang diminta sebagai saksi. Ini d ia. Seringkali karena tidak terbiasa berhubungan dengan aparat penegak hukum. dia memalsukan tanda tangan warga.. kita temukan buktinya .. Dalam kasus korupsi yang dilakukan pegawai negeri.. Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan meminta Hakim Pengadilan Negeri untuk memeriksa dan memutus perkara. Polisi melakukan penyidikan.Pidana Umum Pidana Umum Siapa yang bisa melapor ? A. Penyidikan Setelah menerima laporan. Aku sudah str ess lihat tumpukan berkas in i! Lalu Jaksa a kan membaca dengan tekun dan teliti.. Saksi C.. warga yang diminta menjadi saksi memerlukan pendampingan dari paralegal selama proses penyidikan berlangsung.... Siapa saja yang mengetahui bahwa ada tindak kejahatan. Bagaimana kalau kita sediakan doorpr ize piring indah bagi me reka yang bersa ksi? Dalam penyidikan. 04 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 05 . kita tinggal mencari para saksi..sukurlah. Korban [Terutama untuk delik aduan] B. ]untuk merumuskan dokumen tuntutan untuk di limpahkan k e pengadilan negeri yang be rwenang. Penyidikan adalah: serangkaian tindakan penyidik untuk mencari serta mengumpulkan bukti untuk membuat jelas tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya.. penyidikan dilakukan oleh penyidik PNS. Haaa a . 2. Penuntutan Penuntutan adalah tindakan penuntut umum untuk melimpahkan perkara ke pengadilan negeri yang berwenang. 3.

terda kwa Masyarakat umum & Wartawan Dalam persidangan diperlukan pemantauan dari warga bersama paralegal baik bila warga masyarakat menjadi korban maupun bila dituduh sebagai tersangka. memeriksa dan memutus perkara pidana berdasarkan asas bebas. C epat (dari sisi waktu) pembela 5. Eksekusi akan dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum. Baik baik ya di Lembaga P emasyara katan. prinsip proses ber acara: S uasana S idang Kasus P idana hakim anggota pan itera jaksa hakim ketua hakim anggota S ederhana (simpel dan muda h dimengerti ol eh para piha k . Persidangan Mengadili adalah serangkaian tindakan hakim untuk menerima. maka keputusan akan memiliki kekuatan hukum tetap. Hakim mengadili kasus di depan sidang pengadilan. dan disusul dengan pelaksanaan eksekusi. Eksekusi Putusan Pengadilan Bila semua pihak setuju dengan keputusan pengadilan.Pidana Umum Pidana Umum 4. banyak ngaji!! 06 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 07 . jangan mala h tambah nakal . jujur dan tidak memihak. Eksekusi adalah pelaksanaan keputusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. jangan main gaple terus.

diperlukan dasar hukum dan alasan yang kuat. Untuk itu sebaiknya minta nasihat dari pengacara bila ingin mengajukan banding atau kasasi Semua keputusan hakim wajib ditulis dan bisa diakses oleh para pihak dan masyarakat umum.. maka bisa mengajukan banding. maka mereka bisa mengajukan banding atas keputusan tersebut ke pengadilan tinggi. kami keberatan dengan putusan hakim. Untuk meminta banding / kasasi. 08 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 09 . Atas nama terda kwa. Kasasi Kasasi: bila jaksa atau terdakwa atau kedua-duanya tetap keberatan dengan keputusan Pengadilan Tinggi.Pidana Umum Pidana Umum Tapi bila salah satu pihak keberatan dengan keputusan tingkat pertama. maka bisa dimintakan kasasi ke Mahkamah Agung (di tingkat nasional). Upaya Hukum Setelah Keluar Keputusan Pengadilan Negeri: Banding Banding ke Pengadilan Tinggi (di tingkat Propinsi): bila jaksa atau terdakwa atau kedua-duanya keberatan dengan keputusan majelis hakim di pengadilan negeri.. kami mengajukan banding..

A. Identitas lengkap si tersangka. Pelanggaran pasal/peraturan yang disangkakan B. Eh. tapi biarkan dia lihat surat perintahnya terlebih dulu.Pidana Umum Pidana Umum Apa Yang Harus Diperhatikan Bila Kita Menjadi Tersangka Sebuah Tindak Pidana? Bila Terjadi Penangkapan: Saudara Tofik . kita tetap berhak atas bantuan / pendampingan hukum. kami dari kepolisia n kamu kami tangkap Lha apa salah saya? kamu tersangka penadah kayu curian !!! Tanyakan surat perintah penangkapan. Tadi ngetiknya sambil makan gorengan kok suratnya banyak bekas minya knya? ? Surat Perintah Penangkapan. sori.. Sekalipun kita memang melakukan apa yang dituduhkan. Surat penangkapan dikeluarkan oleh kantor polisi atau Jaksa untuk kasus pidana khusus. 2. periksa prosedur penangkapan. 10 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 11 . (daftar LBH/pengacara masyarakat bisa dilihat di kantor LBH atau posko bantuan hukum terdekat). B ukannya kami mempersulit. tanyakan apa kesalahan yang dituduhkan.. dan bacalah surat itu dengan teliti.. minimal isinya memuat : 1.. Hubungi pengacara/lembaga bantuan hukum. Pertama...

tapi dia lagi pergi cari rumput sebentar! Persidangan tingkat banding Persidangan tingkat kasasi Ini untuk me mpermuda h pemeriksa an. Saya akan d idampingi tetangga saya yang paralegal .. tentu kamu akan dibebaskan Bagaimana Bila Anda Mengalami Kekerasan Fisik Selama Proses Penyidikan S egera H ubungi Keluarga Atau P engacara untuk minta visum dokter Saya M inta V isum 12 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 13 . pengacaranya lagi setrika baju ..Pidana Umum Pidana Umum Hak tersangka: Persidangan yang adil Didampingi oleh penasehat hukum Memperoleh berkas perkara dalam setiap tingkat pemeriksaan Tidak mengalami kekerasan atau tekanan. supaya kamu tida k merusa k barang bukti dan agar kamu tida k melarikan diri B ila hingga perpanjangan 40 har i tida k ditemukan bukti kesala hanmu. Proses pemeriksaan: kita boleh menolak memberi kesaksian selama proses pemeriksaan bila belum didampingi oleh pengacara hukum. D. Lamanya masa penahanan untuk penyidikan dan persidangan Penyidik/kepolisian Penuntut Umum/Jaksa Persidangan tingkat pertama 20 hari dapat ditambah 40 hari 20 hari dapat ditambah 40 hari lagi 30 hari dapat ditambah 60 hari lagi 30 hari dapat ditambah 60 hari lagi 50 hari dapat ditambah 60 hari lagi C. Tunggu ya P ak..

14 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 15 . sebelum ada keputusan pengadilan maka dia belum dianggap bersalah... TERPIDANA Setelah ada putusan pengadilan maka terdakwa menjadi terpidana. saya lihat dia memukul istrinya . namun sesuai asas praduga tak bersalah. seseorang dianggap tida k bersala h sampai pengadilan dapat membuktikan sebaliknya TERDAKWA Tersangka disebut terdakwa pada saat dia mulai disidangkan dipengadilan... Apa yang bisa dilakuka n oleh korban atau keluar ga dan teman korban? G ugatan diajukan ke pengadilan negeri tempat tersangka ditahan. terpidana adalah orang yang telah dinyatakan bersalah dan menjalani hukuman. Dia diminta oleh polisi untuk menceritakan apa yang dia ketahui tentang kasus tersebut.Pidana Umum KALAU MASA PENAHANAN YANG BENAR TIDAK DIPATUHI yang bisa dila kukan adalah mengajukan gugatan praperadilan. TERSANGKA Orang yang diduga melakukan tindak pidana. S elama proses pidana berlangsung. Yang jadi ter gugat adalah polisi tempat ia ditahan DEFINISI: B etul . Pidana Umum SAKSI Orang yang dianggap mengetahui terjadinya tindak pidana atau kasus perdata.

!!! B. iya ndan....).. pernyataan bapak in i akan kam i cocokkan dengan keteranga n yang lain. T idak mau.. saya Ibu itu simpen dimana sih berkasnya hendak menanya kan kok nyelip yaa . Ini mau lapo r atau mau arisan? Kok keroyokan. bila kita menganggap proses hukum berjalan tidak transparan. Memantau perkembangan kasus yang sudah anda laporkan. perkembanga n kasusnya .. Lapor kepada kepolisian setempat.. Kok paka i dicatat segala? Iya..Pidana Umum Pidana Umum Apa Yang Perlu Dilakukan Jika Kita Adalah Korban Tindak Kejahatan? A.. Bagaimana bila terjadi kemandegan dalam penanganan sebuah kasus? Eh.kalau lapor diwakili saja. 16 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 17 .. Makanya ha rus memberi k eterangan yang jujur pak! Beritahukan kepada paralegal. mungkin kantor kejaksa an tinggi yang lamban.. S emua mau Lapor pak!! Datangi kantor aparat hukum untuk menanyakan perkembangan kasus dan catat keterangan yang diberikan Kalau dari kantor kejaksaa n sin i semua sudah be res.. kami mau lapornya bersama-sama .... Untuk pidana korupsi. anda bisa laporkan langsung ke kantor kejaksaan negeri setempat. Melaporkan: bisa dilakukan oleh anda sendiri atau orang yang anda percayai (paralegal/pengacara/LBH/kepala desa dll.. satu orang..

tapi papa yang biayai !! 18 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 19 .ana k ikut aku. Melakukan tindakan tekanan penyelesaian kasus...Pidana Umum C. B elum.. Tadi Mami dengar di radio katanya bapak mempersulit pengusutan kasus korupsinya pa k camat medangkorup . pengacara masyarakat atau rekan-rekan media massa untuk bersama-sama melakukan pemantauan dan penyebarluasan hasil pemantauan tersebut ke media massa atau cara penyebaran informasi yang lain..!! Masak jagung 1 ton yang separo rusak? Aku kan sudahbilang. Kasus Perdata CONTOH KASUS PERDATA: Sengketa tanah Hutang piutang Kok Papi gitu sih. itu masih kurang Sengketa jual beli Lihat ini.. bekerja sama dengan LSM advokasi.. Mami kan malu sama ibu-ibu arisan !!! P er gi dari sin i!! Tanah in i bukan milik kalian lagi !!! Lho Gan. salah sendir i tida k teliti Perceraian Anak . aku jual apa adanya.. kemari n itu kan sudah saya lunasi ?? Enak aja.

baik melalui mekanisme adat. 3.bukti tertulis lainnya. daftarnya di pengadilan negri a. musyawarah. Persengketaan perdata adalah persengketaan kepentingan perseorangan/badan hukum. Sebelum menempuh penyelesaian lewat jalur hukum. disarankan untuk menyelesaikan sengketa yang terjadi melalui proses musyawarah/mediasi. barulah proses penyelesaian perdata di pengadilan dimulai. Bila tidak berhasil. kata orang hakimnya disin i baik! So rri saja kalau suruh mengembalikan !!! 20 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 21 . Pendaftaran Pendaftaran gugatan dilakukan oleh penggugat di Pengadilan Negeri dimana tergugat bertempat tinggal Bapak kan t inggalnya di kabupaten a. cuma saya suka disin i. Pemeriksaan dan Tawaran Perdamaian Hakim akan memeriksa kasus dan menawarkan kepada Tergugat dan Penggugat untuk melakukan perdamaian Saya sarankan kepada kedua piha k untuk mencari jalan damai dulu. Sebaiknya surat gugatan dilengkapi dengan salinan berbagai dokumen atau bukti . Pengajuan Gugatan Gugatan yang sudah didaftarkan lalu diajukan ke pengadilan untuk diproses lebih lanjut.Perdata Perdata Proses Hukum Kasus Perdata: 2.Apa perlu saya wasiti? Kami memang ingin musyawarah... dan tuntutan kami tetap: tanah klien kami harus dikembalikan Proses hukum perdata secara berurutan adalah sebagai berikut : 1. lembaga keagamaan maupun kebiasaan masyarakat setempat. bukan d i sin i di pengadilan negri B! B u pengacara juga bilang begitu.

karena itu atas nama hukum tanah in i harus dikosongkan dan dik embalikan kepada saudara harun bin kurus !!! P enggugat dan atau P engacara Ter gugat dan atau P engacara Oh.Perdata Perdata 4. Enak juga kalau hukum benar . Persidangan Jika tidak disetujui untuk berdamai maka diteruskan dengan pembacaan gugatan.. kesimpulan dan putusan. Masyarakat umum S uasana S idang P er data 22 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 23 . pemeriksaan alat bukti. Eksekusi Eksekusi keputusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap dilakukan oleh Pengadilan Negeri P engadilan menyatakan ba hwa tanah in i bukan milik saudara Abot bin Sangar . putusan sela.. hakim anggota pan itera hakim ketua hakim anggota 5... jadi kalau sudah jadi keputusan pengadilan ya ng melakukan eksekusi bukan kita ya? tapi pengadilan..bena r ditegakka n.

Ditandatangani oleh penggugat 24 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 25 . cuma gambarnya jelek.bukti tertulis lainnya. B ukannya ditempeli perangko! Tadi memang sudah dibelika n meterai pa k Hakim... Kalau pak ha kim nggak suka yang gambar bunga. bagus perangk o pak .Perdata Perdata Apa yang perlu diperhatikan bila anda menjadi penggugat? A. Syarat formil gugatan (bentuk gugatan yang harus dipenuhi secara memadai) yaitu: Dibuat secara tertulis Memuat dasar-dasar/alasan/fakta/hukumnya Sebaiknya surat gugatan dilengkapi dengan salinan berbagai dokumen atau bukti . pak.. Memuat tuntutan secara jelas Diberi materai Ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri Memuat identitas para pihak secara lengkap Ini ha rusnya ditempeli metera i R p 6000 .. saya ada kok perangko yang gambar burung.

000. S ilahkan saja .. saat kelah iran kak ek buyut saya. Jadi karena klien saya sekeluar ga 6 orang dikalikan 3 kali.. karena sedihnya sehari 3 kali. Advokasi & Pengorganisasian Rakyat..perha ri perorang 2 juta rupiah. Syarat materiil gugatan (isi gugatan yang harus dipenuhi secara memadai) yaitu: Berdasarkan alasan/fakta yang sebenarnya Memiliki urutan fakta yang sesuai dan sebenarnya Saya akan ce ritakan kejadiannya dar i tahun 1876. kali 60 hari sedih. pagi siang dan malam. ganti rugi sedih. 26 BUKU PANDUAN P ARALEGAL 02.160. Nanti kalau suda h selesai saya dibangun in ! Gugatan diajukan dengan logika yang patut dan wajar (untuk kerugian yang MEMANG disebabkan oleh tergugat dan merupakan akibat langsung) Apa in i kok ada ganti rugi kesed ihan R p 2 .. seorang pejuang yang jujur dan alim..-? .. yang menurunkan ke turunan jujur seperti saya in i... BUKU PANDUAN P ARALEGAL 27 ..Perdata B..

cari selamat dulu cepaat!! kebun kita... Sedangkan aktivis ataupun lembaga advokasi hanya sebagai pengantar atau pendukung terhadap advokasi yang dilakukan masyarakat. na nti saat kita mau panen. model advokasi yang lebih maju justru meletakkan korban kebijakan sebagai subyek utama.. kita pasti bisa.Katanya mereka yang punya hak atas tanah itu.per gi!! Contoh kasus : Pengusiran warga Kubang Badak Lampung.. namun sekarang. mencari la han baru.STRATEGI ADVOKASI (UPAYA PENEGAKAN HUKUM & KEADILAN) ADVOKASI adalah suatu cara terencana dan terorganisir untuk mempengaruhi dan mendesakkan perubahan kebijakan pemerintah yang merugikan masyarakat. Sehingga masyarakat sebagai subyek pembangunan harus mau dan mampu mendesakkan perubahan tersebut agar tidak terus menerus dirugikan. kalau kita pindah lagi. sedangkan pembuat dan atau pelaksana kebijakan tidak merasa perlu melakukan perubahan kearah yang lebih baik.... kita yang mengubah tana h rawa sarang lintah itu jadi lahan yang produktif dan menjanjikan. sebentar lagi panen bu. Dulu kegiatan advokasi hanya dilakukan oleh para aktivis atau elit politik. Mengapa Perlu Dilakukan Advokasi? Seringkali suatu kebijakan keluar tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan atau rasa keadilan masyarakat.lalu apa langkah pe rtama kita? 28 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 29 . menuntut keadilan. M inggat kalian !! Tanah in i bukan milik kalian lagi. S emua orang a kan bilang in i tida k adil . kita pasti akan diusir lagi. dari lahan garap mereka M enurutku yang harus kita mulai adalah mencoba menuntut hak kita.. Saya setuju..... kita harus memulai lagi dari awal.. Atau pelaksanaan kebijakan tidak berjalan sebagaimana mestinya. namun setelah tanaman siap dipanen kita diusir dengan sewenang-wenang! Lalu kita ini bisa apa? Katanya itu bukan tanah kita.. Lari Pa k.. mau tida k mau.

.. Sebaiknya lingkar inti dibentuk dari sejak awal gerakan advokasi hingga proses pemantauan.. Sebelum mengadvokasi sebuah kasus. pemuda atau paralegal)... kita yang akan menjadi ko ordi nat or mereka dan menyusun strategi advokasi! 2. sebaiknya sebanyak mungkin dikumpulkan informasi dan data mengenai apa saja yang berhubungan dengan kasus.. Saya akan menghubungi pengungsi lainnya Pa k Kastum masih menyimpan surat ijin dari Kepala dinas Kehutanan Lampung yang ada janji a kan memberi kita hak milik atas tanah yang kita garap . Orangorang inilah yang bertugas menyusun strategi. Kumpulkan Data / Informasi. mengorganisir dan mendorong masyarakat lain untuk ikut kenapa hanya kita yang berkumpul? KenApa masyarakat lainnya tida k terlibat disini? K ita ini yang akan jad i lingkar inti.. kita semua akt if membayar paja k. Ya. Bentuk Lingkar Inti Untuk membuat suatu gerakan yang terorganisir diperlukan beberapa orang sebagai koordinator dan motivator. Saya juga masih menyimpan tanda terima pembayaran paja k. juga punya ktp .1.. 30 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 31 . Saya yang aka n mengajak para pe muda untuk terlibat! K ita juga harus punya data kenapa kita berhak untuk hidup di tanah itu... Saya sudah mengumpulkan data para penduduk yang diusir kemar in. Jangan lupa catat setiap perkembangan kasus. Itu salah satu alasan kita melakukan advokasi. Kami juga sudah mendata jumlah k erugian yang diderita oleh warga Lingkar inti dapat terdiri dari beberapa wakil masyarakat (tokoh masyarakat..

32 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 33 . nanti biar dirapatin di DPW..Bangun Basis .Bangun Jejaring Agar gerakan lebih kuat dan berjalan efektif perlu sebanyakbanyaknya sekutu untuk diajak bekerjasama atau membantu melancarkan advokasi. Saya setuju. kalau bisa kita juga ikut berjuang bersama .. siap kecewa dah.. 4.. kita jangan hanya memberi semangat suami kita.3. U dah kita nekat masuk aja..Analisis Data... nanti kenalan. Berdasarkan data yang terkumpul. siang in i kita mau ke pengadilan Oh iya..!! Saya sudah laporka n ke DPC. saya akan menghubungi dia.. sekaligus dalam hal ini dilakukan pembagian tugas.... 5. siapa tahu bisa memperkenalkan kita pada wartawan yang bisa membantu kita.!! PEMILU kemarin partai bapak menang di desa kami.. kenapa tida k mau bantu? N dak ada .. H uuu. lalu dimintakan petunjuk k e DPP .. Tahap in i sebisa mungkin dilakukan sejak awal proses! Ayo merumputnya sudah dulu. untuk menyusun perencanaan gerakan ke depan yang lebih terorganisir. Biasanya pada tahap ini jaringan dibentuk dengan berbagai latar belakang / profesi. Ayo berangkat Pa k Farouk ada kenal orang LBH? K ita juga jangan diam saja . Saudara saya ada yang agen koran.. dapat terdiri dari LSM / organisasi non politik dan media massa.Pelibatan Masyarakat Memotivasi masyarakat agar terlibat dalam setiap proses atau tahapan advokasi. hampir aku lupa. dilakukan analisa apa saja kekurangan dan kekuatan yang dimiliki masyarakat.

Saya yakin d ia akan me mbantu kita K ita juga bisa lakukan aksi yang l ebih atraktif ... Advokasi dapat dilakukan dengan cara melakukan tekanan ke berbagai pihak dengan berbagai cara. DPRD dan badan lainnya. yang punya mesin ketik suda h datang tuh. nanti sor e akan saya cari dia ... lalu surat ini mau dikirim kepada siapa? S iapa saja. mulai dari yang bersifat lunak. jumla h kerugian war ga juga sudah. agar memiha k pada perjuangan kita... Lancarkan Tekanan.. pokoknya semua instansi kita kirimi. 34 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 35 ... Demonstrasi misalnya Ayo saya antar.. misal : dengan mempengaruhi pendapat umum melalui tulisan di media massa.urutan kejadiannya sudah... . bukan menulis... suratnya sudah selesai belum?? Saya ada teman mahasiswa. Nekat saja pak!! Pa k. K ita harus membuat tulisan agar dimuat di koran untuk mempengaruhi pendapat umum. dengan mengirim surat ke berbagai instansi terkait. Lha tapi kita ini kan ke rjanya mencangkul .6.

tapi apa yang dilakukan pe merintah k epada kami? keke rasan tida k akan me mbantu menyelesaikan malah a kan persoalan kita !!! menambah ruwet urusa n. apapun akan kam i lawan!! Kami sudah be rusaha jadi warga negara yang ba ik. kami juga tida k merepotkan pemerintah. sekara ng kami kelaparan dan keta kutan Disamping itu mulaila h merintis jaringan dengan aparat reformis. selain itu saya juga a kan coba bicara dengan kapolres 36 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 37 . hati boleh panas tapi kepala harus tetap dingin! B egitulah k ondisinya pak. Salah satu prinsip penting dalam kerja advokasi adalah: Tidak melakukan tindak perusakan dan atau tindakan kekerasan lain!!! kaos boleh sangar. LSM kami akan me mbantu warga untuk bisa bertemu dengan dprd!! kami menuntut hak kami. dan secara proaktif memberi tahu para pembuat kebijakan arti penting penanganan kasus tersebut bagi masyarakat setempat dan pembangunan secara umum... Saya akan ba ntu. Usahakan untuk mengajak diskusi instansi terkait atau wakil dari pemda dan DPRD. dan menyisakan dendam !! Kami harap bapa k bapak DPRD memba ntu kami. Pengaruhi Pembuat dan Pelaksana Kebijakan.7. tida k hanya sekedar menampung.

dima na beberapa orang mela kukan gugatan mewakili kel ompok. atau untuk kasus pidana dengan jalan secara rutin dan terpadu memantau perkembangan penyelesaian kasus. yang dapat dilakukan dengan cara mengajukan gugatan class action.. mi salnya dengan cara ikut datang ke persidangan..8. kalau mekan menteror mer elawan dan kaka.? 38 BUKU PANDUAN P ARALEGAL BUKU PANDUAN P ARALEGAL 39 . Catatan Anggota kelompok yang lain turut mendukung dengan turut akt if memantau jalannya kasus. Pembelaan merupakan salah satu contoh dalam tahap melancarkan tekanan. tugas kita satu ... Lakukan Pembelaan. Class action adala h gugatan perwakilan. dan satu . biarpun dan Ayo.. katanya karate mana tahan. kamu kok takut wan kawan sih.