P. 1
Rpp Asam, Basa, Dan Garam

Rpp Asam, Basa, Dan Garam

|Views: 1,474|Likes:
Published by Ervina Septiani

More info:

Published by: Ervina Septiani on Sep 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : : : : SMP ……….

IPA TERPADU VII/1 2 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI 2. Memahami klasifikasi zat KOMPETENSI DASAR 2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat A. 1. Indikator Kognitif: a.
1)

Produk Mendeskripsikan pengertian asam, basa, dan garam. Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, dan garam. Membedakan zat asam, basa dan garam, dengan menggunakan indikator yang sesuai. Menggunakan percobaan sederhana untuk membuktikan reaksi asam-basa dalam proses penggaraman.

2) 3) 4)

b.

Proses Melakukan percobaan untuk membuktikan bahwa reaksi asam-basa menghasilkan garam dan air, meliputi: 1) Mendemonstrasikan cara membuat alat peniup balon.

RPP SMP Kelas VII

peduli. dan basa. Berdasarkan buku siswa. 3. siswa mampu mendeskripsikan pengertian asam. Karakter: Berpikir kreatif. 5. 1) Proses Disediakan seperangkat alat percobaan. Berdasarkan buku siswa. basa. Melakukan percobaan membuat alat peniup balon. 3. basa. siswa dapat menyebutkan 3 macam zat yang termasuk dalam kelompok asam. 4. menyampaikan pendapat. kritis. B. Afektif: a. Produk: 1. Dengan alat percobaan yang telah disediakan. Menginterpretasikan hasil percobaan Menyimpulkan Psikomotor: a. siswa dapat membuktikan reaksi asam-basa yang menghasilkan garam dan air. b. 1. menjadi pendengar yang baik. siswa dapat menyebutkan 3 macam reaksi yang menghasilkan garam. Berdasarkan buku siswa. serta berperilaku santun Keterampilan sosial: bekerjasama. Tujuan Pembelajaran Kognitif a.2) 3) 2. bekerja teliti. jujur. dan bertanggung jawab. 2. dan logis. dan garam. Dengan kalimat sendiri. siswa dapat membedakan zat asam. dan menanggapi pendapat orang lain b. siswa dapat melakukan percobaan untuk membuktikan reaksi asam-basa menghasilkan garam dan air sesuai dengan RPP SMP Kelas VII . dan garam dengan menggunakan indikator yang sesuai.

kritis. d. Asam adalah zat yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion Senyawa asam dilarutkan ke dalam air akan terbentuk ion hidrogen (H+) Asam  H+ + ion negatif 3. artinya dapat merusak benda-benda lain. 3.rincian tugas yang ditentukan di LKS meliputi: mendemonstrasikan cara membuat alat peniup balon. hidrogen (H+). 2. seperti lakmus. menginterpretasikan hasil percobaan. sari kol merah. menjadi pendengar yang baik. bekerja teliti. c. b. Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif. Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat. Dapat mengubah warna zat lain.Mempunyai rasa yang asam. dan ion negatif menurut reaksi sebagai berikut. dan berperilaku santun sesuai LP: pengamatan perilaku berkarakter. dan logis.Bersifat korosif. Dapat bereaksi dengan logam dan menghasilkan gas hidrogen (H2). Materi Pembelajaran 1. Secara umum. RPP SMP Kelas VII . mempunyai sifat-sifat sebagai berikut. C. dan lain-lain. 2. termasuk logam dan marmer. sari bunga sepatu. siswa terampil melakukan percobaan membuat alat peniup balon. senyawa-senyawa asam atau bahan yang mengandung asam a. dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai LP: Ketrampilan sosial. Afektif: a. jujur. Disediakan seperangkat alat percobaan. b. Psikomotorik: a. dan menyimpulkan hasil percobaan.

Indikator asam-basa terdiri dari indikator buatan dan indikator alami. pOH = . d. Asam + Basa → Garam + Air 9. Hal ini karena dapat bereaksi dengan lemak pada kulit kita dan membentuk lapisan sabun.Mempunyai rasa pahit atau getir. Derajat Keasaman dan Kebasaan (pH dan pOH) a. Larutan dengan pH > 7 bersifat basa. artinya dapat merusak kulit kita. Reaksi asam dengan basa disebut juga reaksi penggaraman karena basa mempunyai sifat-sifat sebagai berikut.log (OH-) . perubahan warna yang diakibatkan oleh senyawa basa berbeda dengan perubahan warna yang diakibatkan oleh senyawa asam. maka akan terbentuk ion hidroksida (OH-) dan ion positif menurut reaksi sebagai berikut. b. seperti lakmus. Mari kita simak contoh reaksi pembentukan garam berikut. Catatan : Bahan ajar tentang asam-basa terdapat di buku siswa D. Larutan dengan pH = 7 bersifat netral.log (H+) b. 7.4. Model dan Metode Pembelajaran : RPP SMP Kelas VII . d. 8. sari bunga sepatu.Bersifat kaustik. 5. Dapat mengubah warna zat lain. maka ketika suatu senyawa basa hidroksida (OH-). sifat senyawa basa atau bahan-bahan yang mengandung a. membentuk senyawa garam. dilarutkan ke dalam air. Secara umum. c. Basa adalah zat yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion Berdasarkan pengertian basa di atas. sari kol merah.Larutan dengan pH < 7 bersifat asam. Akan tetapi. dan lain-lain. Basa ion positif + OH6. Terasa licin di tangan. c.Derajat keasaman suatu zat (pH) ditunjukkan dengan skala 0-14.pH = .

F. 7. 1. Jika kamu mencuci tangan dengan sabun. dan Garam” LKS-01 dan Kunci Jawaban LKS-01 Alat/Bahan 1. menurut kalian bagaimana rasa dari buah tersebut? Dengan harapan siswa menjawab: asam 2. Sumber Belajar 1. percobaan/eksperimen.Model Pembelajaran Metode Pembelajaran E. apa yang kamu rasakan pada tanganmu? Dengan harapan siswa menjawab: terasa licin 1 Penilaian 2 3 4 RPP SMP Kelas VII . 5. 2. 4. Kalian mengetahui buah jeruk nipis. 2. Buku Siswa “Asam. : Contekstual Teaching and Learning (CTL) : Inkuiri. 6. Basa. guna mengukur prior knowledge-nya tentang asam. basa. dan garam. 3. Kegiatan Belajar Mengajar Pertemuan I (2 x 40 menit) No A 1 Aktivitas Pembelajaran Pendahuluan (5 menit) Motivasi dan Apersepsi: Diberikan pertanyaan: siswa diminta menyampaikan pendapatnya. Cuka 5% Botol minuman bekas Air Soda kue Balon Gelas Sendok G.

basa. dan garam berdasarkan buku siswa yang telah disediakan. proses).3. siswa diminta menyebutkan 3 macam zat yang termasuk kedalam kelompok asam dan basa. Dengan pertanyaan yang sama dari guru. rasa mulut setelah menggosok gigi terasa segar dan netral kembali. Siswa dibimbing untuk dapat membedakan zat asam. dan garam dengan menggunakan indikator yang 3 sesuai. psikomotorik. basa. Guru mengintruksikan agar siswa menaruh alat-alat percobaan yang telah dibawa ke 4 atas meja percobaan setiap kelompok. siswa membentuk kelompok secara heterogen sebanyak 5 orang. mengapa kita harus menggosok gigi dengan pasta gigi? Bagaimana rasa mulut kalian setelah menggosok gigi? Dengan harapan siswa menjawab: supaya menghilangkan rasa asam dan bau mulut. Dimoderatori oleh guru. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif 2 (produk. Guru membagikan LKS-01 (Percobaan) dan Guru memfasilitasi setiap kelompok siswa untuk bekerja sama dalam mendemonstrasikan cara membuat alat peniup balon sesuai dengan petunjuk pengerjaan di LKS-01 RPP SMP Kelas VII . Difasilitasi oleh guru. B 1 Kegiatan Inti (70 menit) Siswa dibimbing untuk dapat mendiskripsikan tentang asam. dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter). siswa diminta 2 menyebutkan 3 jenis reaksi yang dapat menghasilkan garam. Saat mulut kita terasa asam atau makan-makanan yang merusak gigi dan menimbulkan bau mulut.

siswa secara kelompok bekerjasama menyusun jawaban dari hasil percobaan 8 yang diperolehnya ke dalam lembar jawaban yang terdapat di LKS-01 (Percobaan).(Percobaan). guru melakukan penilaian dengan menggunakan lembar penilaian ranah kognitif. C Penutup (5 menit) RPP SMP Kelas VII . selanjutnya siswa 7 dengan kelompoknya diminta menginterpretasikan hasil percobaan yang diperolehnya. guru menilai masing-masing siswa yang aktif dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab menggunakan penilaian ranah afektif. Sambil berkeliling. Selagi setiap kelompok menginterpretasikan hasil percobaannya. Dengan pemantauan guru. Setelah diperoleh hasil dari percobaan. Dengan pemantauan guru ke setiap kelompok. Guru memoderatori diskusi dan tanya jawab dalam kelas: ada kelompok menanyakan mengenai hasil percobaan yang didemonstrasikan oleh kelompok lain. Guru memberikan arahan agar secara santun setiap anggota kelompok melakukan percobaan membuat alat peniup balon serta melakukan percobaan secara teliti 5 sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. sementara kelompok lain menjawab pertanyaan dan menjadi pendengar yang baik untuk memperoleh kesimpulan yang logis tentang berbagai reaksi yang terjadi pada alat 9 peniup balon. guru melakukan penilaian dengan menggunakan lembar penilaian ranah psikomotorik.

2006. Pelajaran IPA-KIMIA Untuk SMP/MTs Kelas VII.Pd. S.Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil 1 percobaan tentang alat peniup balon dan guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya tentang pecobaan yang dilakukannya. Jakarta: Pusat Perbukuan. Pustaka Sunardi. Penilaian Teknik : Penilaian ranah kognitif Penilaian ranah afektif Penilaian ranah psikomotorik I. Bandung: Yrama Widya. Siswa kembali ke tempat duduk masing-masing dengan tertib. siswa mengumpulkan LKS-01 2 (Percobaan) ke atas meja guru. dkk. Dengan instruksi guru. RPP SMP Kelas VII . Dapertemen Pendidikan Nasional. 3 H. Agung Nugroho. Guru memberikan pengarahan untuk materi pada pertemuan berikutnya. IPA TERPADU SMP/MTs Kelas VII. Winarsih Ani. 2008.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->