SOAL ULANGAN HARIAN KE-4

Kelas/smt Hari/ tanggal :1(satu)/1 :……………… Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : 4.Mengenal tata cara bersuci (thaharah) : 4.1 Menyebutkan pengertian bersuci 4.2 Mencontoh tata cara bersuci A.berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c pada jawaban yang benar! 1. Kebersihan pangkal…………………………. a. Kesehatan b.kebersihan c. Kekenyangan

2. Kebersihan sebagian dari………………………. a. Islam b. Ihsan c. Iman

3. Orang yang selalu bersih akan……………………….. a. Sehat b. bersih c. kenyang

4. Alat bersuci yang paling sempurna adalah……………………. a. Tisu b. batu c. air

5. Membersihkan alat setelah buang air kecil atau besar disebut…………………….. a. Berwudlu b. istinja’ c. mandi

6. Cara beristinja’sekurang-kurangnya …………… kali a. 1 b. 3 c.5

7. Air yang tidak dapat untuk bersuci adalah……………….. a. Air sumur b. air laut c. air kelapa

8. Alat selain air yang tidak dapat untuk bersuci adalah………………… a. Kertas/tisu b. kayu/daun c. arang

9. Cukup disiram yang kena najis itu adalah cara untuk menghilangkan najis………………. a. Ringan b. sedang c. berat

10. Dijilat anjing itu termasuk kena najis…………….. 1. Ringan b. sedang c. berat

B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar! 11. Yang dimaksud thaharah adalah………………… 12. Apabila rumah kotor, harus…………………..

a. tasdid 2. 28 b. harakat b. Bisakah kamu mandi sendiri? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 19. Berapa kali kamu harus mandi setiap hari? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 18.2 mengenal tanda baca (harakat) A.. harakat b.. Setelah buang air kecil atau besar harus…………………. b..30 4. Tanda baca yang berbunyi “i” itu adalah …………………….13. Huruf hijaiyah tidak akan bisa berbunyi tanpa adanya………………………. 15. Bolehkah bersuci memakai selain air? Jawab:……………………………………………………………………………………………… SOAL ULANGAN HARIAN KE-1 Kelas/smt Hari/ tanggal :2(dua)/1 :……………… Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : 1. kasrah c. 14. fathah b. a. C. Huruf hijaiyah ada………………………. 29 c. Alat bersuci ada berapa?Sebutkan! Jawab:……………………………………………………………………………………………… 20. a. atau c pada jawaban yang benar! 1. jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 16. Tanda baca Al-Quran disebut………………………….1 Mengenal huruf hijaiyah 1. kalau istinja’ memakai……………………. dhommah 5.huruf c.berilah tanda silang (X) pada huruf a. dhommah .. a. a. Apabila tidak ada air. Tanda baca yang berbunyi “a” itu adalah……………………. Begitu pula pakaian kotor. fathah b.fathah c.Menghafal Al-Quran : 1. Kapan kamu harus bersuci? Jawab:…………………………………………………………………………………………… 17. kata 3. harus…………………. kasrah c.

an b.Mendapat tanda baca apa huruf bisa berbunyi “an” ? Jawab: ……………………………………………………………………………………………… 20. un c. C.Apa harakat itu ? Jawab:…………………………………………………………………………………………… 17.Tanda baca ( 15.Apa saja harakat yang kamu ketahui ? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 18. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar! 11. in berbunyi ………………… b. in berbunyi ……………….. b.Tanda baca ( 12. b. fathah 7. an 9.. ) berbunyi “u” disebut ………………….Tanda baca ( 14. Tanda baca a. b. tanda baca yang berbunyi “u” itu adalah…………………………… a. un c. in c. Tanda baca a. ) disebut …………………. jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 16.Tanda baca ( 13.Bagaimana bentuk tasydid itu? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 19.6. un c.Apakah fathatain itu? Jawab:……………………………………………………………………………………………… SOAL ULANGAN HARIAN KE-2 Kelas/smt :3 (tiga)/1 Standar Kompetensi : 2. ) disebut ……………………. an 10..Tanda baca ( ) berbunyi “a” disebut………………… ) berbunyi “i” disebut ………………….Tanda baca a. un c.. Tanda baca a. kasrah berbunyi………….. dhommah B. in berbunyi ……………. Mengenal sifat wajib Allah . an 8.

a. Ada b. mukhlis 5.Hari/ tanggal :……………… Kompetensi Dasar : 2. Adanya Allah swt bukan…………………yang menciptakan.. manusia c. Malaikat b. yang membantuNya 10. sedang c. kholiq 3. kekal d.Allah itu ada arti dari sifat wajib………………… 12. a. a. Allah swt yang menciptakan segala sesuatu disebut………………………. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar! 11. muhsin d. kholiq 4. a. Sifat-sifat Allah ada………………………………… . nabi d. Orang yang mempercayai adanya Allah swt disebut……………………. Segala ciptaan Allah swt disebut………………………. a. Muslim b. alam d. Wujud artinya ………………. orang lain d. berdiri sendiri B. berdiri sendiri 8. kekal d. Alam semesta ini diciptakan oleh…………… a. Tidak ada b.. Allah swt 7. telah d.Sifat wajib Allah Qidam artinya……………. Ada b. Makhluk b. 13. Adanya Allah swt ada dengan……………….2 mengartikan lima sifat wajib Allah A. a. 5 b. 20 2.1Menyebutkan lima sifat wajib Allah 2. b. alam d. mukmin c. pergantian siang dan malam adalah suatu bukti tanda………………Allah swt.Makhluk b. sendiriNya c. kemurnian c. dahulu c. a. dahulu c. manusia c. Sifat wajib bagi Allah swt ada…………………………. keridlaan 6. ada 9. Kekuasaan b. 10 c.Wujud artinya……………………………………. Pertolongan b. keesaan d. atau c pada jawaban yang benar! 1. a.berilah tanda silang (X) pada huruf a... rasul c. a. 15 d.

Apa arti wujud itu? Jawab:…………………………………………………………………………………………… 17. Allah swt itu tidak……………………….Apa maksudnya Allah ada itu? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 18. Dan tidak ada seorangpun yang setara denganNya. b. c.Adanya Allah itu bukan karena ada yang…………………. Melanggar b. Apa arti ayat pada soal no. a. menjauhi c. Dan tidak ada seorangpun yang setara denganNya. 6. Satu b.Apa lanjutan ayat ini ? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 19.berilah tanda silang (X) pada huruf a. jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 16. atau c pada jawaban yang benar! 1. Allah swt akan mengabulkan permintaan hambanya. a. Maha esa artinya………………………….Dan tidak ada Tuhan selain……………………………. C. beribu c. Berayah b. merupakan arti dari……………… a. bercucu 5.. Berayah b. beribu c. Dan Allah swt itu tidak pula …………………….Apa arti qidam? Jawab:……………………………………………………………………………………………… SOAL ULANGAN HARIAN KE-1 Kelas/smt Hari/ tanggal :4 (empat)/1 :……………… Standar Kompetensi : 1. Membaca surat-aurat Al-Quran Kompetensi Dasar : 1. Al ikhlas dengan lancar A. b. beranak d. dua c. d. kata Nya berarti……………… . a.selama hambanya mau………perintahNya. menghindari d. bercucu 4.Al Fatihah dengan lancar 1. 18? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 20. a. empat 2.14. 15. tiga d. melaksanakan 3.2Membaca QS. beranak d.1Membaca QS.

Fir’aun 9. jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 16. rasul 7. ringan 10. 15. c. a.Apa yang dimaksud bacaan idhar halqi?berilah contohnya! Jawab:……………………………………………………………………………………………… SOAL ULANGAN HARIAN KE-2 Kelas/smt :4 (empat)/1 Standar Kompetensi : 2.Lafal berarti………………………………… 14.Namrud d. musyrik c. Tulis ayat ke 3 dari surat Al Ikhlas! Jawab:……………………………………………………………………………………………… 19. a. Mengenal sifat jaiz bagi Allah swt. a. Allah swt b.Apa yang dimaksud setara denganNya? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 20. fasik 8. malaikat c. Orang yang berbuat syirik itu disebut………………. dholim d. 13.Ayat ke 4 dari surat Al Ikhlas adalah…………………. nabi d. C.tipis c.Tholut c. tebal b. Dengan memahami makna yang terkandung dalam surat Al Ikhlas maka keimanan kita semakin………………. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar! 11.bagaimana pendapatmu apabila ada seseorang mengaku sebagai anak Allah ? Jawab:…………………………………………………………………………………………… 17.a.Surat Al Ikhlas termasuk golongan surat………………… 12..Yang harus dibaca idghom bilaghunnah adalah lafal …………….. b. murtad b. berat d.Semua ayat pada surat Al Ikhlas diakhiri dengan huruf……………………………………. . Seorang raja yang menganggap dirinya Tuhan adalah raja………………… a.Benarkah apabila ada seseorang yang meminta pertolongan kepada seorang dukun?jelaskan! Jawab:……………………………………………………………………………………………… 18. jalut b.. d. B.Lafal terdapat 2 bacaan yaitu…………………………….

.boleh c. lebih baik d. 13 d. sifat-sifat yang wajib ada pada Allah d. menciptakan d.20 3.. b. wajib 2. 13 d. allah swt menciptakan ala mini karena dia ………………. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar! 11. yang dimaksud sifat jaiz bagi Allah adalah……………… a. harus b.2 Mengartikan sifat jaiz Allah swt.tidak menciptakan 8.1Menyebutkan sifat jaiz Allah swt. sifat-sifat yang mustahil ada pada Allah c. 5 c. jika merupakan kewajibanNya berarti Allah membutuhkan sesuatu agar……………….kekurangan d.sifat mustahil tersebut ada ……………………….tidak menciptakan 9.20 kata jaiz menurut bahasa berarti……………… a. Allah memiliki sifat wajib. atau c pada jawaban yang benar! 1.Hari/ tanggal :……………… Kompetensi Dasar : 2. allah swt boleh saja tidak menciptakan alam ini. dapat sempurna b. 1 b. 1 5. kelemahan 10. Begitu juga memiliki sifat mustahil. kelemahan B. tidak menghendaki c. boleh c. a. 13 d. dapat sempurna b.kekurangan d. 1 b.dan jika Allah membutuhkan sesuatu berarti Allah memiliki ……………. Di samping memiliki sifat wajib dan mustahil. harus b.tidak sempurna c. a. a. sifat-sifat yang boleh ada dan boleh pula tidak ada pada Allah 7.20 4. menghendaki b. tidak menghendaki c. menghendaki b.wajib 6. a.sifat wajib tersebut ada……… a. menciptakan d.berilah tanda silang (X) pada huruf a. jika dia………………… a. 5 c..lebih baik d. 5 c. Allah juga memiliki sifat jaiz. a.Sifat jaiz Allah ada………………… 12. A. Kata jaiz menurut bahasa berarti…………………………. a.tidak sempurna c. 2. sifat-sifat yang harus terjadi ada pada Allah b. b. sifat jaiz itu ada…………………….Sifat-sifat yang boleh ada dan boleh pula tidak ada pada Allah disebut……………………… .

Mengartikan Al Quran surat pendek pilihan Kompetensi Dasar : 1.Sesungguhnya Allah maha kuasa atas……………………………. Nama Al Alaq diambil dari ayat……………………….berilah tanda silang (X) pada huruf a. kemulyaan b. 5 b. Allah menciptakan yang indah-indah dan yang buruk-buruk. atau menciptakan salah satunya. atau tidak menciptakan sama sekali.. a. Al Insyirah 4.Apa pula yang terjadi apabila Allah tidak menghendaki sesuatu? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 20.Allah boleh saja tidak menciptakan ala mini. a.1 b. diturunkan 3. 15. 3 d. .1 Membaca QS Al Qadrdan QS Al Alaq ayat 1-5 1.At Tiin c. bacalah d. Surat AlAlaq diturunkan sesudah surat……………………….2 Mengartikan QS Al Qadrdan QS Al Alaq ayat 1-5 A. 15 d. alam nasroh d. 2 c.5 5.Apa arti jaiz? Jawab:…………………………………………………………………………………………… 17. 19 Hari/ tanggal :…………… 2. Surat Al Alaq ditulis dalam Al Quran pada urutan ke …………………….13. segumpal darah c. jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 16. Arti Al Alaq adalah………………… a. SOAL ULANGAN HARIAN KE-1 Kelas/smt :6 (enam)/1 Standar Kompetensi : 1. atau c pada jawaban yang benar! 1. Apa yang terjadi apabila Allah menghendaki sesuatu? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 19.Allah menciptakan Alam ini sebab………………………………… 14. C. Al Qadr b. jika………………….. 10 c. a. Apa sifat jaiz bagi Allah? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 18. Apa maksudnya? Jawab:………………………………………………………………………………………………. b. Surat Al Alaq terdiri dari………ayat.

Dari apakah manusia diciptakan oleh Allah? Jawab:……………………………………………………………………………………………… . Surat Al Alaq terdapat pada juz………………. surat Al Alaq ayat 1-5 B. 98 6. 97 d. 29 d. gua Tsur b.. Arafah d.Kapan Nuzulul Qur’an itu? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 18. arti Iqra’ adalah ……………………………. Padang Arafah d.dimanakah Nabi Muhammad saw menerima wahyu pertama kali? Jawab:…………………………………………………………………………………………… 17. Surat Al Qadar ayat 1-5 d.Al Qur’an pertama kali turun di……………. jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 16. makkah b.gua Hira’ c. surat Al Alaq ayat 1-19 10.Nama Al Alaq diambil dari ayat……………………………………. Ayat-ayat Al Qur’an yang pertama kali turun adalah………………. Surat Al Alaq diturunkan di……………… a. d. 96 c.Nuzulul Qur’an adalah………………………………… 14. Mesir 7. 13.Surat apa yang turun pertama kali? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 20. Ayat pertama surat Al Alaq. 10 b. C.. Madinah c.. 30 9. a.Al qur’an adalah firman ………………… 12.Nabi Muhammad saw berkhalwat di………………….Apakah Nuzulul Qur’an itu? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 19. 8. a. c. 95 b.Surat Al Alaq juga disebutsurat Iqra’. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar! 11. Surat Al Qadar c. waktu tidur b.a. b. 19 c. dimulai dengan kalimat…………… a. 15. a.

Sur d. Pada saat Rasulullah berdakwah dimaki-maki oleh pamannya yang bernama…………… a. A. 5 Adalah surat Al Lahab ayat ke…………… c.Abu Lahab c.Abu Jahal 5. 1. Istri Abu Lahab bernama……………….berilah tanda silang (X) pada huruf a. Abdul Uzza d.2 Siswa mampu menunjukkan hafalan surat Al Lahab dengan benar.5 b. Uqbah c.6 d. Palestina c. 4 b.4 Siswa mampu menunjukkan hafalan surat Al Kafirun dengan benar. Di akhirat usahanya.3 Siswa mampu membaca surat Al Kafirun Dengan lancar. Kemampuan menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan. b. b. c. 7 8. 1. Abu Sufyan d. atau c pada jawaban yang benar! 1. Surat Al Lahab diturunkan di………………… a. Safa b. hartanya anak-anaknya dan pendukungnya tidak dapat menolong dia dalam neraka. 2 7. Hud 6. Abu Jahal 4. d. 3 c. Pernyataan ini ditegaskan pada surat Al Lahab ayat ke……………… a.1 Siswa mampu membaca surat Al Lahab dengan Lancar.SOAL ULANGAN HARIAN KE-1 Kelas/smt Hari/ tanggal :5 (lima)/1 :…………… Standar Kompetensi : 1. 1. 4 d. Abu Tholib b. 2. a. a. .Makkah 3. Abul lata b.. Mesir d.. Kompetensi Dasar : 1. Dakwah islamiyahsecara terang-terangan atau terbuka kepada kaum quraisy dilakukan di bukit……………………. Madinah b. Nama asli Abu Lahab adalah………………………. Ayat ke 3 surat Al Lahab berbunyi……… a. Marwah c. a.

Pada ayat terakhir surat Al Lahab dituliskan kekejaman istri Abu Lahab yang selalu berniat ingin…………………. b. Ummi Muhibah 9. c.Jelaskan arti dari surat Al Lahab ayat 1! Jawab:……………………………………………………………………………………………… 19. Jelaskan isi pokok surat Al Lahab! Jawab:……………………………………………………………………………………………… 18. d. pembunuhan c. Fitnah itu lebih kejam dari pada………………. penganiayaan b. jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 16.Mengapa harta benda Abu Lahab tidak akan bermanfaat? Jawab:……………………………………………………………………………………………… .Nama panggilan istri Abu Lahab adalah……………………………. Ummu Saada c. a. 15. a. ………………………………… 14.a. Tulislah ayat ke 4 surat Al Lahab! Jawab:…………………………………………………………………………………………… 17. ketika beliau mulai dakwah islamiyah secara……………………………………. Ummu Jamil b.Turunnya surat Al Lahab kepada Rasulullah... C. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar! 11.Apa alasan diturunkannya surat Al Lahab ayat 1-5? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 20.Ummu Jannah d. pembohong 10.pendusta d. 13.Dibawah ini yang terdapat tanda baca mad wau sukun…………….Artii kata adalah ………………… 12. B.

b. dan nabi Isa as. 4.SOAL ULANGAN HARIAN KE-4 Kelas/smt Hari/ tanggal :5 (lima)/1 :…………… Standar Kompetensi : 4.1Siswa mampu memiliki sifat-sifat terpuji dari Kisah nabi Ayub as. dan nabi Isa as. nabi Musa as. Kemampuan meneladani prilaku nabi Ayub as. A. 4.4 Siswa mampu mengamalkan dalam kehidupan Sehari-hari dari sifat tolongmenolong dari nabi Isa as. Kompetensi Dasar : 4.berilah tanda silang (X) pada huruf a. atau c pada jawaban yang benar! 1.3Siswa mampu mengamalkan dalam kehidupan Sehari-hari dari sifat rendah hati nabi Musa as.2 Siswa mampu mengamalkan dalam kehidupan Sehari-hari dari kedermawanan dan ketabahan Nabi Ayub as. Islam mengajarkan kepada kita sebagai orang yang……… .nabi Musa as. 4.

sangat dermawan 10. Ketabahan nabi Ayub sangat tinggi dalam menghadapi……………… a. berhambur-hamburan d. sangat sombong d. suka bekerja c.. ketabahan c. cobaan d.dermawan c. boros b. Musibah penyakit dan musibah lainnya menimpa nabi Ayub berturut-turut merupakan …………………dari Allah swt. Nabi Ayub dan keluarganya dikenal memiliki harta benda yang melimpah ruah tetapi……… a. maka nabi Ayub dicintai…………… a.manfaatnya d.Allah swt c. manusia b.berat d. keteguhan 6.Setiap ada orang yang membutuhkan pertolongan maka akan di……………………… 13. harta bendanya hancur d. a. suka memberi d. kesusahan 7. a.a. ujian b. jatuh miskin c. Lawan dermawan adalah ………………………. sakit kulit b. kikir d. jin 4. hikmahnya b. ringan c. faedahnya 8. sangat boros b. sangat pelit c.. malaikat d. tinggi 9. kesederhanaan d. Nabi Ayub tidak tergoyahkan imannya dan ibadahnya semakin………………………………… 14. betul semua B.Nabi Ayub sangat dermawan dengan cara membantu………………… 12. suka menolong b. kesombongan b.kesenangan c.Kedermawanan dan ketaatan dalam beribadah merupakan amalan nabi………………….. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar! 11. a. . pelit 2. hemat b. Nabi Ayub as adalah seorang dermawan. 15.suka meminta 3. sedang b.Ujian yang menimpa nabi Ayub diantaranya……………. maksudnya adalah………………… a. Nabi Ayub as termasuk salah satu nabi yang memiliki…………………….tauladannya c. a. Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Ketabahan nabi Ayub dapat diambil…………… a.bahil 5. pemboros c. Iman yang bertambah tinggi dan kuat ujian yang diterimanya……………….

Sebutkan manfaat dermawan! Jawab:……………………………………………………………………………………………… 20. Sebutkan ujian yang menimpa nabi Ayub! Jawab:……………………………………………………………………………………………… .C. Apa yang dimaksud dengan dermawan? Jawab:…………………………………………………………………………………………… 17. Apa yang dimaksud dengan ketabahan? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 18.Apa akibatnya orang yang tidak tabah? Jawab:……………………………………………………………………………………………… 19. jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 16.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful