Mengganti Linen (Perbedaan) Mengganti Linen (Perbedaan)
Tempat tidur harus dirancang untuk kenyamanan, keamanan, kemampuan adaptasi dalam mengubah posisi. Tingkatan yang paling rendah 65-70cm diatas lantai, tempat tidur terdiri dari sejumlah alat keamanan kunci pada roda, pagar tempat tidur pada kedua sisi, dan papan bagian kepala yang bisa digerakan secara khusus jika klien membutuhkan resusitasi pulmonal Penting diketahui perawat jangan pernah meninggalkan pasien dalam kondisi pagar tempat tidur turun dank lien berada ditempat tidur Merapikan tempat tidur merupakan tanggung jawab perawat, perawat menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat tidur, memastikan linen bersih, kering dan bebas kerutan, partikel makanan setelah klien makan Ketika perawat mengganti linen perawat menggunakan teknik asepsis dengan menjauhkan linen kotor dari seragam perawat, jangan mengibas linen kotor, linen kotor jangan pernah diletakkan diatas lantai, linen bersih bersentuhan dengan lantai segera ganti dengan yang baru Perawat harus memperhatikan mekanika tubuh selama mengganti linen, posisikan tempat tidur sesuai ketinggian yang dibutuhkan perawat dan kenyamanan perawat Tujuan tindakan Memenuhi kebutuhan ini untuk memberi kenyamanan pada pasien dalam memenuhi kebutuhan dirinya Persiapan alat Seprai Perlak Stik laken Sarung bantal Selimut bersih Over laken Tempat linen kotor Handshoen bila perlu Prosedur kerja 1. Apabila klien ditempat tidur beritahu klien 2. Cuci tangan 3. Atur ketinggian tempat tidur pada posisi kerja yang nyaman

4. Buka sarung bantal dengan memegang ujung tertutup dengan satu tangan dan melepaskan bantal keluar dengan tangan lain, buang sarung bantal ketempat linen kotor 5. Pasang sarung bantal dengan memegang ujung bantal dengan satu tangan dan memasukan bantal kedalam sarung bantal 6. pada sisi dekat perawat longgarkan linen dimulai dari atas tempat tidur, pindahkan sepanjang sisi kemudian kearah kaki kemudian gulung jangan sampai kontak seragam perawat dengan linen kotor 7. letakkan seprai pada pusat tempat tidur, kemudian buka lipatan, ratakan lapisan seprai sepanjang tempat tidur 8. Perawat dari bagian atas tempat tidur masukkan bagian atas sprei kebagian bawah kasur 9. Menghadap sisi tempat tidur ambil bagian tepi atas seprai kira-kiraq 45cm kebawah dari atas kasur angkat dan letakkan sprei diatas matras untuk membentuk lipatan triangular yang rapi, dengan alas bawah segitiga rata dengan tepi sisi kasur 10. Masukkan tepi terbawah sprei, gantungkan bebas dibawah matras, masukkan dengan telapak tangan perawat kebawah lakukan tanpa tanpa menarik menarik lipatan triangular 11. Pegang bagian sprei yang menutupi sisi kasur pada tempatnya dengan satu tangan. Dengan tangan yang lain tarik bagian atas lipatan triangular linen dan bawa kebawah ke sisi kasur masukkan bagian seprei ini di bawah matras 12. Masukkan bagian sisa sprei kebawah matras pertahankan linen tetap halus 13. Pindah ke sisi tempat tidur yang berlawanan lakukan langkah 8-11 14. Pindah kebagian kaki tempat tidur, tarik sprei masukkan kedalam bawah kasur bagian bawah, berdiri pada sisi bagian tempat tidur lakukan langkah 8-11 pada kedua sisi tempat tidur bagian bawah 15. Letakkan perlak pada pusat tempat tidur buka lipatan dan ratakan 16. Letakkan stik laken diatas perlak pada pusat tempat tidur ratakan selanjutnya sisa perlak bersama stik laken pada dua sisi tempat tidur masukkan kedalam bawah matras pertahankan linen tetap halus 17. Letakkan selimut pada bagian bawah tempat tidur (1/4 bagian bawah tempat tidur) tarik lipatan paling atas masukkan kedalam bawah kasur 18. Berdiri pada sisi tempat tidur lakukan langkah 8-11 dilanjutkan pada sisi temapt tidur lainnya. 19. Tarik sisa lipatan selimut ke bagian atas kasur rapikan dengan memasukkan sisa selimut dimasing-masing sisi kedalam bawah kasur pertahankan selimut rapi, halus dan tanpa kerutan 20. Letakkan bantal pada bagian tengah bagian atas tempat tidur dengan arah lipatan bantal menjauh dari pintu 21. Bantu klien kembali dengan sebelumnya sisi selimut pada bagian klien akan kembali ketempat tidur dalam posisi terbuka (membentuk segitiga) pasang over laken diatas kasur menutupi seluruh kasur perhatikan kerapian over laken jika tidak klien (kondisi tempat tidur kosong tanpa klien kembali ketempat tidur) 22. Rapikan klien 23. Rapikan dan letakkan kembali alat-alat pada tempatnya

Klien yang butuh perawatan perineum yang teliti adalah klien yang berisiko terbesar memperoleh infeksi. Persiapan Alat Kapas cebok secukupnya dengan tempatnya Cairan nacl paada tempatnya Nierbekken Perlak Selimut mandi Handshoen 2 pasang Urinal/pispot Tissue toilet Botol cebok Betadin Kapas lidi . Untuk menghindari supaya tidak terjadinya infeksi. Cuci tangan 25. misalnya menggunakan kateter urine tetap. Dokumentasikan terhadap toleransi klien dan aktivitas yang dilakukan perawat Vulva Hygiene Biasanya perawatan perineum (pericare) merupakan dari bagian mandi lengkap. lemah atau kelelahan 26. tanyakan apakah ada keluhan pusing. sembuh dari operasi rectal atau genital. Evaluasi toleransi klien saat duduk dikursi cek tanda vital klien. atau telah menjalani kelahiran Tujuan tindakan: Untuk membersihkan labia mayora dan minora.24.

ganti handshoen 9. tuang nacl kedalam kapas cebok sesuai kebutuhan 13. pasang perlak dengan posisi klien miring dimulai dari bagian terjauh perawat pastikan tidak ada rembesan ke linen klien 11. gunakan tangan yang tidak nominan membuka meatus uretra dan orifisium vagina secara lembut. perlak. Jika klien BAB bersihkan BAB klien dengan tissue toilet dengan sekali usap buang. posisikan klien dengan posisi dorsal recumbent 10. letakkan nierbekken pas dibawah perineum klien 12.cuci dengan waslap dan sabun mulai dari depan kearah belakang dengan posisi klien miring kemudian bilas dan keringkan 8. tanyakan kepada klien apakah ingin buang air besar /kecil 7. dan buka hanschoen . beritahu klien 2. jika ada luka beri usapan betadin menggunakan kapas lisi 16. jaga privacy klien 4. pasang handschoen 6. cuci tangan 3. pasang selimut mandi. lanjutkan membersihkan labia minora kiri dan kanan masing-masing 1 kali dari atas kebawah sekali usapan sampai rectum 15. jika iya berikan klien pispot. angkat bengkok. dengan tangan dominant bersihkan labia mayora kiri dan kanan secara hati-hati masing-masing 3 kali daria atas kebawah sekali usapan 14. bersihkan labia mayora.Waskom berisi air hangat Waslap Sabun beserta tempatnya Handuk mandi Prosedur Kerja 1. setelah selesai angkat pispot. dekatkan alat-alat kedekat perawat 5.

beri tahu klien kegiatan anda telah selesai 20. pasang pakaian klien 18. dokumentansi terhadap pembengkakan. Denyut nadi 1. angkat selimut mandi dan ganti dengan selimut biasa 19. kemerahan kulit. kotoran atau iritasi setelah pembersihan In: Kesehatan Permalink : Mengganti Linen (Perbedaan) Comments: 0 Viewed 333 times.17. Suhu 3. tapi . Pernapasan 4. Saturday. 25 July 2009 06:12:14 GMT Vital Sight Vital Sight (Prosedur Pemeriksaan Tanda Vital) 1. Pemeriksaan tekanan darah dapat di ukur dengan dua metode yaitu: metode langsung : Metode yang yang menggunakan kanula atau jarum yang dimasukkan kedalam pembuluh darah yang dihubungkan dengan manometer. rapikan alat-alat 21. Pemeriksaan Tekanan Darah Nilai tekanan darah merupakan indicator untuk menilai system kardiovas kular bersamaan dengan pemeriksaan nadi. Metode ini merupakan cara yang paling tepat untuk menentukan tekanan darah. Tekanan darah 2.

manometer air raksa + ktep penutup dan pembuka . Pengukuran tak langsung ini menggunakan dua cara. letakkan lengan yang hendak diukur pada posisi telentang. 5. stetoskop 2. pena Prosedur Kerja 1.manset udara . Metode tak langsung : metode yang menggunakan sfig momanometer. 6. Tujuan tindakan: Mengetahui nilai tekanan darah Persiapan alat : 1. buku catatan tanda vital 3. jelaskan prosedur pada klien 2.pompa udara dari karet dan sekrup pembuka dan penutup.memerlukan persyaratan dan keahlian khusus. cuci tangan 3. . atur posisi klien 4. pasang manset pada lengan kanan / kiri atas sekitar 3 cm diatas fossa cubiti (jangan terlalu ketat maupun longgar) 7.slang karet . Yaitu palpasi yang mengukur tekanan sistolik dan diastolic dan cara ini memerlukan alat stetoskop. 1. lengan baju dibuka. tentukan denyut nadi arteri radialis dekstra / sinistra. Sfigmamometer (tensimeter) yang terdiri dari: .

Pengukuran suhu tubuh dapat dilakukan secara oral. Kondisi demikian dapat juga disebakan oleh vasodilatasi. dan aksila. catat hasil 13.botol pertama berisi larutan sabun . Persiapan alat 1. catat mmHg manometer saat pertama kali denyut nadi teraba kembali. thermometer 2. 9.botol ketiga berisi air bersih . 10. 12. retal. hiperventinasi dan lain-lain. bila pemebentukan panas meningkat maka nilai suhu lisme dan kontraksi otot. cuci tangan setelah prosedur dilakukan 2. Pengukur Suhu Nilai hasil pemeriksaan suhu merupakan indikator untuk menilai keseimbangan antara pembentukan dan pengeluaran panas. pompa terus sampai manometer setinggi 20 mmHg lebih tinggi dari titik radialis tidak teraba. pompa balon udara manset sampai denyut nadi arteri radialis tidak teraba. tiga buah botol .botol kedua berisi larutan desinfektan . Demikian sebaliknya. Tujuan Tindakan Pengukuran suhu tubuh dilakukan untuk mengetahui tentang suhu tubuh. Nilai ini akan menunjukan peningkatan bila pengeluaran panas meningkat.8. letakkan diafragma stetoskop diatas nadi brakhialis dan kempeskan balon udara manset secara perlahan dan berkesinambungan dengan memutar sekrup pada pompa udara berlawanan arah jarum jam 11. berkeringat. Nilai ini menunjukkan tekanan sistolik secara palpasi.

bengkok 2. Tujuan Tindakan 1. jelas prosedur pada klien 2. 7. buku catatan suhu 5. cuci tangan setelah prosedur dilakukan. turunkan thermometer dibawah suhu 34˚ . bilas dengan air bersih dan keringkan. catat hasil. irama. 8.1. 3. cuci tangan 3. vaselin 4. . setelah 3-10 menit thermometer diangkat dan dibaca hasilnya. dan kedalaman pernapasan. atur posisi klien 5. 11. tentukan letak aksila dan bersihkan daerah aksila dengan menggunakan tisu. Pernapasan (Pemeriksaan Pernapasan) Nilai pemeriksaan pernapasan merupakan salah satu indikator untuk mengetahui fungsi system pernapasan yang terdiri dari mempertahankan pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam paru dan pengaturan keseimbangan asam basa. kertas 1 tisu 3. gunakan sarung tangan 4. bersihkan thermometer dengan kertas tisu. 10. 12. letakkan thermometer pada daerah aksila dan lengan klien fleksi di atas dada. sarung tangan (apabila diperlukan) Prosedur kerja (pemeriksaan suhu aksila) 1. desinfektan. 6. 9.35˚ c. mengetahui frekuensi. cuci dengan air sabun.

catat hasil. jelaskan prosedur pada klien 2. 3. menilai kemampuan fungsi penapasan. Menilai kemampuan fungsi kardiovaskuler Persiapan Alat . buku catatan. Denyut nadi dapat diperiksa dengan mudah menggunakan jari tangan (palpasi) ataua dapat juga dilakukan dengan alat elektronik yang sederhana maupun canggih. 4. 6. Mengetahui denyut nadi (irama. arteri dorsalis pedis. Pemeriksaan denyut nadi dapat dilakukan pada daerah arteri radialis pada pergelangan tangan. Tujuan Tindakan 1. atur posisi pasien. pena. cuci tangan setelah prosedur dilakukan. arloji (jam) atau stop watch. arteri karotis pada leher. 4. frekuensi dan kekuatan) 2. arteri berakhialis pada siku bagian dalam.2. dan pada arteri frontalis pada bayi. Denyut nadi (pemeriksaan denyut nadi) Nilai denyut nadi merupakan indicator untuk menilai sistem kardi ovaskular. cuci tangan. 5. Persiapan alat 1. hitung frekuensi dan irama pernapasan. arteri femoralis. arteri temporalis. 2. Prosedur kerja 1. 3.

Jelaskan prosedur pada klien 2. cuci tangan 3. Pena Prosedur kerja 1. catat hasil 8. Saturday. Arloji atau stopwatch 2. Tentukan frekuensinya permenit dan keteraturan irama. tulunjuk. In: Kesehatan Permalink : Vital Sight Comments: 0 Viewed 635 times. Pengertian : Tindakan yang dilakukan untuk mengeluarkan air kemih dengan cara memasukkan selang kateter melalui uertra sampai ke kantung kemih. atur posisi klien 4. letakkan kedua lengan telentang di sisi tubuh 5. cuci tangan setelah dilakukan.1. 7. Buku catatan 3. Periksa denyut nadi (arteri) dengan menggunakan ujung jari telunjuk. dan kekuatan denyutan. jari tengah dan jari manis. . Tentukan letak arteri (denyut nadi yang akan dihitung) 6. 25 July 2009 06:11:20 GMT KATERISASI KATERISASI 1.

Pinset anatomi 1 buah .1 buah korentang .1 buah urine bag .1 buah duck bolong .2 pasang hand scoen . Tujuan .Oil (minyak steril) / jelly .Parlak + pengalas .foto vontgen kantung kemih .kantung kemih menjadi kosong .Kapas cebok dalam tempatnya (berisi cairan: saulon) .sebagai bahan pemeriksaan .1.1 buah selimut ekstra .Perban untuk menggantung urine bag .1 buah kateter .untuk persiapan operasi Persiapan Alat Bak Insrumen Berisi : .Kain kassa beberapa potong .

cuci tangan . lalu pasang .2 buah bengkok (nerbeken) .setelah bersih.ambil kateter olesi ujungnya menggunakan oil steril / jelly pakai kain kassa .atur posisi klien (dorsal recumbent) dan minta klien melepaskan pakaian dalamnya . kapas cebok .pasang sampiran .pasang selimut dan parlak dengan pengelas .membawa alat-alat kedekat klien .Tempat pakaian kotor Cara kerja (prinsip tindakan steril) .komunikasi terapeutik: beritahu klien dan jelaskan prosedur .pasang urine bag pada sisi tempat tidur .pasang duck bolong .lakukan vulva hygiene . ganti hnadscoen .Spuit + cairan aquabides (banyaknya cairan sesuai ketentuan selang kateter) .letakkan alat didekat klien untuk efisien waktu : bengkok.ambil handscoen dengan korentang..

Sunday. menjaga berat tubuh yang stabil. bentuk yang lebih umum).ambil pinset. Selain itu.Hubungkan dengan urine bag .jika telah sampai ke kantung kemih maka akan keluar air kemih lalu masukkan kembali selang kateter sampai mentok (pas). atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus jenis 2. terdapat jenis diabetes melitus yang juga disebabkan oleh resistansi insulin yang terjadi pada wanita hamil . sedangkan jenis 2 diatasi dengan pengobatan oral dan hanya membutuhkan insulin apabila obatnya tidak efektif. mengontrol tekanan darah tinggi.Rapikan pasien dan alat – alat . yang pertama dikenal). Jenis 1 membutuhkan penyuntikan insulin. . tangan kanan memasukan kateter sesuai panjang uretra pasien . karena kesuksesan menjaga gula darah dalam batasan normal dapat mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Pemahaman dan partisipasi pasien sangat penting karena tingkat glukosa darah berubah terus.Perawat cuci tangan In: Kesehatan Permalink : KATERISASI Comments: 0 Viewed 216 times. Faktor lainnya yang dapat mengurangi komplikasi adalah: berhenti merokok. Diabetes melitus pada kehamilan umumnya sembuh dengan sendirinya setelah persalinan . .. Baru memasukkan cairan aquabidest sesuai ketentuan. mengoptimalkan kadar kolesterol. Tangan kiri membuka labia mayora dekstra dan snistra. gunakan pinset untuk memasukkan kateter. 21 June 2009 05:45:47 GMT diabetes melitus Penyebab Pembentukan diabetes yang utama adalah karena kurangnya produksi insulijn (diabetes melitus jenis 1. dan melakukan olah raga teratur.

yang disebut hypoglycemia. . Tingkat Glukosa rata-rata untuk pasien diabetes tipe 1 harus sedekat mungkin ke angka normal (80-120 mg/dl. seperti "frequent hypoglycemic events". Reaksi autoimunitas tersebut dapat dipicu oleh adanya infeksi pada tubuh. Tingkat glukosa darah yang rendah. bahkan untuk tahap paling awal sekalipun. juga dimungkinkan pemberian insulin melalui pump. dan kedisiplinan dalam pemeriksaan dan pengobatan dijalankan. Diet dan olah raga tidak bisa menyembuhkan ataupun mencegah diabetes tipe 1. "diabetes yang bergantung pada insulin"). dicirikan dengan hilangnya sel beta penghasil insulin pada pulau-pulau Langerhans pankreas sehingga terjadi kekurangan insulin pada tubuh. Perawatan tidak akan mempengaruhi aktivitas-aktivitas normal apabila kesadaran yang cukup. juga dimungkinkan pemberian dosis (a bolus ) dari insulin yang dibutuhkan pada saat makan. Angka di atas 300 mg/dl (15 mmol/l) biasanya membutuhkan perawatan secepatnya dan dapat mengarah ke ketoasidosis.5 mmol/l) untuk mereka yang bermasalah dengan angka yang lebih rendah. perawatan yang tepat. dapat menyebabkan kejang atau seringnya kehilangan kesadaran. Terlepas dari pemberian injeksi pada umumnya. Kebanyakan penderita diabetes tipe 1 memiliki kesehatan dan berat badan yang baik saat penyakit ini mulai dideritanya. Beberapa dokter menyarankan sampai ke 140-150 mg/dl (7-7. diabetes tipe 1 hanya dapat diobati dengan menggunakan insulin. Sampai saat ini diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah. 4-6 mmol/l). Penekanan juga diberikan pada penyesuaian gaya hidup (diet dan olahraga).Jenis Diabetes mellitus tipe 1 Diabetes mellitus tipe 1 — dulu disebut insulin-dependent diabetes (IDDM. Serta dimungkinkan juga untuk pemberian masukan insulin melalui "inhaled powder". dengan pengawasan yang teliti terhadap tingkat glukosa darah melalui alat monitor pengujian darah. Penyebab terbanyak dari kehilangan sel beta pada diabetes tipe 1 adalah kesalahan reaksi autoimunitas yang menghancurkan sel beta pankreas. Angka di atas 200 mg/dl (10 mmol/l) seringkali diikuti dengan rasa tidak nyaman dan buang air kecil yang terlalu sering sehingga menyebabkan dehidrasi. Diabetes tipe ini dapat diderita oleh anak-anak maupun orang dewasa. adalah penggantian insulin. ketosis dan diabetic ketoacidosis bisa menyebabkan koma bahkan bisa mengakibatkan kematian. atau diabetes anak-anak. Selain itu. sensitivitas maupun respons tubuh terhadap insulin umumnya normal pada penderita diabetes tipe ini. yang memungkinkan untuk pemberian masukan insulin 24 jam sehari pada tingkat dosis yang telah ditentukan. Pengobatan dasar diabetes tipe 1. Saat ini. Perawatan diabetes tipe 1 harus berlanjut terus. terutama pada tahap awal. Tanpa insulin.

. awalnya. Suatu cara hidup yang tertib tentang cek glukosa darah direkomendasikan dalam banyak kasus. kesulitan yang menjengkelkan dapat diakibatkan oleh jenis tak ketahuan 2 kencing manis. Pada tahap ini. subcutaneous fat) diketahui sebagai faktor predisposisi terjadinya resistensi terhadap insulin. perawatan dengan lisan [[ antidiabetic drugs .. Kegendutan ditemukan di kira-kira 90% dari pasien dunia dikembangkan mendiagnose dengan jenis 2 kencing manis. Lain faktor boleh meliputi mengeram dan sejarah keluarga.. Pada tahap awal abnormalitas yang paling utama adalah berkurangnya sensitifitas terhadap insulin. tanpa ketoacidotic. sebagai contoh.[ sunting ] Diabetes mellitus tipe 2 Diabetes mellitus tipe 2 — dulu disebut non-insulin-dependent diabetes mellitus (NIDDM. namun obesitas sentral (fat concentrated around the waist in relation to abdominal organs. termasuk kegagalan yang berkenaan dengan ginjal. [Sebagai/Ketika/Sebab] produksi hormon insulin adalah pengobatan pada awalnya tak terhalang.g. namun semakin parah penyakit. dan terapi dengan insulin kadang dibutuhkan. dan lain lain Diabetes Tipe 2 biasanya. paling terutama sekali dan perlu ketika mengambil kebanyakan pengobatan.g. di sekitar 5 kg ( 10 sampai 15 lb). sulfonylureas) dan mengatur pelepasan/release yang tidak sesuai tentang glukosa oleh hati ( dan menipis pembalasan hormon insulin sampai taraf tertentu ( e. bahkan ketika kerugian berat/beban adalah rendah hati. visi merusakkan. thiazolidinediones). diet (umumnya pengurangan asupan karbohidrat ). diobati dengan cara perubahan aktivitas fisik (biasanya peningkatan). hiperglikemia dapat diatas dengan berbagai cara dan Obat Anti Diabetes yang dapat meningkatkan sensitifitas terhadap insulin atau mengurangi produksi glukosa dari hepar. sekresi insulinpun semakin berkurang.g. abdominal gemuk Adalah terutama aktip hormonally. metformin ). Langkah yang berikutnya. Ini dapat memugar kembali kepekaan hormon insulin. Ada beberapa teori yang menyebutkan penyebab pasti dan mekanisme terjadinya resistensi ini. walaupun di dekade yang ter]akhir [itu] telah terus meningkat mulai untuk mempengaruhi anak remaja dan anak-anak. paling terutama ketika itu ada di deposito abdominal yang gemuk. ilmu pengobatan hormon insulin akan jadilah diperlukan untuk memelihara normal atau dekat tingkatan glukosa yang normal.. Bagaimanapun. jika perlu. . Jika ini gagal.. dan lewat pengurangan berat badan .. lisan ( sering yang digunakan di kombinasi) kaleng tetap digunakan untuk meningkatkan produksi hormon insulin ( e. Diabetes tipe 2 boleh pergi tak ketahuan bertahun-tahun dalam suatu pasien [sebelum/di depan] hasil diagnosa [sebagai/ketika] gejala yang kelihatan adalah secara khas lembut atau yang tidak ada. not it seems. dan pada hakekatnya menipis pembalasan hormon insulin ( e. yang ditandai dengan meningkatnya kadar insulin di dalam darah. penyakit yang vaskuler ( termasuk penyakit nadi/jalan utama serangan jantung ). dan dapat sporadis.. mungkin dalam kaitan dengan pengeluaran dari adipokines ( nya suatu kelompok hormon) itu merusak toleransi glukosa. "diabetes yang tidak bergantung pada insulin") — terjadi karena kombinasi dari "kecacatan dalam produksi insulin" dan "resistensi terhadap insulin" atau "berkurangnya sensitifitas terhadap insulin"(adanya defek respon jaringan terhadap insulin)yang melibatkan reseptor insulin di membran sel.

GDM bersifat temporer dan secara penuh bisa perlakukan tetapi. Resiko Fetal/Neonatal yang dihubungkan dengan GDM meliputi keanehan sejak lahir seperti berhubungan dengan jantung. Gejala ini boleh juga menjelma diset dicetak 2 kencing manis di pasien kencing manis siapa adalah dengan kurang baik dikendalikan. boleh menyebabkan permasalahan dengan kehamilan. ginjal akan membuang air tambahan untuk mengencerkan sejumlah besar glukosa yang hilang. Induksi/Pelantikan mungkin ditandai dengan dikurangi placental fungsi. perinatal kematian boleh terjadi. maka glukosa akan sampai ke urine. termasuk macrosomia ( kelahiran yang tinggi menimbang). Terjadi selama kehamilan dan dapat sembuh setelah melahirkan. Karena ginjal menghasilkan air kemih dalam jumlah yang berlebihan. Hyperbilirubinemia boleh diakibatkan oleh pembinasaan sel darah yang merah. tidak diperlakukan. menirukan jenis 2 kencing manis di beberapa pengakuan. GDM melibatkan kombinasi dari kemampuan reaksi dan pengeluaran hormon insulin yang tidak cukup.kan sungguh puasa diset dicetak 1. seperti halnya mengembang. GDM terjadi di sekitar 2–5% dari semua kehamilan. terutama sekali di anak-anak ( bulan atau minggu) tetapi mungkin sulit dipisahkan atau dengan sepenuhnya absen & & mdash. Gejala ini boleh kembang. GDM mungkin dapat merusak kesehatan janin atau ibu. janin mengalami kecacatan dan menderita penyakit jantung sejak lahir. Yang ditingkatkan hormon insulin hal-hal janin boleh menghalangi sindrom kesusahan dan produksi surfactant penyebab hal-hal janin yang berhubung pernapasan. dan [sebagai/ketika/sebab] bentuk cacad otot. Penderita memerlukan pengawasan secara medis sepanjang kehamilan. . Diset dicetak 1 [di/ke] sana boleh juga jadilah kerugian berat/beban ( di samping normal atau yang ditingkatkan makan) dan kelelahan yang tidak dapat diperkecil lagi. seperti bahu dystocia.Gestational Diabetes Mellitus gestational diabetes mellitus. diset dicetak 2. Jika kadar gula darah sampai diatas 160-180 mg/dL. polydipsia (banyak minum) dan polyphagia (banyak makan).kan jauh lebih pelan-pelan & mdash. Di kasus yang menjengkelkan. dan sekitar 20–50% dari wanita penderita GDM bertahan hidup. paling umum sebagai hasil kelimpahan placental yang lemah/miskin dalam kaitan dengan perusakan/pelemahan yang vaskuler. Gejala Tiga serangkai yang klasik tentang gejala kencing manis adalah polyuria (banyak kencing). Gejala awalnya berhubungan dengan efek langsung dari kadar gula darah yang tinggi. sistem nerves yang pusat. Akibat poliuri maka penderita merasakan haus yang berlebihan sehingga banyak minum (polidipsi). Jika kadarnya lebih tinggi lagi. Bagian Cesarean mungkin dilakukan jika ditandai kesusahan hal-hal janin atau suatu ditingkatkan resiko dari luka-luka/kerugian dihubungkan dengan macrosomia. maka penderita sering berkemih dalam jumlah yang banyak (poliuri).

yang bisa menyebabkan kebingungan mental. Tanpa pengobatan. kadang dalam waktu hanya beberapa jam. Penderita diabetes yang kurang terkontrol lebih peka terhadap infeksi. Karena kekurangan insulin yang berat. yang merupakan senyawa kimia beracun yang bisa menyebabkan darah menjadi asam (ketoasidosis). Sebagian besar penderita diabetes tipe II tidak mengalami penurunan berat badan. Gejala awal dari ketoasidosis diabetikum adalah rasa haus dan sering kencing. Jarang terjadi ketoasidosis. terutama pada kaki dan tangan.000 mg/dL. Penderita diabetes tipe II bisa tidak menunjukkan gejala selama beberapa tahun. Meningkatkan sirkulasi darah. ketoasidosis diabetikum bisa berkembang menjadi koma. maka sel-sel ini mengambil energi dari sumber yang lain. muntah. Jika kadar gula darah sangat tinggi (sampai lebih dari 1. Tips ber-olahraga bagi penderita kencing manis / diabetes Olahraga yang teratur dapat mengendalikan risiko diabetes. Gejala lainnya adalah pandangan kabur. Bau nafas penderita tercium seperti bau aseton. . Untuk mengkompensasikan hal ini penderita seringkali merasakan lapar yang luar biasa sehingga banyak makan (polifagi). kejang dan suatu keadaan yang disebut koma hiperglikemik-hiperosmolar nonketotik. biasanya terjadi akibat stres-misalnya infeksi atau obat-obatan). Pada penderita diabetes tipe I. gejalanya timbul secara tiba-tiba dan bisa berkembang dengan cepat ke dalam suatu keadaan yang disebut dengan ketoasidosis diabetikum. penderita mengalami penurunan berat badan. Kadar gula di dalam darah adalah tinggi tetapi karena sebagian besar sel tidak dapat menggunakan gula tanpa insulin. Jika kekurangan insulin semakin parah. maka timbullah gejala yang berupa sering kencing dan haus. mual. pusing. Bahkan setelah mulai menjalani terapi insulin.Sejumlah besar kalori hilang ke dalam air kemih. mual dan berkurangnya ketahanan selama melakukan olah raga. di mana biasanya penderita diabetes memiliki masalah. penderita diabetes tipe I bisa mengalami ketoasidosis jika mereka melewatkan satu kali penyuntikan insulin atau mengalami stres akibat infeksi. maka sebelum menjalani pengobatan penderita diabetes tipe I hampir selalu mengalami penurunan berat badan. Pernafasan menjadi dalam dan cepat karena tubuh berusaha untuk memperbaiki keasaman darah. Sel lemak dipecah dan menghasilkan keton. pusing. maka penderita akan mengalami dehidrasi berat. kecelakaan atau penyakit yang serius. lelah dan nyeri perut (terutama pada anak-anak). Manfaat olahraga bagi penderita diabetes antara lain:Membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh sehingga meningkatkan kemampuan metabolisme sel dalam menyerap dan menyimpan glukosa.

Dan tentunya. Walaupun demikian. sesudah itu dipaparkan akan dicoba membentuk relasinya. menjadi manusia yang bijaksana dan mencapai kualitas hidup secara jasmani dan rohani. pembangunan kesehatan dan tekhnologi kesehatan. Pada hal ini ada 2 dambaan manusia dalam kehidupannya yaitu. Budaya dalam hal ini merupakan seluruh hasil karya yang dihasilkan oleh manusia dan masyarakat sekarang maupun dimasa lampau yang dikumpulkan menjadi suatu kekayaan. Berbicara tentang semua itu tentu saja terkait dengan kebutuhan dan kepentingan serta harapan dari umat manusia. 21 June 2009 05:35:34 GMT Kebudayaan dan Pengembangan Tekhnologi Kesehatan Kebudayaan dan Pengembangan Tekhnologi Kesehatan Tulisan ini akan membahas mengenai istilah-istilah terlebih dahulu. Istilah yang dimaksud di sini ialah. interpretasi budaya lebih banyak lagi varian pengertiannya dan hal tersebut sangat lumrah karena hanya permasalahan pendekatan yang digunakan. Sunday.In: Kesehatan Permalink : diabetes melitus Comments: 0 Viewed 331 times. Lalu sebagaimana biasanya setiap tulisan akan tertulis ringkasan sekaligus kesimpulan atas paparan tulisan. Kebutuhan maupun kepentingan ataupun harapan manusia ini tidak akan terlepas dari aktifitas interaksi sosial untuk . hal tersebutpun lebih baik serta semakin dialektis. kesehatan. budaya. tulisan ini mencoba menggunakan pendekatan yang luas serta dapat terkait dengan istilah yang dimaksukan di atas.

Bila melihat narasi besar sejarah perkembangan dari kehidupan manusia. konsep. proposisi dan lainlainnya guna mewujudkan kebutuhan. Sudah barang tentu orientasinyapun ikut bergeser pada disiplin ilmu kedokteran. Keutamaan hidup manusia adalah. pengertian hal itu merasa perlu lebih diperluas sesuai kebutuhan manusia pemaknaanya. kepentingan serta harapannya. Pemaknaan sehat ataupun kesehatan sekarang ini mengalami redefinisi. otak dan hati . Tidak kalah penting menyelesaikan masalah maupun misteri yang ada.mewujudkannya. aktualisasinya manusia menemukan tekhnologi yang dapat menghasilkan barang dan jasa untuk keseharian hidup manusia. proses kesakitan pada manusia tidak dapat diterangkan secara ilmiah dan selalu dijelaskan melalui pengamatan yang abstrak dan penjelasan spekulasi. penggunaan pendekatan holistik dan pemindahan orientasi dari kaum profesi kemasyarakat menjadi variabel fenomena tersebut. Begitupun hati manusia yang akan menjadi “mahkamah agung” bagi setiap keputusan yang akan diambil oleh manusia. . Dengan otak manusia dapat berpikir dan menghasilkan pengamatan secara obyektif untuk dapat menghasilkan hukum. hidup sehat atau kesehatan yang prima guna menjalankan aktifitasnya. Selain interaksi sosial alat-alat lain yang sangat penting dalam dalam upaya manusia menghasilkan karya-karya yang menghiasi suatu kebudayaan adalah. Kedua alat tersebut memiliki potensi yang sama karena saling mendukung dan saling mempengaruhi fungsionalisasinya pada kehidupan manusia. Mistisisme selalu menjadi hal yang melegitimasi dan justifikasi atas penyakit atau keadaan fisik manusia. Budaya mencipta menjadi peradaban harus melalui proses tersebut. Apa-apa yang dihasilkan otak manusia merupakan abstraksi saja dan masih perlu pengolahan.

Artinya linkungan hidup manusia memiliki keterkaitan dengan kesejahteraan dan kebahagian. Dalam hal ini adalah. Seperti diutarakan di atas tekhnologi ialah. Sedangkan kesejahteraan maupun kebahagian manusia. Bentangan relevansinya atas perubahan orientasi itu adalah. Integralnya kesehatan dalam perkembangan masyarakat yang dibangun mengarah pada sosioekonomi (pembangunan nasional) berharap berakhir kesejahteraan masyarakat. Seorang dokter dalam pada itu mengalami mobilitas sosial dan kaum profesi yang di bawahinya memainkan peran yang sangat dominan. tergantung pada interaksi sosial terhadap lingkungan hidupnya. dari mana orang sakit itu berasal dan kemana orang tersebut setelah sembuh merupakan perhatian dari orientasi ini. maksud tujuannya. sehat atau sakit merupakan bagian dari kebahagian dan kesejahteraan. dokter menjadi penentu atas kehidupan manusia. Fungsi sosial seorang individu terhadap masyarakat dan masyarakat kepada individu adalah. Jelasnya dengan pendekatan yang satu ini sakit merupakan sesuatu yang dapat diukur dan hal yang konkret. upaya pelayanan kesehatan yang bertambah perhatiannya terhadap masyarakat. bentuk reorientasi yang memungkinkan ilmu-ilmu klinik berkembang serta ilmu kedokteran menaruh perhatiannya pada orang sakit dan menetaskan spealisasi.Pada tahun 1850. melalui pengujian laboratorium. penjelmaan pemikiran-pemikiran yang abstrak dari otak manusia. eksesnya terhadap lingkungan sosial. Aktualisasi melalui tekhnologi sangat diperlukan guna . Titik tolaknya karena kesehatan dianggap terpaut dengan segala aspek kehidupan. Dengan perubahan orientasi yang sudah menjadi realitas ini. yang merupakan aktualisasi atau manifestasi harapan manusia. Orientasi terus mengalir pada tingkatan public health. seorang ilmuwan menemukan kuman tuberkulosa oleh Robert Koch sebagai penyebab penyakit dan pengobatan pencegahan penyakit dengan vaksin cacar yang diketemukan oleh Jenner. Hal tersebut memperkenalkan metode penelitian ilmiah.

Oleh karenanya pemecahan masalah tersebut akan sangat ditentukan oleh gaya hidup. kesehatan merupakan bagian dari kesejahteraan dan dengan demikian mencakup setiap aspek kehidupan manusia. Nampaknya dapatlah diambil suatu perspektif tentang “kebijaksanaan” secara umum ialah. Tekhnologi medis berguna untuk mengatasi masalah kedokteran. Masalah kesehatan dengan masalah kedokteran yang sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Jelaslah bahwa tekhnologi memiliki kaitan dengan lingkungan hidup serta budaya setempat. . Ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang mengembang pesat memungkinkan manusia untuk memilih atau mendapat penawaran menyelesaikan masalah pengobatan dalam pelayanan kesehatan. Sebagai ulasan penutup.mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah. masalah yang dapat disebut universal dan demikian pula cara pemecahan masalah tersebut. perhitungan apakah tekhnologi modern atau tekhnologi tradisional yang akan dikonsumsi adalah. Jelas tiada pilihan yang unggul atas keadaan ini karena pengembangan tekhnologi kesehatan sangat dipengaruhi oleh sikap tenaga kerja kesehatan dan kebutuhan serta permintaan manusia dan masyarakat. Walaupun. Berbicara tekhnologi kesehatan dapat dibagi menjadi tekhnologi negara maju (modern) dan tekhnologi negara Indonesia (tradisional). Juga ada batasan antara tekhnologi kedokteran (medis) dan tekhnologi kesehatan. linkungan hidup dan lingkungan budaya. masalah manusia dan mencakup berbagai aspek kehidupan manusia. mencari perimbangan antara berbagai macam teknologi yang berkembang dewasa ini. adanya perbedaan antara 2 hal tersebut. pertanyaan besar. Dalam hambatan yang jelas terlihat terletak pada tenaga kerja kesehatan dengan nilai-nilai yang memarjinalkan atau mensub-ordinasikan tekhnologi tradisional dalam bidang kesehatan. Masalah kesehatan ialah.

pengeringan. 1. Harus mempersiapkan skema supaya order yang dicuci tidak tertukar. Pisahkan antara pakaian yang belum dicuci dengan yang sudah dicuci. proses pencucian dan penyerahan order kepada pelanggan. langsung diikat agar pakaian tidak tumpah. Jumlah label harus sesuai dengan jumlah baju setiap notanya. Proses pencucian. 2010 in niaga | Tags: bisnis laundry. pencucian. Tahap pengumpulan. Gunakan spidol tahan air untuk menandai potongan kain keras (label) sesuai dengan nomor notanya. Jika baju kotor yang dibawa konsumen menggunakan kantong plastik. Order cucian tidak boleh tertukar satu sama lain. Tag pin adalah isi tag gun yang terbuat dari plastik sebesar lidi. Setiap baju ditandai dengan alat yang disebut <i>tag gun</i> yang sudah di isi dengan <i>tag pin</i> dan kain keras. . perendaman dalam pelembut dan pewangi pakaian. e. Tembakkan <i>tag gun</i> 2 kali ke setiap baju untuk menghindari putusnya tag pin akibat putaran mesin cuci. Penerimaan order. Prosedur operasional laundry kiloan terdiri dari penerimaan order.Prosedur Operasional Standar Laundry Kiloan Agustus 2. standar operasional bisnis laundry. Label adalah tanda untuk pakaian yang dicuci. b. Pembuatan label. 3. Dalam menerima order harus mengikuti langkah-langkah berikut : a. Tag gun berbentuk seperti pistol dengan ujung jarum. Tag pin biasanya digunakan untuk label harga pada bajubaju baru. Oleh karena itu dibuat label atau tanda untuk pakaian yang dicuci. tapi saya tulis lagi di blog ini supaya lebih dapat membantu teman-teman yang ingin memulai usaha rumah cuci laundry kiloan. Ada beberapa tahap pencucian yaitu tahap pengumpulan. c. pembuatan label. 2. urutan prosedur cuci laundry Tulisan ini saya tulis di Shvoong sebelumnya. Salah satu cara memberi label adalah dengan menggunakan alat yang disebut tag gun yang sudah diisi dengan tag pin dan kain keras. d. Order dari pelanggan langsung ditimbang dan dibuatkan nota penerimaan order. a. pemilahan. penyetrikaan dan pengepakan atau finishing.

Perendaman biasanya dilakukan antara 3 – 5 menit. Lakukan pembersihan akhir ini dengan menggunakan air hangat selama 3 – 5 menit. Tahap pencucian. Untuk efisiensi. Biasanya tahapan ini memerlukan waktu antara 2 – 12 menit. bisa jadi perendaman dilakukan lebih dari satu kali. Berdasarkan jenis kain (serat dan warna). misal keruh. Tingkat air yang tinggi selama penyucian juga mampu menghindarkan kerusakan kain jenis ini. Sedangkan jenis dengan kotoran ringan dan sedang hanya diproses secara singkat. umumnya wol dan sutra. sarung bantal. bergantung jenis dan ketebalan kain. Linen yang berwarna dipisahkan untuk menghindari kelunturan. Beberapa tehnik penyucian yang bisa dilakukan adalah : • • • • Perendaman. Pembersihan akhir. Pemerasan. Jika kotoran pada pakaian masuk ke dalam kategori berat. Proses menghilangkan noda (bleaching) dilakukan selama 8 – 10 menit. dan lainlain. Pemerasan dilakukan untuk mengurangi kadar air di pakaian sebelum akhirnya memasuki proses pengeringan. Pakaian dengan tingkat kotoran yang tinggi (sangat kotor) harus dipisahkan karena memerlukan proses khusus agar mendapatkan hasil yang optimal. Pembilasan awal dilakukan untuk menurunkan suhu dan kadar deterjen. Umumnya dilakukan selama 8 – 15 menit. sedangkan sprei. Panduan pemilahan berdasarkan kategori berikut : • • • Berdasarkan jenis kotoran. Pembersihan akhir dilakukan untuk perawatan kain agar tidak cepat rusak atau warnanya cepat pudar. Perendaman pakaian bisa juga dilakukan dengan sabun atau deterjen. Namun perlakuan ini biasanya dilakukan pada pakaian untuk noda yang membandel. Tahap pemilahan. Misalnya handuk dikeringkan dengan mesin pengering. Tahap ini merupakan tahap pencucian yang sebenarnya. Sebab perendaman ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang larut dalam air. Pembilasan dilakukan 2 atau 3 kali. Jenis kain tenun memerlukan tingkat air yang tinggi untuk menghindari kerusakan. bau. penyortiran berdasarkan pengeringan perlu dilakukan. Tips Mengenai Air Air yang digunakan untuk mencuci terkadang bermasalah.b. c. Berdasarkan proses (sesuai alat yang digunakan). Beberapa alternatif solusi mengatasinya adalah sebagai berikut. selain untuk mendapatkan suhu yg pas sebelum dilakukan penyabunan. Penyortiran berdasarkan jenis kain penting karena ada beberapa jenis kain yang sensitif. serta taplak meja dikeringkan dengan setrika khusus (steamer). . Penyucian dengan deterjen dan suhu rendah akan membantu jenis kain ini awet. Kain yang berwarna putih sudah pasti harus dipisah dari kain yang berwarna untuk menghindari lunturnya pakaian berwarna ke pakaian putih. bergantung kotoran yang masih menempel pada pakaian. Penyabunan.

Jumlah pewangi dan pelembut pakaian yang dipakai umumnya adalah 30ml dicampurkan dengan 10 liter air. Jika masalah air terletak pada kesadahan air. Solusinya. Selain itu warna pakaian berbahan linen bisa berubah pucat. menurunkan efisiensi deterjen dan sabun. maka proses penyucian harus di ulang kembali sampai bahan tersebut bersih. Jika noda yang ditinggalkan di pakaian masih belum hilang juga. Pada beberapa laundry yang tidak menggunakan pewangi dan pelembut. f. dan jam masuk. Perbedaan jenis pakaian membuat proses pengeringan menjadi berbeda-beda. Tahap perendaman ini biasanya bersatu dengan tahap pencucian. Tahap pengeringan. tanggal. Tahap penyetrikaan. Untuk pengepakan sekitar 1 -3 menit saja. Namun ada beberapa pakaian yang setelah dikeringkan dengan pengering masih harus dijemur atau diangin-anginkan. noda yang masih tertinggal bisa segera dipisahkan. maka solusinya adalah menambahkan jumlah deterjen dan kondisioner pada air sabun. Jadi tidak berdasarkan jumlah kilogram cucian. misalnya hari. harus mencari air dengan kadar zat besi rendah. pakaian kering terlebih dahulu disetrika. air yang disemprotkan biasanya dicampur dengan pewangi dan pelembut. Perendaman bisa dilakukan selama 10 – 15 menit. Tahap pengeringan pakaian dilakukan dengan menggunakan mesin pengering. maka bisa membersihkan noda tersebut dengan cara membilas kembali pakaian yang dideteksi bernoda dengan air yang telah disaring. karyawan bisa menyeleksi hasil cucian karena secara detil. Pada saat penyetrikaan. pakaian tersebut dapat langsung disetrika. Setelah kering. h. Tahap pengepakan atau finishing.• • • • Jika tiba-tiba air yang digunakan keruh atau berbau sehingga meninggalkan noda di baju atau bau yang tidak hilang walaupun telah menggunakan pewangi pakaian. gunakan cairan asam dan pelembut secara terpisah sehingga konsentrasi keasaman dapat meningkat. Pengepakan standar yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan plastik transparan dengan kapasitas maksimal 5 kg. Kesadahan air yaitu sifat air yang menyebabkan pembentukan sisa yang tidak larut ketika pakaian disabuni. Tahap pemberian pewangi dan pelembut pakaian. hasil pengepakan tadi diletakkan pada rak. Bukti penomoran yang tertera pada kuitansi atau bukti pencucian bisa menjadi patokan. Untuk mempercepat penyetrikaan dan pakaian tidak kusut digunakan semprotan air. i. serta menurunkan efisiensi panas. Jika air mengandung zat besi yang tinggi maka akan menyebabkan pakaian berwarna kekuning-kuningan dan akan sulit dihilangkan. Sifat air semacam ini bisa mengakibatkan pengapuran (residu putih) pada pakaian. Pada tahap pemutihan. Waktu yang digunakan untuk satu potong pakaian sekitar 2 – 3 menit. lalu dikemas. menyumbat saluran pembilas dan saluran air. serta menyebabkan noda pada bahan. Setelah dikemas. g. Pengepakan yang dimaksud disini adalah bagaimana supaya pengemasan hasil cucian saat dikembalikan kepada pelanggan dalam keadaan rapi. . Sebelum akhirnya dilipat dan dibungkus.

4. Setelah rapi. . Karena pada tahap inilah kepuasan dan kenyamanan pelanggan akan tersempurnakan. catat produk dalam nota keluar barang. Tips penyerahan order cucian • • • • • Pastikan bahwa kondisi cucian sudah selesai. Penyerahan cucian kepada pelanggan bisa dikatakan sebagai finishing touch. Pastikan tidak ada order yang tertukar. Hal ini juga tidak kalah penting dengan tahap-tahap sebelumnya. Bahkan. artinya kondisi produk yang di laundry sudah kembali siap pakai. jangan sampai ada yang tertinggal. Karena kesan terakhir sama penting dengan kesan pertama. jika terjadi keteledoran sedikit bisa membuat jasa laundry akan tidak dipercaya lagi oleh pelanggan. Jangan lupa bersikap ramah dan menghadiahkan senyum manis untuk pelanggan lengkap dengan kata perpisahan “Kami tunggu kedatangan Anda kembali”. Usahakan semuanya dikerjakan tepat waktu. Pisahkan produk yang siap keluar atau siap diantar lengkap dengan notaya dalam satu rak khusus. Cek kembali antara nota masuk barang dengan nota keluar barang. Penyerahan order ke pelanggan. Suka Be the first to like this post.

comPesan Instant : .hagamed@gmail. Andre Bayu[Pemasaran]Alamat : Jln.Nama : Tn. Kran Raya No 5 Kemayoran Jakarta Pusat Jakarta Pusat 10610 Jakarta IndonesiaTelepon : +62-21-4241599Telepon Seluler : +62-81282887569Fax : 62-21-4241499Email : pt.

Industri. Ini berbagai segmen penatu industri mungkin (adalah) dengan luas diuraikan sebagai berikut: 1. • Pusat Pelayanan kesehatan umum. RUMAH SAKIT Laundry Rumah sakit beroperasi / melayani cucian yang meliputi: • Hospitals-Private. • Barang Keselamatan Leather/plastic yang mencakup sarung tangan. Komersial. Sarung tangan. Laundry komersial juga biasanya melayani “DRY CLEANING” 3. helm. E. • Rumah Makan. Seragam. • Institusi Kesehatan Mental. debu mengendalikan keset. • Kain Tetesan pelukis. Celemek. Toko eceran. Supermarket. • Klinik. • Pengiriman dan pengangkutan. • Kantor. Produk yang dilayani meliputi: • Pakaian pelindung. • Seragam operasi. INDUSTRIAL Laundry industrial beroperasi sektor swasta dan tekstil yang menangani cucian seperti: • Pabrik-Pabrik dan sumber industri lain. • Pusat pelayanan. Produk yang diproses biasanya meliputi berbagai material yang mencakup: • Linen Bangsal umum. • Jasa mengenai gigi. • Kebutuhan Rumah sakit yang khusus. • Panti Jompo / Rumah Sakit / Klinik. taplak meja dan napkin serta Pakaian pribadi. KOMERSIAL Laundry komersial beroperasi sektor swasta dengan menanganin cucian seperti: • Hotels/Motels. debu mengendalikan kain pel dan kain. rolling towel (handuk untuk lap). Baju kerja. • Jasa Perawatan anak • Panti Jompo. Produk yang dilayani meliputi: Sprei dan sarung bantal. Rumah Sakit.Tentang Laundry (2). Suatu segmen [yang] tambahan industri yang [dicakup/tutup] oleh Standard ini meliputi penatu yang diaktifkan dengan koin [itu]. kelembagaan dan on-premises. • Domestik Atau Umum. Industri Laundry dapat dibagi menjadi Enam segmen utama. Selimut. 2. Publik dan memperluas fasilitas kepedulian.G. alas kasur (Bed Pad). Handuk. . • Lapisan tempat duduk [Kereta/Mobil] • Kain lap/kain untuk pengepelan lantai.

2010 8:22 PM said. KELEMBAGAAN Penatu kelembagaan beroperasi area seperti institusi sistem. 1 comments: KILOPERMATA . Laundry ini menyediakan suatu [jasa / layanan] untuk penggunaan internal mereka sendiri. • Pakaian pasien pribadi. terutama karena alasan praktis. is a substance which is a type of detergent (cleaning agent) that is added when one is washing laundry to aid in getting the laundry cleaner. environmentally friendly detergents have experienced a surge in popularity. Berbeda dengan laundry satuan. Produk yang dilayani boleh meliputi materi itu terdapat di ‘ komersil’ dan’ rumah sakit’ 5. LAUNDRY DETERGENT (by WIKIPEDIA) Laundry detergent. katagori ini biasanya dijalankan oleh perorangan atau instansi kecil seperti apartemen. laundry kiloan baju yang akan dicuci akan ditimbang per kg. Kini hadir Laundry kiloan yang menjadi solusi untuk urusan mencuci baju. but the use of liquid laundry detergents has gradually increased over the years. Recently. Industri. harga juga dihitung per kg. Laundry detergent has traditionally been a powdered or granular solid. Rumah merawat / menyusu.• Organisir seragam. tahanan rumah dan institusi kesehatan mental. detergent bars are more popular.1kg baju terdiri dari beberapa baju (4-5pc baju orang dewasa)tergantung dari jenis bahan . so as to eliminate the need to measure soap for each load of laundry. In some countries where washing clothes by hand is more popular. salah satunya urusan mencuci baju yang cukup menyita waktu dan tenaga terutama bagi para ibu bekerja yang sehari-harinya sudah capek bekerja di luar rumah. rumah susun. Some brands also manufacture laundry soap in tablets and dissolvable packets. 4. mall mall. or washing powder.. 6. ON-PREMISES (Instansi Pribadi) On-Premises laundry yang biasanya beroperasi hotel/motel tersendiri. and the popularity of liquid detergent now rivals that of solid detergent.. dan rumah sakit pribadi dan industri pabrik. Semua orang mencari kemudahan terutama dalam hal urusan kebersihan. Tips memilih laundry kiloan Tentang Laundry Kiloan Kini mulai banyak di jakarta seiring dengan bergesernya gaya hidup. LAUNDRY KOIN Laundry diaktifkan dengan koin adalah berbeda dengan segmen diatas.LAUNDRY KILO-AN on January 10. • Pakaian pasien.

biasanya memang ramai.Kemudian. Harga laundry kiloan bervariasi. apakah cukup ramah? prosesnya.dan berat masing2. 6. apa cukup bersih? pelayanannya.com/ . Privacy anda:Pemisahan cucian per pelanggan. Survei beberapa tempat dan bandingkan dengan bijaksana. Bandingkan Harga dan hasil cuci 4. Perhatikan: tempatnya. tambahan pewangi/softener(bila ingin lebih wangi lagi).namun hasilnya belum tentu maksimal.Rp 10. bila pelanggan setuju maka akan dikerjakan. kilopermata@gmail. 6. Lokasi dekat dengan rumah tinggal 2.berapa hari selesai? 3.(021) 93006814 http://kilopermata.Contoh umum : pemakaian hanger (bila baju ingin digantung). dilipat dan dikemas dalam kemasan plastik. pisah warna (terutama warna putih). -by.pisahkan juga baju yg luntur. aju yang sudah dicuci.blogspot. Jangan terkecoh dengan harga murah.comph.biaya2 ini berupa pilihan. di jakarta harga mulai dari Rp 6000 . perhatikan biaya2 tambahan diluar harga per kg. Tips memilih laundry kiloan: 1. 5.000/ kg dengan varian service/ pelayanan yang berbeda-beda. pembersihan noda dilokasi tertentu.

July 18th 2010. oleh sebab itu proses pencucian hingga distribusi ke outlet harus di pastikan sesuai dengan standar yang ditentukan. cara penyimpanan linen yang baik dan parstock linen yang cukup dapat memperlancar proses distribusi linen. Apabila hotel tidak mempunyai linen cute.Published By Darnius Tarigan On Sunday. selain itu juga mempermudah penyesuaian formula progam mesin laundry. Dalam kegiatan sirkulasi linen. Pemisahan ini bertujuan untuk efesiensi dan efektifitas proses pencucian untuk hasil yang lebih baik. Oleh sebab itu. maka linen kotor itu di simpan dalam pantry. Pemisahan linen kotor Pemisahan linen kotor dilakukan berdasarkan jenis dan tingkat kekotoran linen. ruang pertemuan dan outlet lainnya. restoran. Jika berat yang dicuci lebih kecil dari kapasitas mesin maka biaya pencucian menjadi lebih besar. setelah kantong penuh maka linen kotor tersebut dikirim ke laundry melalui linen cute. semakin banyak room attendant membersihkan kamar maka semakin banyak linen yang kotor dikumpulkan pada kantong trolley. Kelancaran sirkulasi linen menentukan kelancaran operasional setiap outlet. formula program merupakan pengatur penggunaan chemical dari dispenser ke mesin laundry secara automatis menurut jenis linen dan tingkat kekotoran yang diprogramkan. selanjutnya linen runner akan mengambil dan membawa ke laundry area. Adapun sirkulasi dasar dari proses pencucian linen adalah : • • • Pengumpulan linen kotor Room attendant mengumpulkan linen-linen kotor pada kantong trolley setelah membersihkan kamar tamu. bila sebaliknya maka dapat merusak mesin terutama pada • . Proses Pencucian Setelah linen-linen dipisahkan. maka proses selanjutnya adalah memasukkan linen itu ke mesin untuk proses pencucian. kelancaran pengiriman linen yang kotor ke luandry atau pengiriman dari laundry ke linen room sangat menentukan cepat lambatnya distribusi linen-linen ke setiap outlet. Operasi mesin cuci harus optimal dengan cara menyeimbangkan berat yang dicuci sama dengan kapasitas mesin. Under Linen Tags: Linen Linen room section adalah section yang bertanggung jawab terhadap pengadaan dan pergantian linen untuk keperluan kamar tamu.

Distribusi linen ini disesuaikan dengan jumlah permintaan pada linen requisition form yang ditulis oleh floor supervisor. Pengaturan program yang benar juga harus disesuaikan dengan jenis linen yang dicuci. Proses serah terima ini harus dicatat dengan benar. ironing dan folding. Finishing Proses finishing termasuk drying. Enjoy Reading This Article? SHA . Storing Linen-linen yang sudah melalui proses folding akan diserahkan ke linen store untuk disimpan sementara sebelum linen itu didistribusikan kembali ke area (floor pantry). karena pencatatan itu dapat dijadikan sebagai data pendukung saat melakukan inventoy bulanan bagi administrasi laundry maupun linen store. linen yang tersimpan sementara di gudang akan didistribusikan kembali ke floor pantry oleh linen runner sesuai dengan jumlah yang ditentukan.SIRKULASI LINEN • • • • bearing dan motor. Transfer linen ke area Untuk kebutuhan linen bersih di kamar tamu. Proses drying ini dilakukan pada towels sedangkan linen lainnya langsung di setrika melalui mesin ironing(mangler) kemudian dilipat berdasrkan jenis dan ukuran masing-masing linens.

Sistem Informasi Majanejemen Rumah Sakit :: MODUL BINATU/LAUNDRY (ISS) * Standarisasi Linen * Pengadaan Linen * Kartu Inventarisasi Linen per Ruang (KIL) * Distribusi Linen Kotor * Distribusi Linen Bersih * Mutasi Penghapusan Barang * Mutasi Penyewaan Linen * Mutasi Laundry Non Pasien * Mutasi Master Barang * Laporan Inventaris per Bagian * Laporan Pendapatan Sewa Linen * Laporan Status Barang Linen * Laporan Kerusakan Barang Linen .

INDUSTRI. harga nego 4. Wear Pack. Super Rapi. Bed Cover. Delivery on Schedule 11. hasil kurang puas = gratis laundry ulang 12. rumah. pabrik. Detergen Ramah Lingkungan 10. Hotline : www.KERJASAMA LAUNDRY UNTUK HOTEL. Seprei. SALON&SPA. Friendly & Professional Customer Care 5. RESTORAN. RUSUN. RUMAH SAKIT&KLINIK.laundryindonesia. Chemical Penghilang Noda Terbaik dll 7. Washing Care Label 8. INSTANSI. Taplak Meja. harga kompetitif PALING MENARIK 2. Virtrage.. kualitas TERBAIK! 3. KOST-KOST AN. Super Wangi 6.. Steam Ironer. APARTEMEN. SALON&SPA. KOST-KOST AN.. Garansi Kepuasan Pelanggan. INSTANSI. Front Load Washer Extractor. INDUSTRI. APARTEMEN. Dilengkapi Mesin2 Laundry Modern Terbaik. PERUSAHAAN. CATERING. Towel. laundry. RESTORAN. Semua jenis linen Laundry Linen Bed Sheet. ASRAMA.. PERUSAHAAN. Sepatu. sakit . Sarung Tangan. Tumble Dryer. REAL ESTATE&PERUMAHAN. Semua jenis textile.SUPER WASH Laundry menawarkan kerjasama LAUNDRY KILOAN & DRY CLEANING baik Order Besar maupun Order dalam jumlah Kecil untuk LAUNDRY : HOTEL. ASRAMA. Napkin. 1001 Keuntungan be-Kerjasama dengan Super Wash Laundry : 1. Uniform dll. CATERING. Cepat & Tepat Waktu. REAL ESTATE&PERUMAHAN. Selimut.com 08787-706-8777 / 021-91245598 Dikirim oleh: Andrew | Kunjungi Website Terdapat pada: Kesehatan. PABRIK.Semua jenis pakaian. Super Bersih. RUMAH SAKIT&KLINIK. dan. Gordyn. Siap melayani kontrak eksklusif. dan masih banyak keuntungan lainnya Segera hubungi kami. PABRIK. High Quality Standard Procedure Laundry for Linen Hotel & Hospital 9. RUSUN.