P. 1
kimia-dasar-iqmal-01-materi-dan-sifat-kimia

kimia-dasar-iqmal-01-materi-dan-sifat-kimia

|Views: 34|Likes:
Published by Intan D'chydud

More info:

Published by: Intan D'chydud on Sep 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2011

pdf

text

original

Ilmu Kimia…?

Kimia…

Klasifikasi Materi

…kajian ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, dan sifat materi serta perubahan yang menyertainya.

Drs. Iqmal Tahir, M.Si. Iqmal.tahir@gadjahmada.edu
iqmal@ugm.ac.id

C2H5OH + 3 O2 Reaktan

2 CO2 + 3 H2O + Energi Produk

iqmal@ugm.ac.id

Materi
Segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.

Sifat materi
Sifat Ekstensif : Sifat yang tergantung dari jumlah materi yang dimiliki.
Volume Massa Kuantitas Energi (Kalori!)

Massa
Suatu ukuran yang merujuk pada jumlah materi Menempati ruang = volume

Sifat Intensif : Sifat yang tidak tergantung dari jumlah materi yang dimiliki
Titik didih Titik leleh Kerapatan

iqmal@ugm.ac.id

iqmal@ugm.ac.id

Perbeda an fase
padatan – memiliki volume dan bentuk tertentu; partikel-partikel tersusun dalam posisi yang kompak. Cairan – memiliki volume tertentu tetapi bentuk tidak tentu (fluida). Partikel berdekatan satu sama lain tetapi tidak menempati posisi tertentu. Gas – memiliki volume dan bentuk tertentu; partikel-partikel berjauhan satu dengan yang lain. Plasma – temperatur tinggi, fase materi yang terionisasi seperti yangiqmal@ugm.ac.id di dijumpai bintang/matahari.

Tiga fasa: padat, cair dan gas

iqmal@ugm.ac.id

1

iqmal@ugm.Tiga fasa air: padat.ac.id iqmal@ugm.id iqmal@ugm.id Campuran dan senyawa murni Campuran : koloid iqmal@ugm.ac.ac.ac. cair dan gas Tembaga Fase padat Fase cair Fase gas iqmal@ugm.ac.id iqmal@ugm.ac.id Unsur dan senyawa Substansi murni yang hanya tersusun dari atom sejenis Unsur Atom Unit terkecil dari unsur yang memberi sifat dari unsur tersebut.id 2 .

warna.ac.ac. “Hanya terdapat 7 unsur (semuanya non metal) yang dapat membentuk molekul diatomik.ac. Sukrosa – C12H22O11 Sukrosa merupakan unsur penyusun gula pasir Molekul Diatomik Awalan di = 2 so… diatomik berarti 2 so… diatomik atom per molecul. Prinsip pemisahan : ukuran partikel.id Komponen penyusun campuran memiliki sifat yang berbeda-beda dan dapat dipisahkan berbedadengan cara fisik. Br2.id iqmal@ugm.ac. I2.id iqmal@ugm. dua atau lebih unsur Melalui suatu ikatan kimia. Cek di tabel periodik : konformasi membentuk angka 7 (kecuali H2) iqmal@ugm. N2.id Klasifikasi Materi Perubahan materi iqmal@ugm.id sifat kemagnetan 3 . H2.id Perubahan fisik Satu perubahan dari senyawa yang tidak melibatkan perubahan identitas dari senyawa.ac.Senyawa Substansi yang tersusun dari satu. Contoh: Perubahan fasa air Pemisahan campuran : pengayakan iqmal@ugm. Cl2. iqmal@ugm.ac.” diatomik. O2. F2.

Panas dan cahaya merupakan bukti terjadinya perubahan kimia.ac.id iqmal@ugm.id Perubahan kimia Suatu perubahan dari suatu atau lebih bahan menjadi bahan lain yang berbeda. Pemisahan senyawa Proses elektrolisis air Senyawa harus dipisahkan dengan cara kimiawi. Dengan bantuan energi listrik.ac.ac. air dapat terpisah menjadi unsur gas hidrogen dan oksigen.id Pemisahan campuran : ekstraksi Prinsip pemisahan : perbedaan sifat kelarutan Pemisahan campuran : rekristalisasi Pemisahan bentuk kristal murni suatu komponen dengan filtrasi berulang iqmal@ugm.id iqmal@ugm.ac. Reaktan Air H2O Produk H2 + O2 Hidrogen + Oksigen iqmal@ugm.Pemisahan campuran : kromatografi Komponen dalam cat/tinta dapat dipisahkan dengan menggunakan khromatografi kertas.ac. Prinsip pemisahan : Perbedaan polaritas komponen Pemisahan campuran : destilasi Prinsip pemisahan : perbedaan titik didih iqmal@ugm.id 4 .ac.id iqmal@ugm.

Group or Family The Periodic Table Group or family Period Period iqmal@ugm.ac.id 5 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->