CACAT PADA KRISTAL(IMPERFECTION

)
Kristalisasi ialah proses pembentukan Kristal yang terjadi pada saat pembekuan, perubahan dari fasa cair ke fasa padat

TAHAPAN KRISTALISASI 1. 2. Tahapan Nucleation (pembentukan inti) Tahapan Crystal Growth (Pertumbuhan Kristal) .

CACAT-CACAT KRISTAL (IMPERFECTION) ADA BEBERAPA MACAM CACAT PADA KRISTAL DIANTARANYA YAITU.  Cacat titik (point defect)  cacat garis(line defects)  cacat bidang (surface defect)  Cacat Ruang (Bulk defect) .

susunan ini stabil di seluruh kristal meskipun terjadi interstitial atau kelebihan ion dan kekosongan 2. cacat frenkel(frenkel defects) Cacat frenkel(frenkel defects) terjadi karena letak ion yang salah(misplacements of ions) dan kekosongan(vacancies).ketika hanya kekosongan dari cation dan anion ada tanpa terjadi interstitial atau ion yang salah tempat. cacat schottky (schottky defects) di satu sisi .cacat ini disebut cacat schottky. CACAT TITIK(POINT DEFECT) ADA 2 MACAM CACAT TITIK YAITU 1.1. .

Sering pula disebut dengan dislokasi Ada beberapa macam dislokasi yaitu. screw dislocation. . dilokasi sisi berpengaruh kepada ductility(mudah dibentuk) dan malleability(mudah ditempa). edge dislocation dislokasi sisi(edge dislocation) terjadi ketika segaris ion hilang yang mempengaruhi susunan ion. jika salah susunnya menggeser sebuah blok ion kebawah atau keatas yang menyebabkan formasi seperti ulir.inilah yang disebut dislokasi ulir.pada kenyataannya pemukulan(hammering) dan penarikan material sering menjadi penyebab dislokasi sisi 2.2. CACAT GARIS(LINE DEFECTS) Yakni Cacat yang menimbulkan distorsi pada lattice yang berpusat pada suatu garis. 1.

CACAT BIDANG (SURFACE DEFECT) Ialah batasan antara 2 buah dimensi dan umumnya memisahkan daerah dari material yang mempunyai struktur kristal berbeda dan atau arah kristalnya berbeda. . misalnya : Batas Butir (karena bagian batas butir inilah yang membeku paling akhir dan mempunyai orientasi serta arah atom yang tidak sama.3.

4. deformasi plastis terjadi dengan mekanisme : a. CACAT RUANG (BULK DEFECT) Perubahan bentuk secara permanen disebut dengan Deformasi Plastis. yaitu : Perubahan dari metallic material oleh pergerakan dari luar sepanjang Kristal b. Slip. . Twinning terjadi bila satu bagian dari butir berubah orientasinya sedemikian rupa sehingga susunan atom di bagian tersebut akan membentuk simetri dengan bagian kristal yang lain yang tidak mengalami twinning.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful