Pengertian Hakikat Pantang Menyerah dan Ulet Pada Hakikatnya sikap pantang menyerah dan ulet merupakan perjuangan

wirausahawan yang tangguh penuh semangat, tidak putus asa, kuat kerja keras dan tidak menyerah. Seorang wirausaha mempunyai cita-cita tinggi untuk sukses didalam mengelolah kegiatan usahanya/ bisnisnya, cita-cita wirausahawan yang sangat tinggi untuk sukses didalam mengelola kegiatan usaha/ bisnisnya akan menjadi pendorong dan daya tahan dalam menghadapi segala rintangan, hambatan, cobaan dan kendala dalam berwirausaha. Adapun yang dimaksud dengan ulet adan tangguh, kuat dan tidak mudah putus asa, para wirausahawan didalam mengelola kegiatan usahanya selain harus ulet diharapkan juga agar jangan loyo , mudah putus asam, pasrah, menyerah dan tidak mau berjuang. Para wirausahawan harus berambisi ingin maju (ambitition drive) didalam melaksanakan kegiatan usaha/ bisnisnya. Adapun yang dimaksud putus asa dalam mengelola usaha adalah wirausahawan itu tidak punya lagi di harapan dalam berwirausaha. Dalam menghadapi dunia bisnis yang penuh ranjau-ranjau kolusi, korupsi dan nepotisme, seseorang wirausahawan memerlukan semangat tidak putus asa dan ulet serta penuh ketabahan untuk memulai liku-liku rintangan didalam usaha/ bisnisnya, selalu berusaha mencari jalan yang lebih baik untuk maju dan mencapai sukses. Akan tetapi, tentu saja sikap kerja pantang menyerah dan ulet dalam mengelola kegiatan usaha/ bisnisnya harus ditunjang oleh pengorbanan, perjuanan, semangat dan kepercayaan pada diri para wirausahawan sendiri. Sikap kerja pantang menyerah dan ulet dalam berwirausaha pada hakikatnya merupakan sinar terang keberhasilan dalam menjalankan kehidupan usahanya baik untuk diri wirausaha, keluarganya maupun untuk masyarakat. Seorang wirausahawan yang memiliki sikap kerja pantang menyerah dan ulet didalam usahanya pada hakekatnya adalah orang yang tidak mengenal lelah didalam berwirausaha. Adapun faktor-faktor yang dapat mendukung sikap kerja pantang menyerah dan ulet dalam kegiatan usaha atau bisnis para wirausahawan yaitu sebagai berikut : • Bekerja dengan penuh keyakinan, penuh semangat, pantang menyerah dan ulet dalam berwirausaha. • Bekerja dengan penuh ketekunan dan memiliki tekad yang terarah dalam berwirausaha • Bekerja berdasarkan kemampuan, bakat, minat, pengalaman, pendidikan dan kesanggupan dalam berwirausaha • Bekerja penuh semangat, penuh kegairahan dan penuh ketabahan dalam berwirausaha.

Seorang sahabat yang sangat saya kagumi karena semangat dan kesuksesannya, menulis sebuah artikel dalam bentuk Catatan pada halaman Facebooknya tentang pilihan untuk menjadi Entrepreneur. Dan sikap pantang menyerah ini harus menjadi karakter dan sikap terpenting dari

dan harapan. Tidak berhasil menyelesaikan suatu permasalahan tidak membuat seseorang dikatakan gagal karena orang yang tidak berhasil untuk pertama kali bisa mencoba lagi untuk kedua kalinya. diantaranya : 1. Perhatikanlah artis. Pada tulisannya itu sosok Thomas Alva Edison. Pantang Menyerah Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan Untuk Membangun Sikap Pantang Menyerah.seorang Entrepreneur. Mengapa ? Karena keyakinan yg positif akan mempengaruhi mental dan fisik secar signifikan untuk mendapatkan apa yg di yakininya. orang2 yg mudah menyerah . dan seorang pemenang justru akan semakin Maju. frustasi dan mudah putus asa adalah orang2 yg gagal. sebab hanya itu yang bisa membangkitkan Kita dari setiap keterpurukan yang Kita alami selama perjalanan hidup Kita dalam mencari mimpi. Anda akan lebih siap untuk memperbaikinya. mereka umumnya memperjuangkan apa yg ingin diraihnya dengan daya dan upaya yg optimal. Pribadi pantang menyerah (tangguh) adalah tidak lain sebutan bagi pribadi yang tidak merasa lemah terhadap sesuatu yang terjadi dan menimpanya. motivasikanlah diri Anda untuk mengembangkan sikap pantang menyerah. Berpikirlah bahwa Anda bisa dan akan berhasil meraih apa yg Anda inginkan. Di tengah perjalanan. Menurut para ahli . dijadikan sebagai contoh. 2. . cita – cita. Hidup ini mengajarkan kepada kita semua untuk selalu melintasi semua medan perjalanan tanpa pernah mengeluh apa lagi putus asa terhadap situasi dan kondisi yang kita temukan di medan perjalanan tersebut. Konsistensi semangat juang harus selalu terpelihara dalam situasi dan kondisi apa pun. orang yg optimis mempunyai kemungkinan yg lebih besar untuk berhasil dibanding orang yg pesimis. Anda pasti akan menemukan kendala dan hambatan. demikian paparannya dalam artikelnya itu. Sikap ini diperlukan untuk meraih keberhasilan dalam hidup. Sebaliknya . sampai ia berhasil. Keyakinan ini akan membuat Anda lebih efektif dibandingkan bila Anda terlalu mengantisipasi kemungkinan buruk. Pribadinya menganggap sesuatu yang terjadi itu dari segi positifnya. 3. maka langkah pertama pertama yg paling penting adalah mengakui kelemahannya itu.karyawan dapat menajak karirnya karena berprestasi. Orang yang kalah akan segera menyerah. Kalau Anda mempunyai kecendrungan mudah menyerah. Dengan menyadarinya . atlit. Menjaga konsistensi kegigihan dan pantang menyerah sama artinya seperti Kita pergi mencari rahasia sukses dari orang – orang tersukses yang Kita kagumi. Tetapi patah semangat yang muncul karena tidak berhasil menyelesaikan suatu permasalahan bisa membuat seseorang Gagal. dan orang yang gagal kedua kali bisa mencoba lagi untuk ketiga kali. Sikap ini akan meroketkannya sampai ke puncak. Sikap pantang menyerah akan melahirkan pemenang.

Anda akan mudah kehabisan daya juang. Keberanian yg benar bukan berarti seperti orang yg terjun bebas ke jurang. karena kesempatan itu tak datang untuk kedua kalinya !. 5. namun Anda tidak akan berkembang. 6.4. tapi biarlah keberhasilan orang lain memotivasi kita. Hadapilah semua tantangan dengan penuh keberanian . Belajarlah daridari kegagal itu agar didapat gambaran yg lebih baik lagi. Hadapi dan alamilah pengalaman dan petualangan baru. 7. bukan sebagai raksasa yg menelan Anda. terkamlah segala kesempatan yg ada . Bila Anda memandang pada tujuan . tidak ada pendobrak kegagalan yg sekuat nilai “kegigihan” . Arahkan mata Anda pada tujuan . Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa Anda tidak akan berhasil bila pada usaha Anda mengalami kegagalan. bila Anda terfokus pada hambatan . Tapi sebaliknya . Teruslah berusaha. Semakin banyak tantangan . Ingatlah filsofi air yg bisa melubangi batu dengan tetesan yg terus terus-menerus. semakin berani menghadapinya. tapi seperti orang yg menuruninya setahap demi setahap dengan persiapan yg matang. tentu saja Anda berada pada tempat yg aman . Anda tidak perlu membenturkan kepala Anda untuk membuktikan bahwa Anda pantang Menyerah. 8. maka semakin terbentuk karakter yg kuat. Imbangi kegigihan Anda dengan pemikiran yg kreatif. Jangan terpengaruh oleh kegagalan orang lain.Kalau Anda tidak berani mengambil resiko . Dengan cara itru Anda menghemat banyak sekali waktu dan energi Anda yg sangat berharga. Belajarlah dari kegagalan dan kesalahan orang lain tanpa hrus mengalaminya sendiri. maka hambatan tidak akan menakutkan. carilah jalur alternatif ! 10. Berhentilah sejenak dan pikirkanlah bagaiman cara mengatasinya. Beranilah mengambil risiko namun dengan perhitungan yg mantap . 9. .Anggaplah tantangan sebagai “Sparring Pathner” yg akan membuat Anda semakin kuat . Bila perjalanan Anda terhalang oleh batu cadas . bukan pada hambatan .