Ilmu Kimia…?

Kimia…

Klasifikasi Materi

…kajian ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, dan sifat materi serta perubahan yang menyertainya.

Drs. Iqmal Tahir, M.Si. Iqmal.tahir@gadjahmada.edu
iqmal@ugm.ac.id

C2H5OH + 3 O2 Reaktan

2 CO2 + 3 H2O + Energi Produk

iqmal@ugm.ac.id

Materi
Segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.

Sifat materi
Sifat Ekstensif : Sifat yang tergantung dari jumlah materi yang dimiliki.
Volume Massa Kuantitas Energi (Kalori!)

Massa
Suatu ukuran yang merujuk pada jumlah materi Menempati ruang = volume

Sifat Intensif : Sifat yang tidak tergantung dari jumlah materi yang dimiliki
Titik didih Titik leleh Kerapatan

iqmal@ugm.ac.id

iqmal@ugm.ac.id

Perbeda an fase
padatan – memiliki volume dan bentuk tertentu; partikel-partikel tersusun dalam posisi yang kompak. Cairan – memiliki volume tertentu tetapi bentuk tidak tentu (fluida). Partikel berdekatan satu sama lain tetapi tidak menempati posisi tertentu. Gas – memiliki volume dan bentuk tertentu; partikel-partikel berjauhan satu dengan yang lain. Plasma – temperatur tinggi, fase materi yang terionisasi seperti yangiqmal@ugm.ac.id di dijumpai bintang/matahari.

Tiga fasa: padat, cair dan gas

iqmal@ugm.ac.id

1

id 2 .ac.id Unsur dan senyawa Substansi murni yang hanya tersusun dari atom sejenis Unsur Atom Unit terkecil dari unsur yang memberi sifat dari unsur tersebut.ac.ac.id iqmal@ugm.ac. cair dan gas Tembaga Fase padat Fase cair Fase gas iqmal@ugm. iqmal@ugm.id Campuran dan senyawa murni Campuran : koloid iqmal@ugm.ac.id iqmal@ugm.id iqmal@ugm.ac.Tiga fasa air: padat.

Contoh: Perubahan fasa air Pemisahan campuran : pengayakan iqmal@ugm. Cl2. Prinsip pemisahan : ukuran partikel. O2.ac. H2.id Klasifikasi Materi Perubahan materi iqmal@ugm.id Komponen penyusun campuran memiliki sifat yang berbeda-beda dan dapat dipisahkan berbedadengan cara fisik. F2.ac. Br2. Cek di tabel periodik : konformasi membentuk angka 7 (kecuali H2) iqmal@ugm.id iqmal@ugm.Senyawa Substansi yang tersusun dari satu. warna.ac.ac.ac. Sukrosa – C12H22O11 Sukrosa merupakan unsur penyusun gula pasir Molekul Diatomik Awalan di = 2 so… diatomik berarti 2 so… diatomik atom per molecul. N2.” diatomik. I2.id sifat kemagnetan 3 .ac.id iqmal@ugm. iqmal@ugm. dua atau lebih unsur Melalui suatu ikatan kimia.id Perubahan fisik Satu perubahan dari senyawa yang tidak melibatkan perubahan identitas dari senyawa. “Hanya terdapat 7 unsur (semuanya non metal) yang dapat membentuk molekul diatomik.

id iqmal@ugm.id iqmal@ugm. Panas dan cahaya merupakan bukti terjadinya perubahan kimia. Prinsip pemisahan : Perbedaan polaritas komponen Pemisahan campuran : destilasi Prinsip pemisahan : perbedaan titik didih iqmal@ugm.id Perubahan kimia Suatu perubahan dari suatu atau lebih bahan menjadi bahan lain yang berbeda.id iqmal@ugm.ac.ac.Pemisahan campuran : kromatografi Komponen dalam cat/tinta dapat dipisahkan dengan menggunakan khromatografi kertas.ac.id 4 .ac. Pemisahan senyawa Proses elektrolisis air Senyawa harus dipisahkan dengan cara kimiawi. Dengan bantuan energi listrik.ac.id Pemisahan campuran : ekstraksi Prinsip pemisahan : perbedaan sifat kelarutan Pemisahan campuran : rekristalisasi Pemisahan bentuk kristal murni suatu komponen dengan filtrasi berulang iqmal@ugm. air dapat terpisah menjadi unsur gas hidrogen dan oksigen. Reaktan Air H2O Produk H2 + O2 Hidrogen + Oksigen iqmal@ugm.ac.

Group or Family The Periodic Table Group or family Period Period iqmal@ugm.ac.id 5 .