Belajar Membuat Neon Box

Peralatan utama yang dibutuhkan sama dengan peralatan untuk membuat papan nama. Neon Box yaitu neon yang diletakkan dalam sebuah box, berbentuk kotak atau lonjong. Ada neon box yang 1 muka (bagian yang satunya ditutup dengan menggunakan seng/aluminium) dan ada pula yang 2 muka tergantung pesanan. Harganya cukup mahal karena prosesnya yang rumit dan juga bahan-bahan yang digunakan mahal. Ada 3 jenis model neon box, yaitu : spray/semprot, stiker dan printing (yang sekarang paling banyak digunakan). Neon box model spray yaitu dengan memakai bahan acrylic bening yang disemprot terbalik/mirror karena acrylic yang kita cat posisinya berada didalam box. Neon box model stiker yaitu memakai acrylic putih susu yang diberi stiker yang biasa dipakai untuk motor atau juga bisa dengan model stiker printing. Neon box model printing yaitu memakai bahan printing atau orang biasa menyebutnya dengan Backlite. Backlite ada yang 1 muka dan ada juga yang 2 muka. Menurut kami backlite yang 2 muka lebih baik karena cahaya yang dihasilkan akan lebih terlihat sempurna. Ukuran acrylic ada dua macam, yaitu : kecil ( 98 x 183 cm) dan besar (120 x 240 cm) dan tebalnya mulai dari 0,1mm, 0,2mm, dst. Kita boleh membelinya dengan ukuran ½ atau ¼ nya.

Belajar Afdruk/Film Sablon
Langkah pertama yang kita lakukan dalam belajar mengafdruk/membuat film sablon yaitu membersihkan screen. Setelah bersih dan kering oleskan obat afdruk (misalnya : Ulano 133) dengan merata keseluruh bagian screen, kemudian keringkan menggunakan hairdryer kira kira 1 menit. Setelah itu tempelkan desainnya (dalam bentuk print laser dikertas kalkir atau bila menggunakan kertas HVS pada bagian belakang dioles dengan minyak goreng dulu) kemudian tutup menggunakan kaca tebal 5 mm. Pada bagian sebaliknya(bawahnya) diberi busa seukuran screen dan tutup menggunakan triplek kayu. Jemur dibawah sinar matahari lebih kurang 5 menit, setelah itu guyur dengan air. Semprot menggunakan spray berisi air sampai benar benar berlubang, guyur lagi dengan air. Dan jemur hingga kering. Tips : 1. Gunakan printer laser atau fotocopy laser untuk hasil afdruk yang maksimal. 2. Jangan terlalu lama menjemur dibawah sinar matahari karena bila terlalu lama akan terlalu keras dan tidak bisa berlubang bila disemprot. Catatan : Sablon spanduk tidak perlu mengafdruk bila hanya dalam bentuk tulisan, kita menggunakan kertas dengan teknik cuter. Hal ini dilakukan supaya biaya operasionalnya tidak mahal.

Belajar Sablon >> Sablon Stiker
Peralatan dan bahan yg digunakan dalam belajar sablon stiker : - Screen T 160, T 180 - Cat (jenis coat)

siker kertas. Afdruk /membuat film Campur cat (fastday atau rubber) Bagian tepi screen ditutup isolasi (maksudnya agar cat tidak bocor) Triplek kayu diberi lem lalu tempel kain yg akan disablon Tempel screen kebagian yg akan disablon Tuang cat ke screen Ratakan cat keseluruh permukaan screen sampai benar-benar merata Tekan rakel dari atas kebawah (untuk fastday cukup sekali. 4. screen yang digunakan yaitu ukuran T 60 (maksudnya yaitu dalam setiap cm2 terdapat 60 lobang) Caranya yaitu: 1.. bersihkan minyak dengan kain dan coba dulu dibahan yang tidak terpakai. bersihkan dulu bagian screen yg akan disablon menggunakan minyak. 2. lalu kita atur posisi kertas stiker tepat ditengah Sisi kanan dan bawah kertas stiker kita beri potongan stiker sebagai pembatas (usahakan pembatas stiker ini pada bagian tengahnya jangan dilepas penutup stikernya) Setelah semua siap. 8. 6.6 mm . dan jemur kain yang telah disablon Membuat Letter Timbul Peralatan utama yang diperlukan dalam membuat Reklame Letter Timbul : -Alat patri -Gergaji emas -Plat 0. sedang untuk rubber sampai 3x) 9. 7. Dalam belajar sablon kain.Minyak M3 . Belajar Sablon Kain Sablon kain dikategorikan sebagi sablon berbasis air karena untuk membersihkan cat menggunakan air. 5. 3. stiker vinil) Cara sablon stiker: • • • • • • • • • • Pertama tama kita buat afdruk/filmnya Pasang screen diengsel Oles cat secukupnya dan larutkan dengan minyak kemudian aduk hingga merata Ratakan cat kebagian yang akan disablon dengan arah kekiri-kekanan (keataskebawah) Sablon kaca dengan arah kekiri kekanan (kebawah-keatas) dengan screen agak mengambang Letakkan kertas stiker yang telah dipotong-potong sesuai ukuran (ukuran kertas usahakan lebih besar 1 cm dari ukuran desain) Hidupkan neon yg telah kita pasang dibawah meja sablon Akan terlihat bekas sablon dikaca. Bila sudah bagus baru kita sablon dibahan stiker.Kertas stiker (stiker transparan. Angkat screen dengan hati-hati.

Maksud memberi outline yaitu agar hasil sablonan nantinya tidak terlihat warna putih diantara font dengan background.Potong plat yang sudah dimaal menggunakan gergaji emas . Ada lagi dua macam reklame letter timbul : . .Dari bahan kuningan Belajar Desain Sablon Stiker Dalam Belajar Desain Sablon Stiker yang paling mudah adalah dengan menggunakan program CorelDraw.Buat maal menggunakan karton tipis .Dari bahan baja putih .Sambung plat yang sudah terpotong menjadi huruf yang kita inginkan menggunakan alat patri . Beri outline font kuning (misalnya : 2 point).Amplas dan kemudian dicat Contoh diatas adalah reklame letter timbul dari bahan plat. misalnya Pisahkan warnanya menjadi 2 bagian yaitu font kuning dan backgroun hitam. Untuk warna yang lebih gelap biarkan apa adanya.Pengerjaan : . Untuk mendesain 2 warna atau lebih maka yang perlu diperhatikan adalah memberikan outline pada warna yang lebih muda.

baik itu berbentuk kotak atau melengkung.Langkah selanjutnya yaitu kedua bagian diprint laser menggunakan kertas kalkir dengan hasil print out hitam semua. cara belajar menghapus afdruk sablon. Setelah bersih oleskan remover dan tunggu sekitar 30 detik. kemudian guyur menggunakan air.5 cm. yaitu : • • • Bersihkan screen dan tinta sablon (bersihkan dengan air untuk screen berbasis air dan bersihkan dengan minyak sablon untuk screen berbasis minyak) Ambil potongan kain. 2. kemudian semprotkan cat dasar. 3x3 cm dan panjangnya 6 meter. Setelah itu kita alas sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.5x2. kemudian baru diafdruk. Gunakan kertas . Amplas lagi dengan menggunakan amplas yang lebih halus. Belajar Sablon >> Menghapus Afdruk Setelah kita berhasil membuat afdruk. Selain obat remover bisa juga menggunakan air kaporit. Ukuran besi stall yang biasa digunakan yaitu : 2x2 cm. tunggu hingga kering dan semprotkan warna dasar. Kita pasang plat seng/aluminium dengan menggunakan paku rifet dengan terlebih dahulu membuat lobang dengan bor. Sambil menunggu warna dasar agar benar-benar kering. kita buat maal tulisannya. maka kita juga harus dapat menghapus afdruk sablon. Amplas bagian yang akan dicat. Tips : usahakan setelah selesai menyablon bersihkan screen dari tinta agar memudahkan dalam menghapus afdruk Membuat Papan Nama Alat utama yang diperlukan : • • • • • Kompresor Sprayer Las Tang Rifet Paku Rifet Hal pertama dalam pembuatan papan nama adalah pembelian besi stall. oleskan sabun colek dan beri minyak sablon (utk screen berbasis minyak) kemudian gosok kedua bagian screen secara bersamaan. Untuk hasil yang maksimal gunakanlah tiner yang bagus.

terlebih dahulu kita harus mengetahui 5 prinsip penting proses belajar cetak. Dibawah ini adalah contoh dari template untuk nota : . 1.Marga untuk membuat maalnya. jenis font/huruf dan kalimat yang dihasilkan merupakan tanggung jawab dari seorang desain grafis. Untuk papan nama jenis printing ini hanya untuk masa pemakaian kurang dari 1 tahun. poster dan sebagainya. Bila tidak ada minyak tanah kita gunakan bensin tapi harus dengan hati-hati supaya catnya tidak ikut hilang. Bila masih ada lem yang tertinggal dipapan nama kita hilangkan menggunakan minyak tanah. Mungkin anda akan bertanya. sekarang ini banyak papan nama yang menggunakan media out door print sebagai ganti dari cat/spray. Bersihkan lagi dengan menggunakan kain yang bersih untuk menghilangkan minyak tanah/bensin. Setting/desain 2. Setelah maal selesai. misalnya brosur. Dengan adanya digital printing. karena setelah itu warnanya akan pudar dan lama-lama hilang. flyer. Bahan 4. “ Bagaimana bila kita tidak bisa mendesain?”. Lebih lanjut akan kami jelaskan satu persatu tentang kelima hal tersebut diatas. Dengan menguasai kelima prinsip ini para pengusaha percetakan dapat menjalankan usahanya dengan sukses. leaflet. Setting/desain Desain merupakan proses pracetak yang sangat penting karena isi dari suatu cetakan baik itu warna. Tunggu hingga agak kering kemudian tempelkan ke papan nama dan semprotkan cat sesuai dengan warna yang kita inginkan. oleskan/semprot bagian bawahnya yang halus dengan menggunakan lem (biasanya kami menggunakan lem kaos yang dapat dibeli ditoko sablon). kita bisa memperkerjakan seseorang atau kita bisa ketempat desain center yang ada dikota anda. maka kita akan dapat menentukan berapa harga sebuah cetakan. Dengan kelima prinsip diatas pulalah para pengusaha menentukan harga untuk berbagai cetakan dengan mengambil keuntungan minimal 20 %. Film 3. tunggu sebentar dan lepas maalnya. Kita tidak perlu mendesain sendiri. Setelah kita semprot cat. yaitu : 1. Belajar Cetak | Dasar Cetak Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam belajar cetak. Finishing Dengan mengetahui dan menguasai kelima hal tersebut diatas. kita harus mencampurnya dengan sedikit warna putih agar hasil semprotan dapat merata. karena pengerjaannya lebih murah dan mudah serta cepat. Untuk warna cat dark blue. Proses cetak 5.

he. Harganyapun bervariasi mulai dari Rp. Hasil cetakan akan rusak dan kita tinggal memasukkannya dikarung dan menimbangnya ada berapa kilo … he. sedang untuk jumlah yang banyak menggunakan seng plate yang lebih tahan lama.. Ada 2 macam film dalam proses cetak. Kita buat negative film ditempat-tempat yang memiliki fasilitas ini. Dalam prose seng plate kita terlebih dahulu membuat negative filmnya sebelum menjadikan positivenya pada seng plate.2. Karena bila sudah terlanjur dicetak kita akan mengalami kerugian yang besar. . apakah ada font/huruf yang hilang atau ada yang rusak filmnya. Dan perlu diingat. 11/cm2 sampai dengan Rp. Paper plate umumnya digunakan untuk cetakan dalam jumlah sedikit (1-5 rim). yaitu paper plate (dari bahan kertas) dan seng plate (dari bahan seng/aluminium). Film Film merupakan maal atau alat yang digunakan untuk mencetak dengan memasangnya pada mesin cetak. 17/cm2 tergantung dari tempatnya. kita harus mengecek dengan teliti negative filmnya sebelum kita proses lebih lanjut.

NCR. kop surat. jadi broker gitu lho…!! Tidak ada percetakan manapun yang memiliki mesin yang lengkap. Aster. BC dan Karton. Dalam proses cetak ini kita wajib mengetahui jenis jenis dari mesin cetak.5 x 52 cm · Ukuran kertas minimal = 15 x 12 cm · Ukuran image maksimal = 35 x 49 cm . Doorslagh. Proses Cetak Mungkin anda akan bertanya. Mesin Toko · Ukuran kertas maksimal = 21 x 33 cm · Ukuran desain/image maksimal = 20 x 31. kita juga harus mengetahui ukuran dari masing-masing kertas. Dan begitulah hidup. " Mesin cetak harganya mahal. Marga. saya tidak mampu membelinya !". Selain mengetahui harga kertas. kartu nama. Ivory. misalnya: · HVS kwarto/A4 = 21 x 29. kita tidak perlu memiliki mesin cetak. kita saling membutuhkan dan tidak ada yang sempurna didunia ini. Contoh-contoh dari mesin cetak : A. film dan beli bahan dilakukan.5 cm · Digunakan umumnya untuk nota. Bahan Dengan mengetahui harga kertas akan sangat membantu kita untuk menentukan harga sebuah cetakan. B. Hamer. kita dapat mengetahui ukuran kertas yang cocok/sesuai dengan yang dibutuhkan. Karena kamipun pernah mengalami kerugian karena kesalahan penghitungan bahan (kertas). 4. Mesin Ryobi · Ukuran kertas maksimal = 36. kop amplop. Bahan kertas yang sering dipergunakan dalam dunia percetakan adalah : HVS. Proses Cetak dilakukan setelah ketiga hal diatas yaitu desain/setting. satu sama lain saling melengkapi. dalam order yang besar kita harus teliti dalam jumlah bahan yang dibutuhkan bila anda tidak ingin merugi. Linen. Karena dengan mengetahui jenis dari mesin cetak. Jangan pesimis.7 cm · HVS folio/F4 = 21 x 33 cm · Ivory = 79 x 109 cm Dengan pengetahuan tersebut diatas maka kita dapat mengetahui berapa jumlah bahan yang dibutuhkan dalam satu order cetak.3. Kita dapat mencetak ditempat lain yang memiliki mesin cetak yang kita butuhkan. Dan perlu diingat. Art Paper.

terdapat bermacam-macam proses finishing. Mesin Speedmaster 74 · Ukuran kertas maksimal = 53 x 74 cm · Ukuran image maksimal = 51 x 73.5 cm F. Mesin SOR-M · Ukuran kertas maksimal = 52 x 72 cm · Ukuran kertas minimal = 30 x 40 cm · Ukuran image maksimal = 50.5 x 51. Mesin Sakurai · Ukuran kertas maksimal = 45 x 58 cm · Ukuran image maksimal = 43 x 56 cm D.5 cm 5.5 x 70 cm E. diantaranyaadalah : .C. Finishing Proses terakhir dari cetakan yaitu finishing. Mesin Speedmaster 52 · Ukuran kertas maksimal = 36 x 52 cm · Ukuran image maksimal = 35.

nomerator.Embos : memberi efek 3D pada cetakan .Pemotongan .Hotprint : Pemberian efek panas pada maal dan menempelkannya pada cetakan dengan memberi kertas hotprint diatas cetakan .Laminasi (glossy dan doff) : pelapisan pada cetakan supaya lebih awet ..Porporasi : untuk memudahkan penyobekan kertas .Nomerator : pemberian nomer mulai dari 0001 . susun dan jilid Undangan Manten : Hotprint dan Embos Flyer/Brosur : Laminasi Glossy / Doff Posted by crv at 5:20 AM 2 comments . Contoh-contoh dari proses finishing : Nota/Kwintansi : porporasi.Susun dan Jilid Dengan proses finishing ini maka hasil cetakan akan tampak lebih indah dan menarik.

Harga rakel tergantung dari panjangnya. Ukurannya juga bermacam macam dari yang terkecil 15x25 cm. dan seterusnya. 30x40 cm. Tapi untuk kualitas penempatan hasil cetakan sablon engsel tersambung memang lebih baik. T 140. Engsel umumnya ada 2 jenis yaitu engsel terpisah dan engsel tersambung. T 160. misalnya spanduk dan kaos. dan lain-lain yang berbahan dasar kertas. Jenis karet juga berbeda tergantung dari bahan yang akan disablon. Terbuat dari kayu atau aluminium dan dibagian bawah terdapat bahan sejenis karet. T 188 sedangkan untuk yang berbasis air menggunakan screen dengan ukuran T 110. Screen berbasis minyak lebih mahal dari screen yang berbasis air. dos. Rakel Rakel yaitu alat untuk menyablon. T 90. Screen berbasis minyak digunakan untuk membuat stiker. Bila kita akan menyablon kartu nama atau stiker kita menggunakan jenis karet yang kaku atau sedikit keras. T60. kaca berfungsi sebagai maal agar bahan yang akan disablon tepat pada posisi seperti yang kita inginkan dengan cara memberi cahaya/neon dibawahnya. Sedangkan screen yang berbasis minyak digunakan untuk menyablon kain. Engsel Engsel sablon berfungsi untuk meletakkan screen agar tidak bergeser. Screen Screen bentuknya persegi panjang dengan sisi-sisinya terbuat dari kayu dan ditengahnya terdapat seperti kain tipis dengan ukuran lobang yang berbeda-beda. T 100. yaitu screen untuk yang berbasis minyak dan screen yang berbasis air. Screen yang berbasis minyak menggunakan ukuran T 120. Secara umum terdapat 2 jenis screen. berbentuk segi empat dan lebar kira-kira 15 cm. T 80. . T70. Semakin panjang rakel maka harganya semakin mahal. kop amplop. kartu nama. Selain agar alas rata. 20x30 cm.Belajar Sablon >> Perlengkapan Sablon Dalam proses Belajar Sablon kita memerlukan perlengkapan seperti: Meja Sablon Meja sablon terbuat dari bahan kayu atau bisa dari besi stall dan alas sablonnya terbuat dari kaca. Engsel terpisah harganya lebih murah daripada engsel tersambung.

dan harganya lebih mahal -Fas Dey ( Berwarna putih dan agak encer ) Untuk bahan berwarna terang/putih dan harganya lebih murah -Sandy ( sejenis pewarna yang dicampur dengan Rubber/Fas Dey) Film Sablon Film sablon yaitu maal permanen yang digunakan untuk mencetak gambar yang akan disablon. Ada 2 jenis film yaitu untuk yang berbasis air dan berbasis minyak. Cat dan minyak Cat untuk yang berbasis minyak (kartu nama.sedangkan bila kita akan menyablon kaos kita menggunakan jenis karet yang agak lembek atau lentur. Rakel untuk stiker atau kartunama umumnya lebih mahal dari rakel untuk kaos. Caranya yaitu setelah mengoleskan Ulano/Photoxol kita keringkan dengan hair dryer ± 1 menit. Apabila tidak ada hair dryer kita dapat menggunakan kipas angin meskipun agak lama. . Hair dryer Hair dryer digunakan untuk membuat film. Film sablon yang umum dipasaran yaitu ULANO dan PHOTOXOL. kaos dan sejenisnya) -Rubber ( Sejenis karet berwarna putih) Untuk bahan yang berwarna gelap. Film ini dapat dihilangkan atau dihapus dengan menggunakan remover atau dengan menggunakan air kaporit. stiker dan sejenisnya) -Epi ( dengan minyak M3 ) -Coat ( dengan minyak M3) -Toyo dan Cemani ( dengan minyak M4) Cat untuk yang berbasis air ( spanduk.